Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Kalimantan / Ini, Warna-warni Kuliner Khas Kalimantan

Ini, Warna-warni Kuliner Khas Kalimantan

/
/

Aneka Kuliner Khas Nusantara Yang Berasal Dari Kalimantan

Direktori Wisata – Pulau Kalimantan yang juga dikenal dengan Borneo ini memiliki keanekaragaman kuliner yang pantas untuk kita cicipi.

Kali ini Hotel Indonesia Kempinski memberi kesempatan kita untuk mencicipi kuliner Kalimantan yang digelar di Signatures Restaurant selama 7 hari sejak tanggal 26 Agustus hingga 1 September 2015.

Promo ini merupakan rangkaian dari Kuliner 5 Pulau (Sumatera, Jawa, Bali & Lombok, Kalimantan, Sulawesi & Maluku) selama 5 minggu yang berlangsung sejak tanggal 5 Agustus hingga 8 September 2015. Promosi kuliner ini diselenggarakan dalam rangka ulang tahun ke-70 Republik Indonesia dan ulang tahun ke-53 Hotel Indonesia Kempinski.

Dengan aneka bahan dasar makanan yang diolah dengan bumbu khas juga bahan tambahan yang bisa membuat kesan unik pada kuliner Kalimantan ini. Pulau Kalimantan terdiri dari lima propinsi yang masing-masing propinsi memilki keragaman kuliner tersendiri. Kelima propinsi tersebut adalah :

  1. Kalimantan Timur
  2. Kalimantan Barat
  3. Kalimantan Selatan
  4. Kalimantan Utara
  5. Kalimantan Tengah
tenggiri-asam-pedas

Setiap propinsi memilki kuliner andalan yang lain dari pada yang lain.Kuliner pulau Kalimantan merupakan perpaduan antara kuliner Melayu, Dayak dan peranakan (China). Bahan dasar masakanan yang digunakan pun juga beragam tergantung dari daerahnya. Seperti misalnya di daerah Banjar Kalimantan Selatan banyak menggunakan bahan makanan berupa itik. Atau di Balikpapan Kalimantan Selatan, kita akan dengan mudah mendapatkan olahan dari kepiting.

Bumbu yang digunakan dalam masakan Kalimantan ini selain menggunakan bumbu dapur yang biasa kita temukan seperti cabe, tomat, bawang merah, bawang putih ataupun sereh, juga digunakan bumbu khas Dayak. Seperti misalnya terong asam rimbang yang digunakan sebagai sumber rasa asam.

Untuk bahan pelengkap pun Kalimantan memilki kekhasan tersendiri seperti misalnya terasi yang sering digunakan dalam setiap masakan. Trasi yang enak adalah trasi yang berasal dari Ketapang ataupun Pontianak.Ada juga jeruk kitkia yang airnya digunakan untk melumuri sate sapi sebelum dibakar. Jeruk Kitkia ini jika di Banjar dikenal sebagai limau wangkang dan di Kalimantan dikenal sebagai jeruk sambal.

sambal-dadah-belasan

Ada lagi bahan makanan yang hanya ditemukan di Kalimantan seperti misalnya Timun Pepasan. Yaitu timun yang bentuknya kecil-kecil dan sering digunakan sebagai lalapan. Konon kabarnya timun pepasan ini sangat baik digunakan sebagai pencegah tekanan darah tinggi. Jadi jangan khawatir  jika makan hidangan berlemak khas Kalimantan seperti sate sapi Melayu atau iga masak habang atau cumi baubar karena ada timun pepasan yang jadi penteralisir lemak dan kolesterolnya.

Teknik pengolahan kuliner Kalimantan juga cukup unik. Seperti misalnya sambal dadah belasan yang setelah dihaluskan maka sambal diratakan pada cobek, kemudian cobeknya dibalik dan dipanaskan dengan api kecil sekitar 20 detik – 1 menit hingga sambal berwarna kecoklatan.selan itu teknik mengolah cumi baubar juga berbeda dengan hidangan lainnya, dimana cumi harus dibakar terlebih dahulu sebelum dicampur dengan sausnya.

Puteri Selat

Kuliner Kalimantan yang berasal dari etnis Melayu memilki persamaan dengan kuliner Sumatera dimana ada juga suku bangsa Melayu yang tinggal di sana. Seperti misalnya Puteri Selat yang merupakan jajanan pasar dengan ciri khas tiga lapis dengan warna yang berbeda yaitu hijau, coklat dan putih.

Ada juga Pisang gapit dari Kalimantan Timur yang cara pengolahannya seperti pisang Epe di Sulawesi Selatan. Hanya saja yang membedakan adalah sausnya. Jika pisang epe menggunakan saus gula merah, maka pisang gapit menggunakan saus durian.

Beberapa propinsi memiliki kuliner khas yang hanya ada di daerahnya masing-masing dan tidak ada di daerah lain. Seperti misalnya propinsi Kalimantan Timur memilki sambal Raja dari Kutai. Sambal ini memiliki isian yang bermacam-macam bahkan ditambahkan irisan telur sehingga sajian ini cocok disajikan sebagai hidangan raja.

Ada lagi ayam cincane yang dimasak dengan teknik dan bumbu yang special. Sebelum dibakar ayam cincane ini diungkep dnegan bumbu dan santan sehingga rasanya sangat lezat. Yang unik adalah gangan ubi jukut salai yaitu sayur asam berisi ikan yang diawetkan dan potogan ubi.

kuiner-kalimantan-lawa-gamai

Propinsi Kalimantan Utara dengan Lawa Gamai yang pernah dimasak oleh Raja terkahir Bulungan. Selain lawa gamai ada juga lawa mentimun yang dibuat dari mentimun tentunya. Hidangan lawa ini juga menggunakan bahan pelengkap lain seperti kelapa parut yang disangrai kemudian dibumbui dengan cabe, air perasan jeruk nipis gula serta garam  dan ditumbuk.

Ada juga hidangan masak habang, yaitu protein yang dimasak dengan bumbu pedas (habang). Kuliner masak habang ini merupakan kuliner Banjar di Propinsi Kalimantan Selatan yang terkenal.

Biasanya protein yang sering digunakan untuk masak habang antara lain Itik, daging, iga, telur, ikan dll. Di Kalimantan Timur juga ada ikan karing batanak yaitu ikan asin yang dimasak bersama telur bebek dan diberi kuah santan.

Di propinsi Kalimantan Barat kita bisa menjumpai banyak sekali kuliner peranakan (China) seperti misalnya teripang dan jamur hioko masak jahe yang sering disajikan pada saat Imlek. Ada juga bubur gunting yang msering dijajakan oleh pedagang keliling.

Bubur gunting ini adalah perpaduan bubur kacang hijau dan tapioka dan didalamnya ditambahkan cakwe yang digunting-gunting.

sate-melayu

Sate Sapi Melayu bisa jadi salah satu kuliner enak dan unik dari Kalimantan Barat. Sate ini dimakan dengan lontong atau ketupat yang diirsi-iris kemudian disiram dengan kuah kaldu sesuai dengan daging yang dipakai untuk sate.

Jadi kalau sate sapi kaldu yang ditambahkan adalah kaldu sapi, sedangkan sate ayam maka kaldu yang ditambahkan adalah kaldu ayam. Kaldu ini sendiri rasanya gurih.  Ada lagi kuliner Kalimantan Barat lainnya seperti pecel bihun dan acar kuning Pontianak serta rujak ebi.

Tidak banyak kuliner Kalimantan Tengah yang bisa dijumpai. Salah satunya adalah sambal dadah belasan dengan timun epasan yang unik. Namun demikian kuliner Kalimantan yang letak daerahnya berdekatan seperti Banjarmasin di Kalimantan Selatan dan Balikpapan di Kalimantan Timur, jenis kulinernya juga hampir sama. Yang jelas kuliner Kalimantan yang beragam ini perlu kita cicipi juga kita lestarikan keberadaaannya.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

2 Comments

  1. aduuh itu kue lapis menggoda sekali yummy sepertinya yah

    • Enak banget mba, apalagi kalau makannya pelan-pelan deh, akan terasa kelembutan dan nimatnya makanan kue lapis tersebut.

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :