Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

 
Home / Indonesia / Sulawesi / Maluku / Tips dan Info Wisata Heritage di Ternate Maluku Utara

Tips dan Info Wisata Heritage di Ternate Maluku Utara

Menelisik Panorma Keindahan Wisata Heritage Benteng Tolukko di Pulau Ternate Maluku Utara

Direktori Wisata – Obek wisata vernilai sejarah di Benteng Tolukko dan Istana Kesultanan Ternate menjadi destinasi liburan yang populer di kota tua Pulau Ternate Maluku Utara.

Kepulauan Maluku sudah dikenal sebagai penghasil rempah-rempah sejak ratusan tahun lampau. Konon menurut catatan sejarah  rempah-rempah merupakan salah satu barang dagangan yang berharga tinggi yang berada di daerah ini. Pada jaman kolonial, hasil rempah-rempah di kepulauan ini sempat mengundang bangsa eropa ke Maluku pada abad 16. 

Tips dan Info Wisata Heritage di Ternate Maluku Utara

Dua bangsa tersebut adalah, Spanyol dan Portugis yang merupakan bangsa eropa yang pernah meperebutkan pengaruh di daerah Maluku Utara  Bangsa Portugis menduduki Pulau Ternate dan bangsa Spanyol menduduki Pulau Tidore.

Jejak Portugis di Ternate masih ada hingga sekarang.yaitu empat buah benteng peninggalan Portugis yang menjadi salah satu obyek wisata heritage yaitu Benteng Tolukko. Obyek wisata benteng kecil ini berukuran 30 x 14 meter dengan daya tampung 160 orang dan di bangun pada tahun 1540 oleh Francisco Serrow, dan posisi benteng ini menghadap selat Halmahera. Konon bangunan benteng ini dibangun untuk menghadang musuh yang datang dari sisi timur Ternate.

Dari info wisata heritage yag terdapat di lokasi, Benteng Tolukko merupakan sebuah benteng yang dibangun oleh Bangsa Portugis pada awal abad ke 16.ketika mereka sedang berusaha untuk menjajah Pulau Ternate. Dan benteng ini dibangun di tempat yang sangat strategis, dimana kita bisa melihat keseluruhan dari Pulau Ternate.

Tempat wisata heritage Benteng Tolukko ini merupakan sebuah simbol kejantanan dan kekuasaan yang menempel pada gaya arsitektur benteng ini yang bisa dilihat dari atas. Lokasi Benteng Tolukko berada di Kelurahan Sangadji, Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara.

 
Tips dan Info Wisata Heritage di Ternate Maluku Utara

Dan melalui titk spot ini kita bisa melihat Pulau Ternate dari ketinggian yang akan mengingatkan kepada kita bahwa pulau ini merupakan sebuah pulau yang sangat kecil. Karena pulau ini hanya berjarak 45 km. Dan bila kita berkeliling pulau ini dengan menggunakan kendaraan bermotor maka bisa ditempuh dengan waktu selama +/- 1 jam untuk berkeliling Pulau Ternate ini.

Hal yang menarik bila kita berkunjung di Pulau Ternate, hal ini akan mengingatkan kepada kita bahwa dulunya pulau ini pernah memiliki sebuah kerajaan Islam dengan masa kejayaan ternate pada masa lalu.

Di mana Kerajaan Ternate pernah menjadi kerajaan terbesar di Indonesia bagian timur dan menjadi salah satu Kerajaan Islam yang paling berpengaruh di Indonesia bersama kerajaan Aceh yang mengusai bagian Indonesia Barat serta Kerjaan Demak yang menguasai Indonesia bagain tengah.

Informasi yang Direktori Wisata, konon Pulau Ternate ini merupakan bagian atas dari gunung yang muncul dari bawah laut, sedangkan untuk kota Ternatenya sendri berada di lereng Gunung yang beranama Gunung Gamalama.

Bila kita mengelilingi Pulau Ternate kita akan melihat puncak Gunung Gamalama yang akan selalu terlihat indah dimanapun kita berdiri. Walau sekarang ini Ternate bukan menjadi Ibu Kota dari Provinsi Maluku Utara namun beberapa fasilitas hiburan dan obyek wisata masih jauh tersedia di Ternate dari pada di Safifi yang merupakan Ibu Kota Maluku Utara sekarang ini.

Tips dan Info wisata Ternate yang bisa Direktori Wisata berikan untuk para sahabat dan pembaca yang akan melakukan perjalanan liburan di Pulau Ternate sebaiknya kita menggunakan pakaian yang nyaman dan mudah menyerap keringat, karena kota ini memiliki suhu panas.

Tips dan Info Wisata Heritage di Ternate Maluku Utara

Bagi kita yang akan mengunjungi tempat wisata heritage di Istana Kesultanan Ternate yang perlu kita perhatikan adalah menggunakan pakaian yang sopan dan sepantasnya. Jangan lupa patuhi dan turuti aturan yang telah ditetapkan di kawasan Istana Kesultanan Ternate. Dan yang paling penting jangan lupa minta ijin untuk mengambil gambar foto benda-benda yang terdapat di dalam Istana.

Baca juga : Pesona Wisata Pantai Ora Pulau Seram Maluku

Dan yang terakhir, apabila kita berbincang dengan warga dan masyarakat setempat, maka pelajari beberapa kata yang sering dipergunakan dalam bahasa pergaulan mereka dengan sopan, dan berprilaku dengan  selalu menjaga etika dan norma pergaulan agar kita menjadi tamu yang disenangi oleh masyarakat dan penduduk setempat.

Baca juga : Pesona Wisata Bahari  Bada Naira Maluku Tengah

Untuk menuju Pulau Ternate sangat mudah di jangkau melalui penerbangan domestik maupun internasional. Bila dari Jakarta kita dapat melakukan penerbangan langsung menuju bandar udara Sultan Babullah, kita bisa memesan tiket pesawat penerbangan yang langsung melayani rute pernerbangan menuju Tertane.

Dan bila sahabat Direktori Wisata berangkat dari daerah lainnya, maka kita bisa mendapatkan dengan mudah melalui booking tiket pesawat online yang tersedia melalui situs online.

Semoga tips dan info wisata Heritage di Ternate Maluku Utara ini bisa menjadi salah satu alternatif perjalanan liburan yang menyenangkan di Pulau Ternate dengan beberapa obyek wisata yang bisa kita kunjungi saat liburan di Ternate. Selamat berlibur.[]

 
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
 
 
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :