7 Tempat Wisata di Tawangmangu Karanganyar Jawa Tengah

7 Obyek Wisata Yang Sedang Hits di Tawamangu Karanganyar Jawa Tengah

Direktori Wisata – Obyek wisata sekitar Tawangmangu dan Karanganyar yang ramai dikunjungi saat musim libur akhir pekan dan libur panjang di Jawa Tengah.

Jalan-jalan dan mengisi waktu libur di akhir pekan dan libur nasional di Jawa Tengah menjadi kurang lengkap rasanya bila kita tidak mampir di sebuah kawasan wisatayang berada di daerah Kabupaten Karanganyar dan sekitarnya, apalagi bila kita menyempatkan diri untuk menelisik potensi wisata yang berada di Kecamatan Tawamangu yang memiliki keistimewahaan tersendiri dibandingkan dengan kecamatan lainnya yang ada di kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Kecamatan Tawangmangu letaknya berada di lereng Gunung Lawu, posisi letak geogrfis kawasan ini sangat mendukung dan menjadikan kawasan ini memiliki beberapa tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi di Kabupaten Karanganyar dengan kondisi udara yang sangat sejuk dilengkapi pemandangan alam asri.

Obyek wisata Tawangmangu menjadi salah satu incaran banyak wisatawan yang berkunjung, baik itu domestik maupun mancanegara. Meskipun hanya berupa kecamatan kecil, namun Tawangmangu menawarkan liburan yang seru dan menyenangkan untuk wisatawan yang datang kesini.

Objek wisata Tawangmangu bisa kita tempuh dengan kendaraan hanya satu jam saja dari Kota Surakarta atau yang sering dikenal sebagai tempat wisata Solo yang ramai dikunjungi di Jawa Tengah. Untuk membantu para sahabat serta pembaca setia Direktoi Wisata Indonesia dalam menganal beberapa tempat wisata Tawangmangu dan sekitarnya yang ramai dikunjungi oleh wisatawan dalam maupun mancanegara, berikut ulasan beberapa lokasi wisata Tawangmangu yang bisa menjadi alternatif destinasi liburan di Jawa Tengah.

TEMPAT WISATA Di GUNUNG LAWU TAWANGMANGU JAWA TENGAH
Gunung Lawu merupakan salah satu alternatif obyek wisata Tawangmangu yang berada di Jawa Tengah yang bisa kita kunjungi. Walau perjalanan pendakian menuju lokasi puncak Gunung Lawu kita harus melalui rute jalan yang berbukit dan penuh liku dan tantangan perjuangan fisik yang kuat, namun setelah kita sampai di puncaknya semua rasa lelah dan penat akan hilang sirna seketika terbayar lunas dengan panorama keindahan Puncak Gunung Lawu yang eksotis.

Puncak Gunung Lawu

Keindahan puncak Gunung Lawu Jawa Tengah banyak menyimpan banyak kekayaan alam. Selain panorama puncak gunung yang mempesona di tempat wisata alam Tawangmangu ini juga memiliki unsur spiritual. Dimana Gunung Lawu ini sering diadakan upacara tradisi ritual keagamaan malam tahun baru Islam atau yang sering disebut malam 1 Suro setiap tahunnya digelar di puncak Gunung Lawu.

Gunung Lawu merupakan kebanggaan masyarakat Jawa Tengah pada umumnya. Sebagai tambahan informasi bagi sahabat Direktori Wisata, dibagian puncaknya Gunung Lawu terdapat tiga buah puncak, yakni Hargo Dalem, Hargo Dumiling, serta Hargo Dumilah yang sekaligus merupakan puncak tertinggi di Gunung Lawu. Gunung Lawu sebenarnya termasuk gunung berapi, namun sedang dalam fase istirahatnya karena sudah lama sekali tidak menunjukkan tanda-tanda aktivitas.

TEMPAT WISATA TAWANGMANGU GROJOGAN SEWU
Grojongan Sewu merupakan salah satu obyek wisata Tawangmangu yang paling menajubkan dan ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun luar daerah seiitar yang berada di Karanganyar dan Solo. Di tempat wisata wisata Grojokan Sewu Tawangmangu ini kita dapat menemukan beragam pilihan keseruan destinasi liburan yang mengasyikan seperti kolam pemandian, Flyaingfox, air terjun serta satwa kera liar yang bersahabat dengan para pengunjung yang hadir di obyek wisata Tawangmangu yang cukup populer di Jawa Tengah.

Air Terjun Grojongan Sewu Tawangmangu

Obyek wisata Tawangmangu di Grojogan Sewu ini memiliki spot cantik nan indah berupa air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 81 meter yang selalu ramai di padati oleh wisatawan dari berbagai kota hingga mancanegara.  Air terjun yang dikelilingi oleh pohon-pohon besar semakin membuat suasana liburan kita untuk merasakan udara segar yang semakin sejuk yang mudah kita rasakan.

Ke asrian yang terus terjaga di Grojokan Sewu menjadikan tempat wisata Tawangmangu Karanganyar ini sebagia tujuan utama bagi wisatawan yang akan menghabiskan waktu liburan mereka di kawasan obyek wisata Tawangmangu dan sekitar Karanganyar, Jawa Tengah.

TEMPAT WISATA TAWANGMANGU SITUS PURBAKALA MENGGUNG
Wisata Candi Menggung di Tawangmangu KarangAnyar Solo Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang menarik dikunjungi saat mengisi libur akhir minggu dan libur nasional. Pesona keindahan situs purbakala ini tidak ada duanya.

Situs Candi Menggung

Penduduk lokal daerah Wisata Candi Menggung di Tawangmangu Karanganyar Jawa Tengah juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Kota Karanganyar juga terkenal akan keindahan Wisata Candi Menggung di Tawangmangu Karanganyar, Jawa Tengah yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Dari dalam kawasan agrowisata ini, tepatnya di pinggir dusun sebelah barat, tersimpan sebuah situs bersejarah kebudayaan Hindu. Bahkan hingga saat ini lokasi Candi Menggung masih dipergunakan sebagai lokasi ziarah oleh umat beragama Hindu.

Situs Menggung ini terletak di pinggir dusun dan berdampingan dengan kebun-kebun tanaman hias milik warga. Sebuah gedung serba guna yang berdiri di depan situs ini menandakan bagaimana masyarakat sekitar sangat menjaga keberadaan situs yang mereka percaya juga sebagai petilasan Airlangga.

Konon, masyarakat lokal di sekitar candi masih melakukan tradisi ritual kepercayaan pada setiap terbitnya wuku dukut perhitungan kalender Jawa. nama upacaranya adalah “Dhukutan” yang dimeriahkan dengan pertunjukan wayang kulit.

Beberapa bentuk peninggalan yang bisa dilihat di tempat wisata Tawangmangu Jawa Tengah ini antara lain berupa patung atau arca, serta beberapa bekas reruntuhan dan pondasi candi. Situs purbakala Candi Menggung bisa dicapai dengan kendaraan pribadi dari arah Tawangmangu atau berjalan kaki dari terminal Tawangmangu.

OBYEK WISATA NEW TAMAN BALEMKAMBANG TAWANGMANGU
Tempat wisata di Tawangmangu selanjutnya adalah new taman balemkambang yang merupakan objek wisata terbaru dengan daya tarik berupa miniatur keajaiban dunia yang akan memanjakan liburan kita bersama keluarga dan rekan-rekan lainnya. Di tempat New Balekembang Tawangmangu.

New Balekambang Tawangmangu

Berbagai bangunan keajaiban dunia seperti Menara Eiffel di Prancis, Piramida Giza dan patung Sphinx di Mesir, Tembok Besar China, Colosseum di Italia serta Hollywood Sign di Amerika Serikat ada disini. Kalau kamu penggemar selfie, spot-spot tersebut akan jadi background yang cukup menarik.

TEMPAT WISATA TELAGA SARANGAN DI JAWA TENGAH
Telaga Sarangan merupakan tempat wisata di sekitar Tawangmangu yang tidak boleh kita lewatkan. Lokasinya hanya berjarak sekitar 5 Km saja dari Tawangmangu. Jadi sangat disayangakan bila kita mampir di kawasan Tawangmangu melewatkan kunjungan di destinasi liburan yang banyak dikunjungi oleh wisatawan di telaga yang indah dan cantik ini.

Danau dengan luar 30 hektar ini wajib anda kunjungi bersama keluarga tercinta. Lokasinya yang hanya turun sekitar 3 km dari Cemowo Sewu kita akan sampai di Telaga Sarangan yang cantik menjadi salah satu objek wisata unggulan di Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Ada banyak sekali kegiatan seru disini, termasuk menikmati keindahan telaga dengan naik sepeda air atau speedboad.

TEMPAT WISATA TAWAMANGU DI CANDI CETHO
Candi Cetho menjadi tujuan tempat wisata di sekitar Tawangmangu yang menjadi destinasi liburan seru yang bisa kita  kunjungi bagi para pecinta dunia sejarah dan purbakala. Selain menjadi tempat wisata heritage di Jawa Tengah, obyek wisata Candi Cetho ini juga menjadi sarana spiritual bagi beberapa masyarakat lokal yang masih menjalankan tradisi dan budaya mereka dalam pelestarian upacara adat dan ritual yang selalu di lakukan di candi ini.

Candi Cetho

Konon infomrasi yang Direktori Wisata Indonesia terima,  Candi Cetho tersebut merupakan peninggalan agama Hindu yang ada di Dusun Ceto, Desa Gumeng, Kec. Jenawi atau berada di lereng Gunung Lawu tepatnya di perkebunan teh, masih berdekatan dengan Tawangmangu.

Jangan lupa mampir obyek wisata Tawangmangu lainnya di kawasan Wisata Situs dan Candi di Lereng Gunung Lawu

TEMPAT WISATA  AIR TERJUN JUMOG KARANGANYAR JAWA TENGAH
Jika sahabat Direktori Wisata Indonesia berkunjung ke Karanganyar, jangan lupa untuk mampir di Obyek wisata Alam Air Terjun Jumog. Sangat sayang rasanya kalau kita sampai melewatkan objek wisata yang satu ini. Lokasinya berdekatan dengan obyek wisata Tawangmangu, masih berada di lereng gunung Lawu, tepatnya ada di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah dan untuk mencapai air terjun ini kita harus menapaki 116 anak tangga. Luman juga sih sekalian utnuk oleh raga . ha,, ha,, ha,,,

Air Terjun Jumog Karanganyar

Obyek wisata Karanganyar ini berlokasi di ketinggian yang membuat hawa di sekitar objek wisata ini terasa sangat sejuk.  Dimana curahan keindahana alam tercipta di antara perbukitan dengan bersanding nirwana yang bersembunyi di lereng bukit Gunung Lawu yang melengkapi sejuta pesona keindahan alam di Kabupaten Karanganyar, Jawa tengah.

Puas berkeliling ke 7 Tempat  Wisata di Tawangmangu Karanganyar Jawa Tengah tentunya memberikan pengalaman suasana liburan yang berkesan dan sulit dilupakan. Semoga beberapa obyek wisata Tawangmangu Karanganyar tersebut di atas bisa menjadi destinasi wisata alternatif bagi para sahabat dan pembaca setia Direktori Wisata untuk mendapatkan gambaran dan membuka cakrawala pengetahuan baru tentang potensi wisata Indonesia yang luar biasa indahnya. Selamat menikmati liburan di Jawa Tengah ya temans.[]

Follow Direktori Wisata:

Direktori Pariwisata Dunia menyajikan keragaman tempat wisata dunia dengan keindahan alam, budaya dan kearifan lokal serta wisata kulinernya.