7 Tempat Wisata Unik di Indonesia Yang Akan Membuatmu Takjub

posted in: Indonesia | 0

7 Destinasi Wisata Alam Yang Unik dan Diburu di Indonesia Oleh Wisatawan Saat Musim Liburan

Direktori Wisata – Objek wisata unik yang memiliki ragam info menakjubkan dengan tempat yang menarik dikunjungi saat musim liburan di Indonesia.

Indonesia merupakan negeri yang memiliki ragam tempat wisata yang indah dan selalu menampilkan ke unikan alamnya.Keindahan negeri ini terbentang luas mulai dari Sabang sampai Merauke. Beberapa tempat wisata Indonesia itu sudah mulai bisa dijangkau dengan mudah, namun tidak sedikit pula masih banyak objek wisata Indonesia yang belum terjamah dan masih tersembunyi yang tidak kalah indahnya dengan tempat wisata di Indonesia yang sudah mendunia dan dikenal banyak wisatawan mancanegara.

Dari sekian banyaknya tempat wisata Indonesia ini, ternyata terdapat lokasi tujuan yang menjadi hits dalam beberapa waktu belakangan ini. Dan inilah 7 tempat wisata unik di Indonesia yang menarik dikunjungiuntuk habiskan waktu liburanmu versi Direktori Wisata

Pantai Pasih Uug Nusa Penida Bali

Keindahan dan daya tarik Pulau Bali sudah tidak asing lagi di mata dunia. Banyak sekali wisata lokal dan internasional yang menghabiskan waktu liburannya di Pulau Dewata yang di kenal sebagai salah satu daftar tempat wisata Indonesia yang mendunia. Meskipun banyak sekali lokasi wisata di Bali yang menyajikan destinasi liburan yang menarik dikunjungi. Namun,ada satu lokasi wisata di Nusa Penida Bali yang kini menjadi tempat wisata yang sedang hits di Bali dan juga menjadi tempat incaran para turis asing dikarenakan memiliki keindahan alam pantai dengan tebing-tebing karang yang indah.

Nama tempat tujuan wisata Indonesia terbaik yang berada di Nusa Penida Bali tersebut adalah Pantai Pasih Uug yang terdapat di Pulau Nusa Peninda Bali, tepatnya berada di Desa Bunga Mekar, Kec. Nusa Peninda, Kabupaten Klungkung, Bali.

Pantai Pasih Uug Nusa Penida

Mungkin objek wisata Pantai Pasih Uug atau yang di kenal Broken Beach masih begitu asing bagi kebanyakan orang. Hal ini dikarenakan untuk menuju ke objek wisata pantai ini, kita diharuskan menggunakan transportasi laut untuk menuju Pulau Nusa Penida Bali yang dilanjutkan dengan menggunakan kendaraan darat hingga sampai di lokasi yang memakan waktu sekitar 90 menit dari dermaga Nusa Penida Bali.

Dari pengalaman Direktori Wisata Indonesia menuju ke lokasi Pantai Broken Beach atau yang dikenal Pantai Pasir Uug di Nusa Penida Bali ini memang kita harus melalaui rute penrjalanan yang cukup panjang. Namun, setelah kita sampai di lokasi semua rasa lelah dan penat akan terbayarkan dengan panorama alam pantai dan tebing laut yang eksotis di salah satu objek wisata alam yang unik di Indonesia yang mendunia di Nusa Penida Bali.

Salah satu keunikan dari Broken beach atau Pasir Pasih Uug di Nusa Penida Bali ini adalah adanya lubang yang sepintas terlihat seperti jembatan. Spot inilah yang banyak dikenal dan menjadi daya tarik destinasi wisata unik di Indonesia yang menjadi daya pikat para wisatawan asing untuk berkunjung di tempat wisata Indonesia yang ada di Bali.

Lanjut destinasi wisata alam yang unik Indonesia berikutnya…..

Punthuk Mongkrong Magelang Jawa Tengah

Salah satu tempat wisata alam yang unik di Indonesia ada di daerah perbukitan menoreh Desa Giritengah, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Lokasi wisata yang mempunyai ketinggian 624 meter di atas permukaan laut ini mempunya keindahan alam yang pasti tidak bisa ditolak oleh setiap pengunjung yang hadir di lokasi.

Spot Foto Jembatan V di Punthuk Mengkrong Magelang

Berada di atas puncak Punthuk Mongkrong Magelang tersebut kita akan disuguhkan dengan pemandangan Candi Borobudur, Gunung Merapi dan Gunung Berbabu. Di tempat wisata Indonesia ini pun kita dapat menemukan sebuah spot jembatan yang terbuat dari bambu.

Jembatan yang berbentuk huruf V dan menjorok ke jurang tersebut memiliki pemandangan alam yang indah dengan latar belakang pemandangan gunung yang bagus. Dan spot foto objek wisata unik di Indonesia tersebut sangat cocok dijadikan objek berfoto. Hampir semua wisatawan yang hadir di objek wisata alam Punthuk Mongkrong ingin berfoto di spot unik tersebut.

Selain pemandangan alam yang luar biasa indahnya di objek wisata Punthuk Mongkrong Magelang ini pun kita juga bisa menemukan tempat budi daya lembah madu, bahkan menurut informasi yang Direktori Wisata Indonesia dapatkan di lokasi, Desa Giritengah merupakan desa yang pernah disinggahi oleh Pangeran Diponegoro dahulu semasa perang melawan penjajah Belanda. Tidak hanya menjadi salah satu detinasi wisata yang unik di Indonesia saja, Punthuk Mongkrong di Magelang juga merupakan salah satu tempat wisata Jawa Tengah yang menarik dikunjungi.

Lanjut destinasi wisata alam yang unik di Indonesia selanjutnya

Sumur Raksasa Alami di Pusat Laut Donggala Sulawesi Tengah

Provinsi Sulawesi Tengah memiliki banyak tempat wisata yang mempesona sekaligus unik yang salah satunya ulai dikenal dan menjadi populer dikalangan wisatawan adalah tempat yang disebut pusat laut Donggala. Dimana pusat laut tersebut terlihat seperti sumur raksasa dengan unikran bebatuan yang terdapat di pinggirannya.

Sumur Laut Donggala

Konon informasi yang Direktori Wisata Indonesia terima di lokasi, Pusat Laut Donggala di Sulawesi Tengah ini memiliki panjang diameter 10 meter dengan kedalamannya sekitar 7 meter. Sumur Raksasa tersebut berisikan air asin seperti air laut yang berwarna jernih kebiru-biruan.

Lanjut informasi…..
Di duga ada sebuah lobang yang menghubungkan sebuah pantai dengan salah satu objek wisata alam yang unik di Indonesia ini yang berada di Pusat laut Donggala karena jaraknya dari bibir pantai hanya sekitar 500 meter. Konon menurut informasi yang Direktori Wisata terima di lokasi, air di sumur ini tidak pernah terlihat keruh, walaupun banyak warga atau pun anak-anak dan masyarakat yang berenang dan menyelam di lokasi wisata unik di Indonesia yang satu ini.

Konon, terdapat sebuah cerita mitos ataupun kepercayaan masyarakat setempat bahwa air di pusat laut Donggala ini bisa mengobati berbagai penyakit. oleh karena itulah banyak pengunjung atau pun wisatawan yang hadir di lokasi ini membawa pulang air dari pusat laut tersebut. Selain pusat laut atau sumur raksasa itu, Pantai Donggala di Sulawesi Tengah sangat bagus dan mempesona.

Dengan bibir pantai yang luas dan air ombak yang landai disertai biota bawah laut yang sangat indah, tidaklah heran jika objek wisata unik di Indonesia yang satu ini ramai dikunjungi dan menjadi populer di kalangan wisatawan lokal maupun luar daerah untuk mengunjunginya.

Lanjutnya destinasi wisata alam yang unik di Indonesia berikutnya…..

Jurang Tembelan di Batul, Yogyakarta

Objek wisata alam yang unik di Indonesia yang baru dikembangkan di daerah bantul Yogyakarta ini merupakan salah satu detinasi wisata unik Jogja yang bernama Jurang Tembelan yang berlokasi di Desa Wisata Kanigoro, Mangunan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Area wisata yang bisa terbilang sempit karena area tebing, bukit atau jurang saja itu tidak mengurangi minat para traveler untuk menyaksikan dan menikmati pesona keindahan wisata unik Jogja yang memiliki pemandangan alam bukit yang sangat eksotis tersebut.

Jurang Tembelan Bantul Yogyakarta

Ada salah satu daya tarik atau ikon di tempat wisata yang unik di Indonesia yang terdapat di Jurang Tembelan ini, yaitu spot yang terbuat dari bambu dan berbentuk seperti ujung perahu atau kapal yang berada di tepi perbukitan atau jurang dengan latar pemandangan aliran sungai Oyo. Tempat ini kita dapat bergantian untuk berada di atas kapal yang dikenal dengan Titanicnya Mangunan di Bantul Yogyakarta.

Lanjut destinasi wisata alam yang unik di Indonesia berikutnya….

Pantai Waiwo Raja Ampat

Raja Ampat merupakan destinasi wisata yang memiliki pesona keindahan bawah laut dan pulau-pulau indah yang terhampar selalu membuat decak kagum. Tidak hanya bagi wisatawan domestik, wisatawan mancanegra pun seolah belomba untuk mengunjungi detinasi wisata Raja Ampat, salah satu pantai yang menjadi primadona dengan segala keunikannya di Kepulauan Raja Ampat adalah Pantai Waiwo.

Pantai Waiwo Raja Ampat

Pantai Waiwo terletak di pulau terbesar di Raja Ampat yaitu di Pulau Waigeo. Pantai Waiwo dapat di capai dengan waktu yang relativ cepat yakni sekitar 15 menit dari Pusat Kota Waisai dengan menggunakan kendaraan bermotor. Meskipun pantai ini tidak terlalu luas, namun soal keindahan tidak perlu diragukan lagi.

Dari pengalaman Direktori Wisata berkunjung ke lokasi Pantai Waiwo Raja Ampat, pantai ini terlihat tidak hanya memiliki pasir putih yang bersih, pantai ini pun juga memiliki air laut yang sangat jernih. Dari atas permukaan lautnya pun kita dapat melihat ikan-ikan kecil yang berenang ke sana ke mari. bahkan pemandangan mata setiap pengunjung yang hadir di tempat wisata Raja Ampat ini pun akan selalu dimanjakan dengan lapisan pemandangan pulau-pulau yang terlihat dari kejauhan.

Ombak di Pantai Waiwo Raja Ampat ini juga tidak terlalu besar, hal ini memungkinkan bagi para wisatawan yang berlibur bersama keluarga dengan membawa anak dapat berenang dan bermain air di bibir pantai. Pantai ini pun juga memiliki dermaga besar yang menjorok ke laut dan digunakan bagi para wisatawan yang menggunakan kapal untuk berkeliling Kepulauan Raja Ampat dan melakukan diving atau pun snorkling . Selain itu di dermaga ini pun para wisatawan atau pegunjung dapat memberi makan ikan-ikan kecil di sekitar pantai dengan menggunakan mie instan atau kepalan nasi putih.

Jika sahabat Direktori Wisata Indonesia ingin menginap di kawasan Pantai Waiwo Raja Ampat, di pantai ini juga tersedia beberapa pilihan resort penginapan dengan harga dan fasilitas yang bervariasi. Dengan penginapan yang bisa kita sesuaikan dengan pilihan dan isi kantong, maka kita tinggal menikmati destinasi wisata unik di pantai ini yang belum banyak diketanui dengan banyak orang.

Lanjut destinasi wisata alam yang unik di Indonesia berikutnya….

Taman Nasional Komodo Flores

Wisata alam yang unik di Indoensia yang terltak di ujung barat Pulau Flores yang lokasi tepatnya berada di Kabupaten Manggarai Barat Nusa Tenggara  Timur. Taman Nasional Komodo di Flores ini terdiri dari tiga pulau besar yaitu Pulau Komodo, Pulau Rinca dan Pulau Padar dan juga 26 pulau kecil yang berada di sekitarnya tersebut di bangun untuk melindungi Komodo dan habitatnya yang terancam punah serta keanekaragaman hayati yang ada di dalamnya.

Wisata Pulau Komodo

Dari informasi yang Direktori Wisata Indonesia terima, Komodo adalah sejenis kadal raksasa pemakan daging yang panjangnya bisa mencapai 3 meter, dengan berat sekitar 100 sampai 106 kg. Dan di Taman Nasional ini setidaknya terdapat 2.000 spesies komodo yang dilepas bebas di alam terbuka.

Oleh sebab itu bagi sahabat Direktori Wisata yang berkunjung ke tempat wisata alam yang unik di Indonesia ini harus berekstra hati-hati, karena binatang ini memiliki karakter buas dan agresif. Karena termasuk binatang purba yang masih eksis dengan jumlah yang terbatas, kaeadaan satwa komodo pun dilindungi oleh negara.

Selain komodo di tempat wisata unik di Indonesia yang terdapat di Taman nasional Flores ini juga terdapat 277 spesies hewan yang merupakan perpaduan hewan yang berasal dari Asia dan Australia yang terdiri dari 33 spesies mamalia, 128 spesies burung, 37 spesies reptilia dan juga ragam trumbu karang cantik yang berada di taman lautnya.

Karena pesona dan kekayaan alam yang mengagumkan itulah Taman Nasional ini dinyatakan sebagai cagar manusia dan biosfer pada tahun 1977. Bahkan informasi yang Direktori Wisata dapatkan, pada tahun 1991 Taman Nasional Komodo Flores ini juga ditetapkan sebagai sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO dan juga pernah menjadi salah satu dari 7 (tujuh) keajaiban dunia.

Lanjut destinasi wisata alam yang unik di Indonesia selanjutnya…..

Blue Fire di Kawah Ijen Jawa Timur

Tempat wiisata yang unik di Indonesia yang memiliki pesona keindahan alamnya yang mendunia yang berada di tiga kabupaten yaitu Kabupaten Situbondo, Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur adalah objek wisata alam Kawah Ijin.

Kawah Ijen sendiri merupakan sebuah danau di atas Gunung Ijen yang terbentuk akibat letusan Gunung Ijen dan memiliki tingkat keasaman terbesar di dunia yang sehingga dapat melarutkan tubuh manusia secara cepat. Untuk itulah para wisatawan yang hadir di tempat wisata alam yang unik di Indonesia yang satu ini harus berhati-hari, karena air belerang di Kawah Ijen yang terlihat sangat tenang tersebut memiliki volume air yang konon hingga mencapai sekitar 200 juta kubik, dan panasnya bisa mencapai 200 derajat celcius.

Kawah Ijen

Namun dibalik penomena alamnya yang unik, objek wisata Kawah Ijen menyajikan sejuta pesona keindahan alamnya yang luar biasa. Bila sahabat Direktori Wisata Indonesia berkunjung ke lokasi wisata alam Kawah ijen ini, di pagi hari kita akan disuguhkan pemandangan sunrise atau proses terbitnya matahari yang sangat menakjubkan. Dimana sinar matahari pagi yang terbit dan menyinari kawah akan dipantulkan sehingga membentuk warna kemilau hijau toska dari permukaannya.

Sedangkan di sekitara lereng kawah juga terhampar pohon manis rejo yang berdaun kemerahan yang menambah daya tarik kawah Ijen. Tidak hanya itu saja, bila kita berada di lokasi dan menyapu pandangan kita yang diarahkan di sisi lain, maka kita akan melihat dan menyaksikan rangkaian gunung lain yang berada di pegunungan Ijen seperti Gunung Merapi di sebelah timur, Gunung Raung Gunung Suket, Gunung Rante dan sebagainya.

Fenomena alam lain dan unik yang berada di kawah ijen yang tidak boleh di lewati adalah Blue Fire Ijen atau api biru yang mucul di tengah-tengah penambangan sulfur yang ada di kawah Ijen. Sejak dini hari hingga pukul 5 pagi waktu Indonesia barat pemandangan fantastis dan unik di tempat wisata alam kawah ijen ini bisa kita saksikan di alam terbuka. Uniknya di dunia fenoma alam in hanya terjadi di dua tempat yang salah satunya terjadi di Kawah Ijen

Itulah 7 tempat wisata alam yang unik di Indonesia versi Direktori Wisata yang dapat menjadi refrensi liburan sahabat Direktori Wisata Indonesia nanti untuk mengisi hari liburnya di Indonesia. Info wisata unik di Indoensia tersebut di atas bisa menjadi pilihan alternativ bagi sahabat Direktori nantinya yang akan memmerlukannya. Selamat menikmati liburan di Indonesia.[]

Follow Direktori Wisata:

Direktori Pariwisata Dunia menyajikan keragaman tempat wisata dunia dengan keindahan alam, budaya dan kearifan lokal serta wisata kulinernya.