Tradisi Bancaan Nasi Liwet Alas Daun Pisang Libur Tahun Baru di Jakarta

posted in: Kuliner | 0

Makan Malam Sambil Libur Tahun Baru Dengan Tradisi Bacaan Nasi Liwet Warga Cibubur, Jakarta

Direktori Wisata – Tradisi lokal makan nasi liwet bancaan alas daun pisang tetap dilestarikan di jaman now oleh warga Cibubur, Jakarta.

Tradisi Makan Malam Bancaan Alas Daun Pisang Menyambut Tahun Baru di Jakarta

Menikmati makan malam sambil menyambut tahun baru sambil menapak tilas tradisi makan bareng atau bancaan belakangan menjadi tren dikalangan masyarakat.

Tradisi makan alas daun pisang ini bukan hanya bisa di dapat di rumah makan yang menyajikan makan-makan kecil dengan sajian menu makanan tradisional, namun di tengah kehidupan sosial masyarakat di Ibukota Jakarta pun masih tetap di lestarikan keberadaannya. Salah satunya oleh warga Cibubur VIII, Jakarta Timur.

Dalam budaya modern kita tentunya mengenal budaya acara tiup lilin, potong kue sebagai bentuk rasa syukur. namun, jauh sebelum itu ada tradisi bancaan atau makan bersama di atas daun pisang. Dalam postingan kali ini Direktori Wisata Indonesia akan memberitahukan kepada sahabat Direktori Kuliner Indonesia dengan tradisi bancaan nasi liwet yang diselenggarakan oleh warga Cibubur, jakarta Timur.

Tradisi Libur Tahun Baru di Jakarta

Makan malam menyambut hari libur tahun baru di Jakarta yang di adakan oleh warga Cibubur ini bukan di hidangkan di atas piring atau kertas, melainkan di atas daun pisang. Keren bukan ? Bagi sahabat Direktori Wisata indonesia jaman now sepertinya kalian harus mencoba deh, dan rasakan sensasi kebersamaannya …….

Saat berkumpul untuk menikmati makan bersama dengan alas daun pisang ini, kita seakan benar-benar menjalani momen bahagia bersama, kita sering kali memilih mengisi momen itu dengan acara makan bersama seperti ini. Misalnya, saat perayaan ulang tahun, arisan, reuni, dan kumpul bersama untuk mengisi waktu luang.

Walau terlihat sederhana, acara menyambut perayaan malam tahun baru di Jakarta yang di lakukan oleh waga Cibubur ini sangat berkesan. Apalagi acara tradisi makan bareng bancaan nasi liwet ini di lakukan bersama keluarga dan kerabat tetangga terdekat di lingkungan rumah. Mantap bukan ?

Tradisi Bancaan Alas Daun Pisang

Keseruan tradisi bancaan nasi liwet beralas daun pisang itu bukan lagi sekadar cerita kenangan kakek-ne­nek atau buyut kita di masa mudanya. Santap bersama ala balakecrak­an justru sedang menjadi tren pencinta kuliner Indonesia yang bisa sahabat Direktori Wisata Indonesia temukan di beberapa tempat wisata Indonesia.

Sedikit informasi bagi sahabat Direktori Wisata Indonesia, masyarakat Sunda mengenal tradisi makan di atas daun pisang ini dengan sebutan tradisi “Ngeriung”. Sedangkan untuk di jawa namanya tradisi “Bancaan” atau “kemulan”.

Rayakan libur malam tahun baru di Jakarta, warga Cibubur VIII, Jakarta Timur sajikan menu khas kuliner Indonesia dengan suasana khas jaman dulu loh….

Sensasi dari tradisi bancaan nasi liwet alas daun pisang yang dapat dirasakan oleh warga salah satunya setiap individu yang terlibat di dalamnya akan dapat merasakan kebersamaan, apalagi dalam suasana menyambut libur tahun baru bersama keluarga terdekat yaitu tetangga rumah.

Berikut tayangan dalam video yang dapat disaksikan melalui chanel youtube kami. Semoga dapat berkesan ya temans..

 

Bagaimana tradisi libur tahun baru kalian teman ? Tentunya seru bukan ? oke deh selamat menikmati hari libur di tahun yang baru ini ya, semoga tambah sukses selalu….

Follow Direktori Wisata:

Direktori Pariwisata Dunia menyajikan keragaman tempat wisata dunia dengan keindahan alam, budaya dan kearifan lokal serta wisata kulinernya.