Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jawa Tengah / Dieng / 5 Tempat Wisata Dieng Yang Menarik Dikunjungi

5 Tempat Wisata Dieng Yang Menarik Dikunjungi

Jelajah Tempat Wisata Dieng Yang Menarik Dikujungi Di Jawa Tengah

Direktori Wisata.- Tempat wisata pegunungan Dieng yang menjadi destinasi liburan menarik dikunjungi oleh wisatawan lokal dan mancanegera mengujungi Jawa Tengah.

Mengisi liburan ke Dieng merupakan salah satu destinasi liburan yang menjadi pilihan alternatif pilihan bagi wisatawan yang ingin melpas kepenatan dari kesibukan aktifitas sehari-harinya.

Konon infromasi yang Direktori Wisata terima, Dieng berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu “di” yang berarti tempat yang tinggi dan “hyang” yang berarti kahyangan.

Dengan penggabungan dua kata tersebut maka “Dieng” berarti daerah pegunungan tempat di mana para dewa dan dewi bersemayam atau tinggal.

Dieng juga dapat diartikan daam bahasa Jawa “Adi tur Aeng” yang artinya Indah dan unik, di mana Dieng mempunyai kelebihan dan perbedaan tersendiri dibanding Kabupaten atau pun Kota yang ada di Indonesia.

Dari pengalaman Direktori Wisata Indonesia mengunjungi tempat wisata Dieng, kawasan ini tidak hanya memiliki nilai potensi wisata alam yang indah, bahkan nilai usur budaya dan tradisi masyarakat lokalnya yang memukau.

Di samping kelebihan dari kawasan destinasi wisata Dieng dari usur alam dan tradisi masyarakatnya, lokasi ini juga memiliki candi-candi yang merupakan Candi Hindu tertua di Indonesia.

komplek-candi-arjuna

Tempat wisata Dieng bukan hanya candi-candi Hindu kuno yang dapat sahabat Direktori Wisata temukan di Dieng. Namun banyak obyek wisata yang terdapat di tempat wisata Dieng yang menarik dikunjungi bila kita melakukan perjalanan wisata di dataran tinggi Dieng.

Sahabat Direktori Wisata juga dapat mengunjungi kawasan Desa Wisata Sembungan yang merupakan desa tertinggi di Pulau Jawa. Ada banyak hal yang bisa kita jumpai di kawasan Desa Wisata yang ada di Dieng ini.

Konon informasi yang Direktori Wisata Indonesia terima, kawasan desa Sembungan ini memiliki konsep tata ruang tempat wisata alam yang berpadu dengan sebuah tradisi dan kearifan lokal yang menyediakan kawasan wisata yang menarik untuk kita kunjungi di kawasan dataran tinggi Dieng Jawa Tengah.

desa wisata sembungan dieng

Berikutnya tempat wisata Dieng yang menarik dikunjungi salah satunya adalah di Puncak Sikunir. Di lokasi Puncak Sikunir ini kita dapat menemukan pemandangan Sunrise yang indah.

Bila cuaca sedang bagus dan mendukung dengan kata lain tidak mendung,  kita dapat menyaksikan proses terbitnya matahari dari waktu ke waktu.

sikunir-dieng

Dari pengalaman Direktori Wisata di lokasi, pada saat proses pergerakan terbitnya matahari, banyak para wisatawan domestik atau pun mancanegara yang mengabadikan dengan kamera photo atau pun video.

Puas menikmati keindahan eksotisme golden sunrise di negeri khayangan di Puncak Si Kunir Dieng, perjalanan liburan dapat kalian lanjutkan untuk mengenal dan menyaksikan lebih dekat potensi alam pertanian yang ada di sekitar lokasi.

Dieng juga memiliki lokasi pertanian yang dapat menjadi salah satu alternatif tujuan wisata Dieng. Selain terkenal dengan tempat wisata alam yang menarik di kunjungi, Dieng juga dikenal sebagai penghasil bibit atau pun penghasil sayur-sayuran yang memiliki mutu yang baik.

Hal yang menarik, di lokasi ini berbagai jenis sayuran dari hasil pertanian lokal yang dikembangkan oleh masyarakat setempat. Lokasi pertanian dengan nuansa sejuk dapat membantu kita untuk menyegarkan kembali pikiran kita yang lelah dengan kesibukan dan segala aktifitas kerja sehari-hari di kota.

tempat-wisata-dieng-yang-menarik-dikunjungi

Di kawasan dekat obyek wisata Telaga Cebong kita dapat menyaksikan dari dekat perkebunan masyarakat Dieng, bahkan kita dapat menambah wawasan pengetahuan tentang berkebun dengan benar dan tepat untuk menghasilkan panen yang baik langsung dari para petaninya di lokasi.

Setelah kita mengetahui obyek wisata alam dan wisata budaya dan sejarah di tempat wisata dataran tinggi Dieng, tentu ada hal yang menarik dan patut kita coba untuk kita datangi.

rumah-produksi-makanan-khas-dieng

Pada saat Direktori Wisata ke lokasi dataran tinggi Dieng, kami mengunjung salah satu rumah industri yang mengelola hasil pertanian dataran tinggi Dieng yang cukup dikenal di masyarakat domestik maupun internasional, yaitu rumah industri makanan dan oleh-oleh yang terbuat dari tanaman asli dataran tinggi Dieng yaitu Purwaceng, Carica. Lokasinya tidak jauh dari pintu gerbang komplek Candi Arjuna dataran tinggi Dieng +/- 200 meter.

Melalui tempat proses pembuatan makanan tradisional khas dataran tinggi Dieng ini, kita dapat mengenal lebih dekat cara pengelolahan yang sangat bersih dan higenis, di mana semua prosesnya telah mendapatkan ijin resmi dan pengawasan dari pemerintah daerah dan departemen kesehatan. Dan dapat dipastikan di olah dari bahan dasar yang bersahabat, dan tanpa pengawet atau pun campuran perwarna.

Kunjungi 10 Destinasi Wisata Jawa Tengah Yang Menarik Dikunjungi Saat Liburan

Untuk dapat bisa sampai ke kawasan wisata dataran Dieng yang menarik untuk dikunungi ini, tentu kita memerlukan informasi jalura akses menuju kawasan wisata Dieng Jawa Tengah dengan mudah dan cepat. Ada baiknya bagi  para sahabat dan pembac setia Direktori Wisata dapat membaca Jalur Akses Wisata Menuju Dieng.

Melakukan perjalanan wisata Dieng kita akan menemukan sebuah pengalaman yang dapat memberikan beragam pengalaman dengan segala bentuk informasi yang bermanfaat. Di kawasan Dieng, kita dapat memilih dan mengunjungi sebuah kawasan wisata yang beredukatif, dari sejarah, religi, budaya, kearifan lokal, alam, bahkan dengan pengenal sebuah hasil karya rumah industri yang dapat memperkenalkan sebuah produk hasil dari kerajinan masyarakat lokal.

Semoga informasi dari pengalaman ini, dapat menambah wawasan sebagai alternatif pilihan Tempat Wisata Dieng Yang Menarik Dikunjungi bagi sahabat Direktori Wisata yang akan mengisi liburan di kawasan wisata Dieng, Jawa Tengah.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

7 Comments

  1. Pohonnya purwaceng itu yang kaya gimana ya mas 🙂

    • Pohon purwaceng itu sepintas seperti tanaman putri malu Mba, karena jenis tanaman ini termasuk tanaman liar yang ada di kawasan dataran tinggi Dieng.

      Salam wisata

  2. ternyata selain mempunyai panorama wisata yg begitu menawan, juga terdapat wisata pertanian ya kang.. belum pernah kesana, jadi penasaran pengen wisata ke dieng… terima kasih informasinya kang

    • Kawasan wisata Dieng banyak sekalai menyimpan obyek wisata sebagai sarana edukasinya juga. Selain sejarah, budaya, di lokasi Dieng juga terdapat sarana dukasi pertanian yang dapat menambah pengetahuan para wisatawan pada saat berkunjung ke lokasi ini. Bila ada waktu dan kesempatan bisa di coba untuk datang di tempat wisata Dieng yang eksotis ini Kang 😀

      Salam wisata

  3. indah banget tempatnya 🙂
    lagi panen kentang ya mas hehehe

    • Benar Mba, di Dieng sedang panen kentang pada saat saya ke lokasi wisata Dieng. 😀

      Salam wisata

  4. Saya orang dieng klo pengen liat panen kentang insyaallah selalu ada,karna disini tidak ada musim panen atau tanam,seperti padi

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :