Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jawa Tengah / 9 Tempat Wisata Kota Semarang Yang Menarik Dikunjungi di Jawa Tengah

9 Tempat Wisata Kota Semarang Yang Menarik Dikunjungi di Jawa Tengah

9 Tempat Wisata Kota Semarang Yang Sering Dikunjungi Wisatawan

Direktori Wisata.- Kota Semarang merupakan ibukota provinsi Jawa Tengah, penduduknya sangat heterogen yang terdiri dari campuran etnis Jawa, China, Arab dan keturunan. Walaupun heterogen, kehidupan sosial masyarakat lokal Kota Semarang sangatlah damai dan ramah.

Kawasan obyek wisata Kota Semarang banyak kita jumpai bangunan gedung-gedung tua bergaya arsitektur kolonial yang masih bertahan dan berdiri hingga saat ini, bersanding dan berdiri kokoh dengan bangunan-bangunan bergaya tradisional China dan modern yang menampilkan wajah modernnya dengan kawasan komersial yang hidup dengan keramaian seperti layaknya kota-kota besar yang ada di Indonesia.

Temapt Wisata Kota Semarang

Informasi yang Direktori Wisata terima konon, pemerintah kolonial Belanda mendapat tanah Semarang diperoleh dari Kerajaan Mataram sebagai ucapan terimakasih atas bantuannya dalam penumpasan pemberontakan Trunojoyo. Setelah ratusan tahun bermukim di Semarang, ruang komunitas warga Belanda pun tercipta, bangunan berlanggam Indische pun banyak didirikan di daerah Semarang. Sehingga terciptalah rona “The little Nertherland” yang kini menyisakan tempat-tempat wisata yang asyik untuk dikunjungi dan ditelusuri. Membuat atmosfer yang membolak-balik lembaran usang buku sejarah yang mengisahkan masa lampau yang tiada akhir cerita.

Secara geografis suhu udara di Kota Semarang terbilang cukup panas, dan dari pengalaman Direktori Wisata mengunjungi kawasan wisata di sekitar Kota Semarang suhu di daerah ini berkisar 20 – 35 derajat dan pada puncak musim kemarau suhu di kawasan Kota Semarang dapat mencapai 35-39 derajat celcius. Untuk membuat perjalanan wisata kita nyaman di Kota Semarang di sarankan agar tidak menggunakan pakaian tebal atau yang menyerap panas.

Berikut merupakan tempat wisata Kota Semarang Jawa Tengah

Tempat Wisata Kota Semarang Tugu Muda
Obyek wisata Tugu Muda Semarang terletak di kawasan wisata pusat Kota Semarang. Bangunan yang merupakan sebuah ikon ibukota Provinsi Jawa Tengah. Di mana sebuah tunggu yang berbentuk lilin berdiri tegak di tengah persimpangan Jl. Sutomo, Jl. Pandanaran; Jl. Imam Bonjol dan Jl. Soegiyopranoto. Menurut informasi, tugu ini dibangun sebagai monumen untuk mengenang heroik perjuangan Semarang. Sedangkan untuk bentuk lilin pada tugu memiliki makna semangat yang tidak kunjung padam, dan pada kaki monumen terdapat sebuah relief yang menggambarkan kesengsaraan rakyat Indonesia pada masa perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan pada masa penjajahan. relief-relief tersebut melukiskan kisah pertempuran, penyerangan dan korban perang serta sebuah kisah yang menjadi kenangan. Dan kawasan ini menjadi salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi di Semarang.

Tempat Wisata Kota Semarang
lawang-sewu-semarang

Tempat Wisata Kota Semarang Lawang Sewu
Obyek wisata Semarang Lawang Sewu
merupakan sebuah bangunan Gedung tua yang megah dengan gaya arsitektur art deco, konon pada masa penjajahan Belanda gedung ini digunakan sebagai kantor Pusat Kereta Api (Trem) atau yang disebut dengan Nederlandsch Indische Spoorweg Maschappij (NIS). Terletak di Komplek Tugu Muda Semarang. Bangunan hasil karya seorang arsitek Belanda bernama Prof. Jacob F. Klinkhamer dan B.J. Queenag ini menurut catatan sejarah dibangun pada tanggal 1 Juli 1907. Masyarakat Semarang sering menyebutnya dengan bangunan Lawang Sewu, hal ini dikarenakan bangunan gedung tua tersebut memiliki banyak pintu. Dalam bahasa Jawa “Lawang” berarti pintu; sedangkan “sewu” yang berarti seribu. Sekarang gedung tua Lawang Sewu ini dijadikan salah obyek wisata sejarah di Kota Semarang, karena di dalam ornamen gedung dan koleksi yang dimilikinya tidak terlepas dari nilai histori sejarah berupa bangunan kuno yang antik dan unik. Dan tempat wisata Lawang Sewu Semarang merupakan salah satu destinasi yang banyak diminati oleh para wisatawan domestik maupun mancanegara untuk mengunjungi obyek wisata Lawang Sewu.

Tempat Wisata Kota Semarang Museum Mandala Bhakti
Obyek wisata Semarang Museum Mandala Bhakti  disebut juga sebagai Museum Perjuangan TNI ( Tentara Nasional Indonesia). Museum yang menympan berbagai koleksi tentang data, sejarah, dokumentasi dan senjata-senjata baik tradisonal maupun modern. Museum mandala Bakti terletak di jalan Soegiyopranoto No. 1 Semarang. Lokasiya tepat di Komplek Tugu Muda Semarang. Museum ini dibuka  pada setiap hari Selasa sampai Kamis jam 08.00 – 18.00 WIB; Jumat jam buka Museum ini pada jam  08.00-10.30 WIB; dan pada hari Minggu jam 08.00-12.00 WIB.Museum ini buka pada jam 08.00-12.00 WIB; sedangkan untuk hari Senin, Sabtu dan hari besar Museum Mandala Bhakti Semarang tidak buka.

museum-bhakti

Tempat Wisata Kota Semarang Kawasan Simpang Lima
Obyek wisata Semarang Kawasan Simpang Lima merupakan salah satu tempat yang menjadi ciri khas Kota Semarang. Tempat ini merupakan alun-alun yang berada di tengah-tengah persimpangan Jl. Pandanaran di sebelah barat, Jl. Ahmad Yani di sebelah Timur; Jl. Gajah Mada dan Jl. Pahlawan. sementara di sebelah timur laut ada Jl. KH Ahmad Dahlan. Kawasan ini juga merupakan pusat perbelanjaan, karena terdapat banyak mall, pertokoan dan tempat akomodasi serta tempat jajan wisata kuliner malam hari sepanjang lokasi ini. Simpang Lima Semarang juga menjadi tempat melangsungkan upacara resmi, pertunjukkan dan car free day pada setiap hari minggu.

simpang-lima-semarang

Tempat Wisata Kota Semarang Masjid Raya Baiturrahman
Obyek wisata relegi Semarang Masjid Raya Baiturrahman yang berlokasi di Jalan Pandanaran, Simpang Lima, Semarang Jawa Tengah. Sebelum dibangunnya Masjid Agung Jawa Tengah, masjid ini merupakan masjid terbesar di Semarang. Menurut informasi dari prasasti yang terdapat di lokasi Masjid, Masjid Raya Baiturrahman diresmikan pada tanggal 15 Desember 1974 oleh Presiden Suharto pada saat itu. Masjid ini memiliki menara yang cukup lumayan tinggi, berasitektur gaya jawa, dan memiliki kubah bagian dalam yang terbuat dari kayu. Di bawah masjid, tepatnya di bawah tangga masuk kita dapat menemukan beberapa ruko yang menjual pakaian muslim dan berbagai pernak-pernik lainnya. Sehangga sekarang masjid ini masih aktif digunakan sebagai tempat sarana ibadah dan kegiatan keagamaan yang berada di pusat Kota Semarang.

masjid-raya-baiturrahman-semarang

Tempat Wisata Kota Semarang Stasiun Tawang
Obyek wisata Semarang Stasiun Kereta Api Tawang  dibangun pada tanggal 16 Juni 1864, dengan Arsitek J.P De Bordesdan. Bangunan stasiun ini merupakan pengganti Stasiun Tambak Sari milik NIS yang pertama. Bangunan yang bercirikan dengan arsitektur Indische dengan bahan untuk elemen dinding yang bermotif dan berwarna, menjadikan bangunan ini sangat estetis.

https://direktori-wisata.com/wisata-di-stasiun-tawang-semarang/

Tempat Wisata Kota Semarang Gereja Blenduk
Obyek wisata Semarang Gereja Blenduk berlokasi di Jalan Letjen Suprapto No. 32 merupakan bangunan yang memiliki gaya arsitektur Phantheon yang didirikan pada tahun 1753, dan konon informasi yang Direktori Wisata terima bahwa bangunan gerje ini menjadi Gereja Pertama di Semarang dan telah mengalmai pemugaran pada tahun 1894 oleh arsitek Belanda bernama HPA de Wide dan Westmaass. Nama Gereja Blenduk karena bentuk kubahnya seperti irisan bola, sehingga orang mengatakan ‘mblenduk’. Bangunan Gereja Blenduk berbentuk segi delapan beraturan atau yang disebut dengan ‘hexagonal’ dengan keunikan interiornya. Gereja ini sebagai salah satu bangunan kuno di lingkungan Kota Lama yang banyak dikunjungi wisatawan dan sampai sekarang masih digunakan sebagai rumah ibadah.

gereja-blenduk

Baca juga : Wisata Alam di Goa Kreo Jawa Tengah

Tempat Wisata Kota Lama Semarang
Obyek wisata Semarang Kota Lama merupakan salah satu destinasi wisata yang memiliki bangunan-bangunan tua yang cukup lama, sehingga masyarakat Semarang sering menyebutnya dengan sebutan sebagai Kota Lama. obyak wisata yang terdapat di dalam area kawasan ini antara lain Gereja Blenduk, Stasiun Kereta Api Tawang, Gereja Geldangan, Nilmij, Taman Sri Gunting, Marba, Marabunta dan De spiegel. Dan kawasan wisata Kota Lama telah diverifikasi dan dijadikan kawasan cagar budaya.

kota tua semarang

Baca juga : Taman Mini Wisata Alam Puri Maerokoco Semarang

Tempat Wisata Kota Semarang Klenteng Sam Poo Kong
Obyek wisata Semarang Klenteng Sam Poo Kong dibanguan oleh orang Tiongkok yang bernama Sam Poo Tay Dijen dalam lawatannya ke Semarang. Klenteng ini memberikan inspirasi bagi berkembangnya berbagai legenda mengenai Kota Semarang. Bangunan Klenteng ini berlokasi di Jalan Simongan 129 Semarang, dibuka untuk umum setiap saat.

klenteng-sam-poo-kong

Tempat Wisata Kota Semarang yang tersebut diatas merupakan obyek wisata yang telah dikunjungi oleh Direktori Wisata pada waktu mengunjungi tempat wisata Jawa Tengah yang berada di Kota Semarang. Semoga dari pengalaman ini dapat menjadi sebuah refrensi alternatif peta tujuan wisata Semarang bagi para sahabat dan pembaca setia semuanya agar dapat dengan mudah mengetahui alamat tempat wisata Semarang.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :