Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jawa Tengah / Solo / 11 Tempat Wisata Solo Yang Menarik Dikunjungi

11 Tempat Wisata Solo Yang Menarik Dikunjungi

11 Destinasi Wisata Solo Yang Menarik Dikunjungi Saat Liburan

Direktori Wisata – Tempat-tempat yang menjadi objek wisata menarik saat liburan akhir pekan dan liburan nasional di Solo yang menarik dikunjungi

Kota Solo selalu memiliki sisi keunikan untuk dinikmati, kota ini menawarkan beragam fasilitas sarana dan sarana yang kian tertata. Hal inilah yang membuat bagi sipapapun yang berkunjung ke kota ini akan menjadi betah untuk mengunjungi tempat-tempat wisata yang berada di Solo dan di daerah sekitar.

Bila sahabat Direktori Wisata memiliki rescana ke Jogyakarta, jangan lupa main ke Solo. Sejak lama kawasan wisata Kota Solo telah menjadi salah satu yang meenjadi daya tarik bagi para wisatawan dari berbagai kalangan baik lokal maupun mancanegera.

Banyak kegiatan destinasi liburan yang cukup banyak menjadikan kota ini sangat kaya akan objek wisata di Solo yang sangat menarik untuk kita sambangi, dari mulai wisata budaya, wisata kuliner Solo, wisata sejarah, sampai dengan wisata belanja yang akan menjadikan liburan anda lebih mengenal daerah ini.

Aneka tempat wisata di Solo yang menarik dikunjungi sangat bervariatif. Misalkan saja wisata sejarah yang meliputi wisata candi. Di sekitar kawasan Solo juga terdapat beberapa obyek wisata candi-candi peninggalan nenek moyang bangsa Indonesia yang sangat bagus dan layak dikunjungi.

Sedangkan untuk wisata kuliner Solo, kota ini menawarkan pengalaman kuliner yang luar biasa dan memiliki banyak tempat yang dapat kita kunjungi dengan menu makanan kuliner Solo Pilihan yang dikenal enak yang harus dicoba saat bertandang di kawasan ini.

Untuk tempat wisata belanja, Solo juga memiliki banyak sekali tempat belanja tradisional yang usianya sudah sangat tua dan sampai saat ini masih menjadi tujuan wisata belanja Solo bagi para pelancong.

Dan untuk wisata budaya Solo memiliki warisan budaya kerajaan Mataram yang sampai dengan sekarang ini masih terpelihara dengan sangat baik. Bahkan budaya yang menjadi ciri khas kawasan ini, menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegra untuk bertandang di kota ini.

Tempat Wisata Solo Yang Menarik Dikunjungi Saat Liburan Di Akhir Pekan Maupun Liburan Naisonal

Museum Danar Hadi Solo

Museum Danar Hadi merupakan sebuah museum yang mengoleksi berbagai model batik. Bukan hanya batik lokal, tapi juga batik dari berbagai negara. Bahkan, bila kita mengunjungi museum ini kita dapat menemukan batik-batik koleksi  antik yang sudah eksis sejak masa penjajahan Belanda, Jepang, bahkan sampai Indonesia merdeka.

Museum Batik Danar Hadi Solo

Bila sahabat Direktori Wisata Indonesia datang ke sana, kita bakal bisa belajar atau mengetaui bagaimana cara membedakan berbagai jenis batik, seperti batik kraton, batik Belanda, batik China, batik Hokokai, dan batik Indonesia. Di sana kita juga diwajibkan untuk menjaga agar batik yang terdapat di museum tersebut tidak mudah rusak dan kotor. Caranya dengan tidak menyentuh barang-barang tersebut. Kita juga boleh foto-foto koleksi batik di sana asal nggak menggunakan lampu kamera.

Keraton Solo

Keraton Solo menjadi salah satu tempat wisata di Solo yang sangat wajib dikunjungi saat anda berlibur ke Kota Solo. Keraton Solo ini merupakan salah satu istana Kesunanan Surakarta yang juga adalah peninggalan Kerajaan Mataram Islam yang masih tersisa, selain Keraton Yogyakarta yang berada di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Keraton Surakarta Hadiningrat

Keraton Solo ini juga sampai dengan saat ini masih digunakan sebagai tempat tinggal dari Sultan Surakarta beserta keluarga kerajaan. Yang menarik dari tempat wisata di Solo yang satu ini adalah bentuk arsitektur bangunannya yang sangat kental dengan nuansa budaya Jawa.

Budaya Jawa Mataram juga masih sangat dijunjung tinggi di kawasan keraton ini, hal ini terlihat dengan masih banyaknya upacara adat dan juga aturan-aturan adat Jawa yang masih digunakan sampai dengan saat ini terutama di kalangan keluarga keraton. Untuk bisa melihat keindahan Keraton Solo atau yang juga dikenal dengan sebutan Keraton Surakarta Hadiningrat ini pengunjung harus membayar harga tiket masuk Keraton Solo yang cukup murah.

Kerajaan Mataram yang terpecah menjadi dua yaitu Kesultanan Yogyakarta dan Kasunanan Surakarta menjadi awal dari berbagai perpecahan di kerajaan di Jawa ini. Kasunanan Surakarta kemudian juga mengalami perpecahan dengan berdirinya Praja Mangkunegaran yang merupakan kerajaan kecil bagian dari Kasunanan Surakarta dengan rajanya Mangkunegoro. Pura atau keraton kecil ini sangat menarik juga untuk dikunjungi kala liburan ke Kota Solo.

Seperti obywk wisata keraton lainnya d Keraton Solo juga memiliki tempat pertemuan para tamu dan keluarga kerajaan yang disebut  Pura Mangkunegaran. Bagunan ini memiliki artitektur yang sangat menarik dengan arsitektur khas jawa kuno yang masih terpelihara dengan baik. walaupun ukurannya jauh lebih kecil dari Keraton Solo, namun tempat wisata di Solo ini bisa menjadi salah satu tempat tujuan wisata yang wajib dikunjungi. Dan untuk harga tiket masuk Keraton Mangkunegaran ini terbilang sangat murah.

Taman Sriwedari

Taman Sriwedari adalah sebuah taman di Kecamatan Lawiyan yang identik dengan unsur sejarah. Dahulu kala, taman ini disajikan sebagai tempat wisata dan rekreasi keluarga kerajaan. Karena Sultan Pakubuwono X terinspirasi mitos tentang keberadaan sebuah taman di surga.

Taman Sriwedari Solo

Sekarang, siapa pun bisa datang ke mari untuk berwisata. Makin lama, pengunjungnya makin ramai, apalagi di sana ada Gedung Wayang Orang Sriwedari yang mempertunjukan kesenian wayang dengan tema cerita Mahabrata dan Ramayana. Di sana juga banyak fasilitas hiburan untuk semua umur, restoran kecil, dan stand penjualan souvenir. Alamat: Jalan Brigjen Slamet Riyadi 275, Penumping, Laweyan.

Museum Sangiran

Museum ini merupakan museum unik yang memiliki koleksi berupa fosil-fosil manusia purba. Ada fosil manusia purba di sana yang berumur lebih dari ratusan tahun, bahkan jutaan tahun. Saking banyaknya koleksi fosil manusia purba di sana, Terletak sekitar 17 km dari Kota Solo situs kepurbakalaan Sangiran memiliki daya tarik bagi pecinta wisata sejarah.

Banyaknya fosil manusia purba yang ditemukan di kawasan Sangiran, menjadi tempat ini sebagai situs warisan sejarah dunia oleh PBB. Karena kawasan ini merupakan tempat lahir manusia Jawa Paling tua di Indonesia. Konon informasi yang kami terima, museum ini merupakan tempat penelitian terbaik di ASIA.

Museum Sangiran

Museum Manusia Purba Saingan menjadi museum fosil terlengkap di Asia. Bukan cuma fosil manusia purba, tapi di sana juga terdapat benda-benda koleksi seperti fosil hewan, tumbuhan, batu, dan alat-alat yang digunakan manusia purba yang tersimpan dan tertata rapih. Obyek wisata solo yang satu ini sering dijadikan sebagai tempat kunjungan bagi wisata lokal maupun mancanegara yang akan mengetahui lebih banyak tentang kehidupan pada jaman purba.

Kebun Binatang Taru Jurug

Tara Jurug merupakan kebun binatang kebanggaan warga Solo. Setiap liburan kahir pekan atau hari besar, kebun binatang ini ramai akan pengunjung. Jangan khawatir bakal kepanasan di tempat wisata kebun binatang Solo ini,  karena kebun binatang ini dikelilingi pohon-pohon yang besar dan rindang.

Kebun Binatang Taru Jurug

Makanya, banyak juga yang mampir ke sini untuk beristirahat. Koleksi binatang yang bisa kamu lihat di sana antara lain merak hijau, macan tutul, harimau Sumatera, ulau, komodo, iguana, kuda, landak, burung, beruang, kera, zebra, unta, buaya, merak, kijang, gajah, siamang, dan lain-lain.Alamat: jalan Ir. Sutami No. 40, Jebres.

Pandawa Water World Solo

Pandawa Water World Solo menjadi salah satu tempat wisata di Solo yang cukup modern. Objek wisata di Solo ini menawarkan wisata hiburan dan permainan berupa taman hiburan tematik yang mengambil tema Pandawa, yaitu lima ksatria dari kisah cerita Mahabharata. Dan sebagai taman wisata air,

Pandawa Water World Solo

Pandawa Water World Solo memiliki fasilitas aneka permainan air yang sangat lengkap mulai dari kolam renang anak dan dewasa, perosotan, kolam ombak, sungai buatan, layanan spa, kafe, dan lain sebagainya. Sebagai objek wisata modern yang masih cukup baru, tempat ini tidak pernah sepi dari pengunjung yang hendak menghabiskan liburan seru di Kota Solo. Harga tiket masuk Pandawa Water World Solo juga masih terbilang cukup murah bagi kantong para pelancong yang ingin berkunjung bersama keluarga dan teman-teman di taman wisata air ini.

Candi Cetho

Candi Cetho bisa menjadi salah satu destinasi wisata di sekitar Solo cukup menarik untuk dikunjungi. Meskipun lokasi Candi Cetho yang sedikit jauh dari pusat Kota Solo yaitu tepatnya di Kabupaten Karanganyar namun justru karena letak Candi Cetho ini yang juga berada di lereng Gunung Lawu di ketinngian sekitar 1.400 meter di atas permukaan laut menjadikan candi Hindu yang satu ini memiliki pemandangan yang luar biasa.

Candi Cetho

Karena dari ketinggian kawasan obyek wsata Candi Cetho ini kita bisa menyaksikan keindahan Kota Solo dan sekitarnya yang menghampar luas di bawah. Dan yang paling penting di tempat wisata di Solo ini kita bisa menyaksikan sendiri kekayaan sejarah berupa bangunan candi kuno peninggalan nenek moyang kita yang sangat bagus. Berdasarkan sejarah Candi Cetho ini dibangun di sekitar abad ke-15 di masa akhir kejayaan Kerajaan Majapahit yang sempat menguasai sebagian besar wilayah Nusantara.

Candi Sukuh

Satu lagi peninggalan nenek moyang kita yang berupa bangunan candi bersejarah yaitu Candi Sukuh. Candi kecil ini bisa menjadi salah satu rujukan wisata di Solo dan sekitarnya karena juga memiliki keindahan yang tidak kalah dari candi-candi besar lainnya. Seperti Candi Cetho, Candi Sukuh juga berada di Kabupaten Karanganyar yang letaknya kurang lebih 40 kilometer dari Kota Solo.

Wisata Candi Sukuh

Candi Sukuh juga berada di lereng Gunung Lawu dengan ketinggian sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut. Hal ini tentu saja juga menjadikan kawasan wisata Candi Sukuh berudara sangat sejuk khas pegunungan.

Daya tarik wisata Candi Sukuh selain dari keindahan lokasinya, juga tentu saja adalah keindahan bangunan candi itu sendiri. Candi yang dibangun di sekitar awal abad ke-15 ini memang terkenal karena keunikan bangunannya. Bentuk candi Hindu ini berupa punden berundak mirip seperti piramida yang berukuran kecil. selain itu Candi Sukuh ini terkenal sebagai candi yang sedikit erotis dan nyentrik.

Grojogan Sewu Tawangmangu

Wisata alam ini adalah wisata alam yang paling terkenal di Solo. Pemandangan indah dan udara yang sejuk menjadikan tujuan utama bagi para pengunjung untuk berakhir pekan bersama orang terdekat. Apalagi di sana banyak villa, penginapan, restoran, dan fasilitas lainnya. Lucunya, di sekitar air terjun banyak kera dan kamu bisa menikmati sate kelinci di sana.

Grojokan Sewu Tawamangu Solo

Yang bikin objek wisata air terjun Grojokan Sewu ini semakin unik adalah di lokasinya ini sering diadakan tradisi upacara Dukhutan, Mondosiyo, Suryo Jawi yang boleh diabadikan oleh kamera. Alamat: Tawangmangu, Kecamatan Karanganyar.

Kampung Protojayan Solo

Kampung Protojayan menjadi salah satu tempat wisata Solo yang menarik dikunjungi, Di kawasan perkambpungan ini kita dapat menyaksikan beragam kerajinan khas belangkon Solo yang dibuat oleh masyarakat setempat secara turun temuruh.

Kerajinan Balngkon Solo

Bahkan bagi kita yang memiliki kesempatan untuk bertandang lama di Kota Solo, datapat melajar langsung mengenai keiatan tradisional untuk pembauatan blangkon yang menjadi salah satu pelengkap baju kenasan pakaian kerajaan. Menunurut informasi yang Direktori Wisata terima di lokasi, hasil pembauatan bloangkon di kampung ini sudah banyak diminati oleh para wisatawan asing juga.

Kampung Batik Laweyan

Sebagai salah satu kota batik di Indonesia, Kota Solo tentu saja juga memiliki wisata batik yang sangat terkenal. Selain Pasar Klewer dimana orang bisa berbelanja beragam kain batik, ada juga kampung batik di Solo yang bernama Kampung Laweyan. Seperti halnya Kampung Batik Trusmi di Cirebon, Kampung Laweyan sangat terkenal kaena sebagian besar dari penduduk setempat berprofesi sebagai pembuat kain batik dan juga pedagang kain batik.

kampung-batik-laweyan

Di salah satu tempat wisata di Solo ini para wisatawan bisa puas melihat proses pembuatan batik tradisional hingga yang cukup modern. Dan sebagai cindera mata tentu saja para pelancong bisa berbelanja kain batik dengan motif khas Surakarta yang sangat indah. Bahkansahabat Direktori Wisata Indonesia dapat menikmatii liburan  di kawasan Kampung Batik Laweyan di Solo ini dengan berkunjung ke beberapa situs peningalan bersejarah di kawasan tersebut.

Untuk kawasan Solo ini lokasinya berada di tengah Pulau Jawa, bila kita dari Yogyakarta menuju kota ini bisa ditempuh dengan akses jalan darat sekitar 1,5 jam. Jadi bila kita mengilisi liburan di Jogja bisa mampir juga ke kota yang memiliki detinasi wisata yang menarik di kunjungi saat liburan.

Info tempat wisata Solo yang menarik dikunjungi tersebut di atas merupakan contoh bagian kecil yang bisa kita kunjungi saat berkunjung ke Kota Solo dan sekitarnya. Bila sahabat Direktori Wisata Indonesia ingin lebih jauh mengetahui destinasi wisata Solo yang menarik dikunjungi lainnya, sahabat dan pembaca setia Direktori Indonesia dapat mencari melalui kolom pencarian di website ini, semoga bisa membantu. Selamat menikmati liburan di Solo.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

1 Comments

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :