Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Sumatera / Natuna / Tips Dan Info Pesona Wisata Alam Pulau Natuna

Tips Dan Info Pesona Wisata Alam Pulau Natuna

Menikmati Keindahan Wisata Pulau Natuna Nan Eksotis

Direktori Wisata – Pulau cantik nan indah dengan beragami info wisata Natuna yang bisa menjadi pilihan destinasi wisata saat liburan di Pulau Natuna.

Pulau Natuna merupakan sebuah pulau yang berada di salah satu jajaran kepulau Indonesia yang meiliki rgam destinasi wisata alam yang menjadi tempat wisata di Natuna yang indah.  Dan letaknya berada di ujung utara Selat Karimata, karena letaknya yang juga berada di Laut China Selatan menjadikan pulau ini letaknya dekat dengan prbatasan beberapa negara. Dimana sebelah uatar Pulau Natuna berbatasan langsung dengan Vietnam dan Kamboja, dan dibagian Barat pulau ini berbatasan dengan Singapura, Malaysia dan Pulau Sumatera.

Pesona Wisata Pulau Natuna

Pulau Natuna dengan dataran rendah dan landai yang dikelilingi oleh pantai-pantai dengan berbagai jenis pasir. Kepulauan ini memiliki tanah yang berbukit dan berbatu. Tidaklah heran bila kita berlibur atau berkunjung ke Pulau Natuna ini banyak menemukan bokahan batu setinggi 2 hingga 3 meter.

Konon informasi yang Direktori Wisata Indonesia terima, pesona keindahan bebatuan yang menurut cerita catatan sejarahnya semua bebatuan yang ada di lokasi ini berasal dari jaman megalitukum. Namun , keberadaan dari bebatuan tersebut sekarang jumlahnya telah berkurang dan hany tinggal sedikit yang tersisa. Hal tersebut dikarenakan banyaknya warga yang menghancurkan batu-bau yang ada dan menjadikannya sebagai bahan untuk membuat bangunan.

Pantai Tanjung Daru Kepulauan Natuna

Bila kita mengisi  lburan di Pulau Natuna besar atau yang dikenal dengan julukan pulau mutiara di ujung utara atau juga yang dikenal dengan Bunguran. Tempat wisata alam pantai Pullau Natuna yang menjadi sebuah destinasi andalan yang cukup populer di pulau ini salah satunya adalah Pantai Tanjung Datu.

Dari informasi wisata Pantai Tanjung Datu yang Direktori Wisata dapatkan, bahwasanya pantai ini memiliki karakteristik yang berbeda dari kebanyak pantai yang berada di daerah Natuna.Meski pasir lautnya serupa dan berwarna putih, namun sebagian besar permukaan pantainya didominasi oleh perbukitan dan berbatu yang beranekaragam dan bercorak alami.

Setelah puas mengelilingi tempat wisata Pantai Tanjung Datu di Kepulauan Natuna, lalu kami berserta rekan-rekan Direktori Wisata lainnya mengikutii arahan info wisata Pulau Natuna yang diberikan kepada kami dari pemandu wisata lokal yang mendampingi perjalanan kami saat liburan di Pulau Natuna.

Lanjut…….
Perjalanan Jelajah wisata Pulau Natuna kamipun bergeser kepada obyek wisata Pantai Sengiap Natuna atau yang dikenal dengan Pantai Pasir Berbisik. Pantai dengan nama yang mengingatkan kami saat melalukan perjalanan di kawasan pegunungan Bromo. Di namakan Pantai Pasir Berbisik hal ini dikarenakan disetiap langkah kita di atas pasir pantai ini akan terdengar suara. Seru kan ?…..

Tempat wisata Pulau Natuna berikutnya adalah Taman Batu Alif atau yang memilki nama julukan Alif Stone Park.Untuk menuju  obyek wisata Taman Batu Alif  ini kita hanya membutuhkan waktu +/- 3 km dari pusat Kota Natuna. Lokasi tempat wisata Taman Batu Alif Natuna ini letaknya persis di tepi pantai Desa Sepempeng, Kecamatan Bunguran Timur.

Info Wisata Pulau Natuna

Alif Stone Park merupakan salah satu tempat wisata unggulan Natuna yang memadukan unsur pantai berpasir dan air yang jernih dengan hamparan batu megalit raksasa. Di antar batu berukuran raksasa tersebut terdapat salah satu batu yang bergaris putihdan terletak paling tinggi di atas antar bebatuan yang lain menyerupai huruf Alif, sehingga taman ini disebut Taman Batu Alif.

Di kompleks Taman Batu Alif ini kita dpat menemukan sebuah jembatan yang menghubungkan dari satu batu ke batu lainnya. Bebatuan megalit dengan bentuk beraneka rupa berdiri kokoh dan bahkan ada yang berukuran raksasa dan saling menyandar sehingga membentuk semacam lorong.Sepintas hampir menyerupai gua. Sementara di sisi bawah yang menjorok ke pantai bebatuan berukuran sedang yang terhampar memenuhi hampir seluruh celah-celah permukaan pantai.

Pesona Wisata Natuna

Di lokasi inilah kita dapat menyaksikan pemandangan menjelang senja momen-momen menakjubkan yakni ketika matahari kembali keperaduan. Karena kecantikan dan keindahannya tidaklah heran jika banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat wsiata ini mengabadikannya dengan kamera.

Di sisi lain di Kepulau Natuna, kita bisa menemukan sebuah obyek wisata ralegi yang menjadi sebuha simbol atau ikon masyarakat Ranai, yaitu Masjid Aung Kota Ranai. Konon dar informasi yang Direktori Wisata terima, masjid ini di bangun pada saat tahun 2007 dan diresmikan pada tahun 2009.

Ornamen Masjid Agung Natuna gaya arsitekturnya mengambil inspirasi dari Al’quran, hal ini dikarenakan Al’quran yang merupakan sumber dari segala hukum. Kubah masjinya menyerupai kubah Taj Mahal di India dan menjadi masjid terbesar, termegah di Propinsi Kepulauan Riau.

Masji Agung Natuna

Masjid Natuna memiliki ruang dalam yang sangat luas. Satu barisan shaf di dalam masjid ini mampu memuat hingga 180 jamaah. Bagian tengahnya diterangi oleh cahaya alami yang bersumber dari kubah masjid. Dua pintu utama yang terletak di sisi kiri dan kanan gedung menghadap ke kiblat juga mengarahkan nuansa ruang menjadi terfokus pada sumber cahaya Ilahi.

Sedangkan latar belakang mihrab Masjid Agung Natuna dibuat dari bahan kayu dengan bentuk yang cukup besar. Geometrinya juga terbentuk dari lengkung atau busur dengan pertemuan lancip di bagian tengah atau bagian atasnya. Dengan latar mihrab tersebut di desain dengan labirin busur lancip yang terlihat cantik dan indah.

Satu info wisata di Pulau Natuna yang tidak kalah menrik lainya yang bisa kita kunjungi saat mengisi liburan di Natuna yaitu obyek wisata Batu Sindu. Tempat wisata Ini memiliki pemandangan menakjubkan mata, dimana perpaduan antara bongkahan bebatuan meglit raksasa yang menakjubkan, goa bersejarah, serta eksotika laut sekitar laut yang mempesona. Lokasinya berada di Tanjung Senubing yang letaknya berada di kawasan Kecamatan Bunguran Timur dan tidak jauh dari Taman Batu Alif.

Untuk menyusuri bukit yang mengantarkan kita untuk sampai di Batu Sindu Tanjung Lesung tersebut sangatlah mudah, karena jalur jalan untuk menuju puncak sudah berapal dan bisa dilalui dengan kendaraan beroda empat, meski tidk terlalu lebar. Untuk jarak waktu tempuhnya tdak terlalu lama dan hanya beberapa menit saja.

Dari titik spot tempat wisata di Batu Sindu ini kita bisa melihat beragam bentuk pesona wisata alam Natuna dengan bongkahan batu besar dari sejumlah titik, yang bila kita perhatikan di kanan kirinya di tumbuhi dengan subur pohon kepala serta pepohonan hutan . Selain itu kita juga bisa melihat pemandngan indah bentangan samudra luas berwarna biru yang bergradasi warna hijau tosca yang menggambarkan indahnya tempat wisata di Pulau Natuna.

Tips untuk melakukan perjalanan liburan ke Pulu Natuna sangatlah mudah. Kita bisa menggunakan penerbangan udara atau laut langsung dari Jakarta dan Pekanbaru, Batam dan Bintan yang memiliki penerbangan dan pelayaran internasional. Dan untuk sarana penginapan kita akan mudah mendapatkan penginapan yang bisa disesuaikan dengan budget dan kebutuhan kita di kota Natuna.

Blla kita dari Jakarta, kita bisa menggunakan penerbangan untuk menuju Pulau Natuna dengan penerbangan yang transit terlebih dahulu ke Bandar Udara Internasional Hang Nadim Batam lalu perjalanan dilanjutkan dengan penerbangan yang menuju Pulau Natuna yang bila di total waktu perjalanannya yang akan kita tempuh adalah +/- 3 – 4  jam. Semoga tips dan info wisata menuju liburan di Pulau Natuna ini bisa memberikan manfaat bagi para sahabat dan pembaca setia Direktori Wisata.

Tips dan Info Pesona Wisata Alam Pulau Natuna tersebut di atas merupakan  beberapa obyek wisata yang paling populer di kalangan wisatawan yang banyak dikunjungi. Bila kita berlibur ke Pulau Natuna sebaiknya persiapkan waktu yang cukup karena liburan kita akan bisa lebih berkesan dengan menikmati tempat dan pesona wisata Natuna lainnya bersama keluaraga dan orang-orang yang kita sayangi. Selamat liburan di Pulau Natuna.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

11 Comments

  1. bagus banget wisata alif park di pulau natuna ini kang.

    lumayan deket tuh alif stone park dari pusat kota natuna

  2. Salah satu pulau terluar Indonesia yang sangat indah 🙂

    • Betul Kang Natuna salah satu Pulau Indonesia yang indah dan hanya miliki bangsa Indonesia harga mati. he,, he,, he,

  3. Alhamdulillah…Sya sdh 3x kesana, dulu yg msh jd kendala, blm ada pesawat komersil dr jkt langsung ke Natuna. Dr jkt hrs transit dl ke Pontianak/Tanjung pinang/Batam. Dari jkt Klw mau langsung terbang ke Natuna bs ikut pesawat Herkules milik TNI-AU dari Halim Perdana Kusuma-Lanud Ranai Natuna. Kalau ada penerbangan yg PP JKT-Ranai cakep tuh, ga perlu repot2 transit.
    Natuna adalah kepulauan NKRI, pertahankan jgn smpe lepas ketangan asing.
    Tks Pak Indra

    • Sama -sama mas, semoga Pulau Natuna dan sekitarnya menjadi dikenal potensi wisata alam dan pantainya yang indah dengan wisatawan asing, baikpun lokal. Dan ini memang pulau memang bagian dari Indonesia.

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :