Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jawa Tengah / Boyolali / Wisata Air Umbul Tlatar Boyolali Jawa Tengah Yang Populer

Wisata Air Umbul Tlatar Boyolali Jawa Tengah Yang Populer

Taman Bermain Air Umbul Tlatar;; Ekowisata Boyolali Yang Populer Untuk Rekreasi Keluarga

Direktori Wisata – Wahana bermain air keluarga di area ekowisata terbuka yang disukai anak-anak dan keluarga saat libur akhir pekan dan liburan panjang atau akhir tahun di Boyolali, Jawa Tengah.

Kabupaten Boyolali berada di kaki Gunung Merbabu, tidaklah heran daerah ini diberi limpahan air jernih. Dan ini dimanfaatkan untuk membuat aneka kolam yang dialiri air jernih 24 jam tanpa henti secara alami.

Wahana Air Umbul Tlatar Boyolali

Obyek wisata Taman Air Indonesia Etasia Umbul Tlatar atau yang dikenal dengan sebutan “Umbul Tlatar” merupakan ekowisata berbasis pendidikan, pelestarian alam, dan rekreasi yang memanfaat sumber mata air yang berlimpah.

Tempat wisata Boyolali Umbul Tlatar ini berada di kaki Gunung Merbabu di ketinggian 350 meter di atas permukaan laut.Konon menurut informasi yang Direktori Wisata Indonesia terima dari pengelola obyek wisata ini, luas area keseluruhannya sekitar 5 hektar.

Ekowisata yang didirikan pada tahun 2002 silam tidak pernah sepi dari pengunjung. Pemikat utamanya di lokasi ini adanya beragam wahana bertema air di alam terbuka.

Di obyek wisata taman air Boyolali ini terdapat mata air yang menyembur dan mengalirkan air dengan debit 650 liter/detik. Air yang menyebur dari mata air ini dikenal dengan sebutan Umbul Tlatar yang memiliki arti kepanjangannya dari singkatan Umbul yang artinya menyembur, dan Tlatar nama sumber airnya.

Kawasan wisata Taman Air Boyolali Umbul Tlatar memiliki banyak wahana wisata air, diantaranya kolam renang yang dibagi menjadi beberapa lokasi. Ada kolam renang yang berstandar nasional dengan kedalamannya kurang lebih 2 meter. Dimana biasanya kolam ini digunakan untuk perlombaan renang tingkat nasional.

Disisi lain area wisata Umbul Tlatar Boyolali ini juga terdapat kolam air untuk anak dimana kedalamnya mencapai 80 cm. Tidak terlalu jauh di area ini juga terdapat kolam renang campuran yang bisa dinikmati untuk anak-anak dan dewasa.

Selain kolam renang, kawasan obyek wisata air Umbul Tlatar ini juga memiliki wahana air lainnya seperti kolam becak air. Di area wahana air ini kita dapat mengayuh becak air sambil menikmati pemandangan alam sekitar.

Obyek Wisata Umbul Tlatar Boyolali

Salah satu daya tarik di tempat wisata Umbul Tlatar adalah kolam “Pakecehan”. Area ini tidak hanya ditujukan untuk anak-anak namun juga untuk dewasa. Wahana permainan alami kolam “Pakecehan” ini ini memiliki air yang jernih dan mengalir terus-menerus. kedalam area kolamnya 10 hingga 40 cm dengan kualitas air sama dengan air yang biasa minum.

Di lokasi Umbul Tlatar Boyolali juga menyediakan kolam air untuk memancing bagi para orang tua sembari menunggu sang buah hati bermain air.Di area ini juga disediakan tempat untuk berteduh agar para pemancing merasa nyaman.

Bagi yang kita yang suka liburan dan bermain di alam terbuka dengan asik, kawasan wisata Umbul Tlatar ini juga menyediakan arena olah raga woodball alias bola kayu. Semua perlengkapan dalam permainan ini berasal dari kayu. Konon olah raga ini berasal dari Taiwan.

Di area wisata Umbul Tlatar ini juga terdapat Motor Track, dimana kita bisa bermain sesuai dengan rute yang telah ditentukan oleh pengelola. Di area ini kita bisa bermain ATV tuk mengelilingi area sambil menikmati keindahan alam di sekelilingnya.

Bagi sahabat Direktori Wisata yang ingin belajar menunggang kuda juga bisa dilakukan di dalam area ekowisata Umbul Tlatar Boyolali. Sambil bermain dan liburan, kita juga bisa berlatih area pacuan kuda yang tersedia.

Untuk pecinta wisata pacu adreanalin di tempat ekowisata Boyolali ini juga terdapat area outbound yang arenya cukup luas. Ada Flying Fox, meniti tali, jaring persahabat dan masih banyak lagi permainan yang bisa kita temukan di tempat wisata Boyolali.

Bagi sahabat Direktori Wisata Indonesia yang ingin membuat acara pertemuan, tersedia sarana untuk seperti ini. Acara seperti kumpulan keluarga besar, seminar, meeting bisa mengambil tempat ini. Tersedia ruang dengan kapasitas sampai 200 orang. Kita diperbolehkan untuk memilih ruang pertemuan di Apron Depan, Apron Pasegaran, Gedung VIP, dan Joglo.

Dan yang tidak kalah menariknya di dalam kawasan Ekowisata Taman Air Tlatar juga tersedia kelas alam yang dikelola oleh Kak Seto. Siswa yang belajar di sekolah ini diberi ruang dan waktu yang fleksibel untuk mengembangkan kemampuan liveskill mereka sendiri.

Umbul Tlatar selain sebagai tempat wisata di Boyolali sejatinya lokasi ini telah menjadi tempat daur hydrology, dimana semua air yang telah digunakan bisa dimanfaatkan kembali. Siklus ini bertujuan untuk mencapai kesembangan alam. Dengan siklus hydrology air sebagai komponen utama bisa dijaga kualitasdan kuantitasnya.

Puas bermain ada penawar untuk perut yang sedang kroncongan, di lokasi wisata Boyolali ini juga tersedia banyak tempat atau stan warung yang menyajikan kuliner berbahan dasar ikan. Pastinya, ikan-ikan yang akan diolah menjadi aneka masakan ini segar-segar semua yang berasal dari sungai dan kolam sekitar lokasi.

Baca : Wisata Boyolali di Kedung Goro Yang Tersembunyi di Wonosegoro

Mulai dari jenis ikan kakap bakar, udang goreng mentega, gurame asam manis yang dilengkapi hingan penutup dengan buah air kelapa segar yang dapat mengakhiri perjalanan liburan kita. Semua menu hidangannya di bandrol dari Rp. 30.000,- hingga Rp.50.000,- per porsinya.

Diakhir pekan dan libur panjang setidaknya ada ribuan pengunjung yang berlibur di tempat wisata Boyolali ini. Obyek wisata Umbul Tlatar buka setiap hari mulai dari pukul 8.00 – 17.30 WIB.

Tempat wisata Umbul Tlatar ini bisa kita tempuh dengan dengan waktu setengah jam dari Bandara Adisumarmo Solo atau 1 jam dari Bandara Adisucipto Yogyakarta.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :