Tempat Wisata Makam Bung Karno di Blitar

posted in: Blitar | 0

Menelisik Bumi Putra Sang Fajar di Kota Blitar

Direktori Wisata – Objek wisata yang populer dan wajib dikunjungi di makam Bung Karno beralamat Jl. Ir. Soekarno dekat dari stasiun Kereta Kota Blitar.

Kabupaten Blitar merupakan kota kecil yang terletak di Provinsi di Jawa Timur yang memiliki sejumlah kenangan dari berbagai kisah dari setiap jaman, yang paling banyak disukai oleh para traveler yang hadir di Kota Blitar, di kota ini kondisi lalu lintasnya tergolong lancar dan jauh sekali dari kata macet yang sering kita temukan di kota lainnya. Karena kota ini merupakan kota terkecil nomor dua yang ada di Jawa Timur. Namun bukan berarti kota ini tidak memiliki banyak kelebihannya di bandingkan di kota lalinnya loh…. salah satunya bisa kita temukan objek wisata makam Bung Karno di Blitar.

MakamBungkarno di Blitar

Lokasi tempat wisata Makam Bung Karno di Blitar ini berada di pusat kota yang berjarak sekitar 12 menit dari stasiun kereta api Blitar. Jadi sangat mudah untuk kita temukan.

Salah satu destinasi wisata utama di Kota Blitar adalah makam Presiden Pertama Republik Indonesia yaitu Ir. Soekarno. Karena tempat wisata makam Bung Karno di Blitar inilah kota ini menjadi destinasi wisata sejarah dan religi yang selalu ramai dikunjungi oleh para watawan lokal maupun mancanegara yang datang ke Jawa Timur.

Konon informasi yang Direktori Wisata Indonesia peroleh di tempat wisata Blitar sekitar makam Bung Karno, dalam setahun pada waktu-waktu tertentu di tempat ini sering dilakukan tradisi yang disebut “Tri Suci”  yakni 1 Juni yang dijadikan kelahiran Pancasila, 6 Juni hari lahir,  dan 21 Juni jadi haulnya Bung Karno. Tidaklah heran bila Blitar termasuk kawasan wisata sejarah yang ramai dikunjungi di Jawa Timur.

Lanjut informasi…..
Bahkan ada ungkapan ekstrim di kawasan wisata Blitar sekitar Makam Bung Karno yang menyebutkan, Kota Blitar tidak akan punya apa-apa jika Bug Karno tidak di makamkan di kota ini. Dari beberapa informasi dari rekan-rekan traveler  yang berada di Kota Blitar, hal ini sangat wajar mengingat warga Blitar sendiri merasa keberatan ketika beredar wacana bahwa makam Bung Karno akan dipindahkan.

Soekarno

Seperti yang telah banyak diulas oleh beberapa sumber, putra sang fajar yang wafat pada 21 Juni 1970 sempat meminta untuk dimakamkan di Kota Bogor tepatnya di area Istana Batu Tulis. Namun dengan berbagai pertimbangan permintaan dalam surat wasiat Bung Karno yang ingin dimakamkan di Kota Bogor tersebut gagal terwujud.

Karena pada waktu itu kebijakan pemerintah dan Presiden pada saat itu menginginkan Soekarno berada di Blitar. Sempat beredar rumor makam Bung Karno ingin dipindahkan makamnya ke Kota Bogor, Namun warga sekitar objek wisata makam Bung Krno di Blitar  ini tidak sejutu akan hal tersbut, karena hal ini merupakan bagian identitas bagi Kota Blitar.

Kunjungi juga :

Tempat Wisata Baru Air Mancur Taman Pecut di Kota Blitar

Tempat Wisata Pantai Tambakrejo Blitar Selatan

Tempat Wisata Blitar Kampung Coklat

Posisi kopleks makam Bung Karno terletak tidak jauh dari bekas tempat tinggal keluarga Bung Karno. Menurut informasi yang Direktori Wisata Indonesia dapatkan di tempat wisata makam Bung Karno di Blitar dari petugas, para perziarah yang datang ke ke tampat ini bukan hanya dari dalam negeri, namun juga dari berbagai negara eropa seperti Belanda, Swiss dan Perancis.

Bagi sahabat Direktori Wisata Indonesia yang akan melakukan perjalanan wisata ke makam Bung Karno Blitar ini kita mudah untuk menemukannya, karena lokasinya yang berada di dekat dengan pusat Kota , jadi kita bia menggunakan kendaraan motor maupun mobil.[]

 

Follow Direktori Wisata:

Direktori Pariwisata Dunia menyajikan keragaman tempat wisata dunia dengan keindahan alam, budaya dan kearifan lokal serta wisata kulinernya.