Oh Snap!

Please turnoff your ad blocking mode for viewing your site content

Uji Coba LRT, Sekaligus Menilik Destinasi Liburan Sekitar Stasiun LRT Jakarta

Menilik Proses Uji Coba LRT Jakarta Sambil Menikmati Destinasi Liburan Santai di Sekitar Stasiun LRT Jakarta

Direktori Wisata – Lintas Raya Terpadu (LRT) hadir menjadi salah satu alternatif transportasi umum masyarakat Jakarta yang terintegrasi dengan wilayah yang ada di Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi.

Destinasi Liburan Dengan LRT di Jakarta

Menjelang libur panjang dengan berakhirnya semester akhir sekolah, LRT Jakarta mengundang segenap masyarakat untuk mengikuti rangkaian uji coba pelayanan transportasi umum masyarakat yang modern ini secara cuma cuma.

Bahkan banyak masyarakat memanfaatkan momen libur sekolah di akhir semester menjelang pertengahan tahun ini. Bagi sahabat Direktori Wisata yang  berdomisi di ibukota DKI Jakarta dapat memanfaat momen uji coba LRT Jakarta dengan berwisata naik LRT Jakarta yang tengah di uji publik secara cuma-cuma. Mumpung masih libur sekolah kami pun ikut serta dalam kegiatan ini.

Informasi yang Direktori Wisata dapatkan dari beberapa keterangan dan beberpa sumber data, LRT merupakan moda transportasi  diintegrasikan dengan moda transportasi lainnya, seperti MRT dan KRL. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menjadi penggagas pembangunan LRT Jakarta (dalam kota). Adapun LRT yang menghubungkan Jakarta dengan kota-kota disekitarnya atau LRT Jabodebek

LRT akan membangun enam rute, yakni Cawang-Harjamukti, Cawang-Kuningan-Dukuh Atas, Cawang-Jatimulya, Dukuh Atas-Palmerah Senayan, Harjamukti-Bogor, dan Palmerah-Grogol/Bogor. Panjang jalur LRT yang direncanakan adalah 130,4 km.

Layaknya uji publik MRT Jakarta sebelum beroperasi beberapa waktu lalu, menjadi momen yang dinantkan bagi masyarakat Indonesia pada umumnya dan warg DKI Jakarta pada khususnya, karena moda transportasi modern MRT dan LRT menjadi moda transportasi yang telah lama dinantikan bagi masyarakat Indonesia.

Untuk rute LRT Jakarta yang ada sekarang dan akan diuji coba kali ini adalah dari Stasiun Boulevard Utara Kelapa Gading sampai Stasiun Velodrome Rawangun. Untuk rute fase pertama yang aktif hanya enam stasiun, yaitu Stasiun Pegangsaan Dua, Stasiun Boulevard Utara, Stasiun Boulevard Selatan, Stasiun Pulomas, Stasiun Equestrian, dan Stasiun Velodrome.

Uji Coba LRT Jakarta

Waktu operasional LRT Jakarta dimulai pukul 05:30 WIB hingga 23.00 WIB setiap harinya dan kereta datang setiap 10 menit sekali. Bahkan pada waktu jam padat bisa diperpendek untuk waktu kedatangan hingga 5 menit sekali.

Agar perjalanan uji coba LRT Jakarta sambil menikmati liburan, Direktori Wisata langsung datang ke salah satu stasiun di rute fase pertama dan daftar secara manual. LRT Jakarta untuk fase pertama punya kapasitas angkut maksimal sebanyak 270 orang. Tersedia 8 set kereta yang memberikan layanan perjalanan bolak-balik lima stasiun.

Dalam uji coba LRT Jakarta ini, Direktori Wisata mendapatkan kesempatan menjajal LRT Jakarta. Tiba di stasiun Boulevard Utara, eskalator naik serta tangga tersedia untuk mengangkut penumpang ke daerah tunggu kereta berserta peserta lainnya mendapatkan tiket elektronik untuk divalidasi di stasiun.

Setelah tiba di stasiun LRT, kami berkordinasi dengan petugas untuk mendapatkan kartu Single Trip Journey sebagai akses masuk penumpang ke daerah berbayar untuk menukar kartu singgle trip untuk sekalian di uji coba fungsinya di setiap pintu masuk stasiun LTRT.

Dari pengamatan Direktori Wisata di stasiun LRT Velodrome, adapun sarana dan fasilitas yang ada di stasiun LRT Jakarta juga menyediakan lift, tetapi prioritas penggunaannya hanya untuk penumpang yang sudah lanjut usia, disabilitas, atau ibu hamil. Selain itu, tersedia toilet yang bersih di setiap stasiun.

Bahkan, LRT Jakarta sudah menyediakan area untuk retail sebagai tempat jual beli makanan atau minuman yang dapat menjadi salah satu destinasi liburan yang ada di sekitar stasiun LRT Jakarta. Konon tujuan adalah membuat masyarakat lebih familiar terhadap teknologi transportasi baru LRT ini.

Rute LRT Jakarta

Supaya perjalanan liburan naik LRT Jakarta kalian makin seru, Direktori Wisata merangkum sejumlah destinasi menarik yang bisa kalian  kunjungi di sepanjang Stasiun LRT Jakarta yang saat ini memanjang dari Stasiun Boulevard Utara hingga Velodrome Rawamangun.

Kunjungi : 7 Tempat Wisata UNik dan Menarik Sekitar Jakarta

Stasiun Velodrome atau dulu dikenal sebagai stasion balap sepeda ini begitu dekat dengan Arion Mall yang telah populer sejak dulu. Turun dari stasiun, sahabat Direktori Wisata bisa turun di Jakarta International Velodrome yang populer sebagai area jogging dan venue saat perhelatan Asian Games tahun 2018 silam.

Oh iya, ada banyak jajanan malam yang bisa kalian temukan di sekitar Jalan Rawamangun saat malam. Cocok buat kamu yang suka wisata kulineran yang menjadi salah satu detinasi populer wisata Jakarta yang ramai dikunjungi saat Libur sekolah.

Stasiun LRT Boulevard Utara yang Berlokasi persis di depan Mall Kelapa Gading (MKG) yang terkenal cukup ramai. Turun di Stasiun Boulevard Utara, sahabat Direktori Wisata bisa mampir ke MKG hingga kulineran di deretan ruko yang memanjang di sepanjang Jalan Boulevard Utara.

Nantinya, harga tiket LRT Jakarta rute fase pertama jarak 5,8 kilometer dari Stasiun Boulevard Utara hingga Stasiun Velodrome dibanderol rata dengan harga Rp 5.000 per perjalanan.

Semoga sahabat Direktori Wisata dan warga Jakarta dapat menikmati transportasi LRT Jakarta sebagai transportasi  masyarakat yang dapat memberikan solusi bagi warganya dalam memberikan pelayanan yang baik dan prima untuk mengantarkan mereka pulang pergi menju ke lokasi destinasi wisata sekitar Jakarta.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
  • stumbleupon
This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks :Ad Views :