Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / 7 Tempat Wisata Yang Menarik Dikunjungi di Jepara, Jawa Tengah

7 Tempat Wisata Yang Menarik Dikunjungi di Jepara, Jawa Tengah

Jelajah di 7 Tempat Wisata Jepara Yang Unik dan Eksotis

Dirrektori Wisata – Tempat wisata di Kabupaten Jepara memiliki pesona wisata alam, pantai, budaya, tradisi dan kearifan lokal masyarakatnya yang unik dan menarik untuk ditelusuri.

Menelusuri kawasan setiap daerah Indonesia memang memiliki kisah dan catatan perjalanan tersendiri yang menarik untuk kita kulik dan nikmati dari setiap kisahnya. Hal ini tidak terlepas dari sebuah kawasan yang menarik untuk dikunjungi di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah yang menyimpan beragam destinasi liburan yang populer dan dikenal banyak wisatawan baik lokal maupan mancanegara.

Tentu hal ini akan membuat sahabat dan para pembaca setia Direktori Wisata indonesia tidak bersabar untuk mengetahui tempat wisata di jepara yang mana saja menjadi pilihan dari kami untuk bisa masuk dalam daftar refrensi destinasi liburan yang menarik dikunjungi di kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Berikut merupakan tempat wisata Jepara yang menarik dikunjungi dan menjadi daya tarik wisatawan domestik maupun mancanegera untuk menghabiskan waktu liburan akhir minggu dan libur nasional menurut versi Direktori Wisata Indonesia.

Tempat Wisata Jepara:: Museum Kartini

Objek wisata Museum kartini merupakan salah satu tempat wisata di Jepara yang memiliki koleksi benda-benda bersejarah peninggalan kaka kandung dari RA. Kartini serta benda warisn budaya lainnya. Lokasi Museum Kartini teretak di alun-alun utara Kota Jepara. Museum ini buka setiap hari dari pukul 08.00 – 16.00.

Museum Kartini Jepara

Konon informasi yang Direktori Wisata Indonesia terima di lokasi, Museum Kartini di jepara ini dibangun pada tahun 1975, dan seringkali menjadi salah satu destinasi wisata di Jepara yang dikenal dan populer di kalangan masyarakat Jepara. Tidaklah heran bangunan museum ini sering dikunjungi oleh banyak wisatawan baik lokal maupun luar daerah Jepara.

Di dalam objek wisata Museum di Jepara ini, kita akan menemukan sebuah keterangan silsilah tentang RA. Kartinai yang terurai secara jelas dan lengkap yang dilengkapi foto-foto Kartini kecil hingga beranjak dewasa yang di pajang di dalam ruang pamer museum ini. Di dalam area ini kita dapat mengenal dan mengetahui dengan jelas bahwa sosok Kartini sebenarnya tidak pernah membatasi diri dengan siapapun, meski beliau seorang anak bupati pada masa tersebut.

Disisi lain ruangan museum Kartini, kita juga bisa menemukan surat-suarat yang dituliskan oleh beliau kepada para rekan dan sahabatnya di Belanda tersimpan sebagai bukti luasnya pergaulan Kartini yang kelak isi-isi surat tersebut menjadi buku berjudul “Habis Gelap Terbitlah Terang”.

Bila kita menelisik ruangan di tempat lainnya kita juga akan menemukan barang kesayanan miliki Kartini seperti sebuah pajangan ukiran macan burung yang menjadi simbol perlawanannya terhadap pembatasan hak wanita pada era itu. Dengan memperjuangkan emansipasi wanita sekalgus sebagai tkoh inspiratif wanita Indonesia di masanya yang terus bersemayam di hati para pecintanya di negeri ini. Tidaklah heran kini nama Kartini selalu harum namanya dan diperingati oleh seluruh bangsa Indonesia setiap tahunnya pada tanggal 21 April.

Bukan hanya catatan perjalanan sejarah RA. kartini yang bisa kita dapatkan di museum ini bahkan koleksi benda-benda sejarah lainnya yang terbuat dari keramik hingga alat kesenia tradisonal khas Kabupaten Jepara pun bisa kita tempaukan di tempat wisata heritage jepara yang banyak dikunjungi oleh para wisata pelajar dan anak-anak muda yang satu ini.

Untuk mempermudah kita mengunjungi Museum Kartini di Jepara, kita bisa mengikuti jalur akses yang terdapat dalam peta di bawah ini.

Tempat Wisata Jepara;; Pantai Kartini

Pantai Kartini termasuk salah satu kawasan wisata pantai di Kota Jepara, Jawa Tengah. dan menjadi obyek wisata favorit keluarga yang telah dilengkapi dengan fasilitas mainan anak, permainan perahu, dan perahuwisata ke pulau Panjang, dan tempat wisata belanja souvenir. Letak pantaitaninya +/- 2,5 km kearah barat dari Kota Jepara. Lokasinya berada di Desa Bulu Jl. Ade Irma Suryani. Pantai yang terletak di area yang strategis ini juga merupakan salah satu jalur transportasi menuju Kepulauan Karimunjawa.

Pantai Kartini Jepara

Melalui Pantai Kartini Jepara kita juga dapat menyeberang dengan menggunakan perahu ke Pulau Panjang untuk berkeliling hutan bakau, trekking sambil menikmati hamparan pasir putih pantai yang indah yang terletak tidak jauh dari Pantai Kartini.

Objek wisata Pantai Kartini sendiri merupakan sebuah pantai dengan karakter ombak sedang dengan pasir pantai berwarna putih. Di sisis bibir pantai Kartini, terdapat beberapa gazebo yang di buat menjorok ke arah laut. Antara gazebo satu dengan yang lain di hubungkan dengan jembatan semi permanen yang bisa menjadi lintasan jembatan mesra yang bisa dirasakan oleh para pengunjungnya. Apalagi bagi para sahabat Direktori Wisata yang akan bertandang ke pantai ini bersama orang tersayang, tentunya jembatan ini akan memberikan kesan tersendiri bagi kalian untuk menikmati nuansa santai di tepi pantai salah satu destinasi wisata Jawa Tengah yang eksotis dengan si dia.

O ya, hampir lupa nih sahabat, sedikit bocoran untuk kalian salah satu yang paling indah dari Pantai Kartini adalah sunset nya. Di sore hari di pantai ii kita bisa melihat dan mengabadikan sunset cantik di pantai ini dari gazebo-gazebo.

Konon informasi yang Direktori Wisata terima di lokasi dari petugas yang ada di tempat tersebut, biasanya sunset paling indah di pantai Kartini adalah di bulan antara Juli sampai September. Atau musim peralihan dari musim hujan ke musim kemarau.Dicatat ya teman….. jangan sampai lupa. he,, he, he,

Untuk menuju objek wisata Jepara yang ada di Pantai Kartini kita bisa mengikuti arah akses jalan menuju ke lokasi Pantai Kartini yang terdapat di dalam peta di bawah ini.

Tempat WIsata Jepara:: Kura-Kura Ocean Park

Objek wisata Kura-lura Ocean Park terletak di Komplek obyek wisata Pantai Kartini Jepara. Obyek wisata pantai ini merupakan wahana wisata keluarga, dan bangunannya terdiri 2 lantai yang difungsikan sebagai taman laut di lantai bawahnya, dan sarana pendukung lainnya.

Kura Kura Ocean Park Jepara

Untuk lantai bagian bawah yang dijadikan sarana taman laut terdiri dari akurium besar (main aquarium) yang berisi dari ikan-ikan besar yang berjenis ikan hiu, penyu sisik, pari, kakap, Kerapa, Jehana, Triger dan jenais ikan lainnya.

Namun, di dalam area Kura-Kura Ocean Park ini pun terdapat satu kolam akuarium air tawar yang berisi kura-kura jinak yang dapat dipegang oleh pengunjung. Untuk mengunjungi temapt wisata Jepara Kura-Kura Ocean Park dapat mengikuti jalur akses yang terdapat di dalam peta di bawah ini.

Tempat Wiata Jepara:: Pantai Bandengan

Obyek wisata Pantai Bandengan Jepara yng dikenal dengan sebutan lain Pantai Tirta Samudra merupakan panai berpasir putih yang terletak di Desa Bandungan yang berjarak +/- 5 km dari pusat Kota Jepara.

Pantau Bandengan Jepara

Menurut catatan sejarah yang Direktori Wisata dapatakan, pantai ini merupakan pantai yang menjadi kenangan manis RA. Kartini semasa kecilnya. Dan sekarang pantai ini telah dilengkapi dengan failitas resort dan aneka permainan seperti ATV, banana boat, kano, perahu wisata dan lainnya. Untuk jam operaionalnya dari pukul 07.00 WIB – 17.00 WIB.

Untuk menuju tempat wisata Jepara Pantai Bandengan, kita dapat mengikuti jalur akses yang terdapat di dalam peta di bawah ini.

Tempat Wisata Jepara:: Benteng Portugis

Objek wisata Benteng Portugis terletak di Desa Ujung Watu, Kecamatan Donorejo. Lokasinya berjarak +/- 45 km arah timur laut dari pusat Kota Jepara, Jawa Tengah.

Benteng Portugis Jepara

Benteng ini dibangun diatas bukit batu di pinggir laut. Tepat di depan Benteng Portugis ini kita dapat menyaksikan Pulau Mandalika sambil menikmati pemandangan disekarannya yang berupa hamparan sawah perbukitan dan rimbunnya tanaman.

Konon informasi yang Direktori Wisata dapatkan dari pemandu wisata di Jepara, Objek wisata Benteng Portugis ini merupakan tempat wisata andalan bagi masyarakat Jepara yang memuat catatan bersejarah peninggalan masa penjajahan. Bangunan bersejarah ini terlihat hanya tampak seperti reruntuhan tembok yang bentuknya persegi empat.

Bangunan Benteng Portugis ini dibangun diatas bukit batu, tepatnya di seberang selatan dari Pulau Mandalika. Didalamnya hanyalah lahan kosong, banyak ditumbuhi pohon. Pohon ini dibiarkan tumbuh untuk menjadi tempat berteduh.

Untuk sisi bagian sebelah timur bangunan dan juga bagian sebelah utara Benteng Portugis Jepara juga terdapat replika meriam. Letak meriam tersebut tepat berbatasan dengan laut lepas. Konon bangunan ini sudah ada sejak masa penjajahan Belanda sampai saat ini.

Lanjut keterangan……
Setelah resmi dijadikan sebagai tempat wisata heritage di Jepara, tempat ini selalu ramai didatangi oleh para wisatawan. Dengan berkunjung ke tempat ini maka Anda dapat melihat langsung saksi serta bukti penjajahan Belanda dan juga Jepang.

Bangunan bersejarah ini hanya berjarak sekitar 45 km saja dari pusat Kota Jepara. Namun untuk sampai ke tempat ini Anda harus menggunakan kendaraan pribadi. Pasalnya tidak ada angkutan umum yang menuju tempat wisata ini.

Bagi sahabat Direktori Wisata yang akan mengunjungi tempat wisata bersejarah, tempat ini wajib untuk dikunjungi. Tempat wisata Benteng Portugis yang merupakan peninggalan sejarah di Jepara ini merupakan tempat wisata heritage yang menarik untuk dijadikan destinasi liburan di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Objek wisata Jepara di Benteng Portugis ini buka setiap hari pukul 07.00 WIB – 17.00 WIB. Untuk menuju tempat wisata Jepara Benteng Portugis kita dapat melalui jalur akses jalan seperti yamg terdapat di dalam peta di bawah ini.

Tempat Wisata Jepara:: Kepulauan Karimunjawa

Objek wisata Kepulauan Karimunjawa merupakan salah satu kawasan wisata unggulan ditinggat regional maupun internasional. Selain menjadi tempat wisata Jepara yang menarik di kunjugi kawasan Pulau Karimunjawa juga termasuk salah satu Taman Nasional yang dilindungi.

karimunjawa

Objek wisata Karimunjawa dikenal memiliki keindahan alam bawah laut yang masih alami dan sanagt menakjubkan, dengan aneka trumbu karang, biota laut dan ikan kerang beraneka warna. dan hamparan pasir putih di setiap pulaunya.

Konon area lokasi di kawasan wisata Kepulauan Karimunjawa ini memiliki 27 pulau yang dapat memanjakan waktu liburan kita. Untuk menuju ke tempat wisata Jepara Kepulauan Karimunjawa salah satunya adalah dari Pantai Kartini Jepara dengan menggunakan kapal wisata menuju ke Karimunjawa seperti yang terlihat pada peta di bawah ini.

Tempat Wisata Jepara:: Masjid Mantingan

Obyek wisata Masjid dan makam Mantingan Jepara ini terletak +/- 5 km arah seltan dari pusat Kota Jepara, Jawa Tengah. Tepatnya di desa Mantingan Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara. Konon menurut informasi yang Direktori Wisata dapatkan, masjid ini didirikan oleh Pangeran Hadirin suami dari Ratu Kalimayat, dan menjadi aktivitas penyeberan agama Islam di pesisir utara pulau Jawa.

Masjid Mantingan Jepara

Konon informasi yang Direktori Wisata terima di lokasi, bangunan masjid ini dibangun pada tahun 1481 Saka atau tahun 1559 Masehi berdasarkan petunjuk dari condo sengkolo yang terukir pada sebuah  mihrab Masjid dan merupakan masjid kedua setelah Masjid Agung Demak. Untuk menuju tempat wisata Jepara Masjid Mantingan, kita dapat mengikuti jalur akses jalan yang terdapat di dalam peta di bawah ini.

Puas berkeliling dan menjelajah tempat wisata di Jepara yang menarik dikunjungi kita juga bisa mengenal lebih dekat seni dan budaya masyarakat Kabupaten jepara. Karena kawasan ini bukan hanya dikenal sebaah pusat kerajinanan yang hanya memimiliki ciri khas dari pahatan-pahatan Jati yang indah dan berkelas, namun daerah ini juga menyimpan keindahan serta keunikan seni budayanya seperti ;

  • Tari Tayub yang merupakan salah satu kesenian jawa yang mengandung unsur keindahan dan keserasian gerak;
  • Tari Kridadjati yang merupakan tarian tradisional yang menggambarkan masyarakat Jepara dalam berkarya seni ukir yang ditampilkan dalam bentuk cerminan ungkapan jiwa yang estesis, penuh dinamika dan gembira serta penuh semangat dalam berkarya. Biasaanya tarian ini dipersembahakan pada saat hari jadi Kota Jepara.

Baca juga : 9 Tempat Wisata Kota Semarang Yang Menarik Dikunjungi di Jawa Tengah

Selain kesenian tradisional yang unik dan menarik yang dimiliki Kabupten Jepara Jawa Tengah, daerah ini juga memiliki tempat wisata kuliner tradisional Japara yang menghidangkan makanan khas yang patut dicoba seperti ;

  • Kuliner Adon-adon Coro yang merupakan minumantradisional dengan bahan dasar pembuatan yang alami dari jahe, gula merah, santan, potingan kelapa muda yang dibakar yang dicampur dengan rempah-rempah. Kuliner ini mudah didapat di daerah Jepara seperti di shoping centre Jepara.
  • Kuliner Es Dawet / Cendol yang merupakan kuliner minuman tradisional. bahan minuman daet ini terbuat dari bahan dasar tepung sagu atau tepung aren dan gula merah yang dicampur santan kepala. Mudah didapat di daerah Jepara seperti pasar tradisional dan shopping center Jepara.
  • Kuliner Rhondo Royal yaitu makanan yang terbuat dari tape yang dibungkus adonan tepung terigu yang ditambah gula dan garam kemudian digoreng.
  • Kuliner Klenyem, makanan ini terbuat dari bahan dasar singkong yang diparut dan diperas kemudian diisi gula merah.
  • Kuliner Horok-horok yaitu makanan yang terbuat dari tepung sagu  yang kukus  kemudian dituang dalam tempayan dan diaduk dengan sisir sehingga walaupun kenyal dan liat namun bentuknya menjadi butir-butiran kecil.

Tempat wisata Jepara yang tersebut diatas merupakan bagian kecil dari banyaknya objek wisata yang terdapat di daerah sekitaran Kabupaten Jepara yang bisa kita kunjungi. Dengan beragam postensi destinasi wisata alam, buadaya dan tradisi serta kearifan masyarakat Jepara yang unik dan universal, akan menjadikan liburan kita di lebih berkesan dan memiliki nilai lebih bila kita berkunjung ke daerah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

3 Comments

  1. nama kulinernya terasa asing di teling asaya pak

    • Nanti kalau main ke Jepara bisa dicoba Mba, biar langsung merasakan kuliner khas dari Jepara. 😀

  2. Kalo untuk Rondho ROyal saya pernah maem kang, nah itu saya malah baru denger nama kuliner nya Adon-adon coro 😀

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :