Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jawa Tengah / Tempat Wisata Tegal, Jawa Tengah

Tempat Wisata Tegal, Jawa Tengah

Informasi Tempat Wisata Tegal Dan Sekitarnya

Direktori Wisata – Informasi tempat wisata Kabupaten Tegal yang terletak di Pantai Utara Pulau Jawa dengan beragamkeunikan seni budaya, kuliner serta kerajinan khasnya.

Sebagai salah satu tempat tujuan wisata Kabupaten Tegal yang terletak di Pulau Utara Jawa Tengah pada jalur lalulintas antara Tegal-Semarang dan jalur ke Selatan antara Tegal – Purwokerto. Letak pusat pemerintahan Kabupaten Tegal berada di Kota Slawi yang jaraknya +/- 14 km dari Kota Tegal.

Dari informasi yang Direktori Wisata dapatkan di lokasi, letak geografis kawasa tempat wisata Tegal yang berada di daerah sebelah utara merupakan daerah rendah pantai beriklim tropis dan memiliki kawasan pantai yang indah, sedangkan untuk disebelah selatannya merupakan tanah perbukitan yang letaknya di lereng gunung Slamet yang subur dan terlihat asri dengan udara segar alami.

tempat-wisata-tegal

Sedangkan keunikan seni budaya yang Direktori Wisata bisa lihat dan dapatkan informasinya di daerah Kabupaten Tegal sepeti

Tradisi upacara adat Ruwat Bumi. Tradisi ini biasanya dilaksanakan di obyek wisata Tegal di tempat pemandian Air Panas Guci setiap bulan Suro atau tahun baru Islam. Bagi para sahabat dan pemabaca setia Direktori Wisata yang akan menyaksikan kegiatan seni budaya dan tradisi dari upacara Ruwat bumi yang dilaksanakan di Kabupaten Tegal, bisa datang pas waktu malam tahun baru Islam.

  • Tradisi upacara adat sedekah laut. Bisanya tradisi upcara adat sekah laut ini diadakan di obyek wisata Pantai Purwahamba
  • Tradisi upacara adat Rebo Wekasan. Upacara adat ini biasanya diadakan di obyek wisata Gunung Tanjung pada tiap hari Rabu terakhir Bulan Syafar.
  • Tradisi upacara adat Malam Jum’at kliwon. Upacara adat ini biasanya dilakukan di  Suro Punolawen yaitu di tempat pesarean (Makam Syeh Aburrahman dan Syeh Akhmadum) dan di OW Pemandian Air Panas Guci.
  • Tradisi upacara hari jadi Kabupaten Tegal. Tradisi ini biasanya dilakukan di Kota Slawi pada setiap tahun bertepatan dengan tanggal 18 Mei hari jadi Kabupaten Tegal.

Selain memiliki tradisi dan keunikan dari setiap upacara adat yang menjadi daya tarik pesona wisata Kabupaten Tegal, daerah inipun memiliki kuliner khas daerah yang menjadi ciri khas bila kita mengunjungi tempat wisata Tegal, seperti ;

  • Kuliner Sate Kambing Muda. Makanan jajanan khas sate kambing Muda terbuat dari bahan dan penyajian sate daging pilihan kambing yang usianya di bawah 5 bulan yang populer disebut dengan Sate kambing Balibul (bawah Lima Bulan). Hasil penyajian daging olahan kambing muda. Hasilnyapun mempunyai cita rasa yang gurih dan empuk.
  • Kuliner minuman teh poci Gula Batu. Minuman dengan rasa teh harum alami yang sering menjadi minuman teman sambil makan sate atau tahu bagi kita yang akan mencoba sajian wisata kuliner khas Tegal.
  • Kuliner Aci/Pletok Slawi yaitu makanan pilus dan kacang asin bogares.
  • Kuliner Sauto (Soto Tauco) Tegal. Makanan ini sepintas seperti soto dari daerah lain, namun memiliki cirikhas tersendiri dari tambahan sau tauco yang menambah cita rasa yang berbeda.

Setelah kita mengetahui keunikan seni budaya dan citarasa kuliner khas Kabupaten Tegal seperti tersebut diatas yang menjadi salah satu refrensi untuk kita yang akan melakukan perjalanan liburan di Tegal, dibawah ini merupakan tempat wisata Tegal yang menjadi salah satu destinasi wisata Kabupaten Tegal yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan domestik maupun mancangera seperti :

Tempat Wisata Tegal Waduk Cacaban

Obek wisata Waduk Cacaban merupakan tempat wisata alam Kabupaten Tegal, konon menurut nformasi yang Direktori Wisata dapatakan di lokasi, bendungan/waduk ini dibangun setelah Indonesia merdeka oleh Presiden Pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno pada tahun 1952. Lokasi tidak terlalu jauh dari Slawi +/- jaraknya 9 km kearah timur, tepatnya di Desa Karanganyar, Kecamatan Kedung Benteng.

Informasi yang Direktori Wisata terima, banyak para wisatawan domestik yang singgah di tempat wisata Waduk Cacaban Tegal ini untuk melakukan aktivitas memancing ikan atau pun jalan-jalan di atas bendungan atau mengelilingi waduk dengan menggunakan kapal perahu motor yang terdapat di obyek wisata Waduk Cacaban Tegal.

Untuk arah jalan menuuju tempat wisata Tegal Waduk Cacaban bisa mengikuti arah rute jalan yang terdapat dalam peta di bawah ini.

 Tempat Wisata Tegal Pemandian Air Panas Guci

Obyek wisata Pemandian Air Panas Guci terletak di lereng Gunung Slamet. Jarak tempah obyek wisata Guci +/- 47 km dari terminal bus Kota Tegal ke arah selatan jurusan Purwokerto. Lokasi temoat wisata ini memiiki fasilitas penginapan, wisata alam, olahraga, kolam renang air panas, wisata goa dan sebagainya.

Berawal dari cerita rakyat, GUCI adalah salah satu petilasan Sunan Gunungjati dalam menyiarkan Agama Islam. Beliau berkenan meninggalkan sebuah Guci dengan maksud agar masyarakat setempat dapat memanfaatkan airnya untuk dapat menyembuhkan segala penyakit, yang sampai sekarang masih diyakini akan khasiat dan manfaatnya. Teristimewa lagi sifat air panasnya yang jernih, tidak berbau dan tidak berwarna.

Untuk ke tempat wisata Pemandian Air Panas Guci kita dapat menggunakan kendaraan umum antara alin ; bus, colt mini, atau kendaraan mobil omprengan. Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi mobil atau pun roda dua dapat mengikuti rute jalur akses menuju obyek wisata Pemandian Air Panas Guci melalui gambar peta dibawah ini.

Tempat Wisata Tegal Purwahamba Indah
Obyek wisata pantai Purwahamba Indah merupakan kawasan laut Jawa yang indah, dengan tumbuhan nyiur yang subur seerta gelombang ombak yang tidak terlalu besar dan warna airnya biru jernih. Ditempat ini memang sangat ideal untuk rekreasi, terlebih lagi bagi mereka yang sedang melakukan perjalanan jauh melewati jalur lalu lintas antara Jakarta-Surabaya lewat pantai utara dapat beristirahat sejenak untuk refreshing. Selain bisa menikmati keindahan pantai, tempat wisata ini juga tersedia fasilitas, antara lain: penginapan, kolam renang taraf internasional, arena mainan anak-anak, kebun binatang mini dan sebagainya. Jarak tempuh dari terminal bus kota Tegal +14 km kearah timur jurusan Semarang. Dapat ditempuh dengan kendaraan umum, antara lain : bus dan colt mini atau bisa di liha di dalam peta.

Tempat wisata di Kabupaten Tegal yang ramai dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara yang tersebut di atas merupakan contoh dari banyaknya destinasi wisata Tegal yang bisa kita kunjungi pada saat berlibur.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :