4 Tempat Wisata Trowulan Yang Menarik Dikunjungi di Mojokerto

posted in: Mojokerto | 0

Menelisik Jejak-Jejak Sejarah Kerajaan Majapahit Di Trowulan Mojokerto Jatim

Direktori Wisata – Tidak sekedar menjadi kawasan perlindungan dan pemeliharaan tempat wisata Trowulan di Mojokerto juga menjadi tempat yang yang asyik untuk wisata candi, wisata religi di Trowulan Mojokerto Jatim.

Mengunjungi kawasan objek wisata di Trowulan Mojokerto memberikan kesan tersendiri bagi kita para penikmat dunia wisata sejarah. Karena sejatinya setiap sudut-sudut Kota Mojokerto merupakan sejarah, terutama sejarah Kerajaan Majapahit yang dilengkapi dengan puluhan ragam peninggalan candi-candi yang menyebar di kawasan sudut-sudut Kota Mojokerto, Jawa Timur.

Alamat wisata Trowulan Mojokerto terletak sekitar 50 km dari sebelah barat daya dari Kota Surabaya, konon dulunya kawasan ini dikenal sebagai pusat dari kerajaan Majapahit.Jika sahabat Direktori Wisata dapat berkunjung ke tempat wisata Trowulan Mojokerto kita seakan disuguhi oleh suasana seolah-olah di dalam Kota Kerajaan Majapahit tempo dulu.

Di tempat wisata Trowula Mojokerto ini kita dapat menemukan puluhan ribu benda cagar budaya yang menjadi saksi akan kejayaan Kerajaan Majapahit di abad ke-16.Dimana kita dapat menemukan situs-situs bangunan bersejarah, arca, gerabah dan pemakaman peninggalan Kerajaan Majapahit.

Konon, menurut informasi para akhli sejarah, Trowulan merupakan bekas Ibukota Kerajaan Majapahit yang berdiri pada 1293 hingga 1478 masehi, hal tersebut didasarkan pada penemuan benda-benda dan bangunan peninggalan kerajaan itu.

Lanjut informasi…..
Majapahit bukan kota yang dikelilingi tembok, melainkan sebuah kompleks pemukiman besar yang meliputi sejumlah komplek yang lebih kecil. Dimana satu sama lainnya dipisahkan dengan lapangan terbuka.

Kawasan objek wisata Trowulan Mojokerto dikelola oleh Bala Pelatihan Cagar Budaya Mojokerto yang berada langsung di bawah kementrian pendidikan dan kebudayaan yang berbeparan untuk menyelamatkan benda bersejarah dan situs peninggalan Majahapahit.

Tidak sekedar menjadi kawasan perlindungan dan pemeliharaan tempat wisata Trowulan di Mojokerto ini juga menjadi tempat yang yang asyik untuk berwisata religi di Trowulan Mojokerto. Bukan hanya itu, tempat wisata Trowulan ini juga dikenal sebagai kawasan edukasi yang juga sebagai kawasan yang menyimpan segudang ilmu pengetahuan sejarah

Berikut beberapa tempat wisata Trowulan Mojokerto Jawa Timur yang menjadi pilihan detinasi liburan menarik dikunjungi versi Drektori Wisata Indonesia :

Tempat Wisata di Situs Kedaton Trowulan Mojokerto
Obyek wisata Situs kedaton Trowulan Mojokerto merupakan salah satu tempat wisata candi di Trowulan yang beralamat di Dusun Kedaton, Sentonorejo, Kecamatan Trowulan, Jawa Timur.

Situs Kedaton Mojokerto

Situs ini berupa sebuah kompleks yang terdiri atas beberapa buah bangunan kuno yang berasal dari bagian sejarah Kerajaan Majapahit di abad ketiga belas. Di tempat wisata Trowulan Mojokerto yang berada di Situs Kedaton setiap pengunjung juga bisa menemukan sisa-sisa dari Candi Kedaton.

Konon informasi yang Direktori Wisata terima menurut para akhli, dulunya komplek situs Kedaton dulunya merupakan komplek pemukiman dimana ditemukan pondasi bangunan yang berbentuk kamar dan ruangan yang bahan pembuatannya terbuat dari batu bata merah.

Lanjut informasi…..
Situs Kedaton Mojokerto juga dipercaya pada masa lalu, merupakan tempat kediaman seseorang yang memiliki kedudukan tinggi dalam kerajaan bahkan bisa saja keluarga bangsawan Kerajaan Majapahit pada masa itu.

Kita juga bisa melihat adanya Sumur Upas di dalam Situs Kedaton yang merupakan tempat latihan bagi kesatria-kesatria kerajaan yang menghasilkan para pemimpin yang tangguh.

Objek wisata Situ Kedaton Trowulan Mojokerto ini memiliki misteri tersendiri yang hingga kini belum terungkap, hal ini dikarenakan semakin digali di tempat situ ini untuk menemukan dan mencari pondasi bangunan, di situs ini menunjukan struktur dan susunan ruangan yang ke arah bawah. Hal inilah masih banyak dugaan yang menciptakan opini atau pun pendapat yang mengatakan hal tersebut merupakan lorong rahasia yang menghubungkan Kerajaan Majapahit dengan Kerajaan yang lainnya.

Dan dari keterangan masyarakat yang masih mempercai bahwa Situs Kedaton dan sumur Upas merupakan tempat berkumpulnya leluhur Kerajaan Majapahit dan menjadi bagian dari Keraton atau Pusat Kerajaan Majapahit yang masih menjadi misteri hingga sekarang ini. Dimana para arkeolog sekarang inipun belum bisa memastikan status Situs Candi Kedaton dan Sumur Upas.

Tempat Wisata Situs Trowulan di Mojokerto
Objek wisata Kota Mojokerto lainnya yang tidak kalah menarik lainnya adalah Situs Trowulan yang merupakan salah satu objek wisata Trowulan Mjokerto yang ramai dikunjungi para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Situs Trowulan Mojokerto

Di tempat wisata Situs Trowulan Mojokerto ini ada banyak yang bisa dikunjungi di situs Trowulan. Ada lima belas titik yang bisa sahabat Direktori Wisata Indonesia kunjungi. Misalnya Candi Wringin Lawang, yang konon adalah pintu gerbang Kerajaan Majapahit. Lalu ada Candi Tikus, berupa kolam yang di tengahnya ada sebuah candi kecil.

Konon, informasi yang Direktori Wisata terima, situs ini diberi nama Candi Tikus karena pada saat ditemukan pada tahun 1914, candi itu merupakan sarang bagi ribuan tikus. Tidak jauh dari tempat wisata Candi Tikus di Trowulan Mojokerto terdapat sebuah Kolam Segaran.

Kolam ini bisa dibilang istimewa karena dahulu kolam tersebut merupakan tempat pemandian bagi prajurit Majapahit dan tempat berekreasi para bangsawan. Kolam ini ditemukan Henry Maclaine Pont pada tahun 1926. Ada pula Gapura Bajang Ratu, yang oleh masyarakat setempat dikaitkan dengan legenda Raja Jayanegara yang ketika masa kecil terjatuh di gapura ini dan mengakibatkan cacat pada tubuhnya. Bajang Ratu sendiri menurut informasi yang Direktori Wisata terima berarti Raja yang kerdil atau cacat.

Cari tahu juga ya 9 Objek Wisata Kulon Progo Yang menarik Dikunjungi Musim Liburan

Tempat Wisata Candi Jolotundo Mojokerto
Objek wisata di Mojokerto Jawa Timur yang dapat kita kunjungi berikutnya adalah candi Jolotundo Mojokerto. Tempat wisata candi di Mojoketo ini diperkirakan sebagai tempat pemandian dari Raja Udayana yang merupakan Raja Bali yang kala itu hendak menikah dengan Putri Gunapriyadharmatpatni yang berasal dari Jawa.

Candi Jolotundo Mojokerto

Candi Jolotundo terletak dilereng bukit Bekal salah satu puncak gunung penanggungan tepatnya di Desa Seloliman, Trawas, Mojokerto yang dibuat masa Majapahit 997 M.Candi. Konon menurut informasi yang Direktori Wisata terima, candi ini merupakan saksi bisu proses perjalanan sejarah nenek moyang orang Jawa pada masa kejayaan Raja Airlangga 991 M.

Lanjut informasi….
Candi Jolotundo diduga kuat sebagai tempat mandi atau peristirahatan Raja dan permaisuri beserta keluarganya, ada dua tempat kolan yang terpisah untuk mandi keluarga Raja sebelah kanan Candi diperuntukan bagi keluarga laki-laki dan disebelah kira untuk keluarga puteri.

Kelebihan dan keindahan candi-candi Jawa pada umumnya adalah terletak pada arsitektur bangunan relliefnya yang mengandung pitutur tentang kehidupan sosial masyarakat pada masa itu, dinding-dinding candi dibagian lain dihiasi berbagai motif relief eksotif juga dijumpai tulisan berbahasa Jawa Gempeng yang artinya hancur atau luluh lantah.

Menurut cerita sejarah Petirtaan Jolotundo dibangun oleh Raja Udayana untuk menyambut kelahiran puteranya Prabu Airlangga dengan panjang 16,85 meter dengan lebar 13,52 meter dan tinggi 5,2 meter. Petirtaan Jootundo ini menjadi tempat pemandian bagi para petinggi kerajaan pada jaman tersebut.

Jangan lupa mampir juga di 4 Tempat Wiata Baru Kediri Yang menarik dikunjungi

Tempat Wisata di Museum Trowulan Mojokerto
Objek wisata Museum Trowulan merupakan salah satu objek wisata Kota Mojokerto yang menyimpan berbagai peninggalan dari Kerajaan Majapahit secara lengkap.

Museum Trowulan Mojokerto

Museum ini didirikan pada tahun 1987 untuk menyimpan berbagai artefak dan temuan arkeologi yang ditemukan di sekitar Trowulan. Tempat ini adalah salah satu lokasi bersejarah terpenting di Indonesia yang berkaitan dengan sejarah kerajaan Majapahit.

Kebanyakan dari koleksi museum ini berasal dari masa kerajaan Majapahit, akan tetapi koleksinya juga mencakup berbagai era sejarah di Jawa Timur, seperti masa kerajaan Kahuripan, Kediri, dan Singhasari. Museum ini terletak di tepi barat kolam Segaran. Museum Trowulan adalah museum yang memiliki koleksi relik yang berasal dari masa Majapahit terlengkap di Indonesia.

Jangan lupa mampir di objek Wisata di Kampoeng Djawi Lereng Gunung Anjasmoro Jombang Jawa Timur

Beragam prasasti dan benda bersejarah dengan nilai luhur dan kearifan lokal yang bisa kita pelajari dari beberapa tempat wisata Trowulan Mojokerto untuk dijadikan tuntutan dalam berprilaku bijak dan menjadi bangsa yang besar yang selalu menajaga keutuhan persatuan dan kesatuan peninggalan nenek moyangnya yang mampu membuat sejarah kisah hingga pelosok belahan bumi yang lainnya.

Semoga informasi ragam objek wisata Mojokerto tersebut di atas dapat menjadi pilihan alternatif sahabat Direktori Wisata Indonesia dalam menentukan tempat wisata di Trowulan Mojokerto yang menjadi destinasi liburan yang menarik untuk ditelusuri.[]