Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2022 | All Right Reserved

Home / Tips Wisata / Tips dan Info Wisata Alam dan Heritage Goa Tabuhan Pacitan

Tips dan Info Wisata Alam dan Heritage Goa Tabuhan Pacitan

/

Pesona Wisata Alam dan Heritage di Goa Tabuhan Pacitan, Jawa Timur

Direktori Wisata – Tips dan informasi wisata heritage Pacitan sebagai kota kecil yang menyajikan keeksotisan alam Goa Tabuhan yang mempesona.

Obyek wisata alam Goa Tabuhan di Pacitan menyajikan keindahan alam dengan ornamen goa yang indah dengan sentuhan budaya dan sejarah yang menyatu dalam perpaduan seni kerarifan lokal masyarakatnya nan eksotis. Dibandingkan dengan tempat wisata alam yang memiliki goa-goa lain yang sejenis ciri dan karakter Goa Tabuhan ini bisa dikatakan sama, yakni adanya reaksi kimia dengan adanya air hujan dan mineral kapur yang menetes selama ribuan tahun bahkan jutaan tahuh hingga menjadi stalagtit atau talagmit yang tampak begitu indah.

Wisata Goa Tabuhan Pacitan

Konon, informasi yang Direktori Wisata dapatkan menurut catatan sejarahnya, tempat wisata alam Pacitan Goa Tabuhan yang berada di tebing  pegunungan kapur ini pertama kalinya ditemukan pada tahun 1923 dengan lebar bibir goa mencapai 40 meter dan pernah menjadi tempat tinggal manusia prasejarah yang hidup belasan tahun. Dan menurut riwayat masyarakat sekitar goa, dulunya Goa Tabuhan Pacitan ini disebut dengan Tapan atau sebagai tempat bertapa bagi mereka yang akan menyelarasakn dirinya menyatu dengan alam untuk mencari ilham atau petunjuk.

Sejak jaman Wedana Pulung pada tahun 1936 goa ini dipopulerkan dengan nama Goa Tabuhan. Dan dikelola oleh pemerintah sejak tahun 1977. Sedangan total panjang goa yang luar hingga sampai ke dalam diperkirakan +/- 100 meter. Sedangkan untuk penamaan goa ini sebagai Goa Tabuhan dikarenakan batuan stalagmit yang berada di dalam goa sebagian bisa ditabuh atau dipukul dengan mengelurkan suara yang bisa bersinerji dengan alat musik.

Mengunjungi tempat wisata alam Goa Tabuhan Pacitan ini kita akan merasakan sensasi petualangan yang berbeda. Dimana pada saat memasuki mulut goa kita akan merasakan semakin ke dalam semakin menyempit ruangan yang berada di dlam goa. Bagi kita yang akan memasuki goa ini harus berhati-hati dan merunduk sedikit agar kepala kita tidak terkena dinding atas goanya, karena stalagtit dan stalagmit di dalam goa tersebut sangat rapat dan kondsi jalan sedikit licin.

Namun, setelah kita sampai di ujung Goa Tabuhan kita akan menemukan sebuah ruangan kecil, walau kecil namun ruangan ini bisa membuat kita berdiri tegak dengan normal untuk melakukan gerakan bebas sambil menghilangkan rasa pegal-pegal di otot leher dan pinggang serta pegelangan di tubuh kita.

Tempat Tapa Goa Tabuhan Pacitan

Informasi wisata Goa Tabuhan Pacitan yang Direktori Wisata terima dari pemandu wisata lokal, sebuah ruangan kecil yang berada di ujung goa konon dulunya pernah dipergunakan sebagai tempat untuk bertapanya Sentot Prawirodirjo yang merupakan seorang pahlawan pada masa perang Diponegoro. Dulunya goa ini sebagi tempat persembunyian beliau dari kejaran tentara Kolonial Belanda.Konon informasi yang kami terima, beliau melakukan petapaan di tempat ruangan goa tersebut selama 40 hari dan 40 malam.

Lanjut……
Bagi Keyakinan masyarakat di daerah sekitar obyek wisata alam Goa Tabuhan tersebut. Goa tersebut bukan hanya pernah menjadi tempat bertapanya Sentot Prawirodirjo saja. Namun juga menjadi tempat bersemayamnya Joko Lelono seorang pangeran yang hidupnya dihabiskan untuk mengembara hingga lupa akan nama dan asal-usulnya.

Di sisi ruangan lain masih terdapat di dalam Goa Tabuhan Pacitan, kita akan menemukan beberapa prasasti sebagai tanda bahwa goa ini pernah juga dikunjungi oleh beberapa pejabat negara baik dari Indonesia yang pernah dilakukan oleh Presiden Soekarno dan juga Presiden Soeharto pada masa tersebut, dan yang tidak ketinggalan di sini kita juga bisa melihat dan menemukan sebuah prasasti yang bertuliskan “King and Queen of Siam”.

Bila kita mendengar dan melihat sendiri jejak-jejak sejarah yang tergores di obyek wisata alam Pacitan yang terdapat di dalam Goa Tabuhan yang dapat membua cakrawala pengetahuan kita, tidaklah heran bila obyek wisata Goa di Pacitan ini menjaidi salah satu tempat wisata heritage Pacitan yang memiliki pemandangan alam yang indah dengan balutan sni dan kearifan lokal dari masyarakat Pacitan.

Bagi para sahabat dan pembaca setia Direktori Wisata yang akan melihat pertunjukan musik tradisional lengkap dengan penyanyi dan pemain iringan musik di dalam Gaa Tabuhan Pacitan ini, kita bisa menyaksikan pagelaran seni dan tradisonal khas Goa Pacitan dengan membayar Rp. 150.000,- dengan 6 lagu iringan musik tradisional yang indah.

Goa Tabuhan Pacitan

Dalam pertunjukan musik tradisonal di dalam Goa Tabuhan ini, kita dapat menyaksikan para seniman goa yang sedang memainkan alat musiknya dengan tabuhan iringan suara musik yang berasal dari dinding goa. Para seniman goa yang terdiri dari dua penyanyi, satu penabuh gendang, serta beberapa orang seniman yang bertugas untuk memukul stalagtik goa. Bunyi suaranya dipadukan dengan alunan musik gamelan. Dan ini menjadi salah satu daya tarik tempat wisata Goa Tabuhan yang selalu memikat hati para wisatawan yang berkunjung di obyek wisata alam Pacitan ini.

Secara garis besar syair Goa Tabuhan ini menceritakan tentang keindahan goa alam yang berada di Kota Pacitan. Meski berupa goa batu namun hal yang menarik bagi para wisatawan yang bertandang di obyek wisata goa ini bisa melihat secara langsung hasil suara musik yang ditimbulkan dari dinding goa. Pada pertunjukan seni musik di dalam goa ini kita dapat menyaksikan sebuah estetika bunyi-bunyian merdu untuk mengiri alunan berbagai lagu.

Setelah puas dan berkeliling sambil menikmati tempat wisata alam dan heritage di Goa Tabuhan Pacitan kita juga dapat menkmati berbagai ragam jajanan dan kulienr khas Pacitan yang mudah di dapat di lokasi. Bahkan bagi kita yang akan membeli oleh-oleh khas Kota Pacitan di sekitaran obyek wisata ini juga banyak warung yang menjajakan aneka souvenir yang disediakan oleh para pengelola obyek wisata.

Tips dan informasi wisata Goa Tabuhan Pacitan untuk kita yang akam berlibur di Kota Pacitan yang harus diperhatikan untuk kita semua, bila kita akan melakukan petualangan di dalam goa ini sebiaknya menggunakan pakaian yang sopan, berbahan baju yang mudah menyerap keringat, dan sebiknya ikuti arahan dan petunjuk dari para petugas pemandu wisata lokal yang bertugas di tempat wisata goa tersbut, seperti mengunakan senter pada saat akan masuk ke dalam Goa.

Kunjungi Juga 9 Tempat Wisata Ngawi Yang Baru Trend di Jawa Timur

Hal terpenting dalam melakukan liburan di tempat wisata Pacitan goa alam ini adalah sebaiknya kita selalu menjaga etika dan norma sera kebersihan lingkungan setempat. Bawalah antong plastik kosong sebagai tepat penampungan sampah pribadi yang bisa kita kumpulkan untuk sementara sebelum bertemu dengan tong sampah.

Dikarenakan Goa Tabuhan Pacitan ini memiliki kisah dan cerita sejarah bagi perjuangan bangsa Indonesia, sebiknya jangan meninggalkan coretan di diniding goa. Prilaku dan norma yang saling menghormati satu dengan yang lainnya patit selalu kita jaga. Walau bagaimana pun tempat wisata alam ini dulunya pernah dijadikan tempat ritual bagi mereka yang menyepi atau bertapa untuk menyelaraskan diri bersama alam.

Informasi harga tiket masuk obyek wisata Goa Tabuhan Pacitan di bagi menjadidua golongan untuk anak-anak harga tiket masuk Rp. 3.000,- / orang sedangkan untuk dewasa Rp. 5.000,- / orang. Harga tersebut untuk hari biasa. Sedangkan untuk harga tiket untuk hari Minggu dan Hari Libur Nasional harga tiket masuk untuk anak-anak Rp. 5.000,- / orang dan untuk harga tiket untuk orang dewasa Rp. 7.000,- / orang. Sedagkan untuk harga tiket wisatawan mancanegara di kenakan Rp. 10.000,- / orang. Sebagai informasi tambahan, harga tiket dapat berbuah sewaktu-waktu sesuai kebijakan dari pengelola obyek wisata Goa Tabuhan Pacitan.

Baca: Pesona Wisata Goa Gong Pacitan

Cara menuju Goa Tabuhan Pacitan sangatlah mudah, karena lokasinya yang berada di Dusun Tabuhan, Desa Wereng Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, dan dapat ditempuh melalui jalur darat dari pusat Kota Pacitan yang berjarak +/- 40 km. Sedangkan bagi kita yang berada di luar Pulau Jawa yang akan menuju ke lokasi, kita bisa melalui jalur akses udara dengan menggunakan pesawat menuju Bandar Udara Adisumarmo Solo, setelah itu dilanjutkan melalui perjalanan darat menuju tempat wisata alam Goa Tabuhan Pacitan. Untuk lebih jelasnya bisa lihat di dalam peta di bawah ini.

Di balik pesona keindahan yang terdapat di tempat wisata alam dan heritage Goa Tabuhan Pacitan kita dapat menyaksikan secara langsung bahwa alam memang terkadang memiliki fenomenal unik dan menarik. Ketika kita menangkap fenomena keunikan itu dan mampu membuat sebuah kreasi maka akan terlihat sebuah hasil yang mempesona, Seperti halnya yang bisa kita temukan di obyek wisata alam Goa Tabuhan di Pacitan yang menjadi sebuah kota kecil yang menyajikan beragam destinasi wisata Pacitan yang menarik untuk dikunjungi. Selamat liburan di Pacitan.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

2 Comments

  1. Di Jatim memang banyak goanya 😀
    Pacitan memang banyak terkenal goa selain pantai 😀

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :