Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jawa Barat / Bandung / Tempat Tempat Wisata Halal Muslim di Bandung

Tempat Tempat Wisata Halal Muslim di Bandung

Info Tempat Wisata Muslim Halal di Bandung, Jawa Barat

Direktori Wisata – Info tempat wisata halal muslim di Bandung yang menyajikan aneka kuliner dan penginapan dengan pemandangan alam yang indah.

Bandung tidak hanya menawarkan destinasi wisata dan kelezatan kulinernya, bahkan Bandung kawasan ini juga ternyata memiliki tempat yang yang indah untuk bermuhasabah serta mendekatkan diri kepada Sang Ilahi, Baik dengan sajian tempat destinaisi wisata alamnya,wisata belanja, wisata kuliner serta kawasan penginapan di Bandung.

Tempat Wisata Halal Di Bandung

Bahkan Bandung yang kerap di sapa dengan kota Paris Van Java ini dikenal sebagai kawasan salah satu destinasi wisata favorit halal di Indonesia yang menyediakan tempat wisata muslim yang asyik untuk dikunjungi saat liburan. Berada diketinggian 760 meter dari atas permukaan laut, Bandung memiliki banyak pilihan tempat wisata halal.

Bandung bukan hanya menjadi sebuah tempat wisata halal favorit yang banyak dikunjungi wisatawan lokal, bahkan wisatawan mancanegarapun seperti Malaysia dan Brunei Darussalam yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Dan hal tersebut membuat Bandung terus berkembang dan berinovasi menyediakan tempat-tempat wisata muslim berkonsep halal untuk para tamunya.

Berikut destinasi wisata halal di Bandung yang menyajikan tempat wisata religi yang dapat menyatukan diri kita dengan alam sambil bermusahabah mendekatkan diri kepada Alloh SWT,

Tempat Wisata Muslim di Bandung

Masjid Al-Irsyad yang berada di Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Bandung, Jawa Barat.

Sepintas bangunan Masjid Al Irsyad bentuknya sederhana dan memiliki desain arsitektur yang elegan namun kaya akan makna. Bentuk bangunan sangat berbeda dengan bentuk gaya bangunan arsitektur yang tidak memiliki kubah seperti masjid pada umumnya yang ada di Indonesia.

Pada sisi area masjid, kita dapat menemukan sebuah menara masjid yang tingginya 24 meter. Menara tersebut menjadi salah satu tanda bahwa bangunan tesebut adalah masjid. Hal ini dikarenakan masjid tersebut terinspirasi dari bentuk kabah yaitu kubus. Inspirasi tersebut muncul dari seorang arsitek Bandung Ridwan Kamil yang kini menjabat sebagai Walikota Bandung.

Dari informasi yang Direktori Wisata Indoensia terima, masjid Al-Irsyad ini dibangun pada tahun 2009 yang bertepatan dengan Nuzulul Qur’an dan diresmikan pada tanggal 27 Agustus 2010. Selain bentuk bangunan masjidnya yang unik, di lokasi ini kita bisa juga mendapatkan sisi keunikan lainnya. Baik desain eksterior maupun interior masjid.

Masjid Al Irsyad Kota Baru Padalarang Bandung

Jika kita lihat bangunan masjid dari luar, dinding masjid disusun dari batu bata yang berbentuk lubang diantara batu solid. Dan jika diperhatikan dengan teliti batu teresebut bertuliskan lafal kalimat Syahadat bertuliskan huruf kaligrafi dengan rapih. Tidak hanya berfungsi sebagai sirkulasi udara, celah-celah dinding masjid menjadi menjadi jalan masuknya sinar matahari yang dapat merangi area dalam masjid tanpa menyalakan lampu.

Lanjut informasi….
Memasuki dalam area masjid, maka kita dapat menyaksikan bahwa bangunan masjid tidak memiliki tiang di tengah, sehingga membuat pemandangan area dalam masjid terlihat begitu luas. Hanya terdapat empat sisi dinding yang menjadi pembatas sekaligus penopang bangunan masjid. Sedangkan untuk warna dominan di masjid, hanya dihiasi dengan warna putih, hitam dan abu-abu. Kombinasi ketiga warna masjdi ini terlihat cantik dan modern.

Area Dalam Masjid Al Irsyad Bandung

Selan itu, di dalam are masjid terpasang 99 pasang lampu sebagai simbol 99 nama ALLOH SWT atau Asmaul Husna. Dan pada setiap lampu tersebut terlihat nama-nama ALLOH SWT. Di sisi lain area dalam masjid, setiap sisinya dikelilingi bau-batu putih yang tertata rapih. Konon, batu-batu tersebut berfungsi untuk mempercantik masjid dan sebagai penampis air hujan yang masuk dari dinding masjid.

Dan yang menarik perhatian para jamaah masjid yang berkunjung ke tempat wisata halal di Bandung ini adalah pada mimbar masjid yang dirancang terbuka langsung menghadap pemandangan alam yang indah. Dan untuk mihrab untuk khotibnya di disain di atas kolam ikan. Konsep keterbukaan ini juga memberikan penerangan alami bagi ruang dalam masjid.

Ruang Mihrab Masjid Al Irsyad Bandung

Suara gremecik air kolam memberikan suasana teduh yang dapat menambah ketenangan saat beribadah. Sedangkan pada kolam, dipasang bola besar yang terbuat dari besi yang bertuliskan lafal ALLOH bertuliskan kaligrafi yang berbentuk tiga dimensi. Sedangkan untuk air di dalam kolam yang berada di depan mihrab, juga dapat memantulkan sinar dalam ruang area di dalam masjid.

Baca jug : Tempat Wisata Lembang Bandung

Tidak hanya difungsikan sebagai tempat beribadah, masjid yang dapat menampung sekitar 1.500 jemaah ini sering kali menyelenggarakan berbagai kegiatan keagamaan, seperti pengajian-pengajian yang sering diisi dengan berbagai majelis taklim dan juga kegiata sosial keagamaan lainnya.

Baca juga : Wisata di Alun-Alun Bandung

Selain sebagai magnet untuk para jemaah dalam negeri untuk beribadah dan mengaji, hampir setiap bulannya masjid ini menjadi obyek kunjungan wisatawan mancanegara.

Baca juga : Wisata Alam di Bandung Yang Menarik Dikunjungi

Suasana sejuk dan tenang dengan bentuk bangunan arsitektur bangunan masjid unik dengan pamandangan alam yang terbuka menuju arah kiblat, manjadikan masjid ini menjadi tempat wisata muslim yang menjadi destinasi wisata halal di Bandung yang menjadi salah satu daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara untuk datang dan singah di tempat ini.

Puas jalan-jalan di tempat wisata muslim di Bandung di kawasan Padalarang, Bandung, Jawa Barat. Kita dapat melanjutkan perjalanan untuk destinasi permainan air dan berseluncur di dalam kolam renang.

Lanjut info tempat wisata halal di Bandung lainnya……..

Tempat Wisata Kolam Renang Muslim di Bandung

Renang bukan hanya dapat menjadi kegiatan yang hanya sekedar olahraga dan rekreasi yang menyenangkan. Bahkan berenang juga banyak memiliki manfaat bagi tubuh seperti mengencangkan otot, membakar kalori serta meningkatkan fungsi jantung dan paru-paru yang juga dapat melatih pernafasan.

Seiring berjalanannya waktu berenang menjadi hobi dan olah raga favorit dari banyak kalangan tanpa kecuali kaum hawa. Bagi para kaum muslimah terkadang berenang bisa menjadi sebuah kendala, karena aurat yang tidak boleh terlihat oleh lawan jenis yang bukan muhrimnya.

Sadar akan hal tersebut beberapa pengelola kolam renang kini menerapkan hari khusus wanita yang salah satunya bisa sahabat Direktori Wisata Indonesia sambangi di Panghegar Water Boom Bandung yang memiliki hari khusu wanita  yang dibuka setiap hari Jum’at dari jam 08.00 hingga 15.00 WIB. Lokasinya berada Jl. Mengger Tengah No.37, Mengger, Bandung Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat.

Di dalam area ini juga terdapat sebuah masholah yang nyaman lengkap dengan mukena serta sejadahnya yang telah disiapkan oleh para pengelola, sehingga pengunjung yang datang dapat beribadah dengan tenang dan juga khusyuk.

Pada hari yang di khususkan bagi kaum wanita, maka di kolam renang ini pun tidak diperkenankan kaum lelaki untuk dapat masuk ke dalam area. Bahkan pintu penjagaannya pun tertutup rapat. Dan para tamu yang berkunjung ke sini pun tidak perlu khawatir, karena lifeguard yang bertugaspun adalah dari kaum perempuan.

Lanjut tempat wisata halal di Bandung lainnya….

Tempat Wisata Belanja Kuliner Halal di Bandung

Selain memiliki tempat wisata muslim dengan pemangan alam yang indah, Bandung juga memiliki keaneka ragaman sajian bentuk makanan yang disajian sebagai destinasi wisata kuliner yang halal. Karena mayoritas penduduk di Bandung merupakan penduduk muslim, maka hampir rata-rata sajian kuliner yang dijual di Bandung merupakan makanan yang halal.

Berwisata di kota kembang Bandung rasanya belum lengkap bila kita tidak mencicipi kulinernya. Salah satu tempat wisata kuliner halal di Bandung yang telah memiliki sertifikat halal dari MUI (Majelis Ulama Indonesia) sahabat Direktori Wisata  Indonesia dapat mengunjungi sebuah toko roti di daerah Pasteur Bandung.

Sebagai umat Muslim tentunya kita lebih tenang menikmati makanan-makanan yang lebih halal bukan ? kita bisa mencobanya di salah satu tempat wisata kuliner halal di Bandung di Kampoeng Bakery Istana Pasteur Regency yang terletak di Jalan Gunung Batu Bandung.

Baca juga : Wisata Kuliner Khas Bandung

Menurut informasi yang Direktori Wisata Indonesia terima, dalam proses pembuatan di toko roti ini selain menjamin proses pemilihan bahan-bahan untuk makanannya. peralatan yang digunakannyapun menjadi perhatian di toko roti ini.  Contohnya kuas yang dipergunakan untuk proses pembuatan roti pengelola memastikan untuk tidak mempergunakan kuas berbahan dasar bulu binatang, melainkan menggunakan kuas berbahan dasar nilon.

Sedangkan untuk kawasan tempat wisata belanja Bandung, sahabat Direktori Wisata Indonesia dapat mengunjungi tempat belanja barang branded di Bandung yang memiliki kulitas barang yang baik dengan harga yang relative murah.

Info tempat wisata halal di Bandung tersebut di atas merupakan bagian kecil yang bisa sahabat Direktori Wisata kunjungi saat libur di Bandung yang memiliki konsep liburan nyaman di Bandung dengan fasilitas konsep liburan nyaman bagi yang beragama muslim atau non muslim. Selamat menikmati perjalaan wisata muslim di Bandung, Jawa Barat.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :