Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Sumatera / Riau / 8 Tempat Wisata Yang Sedang Trend di Kabupaten Siak Riau

8 Tempat Wisata Yang Sedang Trend di Kabupaten Siak Riau

Susuri Destinasi Wisata Pilihan di Kabupaten Siak , Provinisi Riau

Direktori Wisata – Tempat wisata yang baru menjadi destinasi liburan pilihan dan sedang trend jadi perbincangan media sosial di Kabupaten Siak, Provinsi Riau.

Kabupaten Siak dikenal sebagai kota yang memiliki berjuta pesona alam, budaya dan keragaman masyarakat tanah Melayu dari belahan Bumi Lancang kuning di Provinasi Riau.

Menelusuri tempat wisata Riau ada banyak yang bisa kita temukan di kawasan Kabupaten Siak, mulai dari persahabatan hingga kehangatan dari  masyarakat Melayu. Kawasan ini memiliki alam seni dan budaya yang kaya membawa berkah tersendiri bagi masyarakat dan penduduknya di Kabupaten Siak Provinsi Riau.

Kondisi alam dengan letak geografis Kabupaten Siak Provinsi Riau yang berhadapan dengan Selat Malaka menjadikan Kabupaten ini dalam zona pertumbuhan 3 negara antara Indonesia, Malaysia dan Singapura. Tidaklah heran bila kawasan ini menjadi salah satu destinasi liburan favorit bagi wisatawan mancanegara dari kedua negeri jiran yaitu Malaysia dan Singapura.

Kabupaten Siak termasuk salah satu kota yang tenang di Provinsi Riau, kondisi jalanan di kota ini tidak terlalu ramai dan bersih. Dan ini yang membuat kami merasa betah di kota yang dijuluki sebagai negeri Istana. Dari beberapa pengalaman kami berkunjung di tempat wisata Riau yang sedang ramai menjadi perbincangan oleh netizen di media sosial dan yang sedang trend, tidak ada salahnya kami berbagi kepada para sahabat dan pembaca setia Direktori Wisata daftar list destinasi liburan di Kabupaten Siak Provinsi Riau yang layak dan wajib sahabat kunjungi saat libur akhir minggu dan libur nasional

Berikut merupakan tempat wisata di Kabupaten Siak Riau yang sedang trend dan bisa menjadi destinasi liburan yang wajib dikunjungi menurut versi Direktori Wisata Indonesia.

Tempat Wisata Istana Siak di Riau
Objek wisata istana Siak berlokasi Jl. Sultan Syarif Kasim, Kp. Dalam, Kabupaten Siak, Riau. Di tempat ini kita bisa menyaksikan mahakarya agung di negeri Istana Siak Sri Indrapura sambil membaca jejak peradaban Melayu yang mengagungkan.

Wisata Kabupaten Siak Riau

Istana Siak ini didirikan pada abad ke-19. Di dalamnya terapat benda-benda koleksi peninggalan Sultan Kerajaan Siak yang merupakan Kerajaan Islam Melayu terbesar pada masanya. Dimana kota ini juga dikenal sebagai kota istana yang memiliki beragam kekayaan seni dan budaya serta kearifan masyarakat melayu yang dikenal hingga ke mancanegara. Dan inilah yang menjadikan ciri Kabupaten Siak yang menjadi salah satu ikon destinasi wisata Riau yang melengkapi kejayaan bangsa Indonesia.

Tempat Wisata Masjid Raya Syahabuddin di Riau
Objek wisata Masjid Raya Syahabudin lokasi tidak jauh dari Istana Siak, dan dibangun pada tahun 1926 M pada era Sultan al-Said al-Kasyim Abdul Jalil Saifuddin, yang merupakan sultan kerajaan Siak Sri Indrapura.

Masjid Raya Sahabuddin Riau

Kehadiran Masjid Raya Syahabuddin yg dibangun oleh keturunan para Sultan Siak ini telah membawa berkah yang tidak terhingga bagi masyarakat sekitarnya. Masjid bersejarah yang saat ini banyak dikunjungi bukan sekedar untuk beribadah, tetapi masjid ini juga telah menjadi cagar budaya sebagai tujuan wisata di Riau.

Tempat Wisata Taman Air Mancur Zapin di Siak Riau
Objek wisata Taman Air Mancur Zapin berada di kawasan Taman Tengku Mahratu, tepat lokasinya persis di tepi Sungai Siak. Tepatnya di Jalan Sultan Ismail yang lokasi tidak terlalu dari Istana Siak.

Taman Air Mancur Zapin Siak Riau

Konon informasi yang Direktori Wisata terima di lokasi, Taman air mancur ini memiliki kolam yang cukup besar. Dan terdapat belasan pipa tempat pancuran air berdiri memenuhi kolam. Bila malam hari, air mancur di taman ini terlihat sangat indah. Tata permainan chaya lampu yang berkaloborasi dengan air dan suara musik terlihat begitu indah dan menarik perhatian bagi siapapun yang memandangnya. Air terlihat seakan menari dengan mengikuti irama lagu Zapin Berjoget maupun irama Mozart yang diputar dan terdengar oleh kami.

Taman Air mancur Zapin merupakan salah satu destinasi wisata Riau yang baru dan sedang nge trend dibicarakan banyak orang di media sosial. Dan yag tidak kalah menarik, objek ini bisa menjadi alternatif tempat wisata malam di Riau yang asik buat nongkrong bareng rekan maupun orang yang kita sayangi. Sebagai informasi tambahan bagi sahabat Direktori Wisata, taman air mancur ini tidak bisa dinikmati tiap malam.  Dan untuk kontes air mancurnya hanya dilakukan dua kali dalam sepekan, yakni malam minggu dan malam senin. Jangan lupa ya teman.

Baca juga : Pesona Wisata Air Mancur Sri Baduga Purwkarta

Tempat Wisata Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah di Siak Riau
Objek wisata jembatan Agung Sultanah Latifah terletak di pusat Kota Siak Sri Indrapura Kabupaten Siak, Riau. Konon jembatan ini merupakan ikon baru destinasi wisata Kota Siak yang menghubungkan 2 daerah antara Kecamatan Mampura  dan Kecamatan Siak Sri Indrapura di atas sungai siak yang membentang luas sekitar 1,2 kilo meter.

Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah Riau

Sejak 2007 jembatan ini menjadi salah satu pintu masuk menuju Kabupaten Siak selain melalui jalur sungai. Konon informasi yang Direktori Wisata dapatkan, nama jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah ini berasal dari nama istri dari Sultan Syarif Qasim II

Lanjut informasi….
Di atas jembatan berdiri dua buah tiang menara masing- masing tingginya sekitar 80 meter yang dilengkapi dengan dua buah lift untuk menuju puncak menara. Konon, kedua menara tersebut nantinya akan menjadi “Point Value” di sektor wisata karena akan dibangun lokasi kafe. Sehingga nantinya para wisatawan yang berkunjung ke salah satu ikon destiinasi wisata Riau seperti di jembatan ini nantinya diharapkan bisa menikmati keindahan panorama Kota Siak yang dilintasi berapag kapal besar dan kecil di atas perairan sungai Siak yang meliuk seperti seekor naga yang sedang melintas di bawahnya. Namun sayangnya hingga kini plning tersebut hanya menjadi isapan jempol belaka dan tempat tersebut hanya menjadi sebuah pajangan yang tidak berfungsi.

Tempat Wisata Makam Koto Tinggi di Siak Riau
Objek wisata Makam Koto Tinggi lokasinya tidak terlalu jauh dari Istana Siak di Kabupaten Siak, Riau. tempat ini merupakan komplek pemakaman tempat para raja-raja dari kesultanan Siak yang letaknya berada di sebelah timur Istana Siak.

Makam Koto Tinggi Siak Riau

Di tempat wisata Riau yang satu ini kita dapat merekam keagungan sejarah yang dapat melengkapi destinasi liburan kita dengan beragam warna informasi yang kaya akan catatan sejarah dari pemimpin Kerajaan Islam Melayu yang ada di Kabupaten Siak tempo dulu.

Tempat Wisata Museum Balai Kerapatan Siak di Riau
Objek wisata Balai Kerapatan Adat berada di pinggir sungai Siak yang berhadapan dengan muara sungai. Konon informasi yang Direktori Wisata terima di lokasi, bangunan ini dibangun dengan gaya arsitektur yang khas dan memiliki dua arah pintu masuk, yaitu dari arah sungai dan dari jalan raya. Bangunan ini berbentuk panggung yang memiliki dua lantai dengan bentuk persegi empat.

Balai Kerapatan Siak Riau

Informasi yang kami terima dari salah seorang petugas di lokasi, gaya arsitektur bangunan Balai Kerapatan Adat Siak dikenal dengan nama lain “sangkar burung sirindit”. Dimana ruang utama ada di lantai atas dengan tiga ruangan yang berada di dalam bangunan tersebut yaitu untuk ruang sidang, ruang panitera, dan ruang tunggu bagi yang akan melakukan persidangan.

Di dalam ruang utama terdapat singgasana kerajaan warna keemasan dihiasi motif sulur dan naga. Di lantai bawah terdapat tiga buah ruangan sebagi kantor dan ruang Tuan Kadi Kerajaan.

Balai Kerapatan Tinggi dipergunakan untuk sidang perkara dan juga tempat pertabalan sultan atau sebagai tempat penobatan Raja Siak, dan tempat musyawarah pembesar kerajaan. Balai Kerapatan Tinggi ini memiliki tiga tangga untuk naik ke lantai 2 tempat sidang dilaksanakan.

Balai Kerapatan Tinggi Adat Siak ini dibangun pada tahun 1886 masa pemerintahan Sultan Syarif Kasim. Sultan ke XI Kerajaan Siak. Konon dalam proses pembuatan balai ini dibangun secara swadaya oleh masyarakat yang ada di wilayah Datuk Empat Suku, yaitu Datuk Suku Tanah Datar, Datuk Suku Pesisir, Datuk Suku Lima Puluh, dan Datuk Suku Kampar. Dan pada saat sekarang ini Balai Kerapatan Adat hanya digunakan sebagai museum yang dijadikan destinasi wisata yang menarik dikunjungi saat kita ke Kabupaten Siak. Kita bisa melihat beberapa peninggalan kerajaan di balai ini.

Dengan mengunjungi tempat wisata Riau di Balai Kerapatan Adat Siak ini, kita akan mengenal lebih dekat akan sebuah gambaran kehidupan masyarakat di kawasan ini sudah mengenal penegakan hukum sejak dulu.

Tempat Wisata Danau Zamrud di Siak Riau
Objek wisata Danau Zamrud Danau berada di Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak, Riau. Danau ini berlokasi sekitar 180 kilometer dari pusat kota Pekanbaru yang merupakan ibukota Provinsi Riau. tempat wisata Riau yang satu ini masuk dalam Taman Naisonal Zamrud Siak.

Danau Zamrud Kabupaten Siak Riau

Informasi yang Direktori Wisata terima di lokasi saat lakukan kunjungan ke tempat wisata di Riau, konon danau ini tidak hanya menjadi destinasi wisata konservasi saja, namun keberadaan Danau Zamrud juga merupakan lokasi riset ilmu pengetahuan serta obat-obatan.

Danau zamrud juga dikenal memiliki pemandangan yang sangat indah. Bahkan objek wisata konservasi alam Kabupaten Siak ini kerap disebut sebagai salah satu keajaiban dunia karena Danau Zamrud merupakan sebuah danau rawa yang mempunyai keunikan tersendiri dengan memiliki ekosistem yang sangat unik. Bila sahabat Direktori Wisata melakukan perjalanan susuri Danau Zamrud ini, maka kita dapat menemukan dua danau lainnya yang bernama Danau Pulau Besar dan Danau Bawah.

Lanjut…..
Di Danau Pulau Besar ini kita jga dapat menemukan empat pulau utama yang mempunyai karateristik unik karena lokasi pulaunya yang bisa berpindah-pindah. Dari informasi keterangan petugas yang mendampingi perjalanan Direktori Wisata melakukan perjalanan susur Danau Zamrud di Kabupaten Siak ini nama pulau utama tersebut adalah adalah Pulau Besar, Pulau Tengah, Pulau Bungsu dan yang terakhir adalah Pulau Beruk. Konon pulau tersebut tidak hanya bisa berpindah, bahkan pulau-pulau tersebut bisa hilang lenyap tanpa jejak. Unik bukan ?….

Keindahan danau zamrud ini tidak hanya alam flora fauna yang masih alami dengan hutan raa saja. namun warna air danau yang berwana hitam di perairan danau terlihat seperti batu zambrud yang menjadi daya tarik destinasi wisata Riau yang sedang trend jadi pembicaraan di media sosial oleh para netizen.

Tempat Wisata Susur Sungai Mempura di Siak Riau
Objek wisata alam susur Sungai Mempura merupakan destiasi wisata ecotourism yang berada di Desa Mempura, Kabupaten Siak, Riau.

Di tempat wisata ecotourism di Sungai Mempura ini kita akan diajak mensusuri aliran sungai yang berkelok dengan sensasi petualangan yang tidak bisa kita dapatkan di tempat wisata lainnya.

Tempat Wisata Bangunan Tangsi Belanda di Siak Riau
Objek wisata Tangsi Belanda berada di Kampung Benteng Hulu, Kecamatan Mempura, Kabupaten Siak, Riau. bangunan ini merupakan saksi bisu peninggalan kolonial Belanda. Konon informasi yang Direktori Wisata terima, hingga sekarang bangunan ini belum diketahui siapa yang pembangunannya.

Bangunan Tangsi Belanda di Siak Riau

Sedangkan untuk arsitektur bangunan Tangsi Belanda sendiri terlihat memiliki gaya dengan nuansa Eropa. Di bagian dalam bangunan tersebut konon terdapat ruang-ruang kecil sebagai tempat penyimpanan senjata, ruang penjara, ruang logistik serta ruang kantor.

Sedangkan untuk dibagian sisi bangunan lainnya terdapat sebuah sumur tua berdiameter sekitar 2,5 meter. Yang menurut cerita para orang-orang tua di sini, sumur tersebut sering digunakan oleh prajurit Belanda sebagai tempat mengubur mayat-mayat penduduk Pribumi yang meninggal dunia akibat kerja paksa pada jaman penjajahan.

Selain menjadi tempat wisata heritage di Kabupaten Siak, Riau, bagunan ini juga bisa digunakan bagi para pemburu foto bangunan kuno yang unik dan klasik. namun, ada baiknya bila kita hadir di lokasi ini agar memperhatikan kondisi bangunan di sekelilingnya

Dari 8 Tempat Wisata yang sedang trend di Kabupaten Siak Riau tersebut di atas merupakan kumpulan daftar list destinasi liburan yang menarik dikunjungi menurut versi Direktori Wisata Indonesia. Semoga bisa membantu sahabat dan teman dalam menentukan destinasi wisata Riau yang tepat untuk mengisi liburan di akhir pekan bersama keluarga dan orang tercinta.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :