Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Info / Tips Cara Jitu Menghindari Kemacetan Mudik Lebaran

Tips Cara Jitu Menghindari Kemacetan Mudik Lebaran

/
/

Tips Jitu Dan Mudah Menghindari Kemacetan Saat Pulang Mudik Libur Lebaran Tanpa Pusing

Direktori Wisata – Cara mudah dan jitu untuk menghindari arus kemacetan saat pulang kampung libur mudik lebaran tanpa stress.

Pada saat musim libur mudik lebaran tiba, banyak orang yang berbondong-bondong pergi berangkat ke kampungnya masing-masing. Ada yang naik pesawat terbang, kereta api, kapal laut, mobil, sepeda motor dan bahkan naik bajaj dan kendaraan-kendaraan tidak umum lainnya.

Tips Cara Jitu Menghindari Kemacetan Arus Mudik Lebaran

Terjebak macet parah ketika mudik di liburan panjang adalah sesuatu hal yang sangat biasa terjadi. Dari tahun ke tahun seperti itulah keadaannya. Apalagi bila kita  terjebak dalam situasi kemacetan arus pulang kampung yang panjang hingga tanpa gerak sedikitpun akan membuat perjalanan tidak semaikn nikmat dan yang ada malah mebuat bete atau stress di jalan.

Kemacetan terjadi karena terbatasnya luas jalan raya yang ada yang tidak diimbangi dengan banyaknya kendaraan yang menggunakan jalan. Hasilnya adalah kemacetan yang sangat parah. Untuk melebarkan jalan yang sudah ada rasanya akan menjadi suatu pekerjaan yang sangat sulit sekali. Untuk melarang para pemudik untuk menggunakan kendaraan pribadi pun rasanya juga tidak mungkin. Dibutuhkan suatu jalan keluar yang tepat agar aktivitas mudik tidak menjadi sesuatu hal yang menyebalkan lagi.

Tips Solusi Mudik Tanpa Arus Mudik Macet

Ketika jalan darat sudah tidak memungkinkan lagi maka jalur laut dan udara saja yang bisa dimaksimalkan untuk acara mudik warga negara Indonesia yang ingin bersilaturahmi di kampung halamannya. Jalur udara sepertinya akan menjadi suatu solusi yang mahal mengingat untuk menyediakan pesawat terbang dalam jumlah besar beserta bahan bakarnya. Bisa-bisa tarif penerbangannya bisa mahal dan sulit terjangkau oleh masyarakat dari kalangan bawah.

Jika lintasan udara tidak memungkinkan, maka yang terakhir adalah lintasan laut. Jalur laut adalah jalur yang paling memungkinkan untuk dijadikan jalur mudik alternatif. Laut yang luas bisa digunakan oleh banyak kapal sekaligus untuk menampung pemudik yang hendak berlebaran di kampung halamannya. Apalagi sudah ada tol laut yang dapat menghemat banyak waktu perjalanan di atas laut. Negara kita yang lautnya luas dan bersahabat memiliki keuntungan dalam hal ini.

  • Cek Info Lalu Lintas Melalui Dunia Online

Mencari info lalu lintas. Pelajari apakah jalur perjalanan yang Anda lewati rawan macet. Anda bisa memperoleh info lalu lintas ini dari satuan lalu lintas daerah yang bakal Anda lintasi via akun twitter atau media sosial lainnya. Bahkan saat ini sudah ada aplikasi waze di mana Anda dapat mengecek apakah jalur yang akan Anda lewati mengalami kemacetan.

  • Mencari Jalur Alternatif Melalui Map

Sahabat Direktoi Wisata Indonesia juga bisa memilih untuk menghindari jalur utama yang menjadi langganan macet. Dengan GPS atau aplikasi waze, kita bisa menemukan atau memilih jalur moda alternatif.transportasi Umum

  • Pemanfaatan Transportasi Laut Untuk Mudik Pulang Kampung

Daripada berlelah-lelah mengemudi berjam-jam, mengapa tidak mudik dengan menggunakan transportasi umum . Dengan menggunakan transportasi umum, kita sudah berkontribusi untuk menghindari kemacetan pada arus mudik lebaran di jalanan. Untuk transportasi umum, Anda bisa memilih kapal laut, pesawat, kereta api, ataupun bus. Pesawat paling nyaman, namun tentu harganya paling tinggi.

Baca juga : Cara Mudah Membawa Orang Tua Penyandang Disabilitas Dapat Ikut Terbang Dengan Membawa Kursi Roda

Sedangkan untuk ongkos mudik yang lebih murah namun nyaman dan bebas macet dengan memilih moda angkutan transportasi umum kereta api ataupun kapal laut. Bus paling irit, namun ada kemungkinan bila ita menggunakan Bus anatar kota akan terjebak macet. Namun, di sisi lain kita bisa lebih tenang dan releks karena tidak perlu mengemudikan kendaraan saat mudik pulang kampung halaman.

Baca juga : Tips Mengatur Keuangan Untuk Mudik Lebaran

  • Mengemudilah Dengan Nyaman

Utamakan keselamatan dan jaga selalu jarak dengan mobil di depan Anda, minimal 3 – 5 meter. Seandainya mobil depan yang berada di depan kendaraan kita tiba-tiba mundur, kita tidak perlu khawatir bemper mobil yang kita gunakan akan beradu. Begitu juga bila mobil di depan kita tiba-tiba mogok,  Kita masih bisa mengantisipasi untuk pindah jalur.

Jika terjebak macet, berusahalah untuk melihat dua mobil di depan mobil yang kita gunakan Jika ingin berpindah jalur, jangan lupa untuk menyalakan lampu sein terelbih dahula dan pergunakanlah kaca spion sebelah kiri atau kanan serta kaca spion tengah. Kurangi melihat keluar jendela dan menghadp ke belakang kendaraan yang kita bawa.

Baca juga : Cara Paling Mudah Pesan Kereta Api Libur Mudik Lebaran

Ingat…., mengemudilah dengan cara yang nyaman dan benar, bukan seperti kita baru belajar membawa kendaraan. Dan hal terpentig hindari mengerem mendadak. Jangan lupa siapkankotak P3K di dalam mobil untuk kepreluan yang tidak kita inginkan.

  • Jangan Paksakan Diri Dan Istirahatlah Saat Lelah

Jika mata sudah terasa berat atau tubuh lelah, lebih baik cari tempat untuk beristirahat dengan tenang dan tidak memaksakan diri. Jangan sampai kita tertidur saat kita menjalankan kendaraan. Tubuh yang terlalu lelah pun akan membuat diri kita kurang konsentrasi saat mengemudi.

Sebagai informasi, sahabat Direktori Wisata bisa berhenti di rest area, tidur sejenak, atau pun berhenti sejenak untuk mencari udara segar dan istirahat atau bisa juga makan sejenak. Setelah tubuh kita merasa segar, maka perjalanan mudik lebaran bisa dilanjutkan kembali.

Baca juga : Tips Libur Mudik Lebaran Dengan Pesawat Terbang

  • Siapkan Pengusir Kejenuhan Selama Perjalanan

Jangan lupa untuk menyiapkan berbagai pengusir kejenuhan. Seperti menyiapkan CD atau pun MP3 dengan kolekasi lagu favorit yang akan menemani perjalanan kita menuju kampung halaman, jangan lupa juga dengan cemilan ringan.

Bagi sahabat Direktori Wisata Indonesia yang tidak mengemudi, bisa memainkan gadget ataupun membaca buku. Pastikan baterai gadget yang kita bawa terisi penuh, termasuk power banknya.

info tips cara menghindari arus kemacetan mudik lebaran tersebut diatas bisa menjadi salah satu alternatif bagi para sahabat yang akan ataupun kemabali ke atau dari kampung halaman. Selamat menikmati perjalanan mudik lebaran bersama keluarga.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :