Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

 
Home / Indonesia / Pesona Tempat Wisata Pantai Klayar Pacitan

Pesona Tempat Wisata Pantai Klayar Pacitan

 

Keindahan Dan Keunikana Destinasi Wisata Pantai Pacitan di Pantai Klayar

Direktori Wisata – Keelokan tempat wisata pantai Pacitan dengan egala keunikannya yang berada di Pantai Klayar Pacitan.

Mengisi liburan di Kota Pacitan Jawa Timur yang dikenal dengan memiliki pesona wisata alam 1001 goa yang menyebar di sebelah selatan Pulau Jawa.  Namun, tidak hanya tempat wisata alam goa saja yang bisa kita nikmati saat bertandang ke Kota Pacitan ini. Karena daerah Pacitan juga memiliki tempat wisata pantai yang cukup terpopuler dikalangan wisatawan lokal maupun mancangera seperti tempat wisata Pantai Srau dan juga Pantai Klayar di Pacitan.

Tempat wisata Pantai Kalayar Pacitan

Selain keindahan pesona wisata pantainya, Pantai Klayar Pacitan ini memiliki beberapa obyek wisata yang unik untuk kita sambangi, diantara adalah obyek Seluring Samudra, patung batu yang menyerupai spink di Mesir, dan beberapa sumur yang memiliki cerita mitos yang menjadi kepercayaan bagi masyarakat setempat.

Tempat wisata Patai Klayar ini berada sekitar 30 km dari arah Kota Pacitan. Namun, bila kita menuju lokasi Pantai Klayar Pacitan dari Kota Yogyakarta kita bisa menempuh perjalanan dengan waktu +/- 3-4 jam, dengan melalui medan yang cukup sulit dengan adanya tanjakan dan turunan serta tingkungan yang berkelok-kelok.

Namun, setelah kita sampai di tempat wisata Pantai Klayar Pacitan semua rasa lelah dan letih akan terbayar dengan sajian pemandangan dan suasana pantai yang indah dengan deburan ombak tinggi khas pantai-pantai di pesisir selatan Pulau Jawa. Pemandangan pasir putih pantai dengan tebing-tebing yang menjulang tinggi menambah kesan eksotis Pantai Klayar Pacitan yang menjadi salah satu tempat wisata favorit yang ramai dikunjungi.

Konon, informasi yang Direktori Wisata dapatkan dari penjaga pantai di lokasi, pantai Klaya ini berasal dari kisah dulunya terdapat sebuah kapal yang terdampar di pantai ini yang diakibatkan dari terjangan ombak besar. Keadaan tersebut dalam istilah bahasa Jawa disebut Glayar, lalu berubah menjadi Klayar. Namun, ada juga yang menyebutkan istilah dari nama tempat wisata Pantai Klayar ini berasal dari kata “klayar-kluyur” yang berarti jalan-jalan.

Menyusuri tempat wisata Pantai Klayar Pacitan kita akan dapat menjumpai titik spot yang menjadi salah satu obyek wisata menarik yang bisa kita nikmati pada saat berkunjung di lokasi ini yang bernama Seluring Samudra yang lokasi berada di balik tebing tepi pantai Klayar. Namun, untuk meuju lokasi Direktori Wisata menyarankan agar menghubungi petugas pantai yang ada di lokasi tersebut. Karena tempat yang menjadi obyek Seruling Samudra sangat berbahaya.

 
Seluring Samudra Pantai Klayar Pacitan

Seluring Samudra yang terdapat di Pantai Klayar ini merupakan sebuah lobang air kecil yang dapat menyemburkan air yang cukup tinggi. Kabarnya semburan air yang berasal dari lubang batu tersebut dapat mengeluarkan suara bunyi seperti seluring.

Sedangkan untuk waktu yang tepat untuk melihat fenomena alam seluring samudra di Pantai Klayar Pacitan ini adalah saat air laut mulai pasang yaitu pda jam 09.00 pagi atau jam 04.00 sore hari. Dan pada kedua waktu itulah kita dapat menyaksikan air yang menyembur keluar melalui lubang celah-celah kecil di batu karang. kita dapat menyaksikan sembuaran iar yang keluar tersebut sampai menjulang tinggi.

Konon, informasi yang Direktori Wisata dapatkan, bila ombak laut sedang pasang, air laut yang keluar dari lubang dan sela-sela batu karang tersebut bisa mencapai +/- 15 meter. Dan bila ombak laut sedang kecang, area ini tidak diperbolehkan dikunjungi oleh pengunjung yang akan mendekat, karena hal ini dapat membahayakan bagi pengunjung yang mendekat ke lokasi. Namun, kita tetap diperbolehkan melihat fenomena alam yang unik di Pantai Klayar Pacitan ini dari kejauhan. Dan air macur seluring samudra ini sudah ada sejak dahulu.

Lanjut……
Namun, penyematan nama seluring samudra ini baru disematkan ketika Dinas Pariwisata mengelola pantai Klayar Pacitan ini sejak tahun 2004. Disebut seluring samudra karena air yang menyembur tinggi ini mengeluarkan suara seperti seluring yang terletak di tepi lautan atau samudra pantai selatan Pulau Jawa. Namun, menurut penuturan dari salah seorang petugas pantai yang mendampingi Direktori Wisata, bunyi suara suliring terdengan hanya sesekali saja.

Tidak hanya Seluring Samudra yang menjadi destinasi wisata menarik yang mencuri perhatian para wisatawan lokal maupun mancanegara agar bertandang ke tempat wisata Pantai Klayar Pacitan. Bila kita bergeser di lokasi yang masih satu area pantai Kalayar ini, kita bisa menemukan sebuah tebing batu yang menjulang tinggi yang menyerupai patung spink seperti di Mesir. Karena bila kita melihatnya dari kejauhan patung ini berbentuk seperti patung yang sedang duduk berwajah manusia serta berbadan singa.

Konon menurut penuturan petugas pantai kepada Direktori Wisata di lokasi, sebelum dinamakan mirip seperti patung spink, dahulu penduduk sekitar menamakan batu ini degan nama “watu lumbung” dan duluya di lokasi ini sempat terdengar seperti alunan lagu-lagu yang dihasilkan dari alat musik gamelan. Dan sekarang ini batu tersebut dialihkan namanya menjadi batu spink.

Bergeser ke lokasi obyek wisata lainnya yang berada di tempat wisata Pacitan yang terdapat di Pantai Klayar ini, kita bisa menemukan beberapa lubang sumur air yan berjumlah 3 buah. Letak sumur air ini terdapat di celah-celah batu karang di balik belakang tebing batu. Lokasinya tidak jauh dari tempat seluring samudra.

Konon salah satu sumur yang pertama dan terbesr yang berada di lokasi ini dulunya diperuntukan untuk memandikan dan mengobadi kuda yang akan atau telah ikut berlomba. Sebagai informasi tambahan yang Direktori Wisata terima di lokasi, dulunya tempat wisata Pacitan ini dulunya digunakan sebagai tempat ajang balap kuda.

Lanjut…..
Untuk sumur kedua dan ketiga di tempat wisata Pantai Klayar Pacitan ini bernama sumur Suranyata, dan yang ketiga yang berukuran sumur paling kecil bernama Sumur Sindilaras. Ada yang menarik dan kish cerita mitos kedua sumur tersebut, yaitu  sumur tersebut merupakan sebagai tempat mandi ayam-ayam jago ini memiliki khasiat.

Konon informaisi yang Direktori Wsata perloleh di lokasi mitosnya bila kita membasuh muka dngan air sumur tersebut, maka wajah kita akan memancarkan aura kebaikan. Dan bagi yang percaya air di lokasi sumur ini akan membawa berkah bagi mereka yang mempercayainya.

Terlepas dari semua cerita kisah mitos tersebut, keindahan dan keunikan tempat wisata Pantai Klayar Pacitan dapat menjadi salah satu destinasi wisata pilihan dan refrensi tempat liburan pada saat kita menghabiskan waktu liburan di Kota Pacitan bersama keluarga maupun orang-orang yang kita sayangi.

Cara menuju tempat wisata Pantai Kalayar Pacitan sangatlah mudah, dan hanya memakan waktu beberapa menit dairi kota Pacitan. dengan menggunakan kendaraan mobil maupun motor. Dan bagi para sahabat atau pembaca setia Direktori Wisata yang menngunakan kendaraan, dapat mengiskuti rute jalan untuk menuju lokasi Pantai Kalayar Pacitan di bawah ini.[]

 
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
 
 

13 Comments

  1. pesona wisata pante pacitan yang sangat indah sekali mas, saya kalo deneger maslah pante udah ga sabar mau langsung ke pantei, ada kenangan yang menyimpan dibalik pantei mas 🙂 hiks hiks

  2. wah ada lubang sumur juga dipantei klayar pacitan ini toh kang, penasaran seperti apa sih kang 🙂

  3. Pacitan memang banyak memiliki tempat wisata ya mas. Apalagi tempat-tempat wisata goanya. Mantap-mantap di sana 🙂

    • benar Mas, di Pcitan bayak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi dan tempatnya juga asik ko.

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
 
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :