Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jawa Tengah / Tempat Wisata Klaten Jawa Tengah

Tempat Wisata Klaten Jawa Tengah

Tempat Wisata Klaten Jawa Tengah

Direktori Wisata.-Kabupaten Klaten Jawa Tengah memiliki tempat wisata yang beragam. Pesona alam yang subur, indah dengan beragam situs bersejarah yang ada di Kabupaten Klaten membuat kawasan daerah ini memiliki destinasi wisata yang berpotensi untuk dikunjungi oleh para wisatawan domestik dan mancanegara.

tempat-wisata-klatenMengunjungi daerah Kabupaten Klaten Jawa Tengah kita akan disuguhkan dengan panorama alam yang subur, hijau nan indah. Karena daerah Kabupaten Klaten ini terletak di daerah tropis yang memiliki musim hujan dan musim kemarau silih berganti, serta di kelilingi oleh dataran tinggi alam pegunungan Seribu dan juga Gunung Merapi di bagian utara areal miring wilayah datar dan wilayah berbukit di bagian selatan.

Adapun tempat wisata Kabupaten Klaten Jawa Tengah yang masuk daftar obyek wisata dalam situs Direktori Wisata Indonesia adalah

Tempat Wisata Candi Prambanan

https://direktori-wisata.com/wisata-candi-prambanan/Obyek wisata Candi Prambanan termasuk sebagian dari kawasan destinasi wisata Kabupaten Klaten Jawa Tengah. Lokasi Candi Prambanan terletak di Jalan Raya Km.17 dari arah Yogyakarta. Obyek wisata yang merupakan sittus bersejarah peninggalan kebudayaan Hindu terbesar di Indonesia. Candi ini memiliki pesona keindahan tersendiri. Selain bentuk bangunan dan tata letaknya yang menakjubkan, Candi Prambanan juga menyimpan kisah sejarah dan legenda yang sangat menarik peminat para wisatawan domestik maupun mancanegara untuk hadir dilokasi Candi Prambanan.

Di tempat wisata Candi Prambanan ini kita dapat melihat dan mengikuti kisah cerita Ramayana dari dekat melalui ralief-relief yang terdapat pada pahatan dinding candi searah jarum jam pada dinding pagar  langkan Candi Siwa dan bersambung di Candi Brahma. Ada banyak kisah ceria yang bisa kita dapatkan di tempat wisata Candi Prambanan. Untuk informasi lebih jelas ( Baca : Wisata Candi Prambanan)

Tempat Wisata Candi Plaosan

Obyek wisata Candi Plaosan merupakan bagian bangunan dari candi yang memadukan dua buah gaya arsitektur campuran Budha dan Hindu. Lokasi Candi Plaosan terletak di Dukuh Bugisan 5 km dari Taman Wisata Candi Prambanan, dibangun pada abad IX Masehi oleh Rakai Pikasan yang dipersembahkan untuk permaisurinya yang bernama Pramudyawardani yang beragama Budha. Sedangkan untuk lokasi Candi Ploasan sendiri terdiri dari dua kelompok bangunan, yaitu Plaosan Lor dan Ploasan Kidul.

Tempat Wisata Candi Sewu

Obyek wisata Candi Sewu terletak di kawasan Candi Prambanan. Candi ini berdiri di atas candi induk, informasi yang kami terima ada 240 candi perwra dan 8 candi apit yang merupakan Candi Budha yang dibangun abad ke IX oleh keluarga Syailendra yang menganut ajaran Budha Mahayana, dan diperkirakan Candi tersebut merupakan Biara Para Biksu, karena di dalamnya terdapat banyak ruang kamar.

Tempat Wisata Mata Air Cokro

https://direktori-wisata.com/tempat-wisata-umbul-cokro-klaten/

Obyek wisata Mata Air Cokro atau dikenal dengan nama lain Umbul Cokro terletak di pinggir kali pusur yang berada di sebelah utara Kota Kabupaten Klaten dengan jarak 5 km. Lokasinya terletak di Desa Cokro, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Objek wisata Umbul Cokro ini memanfaatkan sumber air yang mampu menjawab keinginan para pengunjung yang akan menikmati kolam renang alam dengan segala bentuk permainanseperti Slider, Kolam Arus dan Waterboom. Untuk informasi jelasnya ( Baca : Tempat Wisata Umbul Cokro, Klaten )

[the_ad id=”13728″]

Tempat Wisata Alam Jombor Permai

Obyek wisata Alam Jombor Permai merupakan tempat wisata yang menarik, dengan suguhan warung-warung yang berada di atas perairan rawa yang mengapung, kita dapat memancing seharian dan dapat memasak langsung di lokasi wisata ini. Para pengunjung akan dimanjakan dengan manaiki rakit bambu yang ditarik secara manual dan gratis untuk menuju warung apung yang berada di tengah rawa. Selain itu kita dapat memesan menu berbagai masakan ikan air tawar yang masih segar dari hasil tangkapan di lokasi.

Tempat Wisata Ziarah Makam Sunan Tembayat atau KA. Pandanaran

Obyek wisata ziarah Makam Sunan Tembayat atau KA. Pandanaran terletak di area Bukit Jabalakat Desa Bajarban, Kecamatan Bayat. Tokoh ini dikenal sebai Bupati Semarang yang diangkat Sunan Kalijaa atas anam Walisongo untuk menyebarkan agama Islam. Dari catatan perjalanan sejarah hidupnya, beliau menempuh proses perjalanan yang panjang hingga rela melepaskan jabatan Bupati-nya hanya untuk memperdalam ilmu agama.

Tempat Wisata Ziarah Makam RNG. Ronggowarsito

makam-rangga-warsito-klatenObyek wisata ziarah Makam RnG. Ronggowarsito terletak di Desa Palar, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Beliau merupakan seorang pujangga yang memiliki nama besar dari Keraton Surakarta Hadiningrat yang memiliki reputasi sangat baik. Hingga saat ini karya yang tertulis dalam sebuah “seratKalaridha” masih cukup dikenal sebagai papeling. Tempat ziarah ini sudah cukup dikenal oleh para wisatawan yang berkunjung di tempat ini dari berbagai macam daerah.

Tempat Wisata Museum Gula Gondang Winangoen

Obyek wisata Museum Gula Gondang Winangoen merupakan sebuah kawasan destinasi wisata yang memadukan dua buah karakter obyek wisata yaitu antara wisata buatan dan wisata sejarah. Museum Gondang Winangoen atau yang dikenal dengan sebutan Museum Gula Jawa Tengah biduat dengan tujuan untuk mengkonersi berbagai catatan sejarah yang berkaitan dengan keberadaan pabrik gula. Pada obyek wisata ini kita akan diajak untuk melihat proses pembuatan gula dengan di kawasan obyek wisata dengan menggunakan lori pengangkut bahan baku pembuat gula, dan setalah itu kita akan dimanjakan dengan berbagai suguhan permainan air di lokasi wisata water park.

Tempat Wisata Alam Deles Indah

Obyek wisata alam Deles Indah terletak di lereng kaki Gunung Merapi sebelah timur yang berjarak +/- 25 km dari Kota Klaten. tepatnya berada di wilayah Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Obyek wisata ini memiliki ketinggian antara 800 m – 3,300 meter di atas permukaan laut. Di kawasan obyek wisata Deles kita dapat menyaksikan pemandangan puncak Gunung Merapi dengan jelas, pemandangan Kota Klaten yang dihiasi dengan cerobong Perusahaan Gula Gondang Baru dan Perusahaan Caper Baru dengan berselendangkan Rowo Jombor dengan jajaran Gunung kapur yang menambah eksotisme keindahan alamnya.

Tempat wisata Klaten Jawa Tengah tersebut di atas merupakan destinasi wisata dari sekian banyak tempat wisata yang bisa kita nikmati pada saat mengnjungi Kabupaten Klaten, Jawa Tengah untuk mengisi liburan. Dengan bentuk keragaman dan keindahan alamnya dari setiap fenomena yang terdapat di setiap obyek wisata, Kabupaten Klaten yang memiliki slogan sebagai salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yang selalu dapat memberikan sinar terang sebagai salah satu potensi daerah yang memiliki destinasi wisata yang bernilai tinggi.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

15 Comments

  1. Ngeri ngulas klatennya ๐Ÿ™‚ Jos kang

    • Ko ngeri sih Kang, itukan hasil perjalanan saya di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, itu saja ada beberapa obyek wisat ayang tidak saya masukan karena kepanjangan nantinya. Biar di postingan yang lainnya saja nanti lihatnya.

  2. yah klaten memang banyak tempat menarik sampai wisata religinya di tempat Sunan Tembayat. deles indah juga bisa di coba tuh mas. menarik juga pas enak buat melihat puncak merapi pagi hari sambil ditemani rokok dan segelas kopi. indah sekali……

    • Salah atu tempat wisata di daerah Kabupaten yang menarik, kita bisa mengunjungi obyek wisata ziarah dengan nama tokoh-tokoh besar nantinya di sana gan, banyak pembelajaran yang bisa di dapatkan bila kita mengunjngi kawasan obyek wsata tersebut. Makasih kunjungannya gan…

  3. waaaaw,,keren-keren semua ya sob…

    • Bila sempat liburan di Kabupaten Klaten, bisa mampir di salah satu obyek wisatanya gan…. ๐Ÿ˜€

  4. Desi Isna Hernayanti berkata:

    jadi pengen berenang liat suasanannya

    • Air kolamnya jernih ya Mba, ini di lokasi tempat wisata Klaten Jawa Tengah loh mba…. ๐Ÿ˜€

      • Desi Isna Hernayanti berkata:

        iya mas… saya dari Grobogan Jawa Tengah

  5. Obyek wisata Mata Air Cokro keren mas.. Sepertinya tempatnya sejuk ya mas

    • Tempat wisata mata air cokro di Klaten memang indah dan masih alami Mba. ๐Ÿ˜€

  6. Makasih infonya kang. Jumat saya jala2 ke arah sana. Tapi umbul ponggok belum ada infonya ya?

    • Tempat wisata Umbul Ponggok Klaten sudah pernah di bahas Mba, dan saya sudah memberikan jawaban di dalam komentar blognya mba yang mengarah ke postingan tersebut atau bisa di cari di website ini ko… ๐Ÿ˜€

  7. Banyak juga destinasi Klaten, Pak Indra. Asyik nih kalau jalan-jalan ke sini

    • Iya Mba, kalau ke Klaten sepertinya kita lebih asyik mengetahui tempat wisata destinasi klaten Jawa Tengah deh, biar lancar liburannya gitu….. ๐Ÿ˜€

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate ยป
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :