Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jawa Timur / Lumajang / Wisata Alam Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang

Wisata Alam Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang

/
/

Pesona Air Terjun Niagara Versi Indonesia di Lumajang, Jawa Timur

Direkori Wisata – Tempat wisata alam air terjun di Lumajang yang mirip dengan obyek wisata air terjun Niagara yang ada di Amerika Serikat.

Indonesia dikenal memiliki beragam obyek wisata alam yang indah, bahkan keindahan yang terdapat di sebuah tempat wisata alam Indonesia tidak kalah memukaunya seperti di negara lain. Dan beberapa lokasi tempat wisata alam yang menarik di Indonesia kini mulai banyak di temukan dan menjadi destinasi liburan yang menarik untuk dikunjungi, bahkan tidaklah heran bila kawasan Indonesia mulai dilirik oleh wisatawan asing untuk berburu keindahan alam di surga negeri tropis khatulistiwa Indonesia, salah satunya adalah Air Terjun Tumpak Sewu yang berada di daerah Lumajang, Jawa Timur.

Bila kita berlibur di kawasan daerah Lumajang, sempat diri untuk bertandang ke lokasi wisata alam yang menarik dan indah. Kawasan ini memiliki sebuah obeyk wisata alam yang tidak kalah menariknya dengan tempat wisata Airt terjun Niagara yang ada di Amerika Serikat namanya Air Terjun Tumpak Sewu Semeru.

Air Terjun Tumpak Sewu Semeru Lumajang

Obyek wisata alam air terjun Semeru ini terletak di Desa Sudomulyo, Kecamatan Pronojiwo Lumajang, Jawa Timur. Walau banyak masyaakat dan para pengunjung yang datang ke lokasi wisata alam di Lumajang ini banyak yang menyebutkan air terjun ini mirip seerti air terjun Niagara seperti yang terdapat di Amerika, namun bila diperhatikan secara perlahan sambil menyelami alam sambil memandang air terjun tersebut, sepertinya obyek wisata alam ini memiliki sebuah daya tarik tersendiri melibihi tempat wisata alam di tempat lain.

Tempat wisata alam Air Terjun Tumpak Sewu Semeru ini, sangat berbeda dengan obyek wisata air terjun yang di lokasi wisata lainnya. Karena kita bisa menikmati pesona keindahan alamnya dari puncak ketinggian yang terlihat jelas sangat eksotis. Namun jika kita ingin melihat lebih dekat, kita harus melalui rute jalan naik turun tebing serta menyusuri sungai.

Air Terjun Tumpak Sewu Semeru ini memiliki panorama menarik dan dan tidak kalah degan air terjun diberbagai tempat daerah atau negara lain. Maka tidaklah heran obyek wisata alam air terjun ini sering disebut oleh pengunjung dengan sebutan Niagara  versi Indonesia.

Cara untuk menuju Air Terjun Tumpak Sewu Semeru bisa di akses dari berbagai macam jalur yang bisa kita pilih untuk menuju lokasi wisata alam tersebut. Akses menuju lokasi terbilang cukup mudah. Letaknya tepat di pinggir jalan antar kota dalam propinsi. Tepatnya di Desa Sidomulyo, Pronojiwo, Lumajang yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Ampelgading, Malang.

Lokasi Obyek wisata alam Air Terjun tersebut dapat ditempuh dengan mengunakan kendaraan motor sekitar 1,5 jam dari Kota Malang atau Lumajang. Kemudian kita dapat masuk gang kurang lebih 100 meter. Pada kondisi dan posisi jalan ini kita jangan terlalu cemas atau takut tersasar, karena kita akan menemupakn plang besar masuk gang lalu memarkir kendaraan motor, lalu dilanjutkan dengan berjalan kaki sedikit untuk menuju view point yang ada.

Tempat wisata alam Coban Sewu memiliki beberapa spot menarik yang dapat kita kunjungi. Menurut informasi yang Direktori Wisata terima dari penduduk setempat, terdapat 4 spot yang paling umum, yaitu

  1. Via jalur resmi Desa Sidomulyo. Untuk jalur jalan akses ini terbilang cukup aman dan juga paling dekat. Komplit dapat panorama atas juga dapat turun untuk dapat tampak bawah. Anak tangganya terbuat dari bambu kuat dengan kombinasi kayu cukup aman untuk pegangan. Landai jalurnya dan terdapat beberapa gardu pandang untuk santai sejenak menghela nafas. Kita juha akan merasakan hawa dingin, dan juga harus menyeberangi sungai. Medan jalan di lokasi ini rata-rata masih tanah, dan kita dituntut harus hati-hati dan ekstra waspada, terlebih pada musim penghujan.
  2. Via Gua Tetes. Pada jalur akses jalan ini, kita dapat merasakan liburan sambil merasakan petualangan naik turun tebing batuan stalagtit stalagmit dengan guyuran aliran air yang lebat. Akses paling jauh untuk turun ke Coban Sewu. Serta kita harus menuruni anak tangga hingga Gua Tetes kemudian turun lagi ke bawah merambat di bibir tebing menuju aliran sungai. Setelah itu perjalanan dilanjutkan dengan trekking susur sungai melawan arus sekitar 200 meter menuju Coban Sewu bagian bawah.
  3. Via Ampel Gading. Pemandangan dari atas tebing bagian selatan dari Air terjun Tumpak Sewu. Dari lokasi ini, terlihat sangat jelas berjajar air terjun yang saling bertumpak atau bertindihan.Untuk jalaur akses ini  telah dibangun akses untuk turun menuju bagian bawah air terjun. Namun  tebing sisi bagian selatan ini sangat curam. Tegak seperti tembok. Meskipun memiliki struktur gabungan bambu, kayu, dan rotan sebagai akses tetapi tidak begitu friendly untuk panjat tebing apalagi trekking.
  4. Via aliran Sungai Glidik. Anda ingin memacu adrenalin untuk berdiri di atas air terjun super dengan ketinggian sekitar 180 meter. Panorama yang disajikan di lokasi ini juga sangat menawan terutama bagi penggemar ketinggian. Namun perlu ekstra hati-hati karena tidak ada pagar pembatas di antaranya, beberapa titik ada juga sih, tapi kecil dan belum sepenuhnya dipagar. Terlihat jurang yang amat dalam di depan mata. Dari point ini sudah memakan korban jiwa, jangan sia-siakan hidup sahabat Direktori Wisata hanya untuk mendapakan sebuah foto  dokumentasi namun membahaya diri kita. Jadi tetap harus berhati-hatidan waspada atas keselamatan.

Kunjungi juga : 13 Destinasi Wisata Pacitan Yang Lagi Trend di Jawa Timur

Tipsnya wisata alam untuk ke Air Terjun  Tumpak Sewu yang pertama harus diperhatikan, yaitu :

  • Kita harus menggunakna pakaian atau kaos yang mudah menyerap keringat
  • Memakai sandal atau sepatu gunung akan sangat membantu.
  • Kalau ramai-ramai lebih aman dengan membawa tali.
  • Pakaian yang leluasa dan juga pakaian ganti karena kemungkinan besar kita akan basah-basahan main air.
  • Bawalah juga kresek plastik untuk menghindarkan alat elektronik anda dari ancaman air.
  • Plus juga tissue untuk mengelap kamera. Jangan sampai kamera DSLR mati kena air.
  • Disarankan pergi bersama guide. Jalan menuju lokasi dan medan berkelok-kelok bikin pusing.
  • Sangat disarankan bersama teman yang sudah pernah.
  • Kalau bingung bisa tanya warga sekitar atau pengunjung lain.
  • Atau, kita dapat menyewa jasa guide untuk dapat paket wisata nyaman, aman, dan tidak ribet.
  • Homestay, hotel, dan restoran tersedia tak jauh dari lokasi juga.

Kunjungi  juga : Kampoeng Djawi Lereng Gunung Anjasmoro Jombang Jawa Timur

Tiket masuk kawasan wisata alam Air Terjun Tumpak Sewu Semeru seharga Rp. 3.000,- / orang. Namun harganya di beberapa spot agak berbeda tergantung kebijakan para pengeloa kawasan tersebut, ya paling sekitar Rp. 3.000 – hing Rp.5.000, -/ orang. Dan kita akan merasakan sensasi keindahan alam yang unik dan natural. Bagi sahabat Direktori Wisata yang memiliki hobi dunia photography, kawasan ini dapat menjadi salah sutu tempat rekomended sebagai lokasi hunting foto alam yang indah pada saat kalian berkunjung di kawasan wisata Lumajang.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

9 Comments

  1. wih… keren bener air terjun Tumpak Sewu ini, tak kalah keren dgn air terjun niagara…

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Kalau sudah libura di tempat wisata alam air terjun ini pasti eru mas… ha,, ha, ha,

      • iya mang, bisa-bisa gak mau pulang, wkwkwk…

        • wah jd penunggu air terjun dong kang maman ntr..:D

        • Asal ditemenin non Rahayu sih mau ajah wkwkwk…

  2. tinggi amitt air terjunnya pakdhe.. ? itu beneraaan air terjunn ? 😀

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Masa pancuran sih non ? xixixixi…

      • hahaha.
        saya gak akan berani berada di ketinggian spt itu pakdhe, itu pakdhe ambil gambarnya gak merinding apa yaah? >_<

        • Indra Kusuma Sejati berkata:

          Tidaklah…. kan pakai lensa…. terus dipegangin juga. ha,, ha, ha,

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :