Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jawa Tengah / Semarang / 3 Tempat Wisata Kabupaten Semarang Ini Akan Memanjakan Liburanmu

3 Tempat Wisata Kabupaten Semarang Ini Akan Memanjakan Liburanmu

Catet Nih, 3 Destinasi Wisata Kabupaten Semarang Yang Ramai Dikunjungi

Direktori Wisata.- Tempat wisata sekitaran Kabupaten Semarang yang populer dan ramai di kunjungi oleh para wisatawan pada akhir minggu libur nasional di Jawa Tengah.

Kawasan Kabupaten Semarang  memiliki letak geografis yang dikelilingi oleh pegunungan dan sungai, diantaranya adalah Gunung Ungaran, Gunung Telomonyo, Gunung Merbabu, Pegunungan Sewakul, Pegunungan kalong, Pegunungan Pasokan, Pegunungan Ngabieng, Pegunungan Rong, Pegunungan Sedung, Pegunungan Pungkruk, Pegunungan Mengi, dan Gunung Tumpeng. Lokasinya terletak di daerah Provinsi Jawa Tengah.

tugu-muda-semarang

Dengan kontur dataran yang dikelilingi oleh perbukitan dan pegunungan inilah, pada saat Direktori Wisata mengnjungi tempat wisata di daerah Kabupaten Semarang banyak menemukan obyek wisata yang indah dan bernilai seni tinggi. Baik gaya arsitektur yang memuat nilai sejarah, kekayaan alam yang indah, serta tempat wisata dengan objek yang beragam.

Mengisi liburan di daerah sekitar Semarang, kita dapat mencoba megunjungi tempat wisata Semarang yang memiliki banyak oyek wisata yang indah di alam terbuka. Baik yang bersifat hiburan dan juga edukatif.

Lokasi tempat wisata yang berada di kawasan Kabupaten Semarang ini pun mudah dijangkau. Banyak alat transportasi yang mudah mengakses perjalanan kita menuju ke lokasi. Baik dengan transportasi umum ataupun kendaraan pribadi. Jalur masuk menuju ke lokasi pun tidak terlalu sulit, karena jalan-jalan yang mengarah ke lokasi rata-rata sudah bagus, hanya tinggal medannya saja yang agak sedikit berbeda.

Berikut merupakan 3 tempat wisata  yang berada di Kabupaten Semarang Yang Akan Memanjakan Liburanmu di Jawa Tengah

Tempat Wisata Candi Gedongsongo Kabupaten Semarang

Candi Gedong songo terletak di kaki Gunung Ungaran tepatnya berada di Desa Candi Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semrang, Jawa Tengah. Jarak tempat wisata Gedong Candisongo dari kota Ambarawa berjarak +/- 9 km, sedangkan bila dari Kota Ungaran sendiri berjarak +/- 12 km. Dan jarak tempuh perjalanan kami dari tempat wisata Kota Semarang berjarak +/- 30 km.

Wisata Candi Gedong Songo Bandungan Jawa Tengah

Konon menurut informasi yang kami terima di lokasi, Candi Gedongsongo ditemukan oleh Raffles pada tahun 2806. Dan candi ini termasuk salah satu peninggalan budaya Hindu dari Zaman Wangsa Sanjaya pada abad ke IX atau yang bila dihitung dengan tahun Masehi diperkirakan pada tahun 927 M.

Candi Gedongsongo ini juga merupakan tempat wisata alam di Kabupaten Semarang yang memiliki hawa sejuk dengan pemandangan alamnya yang indah, dilengkapi dengan tempat pemandian air panas, area perkemehan, dan tempat wisata berkuda.

Cara menuju kawasan wisata Candi Gedung Songo Kabupaten Semarang, kita bisa menggunakan kendaraan bus umum maupun yang menuju daerah Bandungan, Jawa Tengah. Atau bila kit amenggunakan kendaraan pribadi mobil atau motor bisa mengikuti arah jalan pada peta di bawah ini dari tempat asal pemberangkatan.

Tempat Wisata Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa terletak di pusat Kota Ambarawa, lokasi berada di Jalan Stasiun No. 1 Ambarawa,Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Posisinya dekat dengan jalan utama Semarang-Jogjakarta. Jarak Museum ini sekitar +/- 20 km dari Kota Ungaran.

Museum Kereta Api Ambarawa Semarang

Dari informasi yang Direktori Wisata terima di lokasi, pendirian Stasiun Ambarawa ini berawal dari keinginan Raja Wiliam I untuk membangun sebuah stasiun kereta appi yang digunakan untuk mempermudah pengangkutan pasukan pada jaman tersebut.

Konon informasi yang Direktori Wisata terima, dulunya aktifitas stasiun ini hanya sampai pada tahun 1976, dan pada tahun tersebut stasiun kereta api ditutup, sehingga menyebabkan jalur perjalanan kereta api Semarang – Magelang – Yogyakarta menjadi mati.

Lanjut informasi, pada tahun 1976, Gubernur Jawa Tengah yang pada saat itu djabat oleh Bapak Soepardjo Rustam, menjadikan Stasiun Kereta Api Ambarawa menjadi Museum Kereta Api.

Meski terlihat kuno, bangunan gedung stasiun kereta api ini, segala detil perlengkapannya hingga kini masih terawat dengan baik, dan menjadi tempat wisata rekreasi hiburan bagi wisatawan yang datang ke objek wisata Museum Kerata Api Ambarawa.

Di tempat destinasi wisata Kabupaten Semarang ini, sahabat bisa menghabiskan waktu liburan bersama keluarga sambil mengenal sejarah sejarah perkereta apian Indonesia sambil mengabadikan foto-foto cantik yang sering di jadikan spot foto oleh para travel photography Indonesia.

Cara menuju Museum Kereta Api Ambarawa Kabupaten Semarang tidaklah terlalu sulit. Kita bisa menggunakna transportasi umum yang banyak melintas melalui kawasan daerah tersebut. Bagi kita yang menggunakan kendaraan transportasi pribadi motor atau pun mobil, bisa mengikuti arah jalan yang akan mengantarakan kita sampai di lokasi Museum Kereta Api Ambarawa.

Tempat Wisata Alam Umbul Sidomukti Kabupaten Semarang

Kawasan wisata alam Umbul Sidomukti berlokasi di desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Umbul Sidomukti merupakan salah satu tempat wisata alam pegunungan yang didukung dengan sarana dan fasilitas Outbound Training, Adrenalin Games, Pondok Wisata, Pondok Lesehan, serta Meeting Room, lintasan flying fox dengan dua pilihan track, marine bridge di lembah, rapeling menuruni lembah sisi kolam dan ATV, kolam renang alami dan jalur trekking.

Umbul Sidomukti Ungaran

Selain memiliki wahana permainan dan hiburan dengan sajian pemandangan alam pegunungan yang eksotis, obyek wisata yang satu ini dikenal dengan kolam renang yang disajikan dengan bentuk unik dan alami. Kita bisa main di atas kolam renang yang berada di atas ketinggian puncak bukit dengan pemandangan alam yang indah.

Tempat wisata yang memiliki taman rekreasi di alam terbuka ini, menjadi sarana wahana permainan dan liburan yang banyak diminati oleh wisatawan, baik lokal maupun mancangera. Konon kawasan yang dekat dengan Kota Semarang ini menjadi destinasi liburan yang ramai dikunjungi saat libur akhir pekan dan libur nasional.

Baca juga : 10 Destinasi Wisata Jawa Tengah Yang menarik Dikunjungi Saat Liburan

Cara menuju lokasi Umbul Sidomukti Kabupaten Semarang tidak terlalu sulit. Kita bisa menggunakan bus transporatsi umum dari Kota Semarang atau dari kawasan daerah lain yang menuju kawasan Bandungan Jawa Tengah. Bila kita menggunakan kendaraan mobil atau motor, kita bisa mengikuti jalur akses melalui peta di bawah ini.

Tempat wisata Kabupaten Semarang yang dapat memanjakan diri pada saat liburan di atas merupakan beberapa contoh obyek wisata yang bisa kita datangi pada saat liburan. Dan objek-objek wisata tersebut rata-rata berada di daerah pegunungan dan perbukitan yang memiliki pesona wisata alam yang indah yang dapat memanjakan kita. Happy traveling.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

13 Comments

  1. Wah keliling Jateng, jangan lupa kota lama sama sam po kong, kang 😀

  2. Tempat wisata itu belum ada yang pernah aku kunjungi. Aku orang jawa tengah yang ketinggalan cerita nih.

  3. Candi Gedongsongo, sering mendengarnya. Tapi belum pernah kesana. Maklum blogger katrok 🙂

  4. Itu gambar tugu simpang lima kah ? Dulu pernah kesana ,tapi tahun 1995.

  5. Pengen jalan kesana,, ntar kalo sudah punya uang sendiri

  6. museum kereta api Ambarawa itu yang ada kereta wisatanya bukan, sih? Denger-denger udah gak bisa, ya kecuali kalau dicarter rombongan

  7. mudah-mudahan mudik lebaran di Semarang nanti saya bisa liburan juga

  8. kayaknya asik nih mas, mampir habis lebaran saja, pas arus balik mudik, mudah2an…

  9. bisa jadi referensi semua ini kang, kalau paling sering nongol ya lawang sewu ya kang. jalan jalan misterius di bulan ramadhan

  10. Kalo ke Semarang, paling banter ke Gedongsongo atau Ambarawa. Semarang kotanya rada males sama ribetnya lalu lintas.

    Padahal Ambarawa juga macet kalo lewat kotanya, hehe

    • Memang kalau kedua obyek itu tepat nya adem banget kang, dan tempatnya enak.Kalau di Ambarawa macetnya sama truk dan tikungan yang dipadati kendaraan Kang. 😀

  11. saya malah belum pernah lagi ke Semarang Kang, sekarang kalo mudik lewat Jalur Selatan sih hehehe…

  12. wah bagus nie buat liburan nanti habis lebaran bisa jalan-jalan ma keluarga

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :