Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2022 | All Right Reserved

Home / Thailand / Wat Pho Temple: Object Wisata Kuil Cantik Dengan Buddha Terbujur Di Bangkok

Wat Pho Temple: Object Wisata Kuil Cantik Dengan Buddha Terbujur Di Bangkok

/

Wat Pho Temple: Object Wisata Kuil Cantik Dengan Buddha Terbujur Di Bangkok. Thailand ialah negara dengan komunitas agama Buddha paling besar di dunia. Di Thailand sendiri ada lebih dari 40,000 kuil.

Wat Pho Temple: Object Wisata Kuil Cantik Dengan Buddha Terbujur Di Bangkok

Saat bertandang ke arah tempat wisata Thailand, baik di kota besar atau perdesaan tentu kelihatan beberapa kuil bersisihan. Salah satunya kuil di Bangkok yang dapat kamu datangi ialah Wat Pho temple.

Riwayat Singkat Wat Pho Temple

Mempunyai nama sah Wat Phra Chetuphon Vimolmangklararm Rajwaramahaviharn, kuil ini lebih dikenali bernama Wat Pho yang disebut ringkasan dari Wat Phodaram.

Riwayat Singkat Wat Pho Temple

Bangunan ini dahulunya sempat alami penggantian nama berkali-kali (ikuti nama raja Thailand yang memegang saat itu), sampai pada akhirnya dikenali dengan namanya sekarang yang diberi oleh Raja Rama IV.

Walau demikian, Wat Pho masih tetap berdiri dengan gagah sampai sekarang dan terhitung ke daftar situs monumental. Oleh karena itu, kuil ini juga menjadi satu diantara tempat wisata terkenal di kota Bangkok.

Baca juga : Wat Arun Temple: Tujuan Wisata Favorit di Thailand

Patung Buddha Tiduran Paling besar di Dunia

Bangunan yang menjadi satu diantara kuil paling besar di Bangkok ini dikenal juga bernama lain, yakni Kuil Buddha Tiduran (Temple of Reclining Buddha). Kenapa?

Patung Buddha Tiduran Paling besar di Dunia

Dalam bangunan ini ada patung Buddha tiduran sejauh 46 mtr. dengan tinggi sampai 15 mtr. yang dilapis emas (golden leaf) di bagian badan, dan mother-of-pearl (cangkang kerang) pada bagian mata dan kaki. Kabarnya, patung ini menyimbolkan perjalanan Buddha ke arah nirwana.

Disamping itu, ada 108 nama pada bagian telapak kaki yang disebut cerminan dari 108 watak positif si Buddha. Tidak jauh dari patung ini, kamu akan mendapati mangkok sejumlah sesuai nama yang terukir.

Coba peruntunganmu dengan beli sebuah mangkok berisi coin. Selanjutnya, masukan koin-koin itu ke 108 mangkok itu. Bila koinmu cukup buat isi semua mangkok, beritanya kemauanmu akan terkabulkan.

Harus dipahami, patung Buddha tiduran ini berada dalam suatu ruang khusus yang tidak bisa dijangkau oleh sembarangan orang. Karenanya, pengunjung cuma bisa menyaksikan dari penyekat jendela di sekitar patung. Kemungkinan tanganmu bisa raih tubuh patung, tapi seharusnya batalkan niat untuk menyentuhnya patung suci ini.

Baca juga : 5 Bukti Menarik Mengenai Thailand, Negara yang Tidak Pernah Dijajah

Wat Pho sebagai Tempat Rekresi

Berperan sebagai kuil, Wat Pho sekarang jadi tempat wisata. Berada tidak jauh dari Grand Palace, kompleks ini bisa dilakukan sepanjang | lebih kurang 15 menit dengan jalan kaki dari istana. Karena lokasinya yang bersisihan dengan beberapa tempat wisata, teritori ini juga tidak pernah sepi pengunjung.

Wat Pho sebagai Tempat Rekresi

Untuk dapat masuk ke kompleks kuil ini, kamu perlu bayar ticket sebesar THB 100 yang nanti dapat diganti dengan sebotol air mineral dingin. Menarik, ya? Nach, jika kamu belum senang menyaksikan patung Buddha tertidur, kamu bisa juga berpose dengan semakin banyak patung di kompleks ini yang | lebih kurang banyaknya capai 1.000.

Baca juga : Cantiknya Blue Temple Chiang Rai – Wat Rong Seur Ten

Mengenali Wat Pho Temple, Kuil Populer di Bangkok

Di Thailand, kuil yang disebutkan dengan “wat” umumnya terbagi dalam sebuah kompleks dengan bangunan kuil yang sejumlah lebih satu.

Mengenali Wat Pho Temple, Kuil Populer di Bangkok

Arsitekturnya istimewa dengan atap-atap yang mengangkat kebudayaan Thailand. Stupa berwujud segitiga menghias pojok kompleks kuil.

Salah satunya kuil paling besar dan paling tua di Bangkok ialah Wat Pho, yang juga dikenal sebagai Temple of Reclining Buddha (Kuil dengan Buddha Terbujur).

Wat Pho temple dibuat pada era ke 17 saat kerajaan Thailand masih ada di Ayutthaya, yang memiliki arti kuil ini lebih tua dari kota Bangkok.

Wat Pho adalah object wisata di Thailand yang ramai didatangi. Terletak dekat sama object wisata yang lain seperti Grand Palace, Temple of Emerald Buddha, dan City Pillar of Shrine.

Kuil ini benar-benar khusus karena sebagai salah satunya kuil dengan status paling tinggi yang langsung diberikan oleh Kerajaan Thailand. Kuil ini sebagai rumah untuk lebih dari 1,000 patung Buddha.

Tempat kuil terdiri dengan beberapa spot seperti halaman khusus suci untuk ritus-ritual keagamaan. Selanjutnya ada tempat dengen stupa-stupa atau yang disebutkan dengan “chedi”.

Dan spot yang terkesan ialah kuil dengan patung Buddha yang terbujur.

Patung Buddha terbujur memvisualisasikan riwayat atau cerita saat si Buddha sakit dan akan ke arah Nirvana.

Untuk kenang kembali si Buddha, beberapa penganutnya membangan sebuah patung dengan status terbujur.

Patung Buddha warna keemasan ini mempunyai tinggi 15 mtr. dan panjang 46 mtr..

Disekitar lorong ada 108 tempat berwujud mangkuk di mana pengunjung dapat memberi uang untuk bersedekah dan berdoa untuk beruntung.

Pada bagian luar bangunan khusus, ada 71 stupa atau chedi kecil yang berisi abu dari keluarga kerajaan. Tiap chedi bermotif yang memikat.

Disamping itu, banyak pohon-pohonan dan tanaman lain di tempat kuil Wat, hingga membuat tempat ini nyaman untuk didatangi.

Baca juga : Phuket, Pulau Sejuta Keindahan Yang Menarik Disinggahi

Langkah Ke arah Wat Pho Temple

Kuil ini terbuka untuk pengunjung setiap hari dari jam 8 pagi sampai 6.30 sore sama waktu istirahat dari jam 12 – 1 siang.

Langkah Ke arah Wat Pho Temple

Langkah ke arah Wat Pho lumayan mudah, cuma sekitaran 10 menit jalan kaki. Kamu bisa juga memakai Chao Phraya River Kilat sampai pelabuhan Tha Thien.

Baca juga : 11 Tempat Liburan di Phuket, Dari Posisi Kerohanian Sampai Ladyboy

Harga Ticket Masuk Wat Pho

Harga ticket masuk Wat Pho ialah 100 baht, atau sekitaran 50,000 rupiah. Pakai baju yang tertutup dan santun saat bertandang ke kuil ini.

Harga Ticket Masuk Wat Pho

Di sini kamu bisa juga coba Thai Massage dengan harga 480 baht untuk sejam.

Janganlah lupa bila main ke Bangkok datangi Kuil Wat Pho sekaligus bersama tujuan wisata yang lain. Tersebut panduan singkat seperti harga ticket masuk, langkah ke situ, dan beberapa wisata Thailand sekitaran kuil ini yang dapat Anda datangi.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :