Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

 
Home / Indonesia / Jawa Tengah / Dieng / 8 Tempat Wisata Yang Menarik Dikunjungi Di Dieng Plateau

8 Tempat Wisata Yang Menarik Dikunjungi Di Dieng Plateau

 

Ini 8 Tempat Wisata Dieng Plateau Yang Menarik Dikunjungi Untuk Wisatawan

Direktori Wisata.– Dieng Plateau memiliki kawasan obyek wisata yang indah dan banyak diminati para pecinta dunia traveling, baik dari dalam maupun luar negeri.

Obyek wisata alam Dieng yang indah dengan beragam bentuk keunikan tradisi lokal masyarakatnya, menjadikan Dieng sebagai salah satu destinasi wisata yang menjadi alternatif pilihan tempat wisata untuk di kunjungi di Jawa Tengah.

Komplek Candi Arjuna Dieng

Dieng yang terletak di kawasan dataran tinggi pegunungan, menyebabkan kawasan ini memiliki hawa sejuk dan udara yang segar.Nuansa alam yang masih asri menyambut setiap kehadiran para wisatawan berkunjung di setiap obyek wisata yang terdapat di dataran tinggi Dieng.

Dari pengalaman pribadi dan para wisatawan yang yang pernah hadir tempat wisata Dieng, kita seperti di ajak mengenjungi sebuah negeri khayangan yang berada di atas awan, yang konon menurut cerita tempat ini menjadi persemayaman para dewa.

Wisata di dataran tinggi Dieng kita dapat menemukan alam pegunungan yang cantik dengan telaga-telaga mata air, kawah-kawah dan candi-candi Hindu kuno yang indah bertebaran di atas dataran tinggi Dieng.

Untuk mempermudah kita mengenal obyek wisata yang berada di kawasan dataran tinggi Dieng, Direktori Wisata mencoba menyusun obyek wisata Dieng yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan pada saat hadir di tempat wisata ini.

Berikut Tempat Wisata Dieng Plateau Yang Menarik Dikunjungi Dan Populer Di Kalangan Wisatawan Saat Berlibur Di Jawa Tengah

Tempat wisata Dieng Komplek Candi Arjuna

8 Tempat Wisata Yang Menarik Dikunjungi Di Dieng Plateau

Komplek Candi Arjuna merupakan salah satu ikon wisata di dataran tinggi Dieng. Di dalam komplek Candi Arjuna Dieng kita dapat menemukan obyek Candi yang bercorak agama. Dari sebah candi di dalam Komplek Candi Arjuna terdapat angka 713 saka atau sama dengan809 M, kemungkinan besar candi-candi Dieng ini berasal dari abad VIII-IX.

 

Namun bila kita telusuri terdapat kemungkinan lain bahwa candi-candi tersebut ada yang lebih tua, dan umurnya sekitar pertengahn abad VIII.

Di dalam tempat wisata Komplek Candi Arjuna kita akan menemukan lima candi yang tersusun dua deret, di mana deret sebelah timur terdiri dari empat bangunan candi yang semuanya menghadap ke barat yaitu Candi Arjuna, Candi Srikandi, Candi Purnadewa, dan Cand Sembadra.

Sedangkan untuk bagian sebelah derretan sebelah barat yang menghadap ke timur kita dapat menemukan Candi Semar. Konon candi-candi yang terdapat di tempat wisata Komplek Dieng Candi Arjuna ini diperkirakan sebagai bangunan Candi Siwa Tertua dari Masa Klasik tua.

Tempat Wisata Dieng Candi Gatotkaca

Candi Gatotkaca Dieng Plateau

Candi Gatotkaca terletak disebelah barat tempat wisata Dieng Komplek Candi Arjuna; Telaga Balekembang dantempat wisata ini dekat dengan bukit Pangonan. Candi ini berseberangan dengan Museum Dieng Kaliasa yang menyimpan koleksi arca.

Candi Gatotkaca memiliki susunan bangunan yang menyerupai Candi Dwarawan, hanya pada atap penampilannya berpuncak Amalaka. Untuk nama candinya sendiri diambil dari tokoh wayang dari cerita Mahabarata.

Candi Gaototkaca merupakan salah satu koleksi bangunan candi yang terdapat di temat wisata di Dieng Plateau dan lokasiny di tepi jalan besar, bila kita berkunjung di dataran tinggi Dieng kita akan mudah menemukan obyek wisata Candi Gatotkaca.

Tempat Wisata Dieng Plateau Theater

Dieng Plateau Theater

Dieng Plateau Teater merupakan pusat interprestasi potensi alam dan budaya Kawasan Dataran Tinggi Dieng, bangunan ini dibangun pada tahun 2006, dan diprakarsai oleh Gubernur Jawa Tengah Bapak Mardiyanto. Bangunan ini dilengkapi oleh audio visual dan film tentang Dieng Plateau serta aktivitas vulkanik Gunung Dieng,.

Dieng Plateau Theater lokasinya berada di lereng Bukit Srikendil Desa Dieng Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo, obyek bangunan ini menjadi tempat wisata di Dieng Plateau yang banyak diminati oleh para wisatawan pada saat mengunjungi tempat wisata Dieng.

Tempat wisata Dieng  Gua Dan Telaga Warna

Telaga Warna Dieng Plateau

Telaga Warna merupakan tempat wisata di Dieng Plateau yang memiliki penaorama pemandangan alam yang sangat indah, dimana telaga ini dapat memantulkan aneka warna sehingga dinamakan Telaga Warna. Dan disamping Telaga Warna terdapat telaga lain yang disebut dengan Telaga Pengilon yang berkilau seperti cermin.

Diantara Telaga Warna dan Telaga Pengilon ada sebuah goa yang konon panjangnya 4 meter dengan dinding batu dan biasa dipergunakan sebagai sarana meditasi. Goa lain yang berada di sekitar lokasi adalah Goa Sumur dan Goa Jaran.

Konon menurut informasi yang Direktori Wisata terima di lokasi, di dalam Goa Sumur terdapat sumber air suci yang disebut “Tirta Perwitasan” Di lokasi inilah Umat Hindu sering mengadakan upacara ritual yang disebut Muspe atau Mabakti atau Medhak Tirta.

Sayangnya waktu sampai di lokasi ini Direktori Wisata tidak bertemu dengan orang atau petugas yang disebut “kuncen” yang dapat menunjukan jalan ke lokasi Goa tersebut, jadi tidak mendapatkan informasilebih banyak tentang tempat wisata di Dieng dengan goa-goa tersebut.

Tempat Wisata Dieng Telaga Menjer

Telaga Menjer Dieng

Telaga Menjer merupakan sebuah telaga yang terbentuk dari proses alam, konon telaga ini terluas di daerah Kabupaten Wonosobo, dan berada di ketinggian 1.300 meter diatas permukaan laut dengan luas area sekitar 70Ha dengan kedalaman telaga mencapai 50 meter.  Telaga Menjer ini menjadi salah satu tempat wisata di Dieng yang banyak dikunjungi oleh wisatawan baik dalam maupun luar negeri.

Tempat wisata Telaga Menjer berlokasi di Desa maron, Kecamatan Garug, dan berjarak 12 km dari sebelah utara Kabupaten Wonosobo. Telaga ini difungsikan juga sebagai pembangkit tenaga listrik.

Tempat Wisata Dieng Bukit Sikunir

Sunrire Sikunir Dieng

Sikunir merupakan obyek wisata yang berada di Desa Sembangan dengan ketingian 2.300 meter diatas permukaan laut. Panorama indah yang tidak dapat kita lewatkan spektakuler di lokasi ini adalah proses matahari hari terbit di pagi hari dengan cahaya keemasan, di mana orang menyebutnya dengan sebutan “Golden Sunrise“.

Bila kita ingin menyaksikan keindahan fenomena alam “Golden Sunrise” kita bisa hadir dilokasi Bukit Sikunir sekitar pukul 05.00 WIB. Disarankan bila datang kelokasi ini pagi hari, kita menggunakan pakaian tebal atau jaket dengan tutup kepala untuk menahan hawa dingin pagi yang menyerang tubuh kita.

Tempat Wisata Dieng Sumur Jalatunda

sumur-jalatunda-dieng

Sumur Jalatundo merupakan tempat wisata di Dieng Plateau, konon dulunya sumur ini merupakankepunden gunung berapi yang meletus dan berubah menjadi sumur yang besar dengan berdiameter 90 meter dan kedalamannya lebih dari 100 meter.

Konon, menurut mitos yang menjadi kepercayaan lokal masayrakat setempat, bagi siapa saja yang dapat melempar sebuah batu hingga dapat menyeberangi Sumur Jalatundo, maka segala hajatnya akan tersampaikan.

Tempat wisata Sumur Jalatundo Dieng Plateau ini berlokasi di Desa Pakasiran, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara yang berjarak +/- 12 km berada di sebelah barat tempat lokasi utama Dieng.

Tempat Wisata Dieng Kawah Sikidang

Kawah Sikidang Dieng

Kawah Sikidang merupakan salah satu tempat wisata yang berada di Dieng. dan letaknya di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur. Dan ini menjadi salah satu tempat wisata populer di dataran tinggi Dieng karena kawah vulkanik dengan lubang kepundan yang dapat disaksikan dari bibir kawah.

Melihat kawah vulkanik di Sikidang dari dekat kita dapatmenyaksikan uap air dan lava berwarna kelabu yang selalu bergemulak muncul berpindah-pindah bahkan melompat keluar. Sabagai sarana dan informasi bila ke tempat wisata Kawah Sikidang untuk berada di dekat lokasi kawah sebaiknya tidak terlalu lama, hal ini untuk menjaga kesehatan paru-paru kita. Kecuali kita mampu menahan nafas lebih lama di daerah itu bila tidak menggunakan masker penutup hidung

Untuk mengunjungi tempat wisata Dieng Plateau sebaiknya teman-teman dan pemabaca setia Direktori Wisata dapat melihat di halaman Jalur Akses Wisata Menuju Dieng . Dalam artikel tersebut cukup lengkap jalur akses untuk menjadi panduan perjalanan wisata menuju tempat dataran tinggi Dieng. Atau dapat lihat Peta Tempat Wisata Dieng Plateu

Tempat wisata Dieng Plateau dengan beragam pesona keindahan alamnya tersebut di atas merupakan bagian kecil dari obyek wisata yang berada di dataran tinggi Dieng yang pernah Direktori Wisata kunjungi di daerah Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Semoga dari pengalaman perjalanan wisata menuju lokasi dataran tinggi Dieng ini dapat memberikan gambaran dan informasi tentang potensi daerah wisata yang berada di Dieng, Jawa Tengah.[]

 
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
 
 
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :