3 Tempat Wisata Yang Ada dan Menarik di Sumedang Jawa Barat

posted in: Sumedang | 0

Menelisik 3 Objek Wisata Yang Menarik Dikunjungi di Daerah Sumedang

Direktori Wisata – Objek wisata yang sedang populer dan menarik dikunjungi di daerah Sumedang saat musim liburan akhir pekan dan libur panjang yang menampilkan pesona eksotika Jawa Barat.

Sumedang merupakan sebuah Kabupaten yang berada di Jawa Barat yang menyimpan banyak potensi mulai dari sumber daya alam, makanan khas, tradisi masyarakat lokal dan juga juga tempat wisatanya. Bahkan dari beberapa objek wisata di Sumedang sudah populer dikalangan wisatawan lokal maupun luar daerah.

Berikut merupakan 3 tempat wisata daerah Sumedang Jawa Barat yang populer dan menarik dikunjugi dengan beragam sajian destinasi liburan lainnya versi Direktori Wisata Indonesia

Pangjugjugan

Objek wisata di Sumedang Jawa Barat yang menjadi tempat bagi setiap pengunjung untuk bisa bercengkrama dengan alam yang berudara sejuk alam pegunungan hutan pinus. Di tempat wisata Sumedang ini seraya kita dapat menyaksikan pesona wisata alam Desa Cilembu yang juga dikenal sebagai daerah penghasil ubi madu dan sapi perah.

Pangjugjugan Desa Cilembu Sumedang

Di tempat wisata alam Pangjugjugan Desa Cilembu ini berbagai fasilitas ditawarkan kepada setiap pengunjungnya yang hadir pun dapat kita rasakan, seperti arena bermain anak, perahu, kolam renang, terapi ikan dan sebagainya. Objek wisata di Sumedang Jawa Barat ini pun juga memiliki konsep wisata edukasi seperti mengenal hewan ternak, bercocok tanam yang berfungsi mengasah keterampilan anak.

Bagi sahabat Direktori Wisata yang berkunjung dari luar kota dan akan bermalam di tempat wisata yang ada di Sumedang ini, kita juga bisa menemukan fasiltas dan sarana penginapan berupa cottage yang dapat kita sewa dengan view yang menghadap ke taman bunga.

Selain itu di objek wisata Sumedang Jawa Barat ini kita juga dapat menikmati aneka kuliner khas Nusantara sekaligus makanan lokal setempat yang dikemas secara modern untuk siap disajikan kepada pengunjung yang memesannya.

Untuk rute jalan menuju tempat wisata yang ada di Pangjugjugan Sumedang Jawa Barat kita dapat menggunakan kendaraan pribadi motor maupun mobil dengan mengikuti rute jalan seperti yang terdapat di dalam peta.

Taman Buru Masigit Kareumbi

Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi (TBMK) berada di tiga wilayah Kabupaten, yaitu Kabupaten Bandung, Kabupaten Sumedang dan juga Kabupaten Garut. Pada awalnya, lokasi ini memang merupakan tempat untuk berburu. Namun pada akhirnya di konversi menjadi area hutan konservasi dan juga dikembangkan sebagai kawasan wisata alam yang cukup unik.

Taman Buru Masigit Kareumbi

Di lokasi wisata Sumedang ini kita bisa sekedar menginap, hiking, pelatihan dan outbond.Dari informasi yang Direktori Wisata terima dari petugas di lokasi, konon nama Masigit berasal dari nama sebuah bukit atau pasir masigit yang berada di sebelah timur dari kawasan objek wisata alam di Sumedang ini.

Sedangkan untuk nama Kareumbi diambil dari nama sebuah gunung yang ada di sebelah barat salah satu tempat wisata di daerah Sumedang Jawa Barat yang menjadi destinasi liburan menarik di area hutan konservasi yang berada di Taman Buru Masigit Kareumbi yang juga menjadi salah satu tempat wisata alam yang unik di Bandung.

Lanjut informasi, untuk nama kareumbi sendiri berasal dari nama jenis pohon yang nama latinnya “Homalanthus populneus”. Konon dulu pohon ini banyak terdapat di Gunung Kareumbi. Sekarang kita jadi tahu asal usul nama objek wisata di Sumedang Jawa Barat yang satu ini, jadi tidak perlu nebak-nebak buah manggis lagi kan……

Fasilitas dan akomodasi di tempat wisata yang ada di Taman Gunung Masigit Kareumbi sendiri sudah cukup lengkap. Di tempat wisata Sumedang ini terdapat akomodasi yang bisa digunakan untuk menginap bagi para wisatawan yang berkunjung dari luar kota, seperti rumah pohon kareumbi, rumah rusa, wisma, mushola, area parkir mobil dan motor yang cukup luas, toilet, aula/ruangan untuk pelatihan dan kegiatan lainnya serta area camping ground.

Jangan lupa kunjungi Tempat Wisata Kampung Toga Sumedang Jawa Barat

Untuk menuju lokasi objek wisata konservasi Taman Buru Masigit Kareumbi kita dapat menggunakan kendaraan roda dua atau motor, dan juga mobil. Untuk jaur akses menuju ke lokasi Taman Buru Masigit Kareumbi kita dapat mengikti jalur akses yang terdapat di dalam peta di bawah ini yang dapat di sesuaikan dengan jalur keberangkatan kita untuk menuju ke lokasi.

Kampung Karuhun Sumedang

Kampung Karuhun merupakan salah satu tempat wisata yang ada di Sumedang Jawa Barat dengan konsep eco green park. Terletak di Desa Citengah yang berjarak 7 km dari pusat Kota Sumedang. Objek wisata Sumedang ini merupakan kawasan daerah sawah yang berbukit dengan dikelilingi kawasan hutan tropis yang luas dan masih terjaga ke asriannya. Bagi para tamu yang berkunjung di objek wisata Sumedang ini akan dibawa kepada nuansa alam yang sangat kental.

Kampung Karuhun Sumedang

Konon informasi yang Direktori Wisata Indonesia terima dari petugas di lokasi, objek wisata Sumedang di Kampung Karuhun ini merupakan tempat wsata terpadu yang juga memiliki konsep eco green park, dimana setiap pengunjung yang hadri di tempat wisata di daerah Sumedang Jawa barat ini akan dibawa kepada nuansa alam yang sangat kental yang disediakan berbagai macam bibit tanaman pepohonan yang dapat ditanam di daerah konservasi atau pun bisa dibawa pulang untuk ditanam sendiri.

Bagi sahabat Direktor Wisata yang bosan dengan hiruk pikuk keramaian kota yang terkadang dapat membuat hidup kita menjadi stres, di tempat wisata kampung Karuhun Sumedang yang menyajikan nuansa alam hutan bukit yang masih asri nan hijau dengan udara yang sejuk dan pemandagan sungai Cihonje yang mengalir jernih dengan ditambah hamparan batu-batu alam seakan memanjakan mata setiap pengunjung yang hadir di objek wisata di Sumedang Jawa Barat ini.

Jangan lupa kunjungi Wisata Alam Danau Air Biru Situ Cilembang Sumedang

Tempat wisata berupa persawahan dan kawasan hutan tropis ini banyak dikunjungi wisatawan. Dan yang pasti, di Objek wisata Sumedang sini, setiap pengunjung bisa menjajal aneka wahana wisata yang disediakan pengelola Kampung Karuhun.

Bagi sahabat Direktori Wisata yang berkunjung di tempat wisata Sumedang ini pun bisa menikmati jernihnya aliran sungai atau jalan- jalan di tengah perkebunan teh. Sementara yang hobi selfie, di sini banyak spot buat latar foto, salah satunya di spot Gembok Cinta. Kalian bisa mengekspresikan keinginan kalian bersama pasangan untuk membuat kesepatan bersama untuk saling setia. Romantis bukan ?…..

Berikut beberapa fasilitas dan kegiatan di objek wisata Sumedang yang bisa kita nikmati di tempat wisata yang ada di Kampung Karuhun seperti :

1. Waterboom
Di waterboom yang terdapat di objek wisata kampung Karuhun Sumedang ini, kita pun dapat merasakan sensasi berenang di lembah hutan yang hijau yang masih asri. Begitu pula di sini bisa untuk tetapi air dimana kadar mineral dan PH serta keaslianya sangat terjaga sehingga tidak merusak kulit. Konon, air tersebut bisa mebuat kulit dan tubuh kita segar kembali.

2. Futsal Lumpur
Bagi sahabat Direktori Wisata yang suka dengan olah raga Futsal, tentunya kita biasa bermain di lapangan rumput sintetis, namun di tempat wisata yang ada di Sumedang Jawa Barat ini kita akan diajak untuk main futsal di lumpur yang ada di Kampung Karuhun. Di lapangan ini kita dapat merasakan kegembiraan bersama sekaligus menggerakkan badan di arena futsal dengan konsep yang berbeda yaitu mengembalikan ke suasana masa kecil dahulu dimana kita bermain bola di area yang berlumpur. Mungkin bagi keluarga dan anak-anak kita belum pernah merasakan sebelumnya, namun di tempat ini kita bisa merasakan bersama.

3. All Terrain Vehicle (ATV)
Ingin mencoba track dekat sungai dengan medan yang variatif menanjak, menurun, miring, dan sesekali melintasi tanah yang berlumpur. Pastinya spot ini sangat cocok bagi kita yang suka dengan wisata berkonsep petualangan seru yang menantang sambil menguji adrenalin dengan menggunakan ATV.

4. Wisata Petualangan (Adventure)
Sahabat Direktori Wisata bisa menjajal kendaraan dengan teman-teman dimana naik kendaraan yang bisa diisi 4 hingga 9 peserta. Titik keberangkatan dari kawasan Kampung karuhun kemudian menyusuri jalan kecil sampai di perkebunan teh petualangan. Petualangan dilanjutkan menyusuri medan offroad di tengah perkebunan teh dan berakhir di Kampung Buhun. Liburan dengan petualangan yang seru pun bisa kita rasakan dengan nuansa yang berbeda.

5. Kemah Ekslusif
Malam hari akan semakin terasa indah saat kita berkumpul bersama dengan keluarga atau teman-teman di sebuah bangunan rumah dengan konsep camping. Rumah tersebut berada di samping sungai. Sehingga membuat kita yang hadir di tempat wisata yang ada di Sumedang ini dapat merasakan bagaimana suasana alam terbuka di malam hari. Rumah ini berkapasitas 6 orang per bangunan.

Bagi para pengunjung atau wisatawan yang mengisi liburan di Kampung Karuhun ini bisa menikmati tempat bersantai bernama Sky Tea House. Di tempat ini kita dapat merasakan menyeruput secangkir teh hijau yang diolah secara tradisional disertai makanan kampung seperti ubi, pisang, kacang, atau singkong rebus bikin suasana ala di kampung. Sedangkan untuk jenis minumannya kita akan disuguhkan bandrek dan bajigur. Namun , bagi sahabat Direktori Wisata yang kurang selera dengan sajian kuliner khas tradisonal Sumedangnya, di tempat ini pun tersedia makana modern lainnya yang dapat kita pilih sebagai menu alternatif untuk kita santap.

Untuk menuju objek wisata Kampung Buhun Sumedang, kita bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Rute perjalanan menuju ke lokasi kita bisa menggunakan akses jalan dengan menggunakan peta di bawah ini untk sampai di lokasi dari tempat pemberangkatan kita.

Informasi 3 tempat wisata di daerah Sumedang Jawa Barat tersebut di atas bisa menjadi alternativ bagi sahabat Direktori Wisata yang akan mengisi liburan akhir minggu dan musim liburan panjang bersama keluarga dan teman terdekat. Semoga informasi objek wisata Sumedang yang menarik dikunjungi tersebut diatas juga bisa memberikan manfaat bagi sahabat Direktori Wisata Indonesia.[]