Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2022 | All Right Reserved

Home / Thailand / Wat Arun Temple: Tujuan Wisata Favorit di Thailand

Wat Arun Temple: Tujuan Wisata Favorit di Thailand

/

Wat Arun Temple: Tujuan Wisata Favorit di Thailand. Wat Arun atau yang dikenali sebagai Temple of Dawn (kuil fajar) adalah dari 6 kuil yang mempunyai menara paling tinggi di Thailand.

Wat Arun Temple: Tujuan Wisata Favorit di Thailand

Wat Arun sebagai salah satunya kuil Buddha yang berada di Bangkok, Thailand. Kuil ini dibuat di pinggir barat Sungai Chao Phraya dengan ketinggian menara lebih dari 80 mtr..

Maka dari itu Wat Arun sebagai kuil yang paling disegani di Thailand, kuil ini mempunyai nama asli yakni Wat Arunratchawararam Ratchatarom Vihara. Wat Arun sebagai kuil paling tua di Thailand, dibuat pada jaman Kerajaan Ayutthaya yang pada waktu itu dikenali sebagai Wat Makok. Kuil ini terhitung tujuan yang terbanyak disukai oleh pelancong saat bertandang ke Thailand.

Riwayat Singkat Wat Arun Temple

Wat Arun Temple sebagai salah satunya kuil yang pembangunannya menyusul berdirinya kota Bangkok dan diawali pada zaman Rattanakosin. Kuil ini sebagai kuil paling tua di Thailand yang dibuat pada periode Kerajaan Ayutthaya di bawah pemerintah Raja Taksin. Selanjutnya pada periode pemerintah Raja Rama II, Wat Arun alami peluasan. Pada era 18 saat jatuhnya Kerajaan Ayutthaya Raja Taksin membangun Thonburi sebagai ibukota baru yang berada di pinggir barat Sungai Chao Phraya.

Riwayat Singkat Wat Arun Temple

Mulai sejak itu Raja Taksin mengganti nama kuil ini jadi Wat Chaeng (fajar) dan dengan singkat kuil ini sanggup memuat Buddha Zamrud yang dari Vientiane. Saat pertama kalinya si Raja menyaksikan keelokan kuil ini saat matahari keluar, beliau menyebutkan kuil ini sebagai “Kuil Fajar” dan “Aruna” mempunyai makna sebagai dewi fajar dan “wat” yang memiliki arti kuil. Oleh karena itu Wat Arun Temple juga dikenal sebagai Temple of Dawn.

Baca juga : Grand Palace Bangkok, Tempat Wisata Wajib Dikunjungi di Thailand

Filosofi Wat Arun Temple

Wat Arun Temple sebagai kuil yang dibuat dengan style arsitektur Khmer dan Phra Prang sebagai daya magnet tertentu untuk kuil ini. Ide pembangunan kuil ini mempunyai kemiripan dengan kuil-kuil secara umum yakni memakai mekanisme Tridhatu. Prang sebagai pucuk dari menara kuil disimbolkan sebagai Gunung Meru yang disebut pusat semesta alam yang dasarnya ialah samudera luas dengan matahari dan bulan ada di sekitarnya.

Wat Arun Temple

Istilah Gunung Meru kerap dikisahkan dalam dongeng dan legenda Hindu. Salah satunya menceritakan jika Gunung Meru dan Dewa Angin Bayu sebelumnya sebagai teman dekat. Tetapi seorang arif Narada memprovokasi Bayu untuk menjatuhkan Gunung Meru dengan meniupkan angin yang libas. Namun hal itu tidak berhasil dilaksanakan karena sayap Garuda membuat perlindungan Gunung Meru hingga masih tetap bertahan.

Selanjutnya setahun berakhir Garuda kecapekan dan istirahat dalam beberapa saat. Ini mengakibatkan pucuk Gunung Meru tertiup dan terpotong. Potongan pucuk gunung itu jatuh ke laut dan membuat sebuah pulau yang namanya Sri Lanka. Oleh karenanya disekitaran prang khusus ditempatkan empat prang kecil dengan patung Dewa Bayu di atasnya yang terbagi dalam 3 jenjang yakni

* Trayastrimsa: ada di pucuk paling tinggi, menyimbolkan kehidupan beberapa dewa

* Catur Maharajika Katika: ada pada sisi tengah, ada 4 penjaga Kumbhanda (orang kerdil), Gandharvas (peri), Nagas (naga), Yaksas (jin)

* Asuras: ada di jenjang paling bawah, menyimbolkan lautan luas

Baca juga : Phuket, Pulau Sejuta Keindahan Yang Menarik Disinggahi

Wat Arun Temple sebagai Tujuan Populer di Thailand

Wat Arun Temple populer dengan keelokan dan keelokannya saat disaksikan saat matahari keluar atau tenggelam. Hingga kuil ini dikenali sebagai Temple of Dawn atau kuil fajar. Maka dari itu Wat Arun Temple sebagai website yang ramai didatangi oleh pelancong saat bertandang ke negeri wisata Thailand atau Gajah Putih itu.

Wat Arun Temple sebagai Tujuan Populer di Thailand

Wat Arun populer dengan menara prangnya yang membubung tinggi. Menara berpenampilan arsitektur Khmer ini dihias dengan juta-an kepingan porselen Cina yang mempunyai warna bervariatif. Sebuah tangga terjal disebelah prang ke arah teras dan menyajikan panorama Sungai Chao Phraya yang cantik. Lihat google maps.

Baca juga : 11 Tempat Liburan Dahsyat di Thailand Yang Mesti Disinggahi

Untuk berkunjung Wat Arun Temple ada 2 jenis transportasi yang dipakai yakni kereta udara dan perahu. Jalur yang hendak dilalui ialah Sungai Chao Phraya. Disekitaran kuil ada beragam jenis persewaan pakaian tradisionil Thailand dan bisa dipakai oleh pelancong untuk ambil photo. Disamping itu ada sebuah pasar yang jual suvenir seperti kaos atau kerajinan ciri khas Thailand. Selamat nikmati wisata Thailand.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :