7 Tempat Wisata di Purwakarta dan Sekitarnya Yang Lagi Hits

posted in: Purwakarta | 0

7 Destiasi Wisata Purwakarta Yang Lagi Nge Hits dan Ramai Dikunjungi

Direktori Wisata – Objek wisata unik yang lagi hits dan menarik dikunjungi pada saat hari libur akhir pekan di kabupaten Purwakarta

Purwakarta merupakan salah daerah Kabupaten yang berada di Jawa Barat yang berjarak waku sekiatr 2,5 jam dari Jakarta atau pun 1 jam perjalanan dari Kota Bandung. Kawasan ini menyajikan ragam bentuk dan destinasi wisata yang menarik dikunjungi di setiap sudut daerahnya baik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Bagi sahabat Direktori Wisata yang mengisi liburan di akhir pekan maupun musim liburan, kini tidak perlu pergi jauh untuk habiskan waktu liburan keluar kota atu pun luar negeri bila tidak memiliki cuti libur panjang. Karena kita akan dengan mudah mengajak keluarga untuk mengunjungi tempat wisata Purwakarta dan sekitarnya yang lagi hits di kalangan para travelers.

Berikut daftar tempat wisata daerah Purwakarta dan sekitarnya yang sedang populer dan menarik dikunjungi versi Direktori Wisata Indonesia yang dapat menjadi refrensi liburanmu bersama orang tersayang.

Situ Wanayasa Purwakarta

Objek wisata Purwakarta Situ Wanayasa menyuguhkan pemandangan berlatar belakang panorama alam yang asri dan indah dari Gunung Burangrang.Konon informasi yang Direktori Wisata terima dari pemandu wisata lokal setempat, luas situ ini sekitar 7 hektar yang berada di ketinggian 600 meter di atas permukaan laut.

Situ Wanayasa Purwakarta

Lokasinya objek wisata wanayasa Purwakarta terletak dipinggir jalan persis tepatnya di Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. jaraknya sekitar 23 km sebelah Tenggara Kota Purwakarta. Bila sahabat Direktori Wisata ingin menuju lokasi wisata Purwarkata Wanayasa ini, kita dapat mengambil jalur akses jalan dari Purwakarta melalui Pasar Rebo yang akan menempuh jarak waktu sekitar 40 menit menuju Jl. Kapten Halim dan Jalan Raya Wanayasa.

Menelisik tempat wisata Purwakarta yang lagi hits di Situ Wanayasa, kita akan menemukan sebuah pulau kecil yang berada di dalam area situ. Konon informasi yang Direktori Wisata terima, pulau tersebut merupakan tempat peristirahatan terakhir atau makam seorang tokoh pendiri Purwarkata yang juga Bupati Karawang ke-9 pada tahun 1827 yang bernama RA.Suriawinata. Konon menurut cerita masyarakat sekitar, air di Situ Wanayasa tersebut tidak pernah kering sama sekali walau musim kemarau tiba.

Obyek wisata alam Situ Wanayasa Purwakarta dikelilingi pohon-pohon serta bukit-bukit hijau dengan air danaunya yang bersih dan alami, menjadikan kawasan ini menjadi salah satu destinasi liburan murah yang diminati masyarakat di Purwakarta.

Di beberapa kawasan wisata Purwakarta ini pun terdapat gazebo yang dapat dipergunakan untuk tempat beristirahat bagi para wisatawan yang berkunjung di objek wisata Purwakarta Situ Wanayasa.

Kolam Renang Giri Tirta Kahuripan Purwakarta

Bagi sahabat Direktori Wisata yang ingin mencari tempat wisata alternatif di Purwakarta bisa langsung datang di salah satu objek wisata Gili Tirta Wanayasa Purwakarta, Jawa Barat.

Di lokasi wisata kolam renang Wanayasa Purwakarta ini sahabat Direktori Wisata dapat menikmati kolam renang dengan latar panorama alam cantik dan indah. Tidak jarang di tempat wisata giri tirta Wanayasa Purwakarta ini sering terjadi kabut yang menyelimuti kolam yang seolah-olah mengajak kita untuk berlibur diantara awan-awan yang melintas.

Kolam Renang Gigi Tirta Kahuripan Wanayasa Purwakarta

Objek wisata Giri Tirta Wanayasa Purwakarta ini memiliki pemandangan perbukitan, hamparan sawah yang luar biasa indah. Yang tidak kalah menarik lainnya tempat wisata Purwakarta yang lagi hits ini berada dekat dengan pemukiman warga.

Tiket masuk wisata wanyasan Purwarta terbilang tidak murah. Namun dengan konsep sky pool yaitu Kolam Renang yang dirancang khusus di ketinggian, sehingga para wisatawan yang berkunjung di tempat wisata kolam renang wanayasa Purwakarta ini akan dapat merasakan berenang seolah-olah diatas bukit diantara awan yang melintas sambil menikmati pemandangan alam yang indah, karena itulah kolam renang ini dinamakan Sky Pool.

Selain memiliki fasilitas kolam renang eklusif, tempat wisata kolam renang Wanasaya Giri Tirta Kahuripan juga memiliki beragam fasilitas wisata lain seperti kolam pancing, camping ground hingga fasilitas outing bagi wisatawan yang gemar dengan aktifitas outbound.

Lokasi wisata kolam renang Wanayasa Purwakarta berada di dataran tinggi Desa Taringgul Tonggoh, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Untuk menuju ke lokasi Kolam Renang Giri Tirta Kahuripan Purwakarta, kita dapat menggunakan kendaraan roda dua amupun roda empat dengan mengikuti rute akses jalan seperti yang terdapat di dalam peta di bawah ini.

Taman Air Mancur Sribaduga

Taman wisata air mancur Purwakarta Sribaduga menjadi salah satu air mancur terbesar di Asia Tenggara. Air mancur ini menjadi salah satu ikon wisata Purwakarta dekat stasiun kereta api dan berada di pusat Kota yang mudah dijangkau dengan kendaraan umum atau pun berjalan kaki untuk menuju ke lokasi.

Taman Wisata Air Mancur Purwakarta

Warna-warni sermburan air mancur Sribaduga ini mengambarkan Kebhinekaan yang ada di kabupaten Purwakarta.dan juga di negeri Indonesia ini. Konon, pertunjungan di taman wisata air mancur Purwakarta ini syarat dengan makna yang menggambarkan toleransi yang ada di kabupaten Purwakarta di mana daerah yang dikenal toleran se Jawa Barat.

Alamat wisata air mancur Purwakarta berada di Jl. KK. Singawinata, Purwakarta. Taman wisata air mancur Purwakarta ini juga kerap menjadi salah satu destinasi liburan dan rekreasi warga sambil berolahraga pada saat akhir pekan. Selain rimbun dengan pepohonan, warga juga merasa nyaman karena sudah tersedia jogging trek yang digunakan untuk berolahraga di sekiataran kawasan air mancur Sribaduga Purwakarta yang merupakan objek wisata yang dekat dengan Stasiun Purwakarta.

Waduk Jatiluhur

Objek wisatta Waduk Jatiluhur memiliki nama asli PLTA Ir.H. Juanda. Waduk ini merupakan pioner bendungan pertama dan terluas di Indonesia yang difungsikan untuk irigasi, pembangkit listrik, hingga sebagai sarana olah raga air dan rekreasi. Konon informasi yang Direktori Wisata dapatkan, untuk pembangunan waduk ini memakan waktu hingga 10 tahun.

Waduk jatiluhur Purwakarta

Bangunan waduk ini mampu menampung jutaan kubik air ini dibangun pada tahun 1957 oleh kontraktor berkebangsaan Prancis, konon luas bangunan ini mencapai 8.000 hektar dengan memiliki multifungsi untuk memenuhuni kebutuhan kehidupan masyarakat banyak.

Selain bermanfaat untuk kehidupan, waduk Jatiluhur juga berfungsi sebagai tempat rekreasi dan wisata di Purwakarta. Di waduk ini sahabat Direktori Wisata Indonesia dapat berwisata dengan menggunakan perahu. Dimana sepanjang perjalanan wisata di Waduk jatiluhur kita bisa melihat sejumlah kegiatan di sekitar waduk.

Tidak hanya itu, air waduk di tempat wisata Waduk jatiluhur Purwakarta ini juga dimanfaat bagi para pecinta olah raga air seperti, jetski atau pun perahu layar. bagi sahabat Direktori Wisata yang mau mencoba sarana olah raga air yang ada di kawasan waduk juga bisa mencobanya.

Bila kita sudah puas bermain di tempat wisata Waduk jatiluhur di Purwakarta ini, kita dapat mengunjungi bagian sebelah selatan atau pun timur wadung yang dimanfaatkan untuk keramba pembudidayaan ikan air tawar. Konon infomasi yang Direktori Wisata terima, ikan-ikan di tempat ini di jual sesuai dengan permintaan, dimana peminatnya datang dari sejumlah daerah yang ada di Jawa Barat, Jakarta hingga Lampung.

Lokasinya tidak jauh dari Gerbang tol Jatiluhur, Purwakarta. Jika sahabat Direktori Wisata Indonesia hendak liburan melalui jalur Selatan, tidak ada salahnya untuk mengunjungi salah satu waduk terbesar di Indonesia yang berada di kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Gunung Parang Purwakarta

Bagi sahabat Direktori yangakan menikmati sensasi destinasi wisata Purwakarta yang berbeda, kita bisa mencoba datang lagsung di kawasan wisata alam Gunung Parang di Purwakarta yang terletak di Kampung Cihuni, Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Konon informasi yang Direktori Wisata dapatkan di lokasi, kawasan wisata Purwakarta yang satu ini merupakan salah satu objek wisata rock climbing terbesar ke-2 di Asia menurut versi para pecinta pemanjat tebing.

Ada banyak cara untuk dapat mendaki Gunung Parang di Purwakarta, salah satunya kita dapat menggunakan tangga besi yang ditanam. Namun, sebelum melakukan pendakian tentu saja kita harus menggunakan perlengkapan untuk pengaman yang sesuai standar pendakian tebing seperti harness, sarung tangan, helm serta tali pengaman pendakian dan alat penunjang lainnya.

Tebing Gunung Parang Purwakarta

Mendaki tebing Gunung parang dengan via ferrata yaitu menggunakan tangga besi yang ditanam tidak ada batasan umur dan segala usia bisa mencobanya. Asalkan tidak takut ketinggian dan memakai alat keamanan sesuai standar pendakian. bagi sahat Direktori Wisata memiliki riwayat penyakit kronis seperti jantung dan lain sebagainya sebaiknya tidak melakukan kegiatan wisata petualangan di tebing ya…..

Selama perjalanan pendakian tebing di Gunung Parang Purwakarta ini, kita akan selalu didampingi dengan petugas yang telah terlatih yang akan menemani kita. Konon informasi yang Direktori Wisata dapatkan, di kawasan gunung batu andesit tersebut nantinya akan dibangun hotel bergantung dengan ketinggian 900 meter.

Hotel bergantung di tebing Gunung Parang Purwakarta ini akan menawarkan pemandangan alam di Purwakarta mulai dari pegunungan sampai Waduk Jatiluhur terlihat jelas yang eksotis dari puncak ketinggian. Tempat wisata Purwakarta ini nantinya akan menjadi salah satu tujuan wisata unik di Indonesia yang dikenal wisatawan lokal mapun mancangera yang memiliki jiwa peualang.

Kampung Wisata Tajur

Bila sahabat Direktori Wisata Indonesia yang akan berlibur sekaligus mencari tempat penginapan murah untuk menikmati tempat wisata Purwakarta degan nuansa alam pedesaan, kita bisa megunjungi salah satu Kampung Wisata Tajur yang berada di Desa Pesanggrahan.Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Desa Wisata Tajur Purwakarta

Dari informasi yang Direktori Wisata terima di lokasi, di Kampung wisata Tajur Purwakarta ini tersedia sekitar 42 rumah yang juga berfungsi sebagai homestay bagi para wisatawan yang berkunjung. Di Kampung Wisata Purwakarta ini setiap wisatawan dapat menginap di salah satu rumah warga setempat sambil ikut belajar bekerja sesuai mata pencarian yang punya rumah seperti belajar menanam padi di sawah.

Mengunjungi kawasa Kampung Wisata Tajur di Purwakarta ini, kita dapat melihat dan mengenal lebih dekat dengan kearifan lokal masyarakatnya seperti kegiatan memasak dengan memakai peralatan tradisional yaitu dengan menggunakan kayu bakar.

Namun, masih ada juga masyarakat yang sudah menggunakan gas bantuan dari pemerintah, tapi mayoritas masyarakat di Kampung Wisata Tajur masih menggunakan kayu bakar sebagai bahan bakar untuk memasak. Kearifan lokal seperti ini tentunya semakin membuat sahabat Direktori Wisata Indonesia lebih bersyukur bisa berkunjung di Kampung Tajur untuk berbaur langsung dengan kehidupan masyarakat desa.

Lanjut informasi…..
Di tempat wisata Purwakarta yang banyak diminati oleh wisatawan lokal maupun mancanegara ini. Desa Wiata Kampung Tajur juga menawarkan program-program wisata lainnya, seperti menangkap ikan di empang, pelatihan membuat kerajinan tangan dari barang bekas, hingga tracking menelusuri tempat-tempat dengan pemandangan bagus untuk berfoto-ria. Semuanya ini bisa sahabat Direktori Wisata Indonesia nikmati tanpa harus mengeluarkan biaya besar.

Jangan lupa mampir di Tempat Wisata Alam Bukit Panejoan Purwakarta

Sebagai tembahan infrmasi sahabat Direktori Wisata, untuk setiap masing-masing program di Desa Wisata Kampung Tajur Purwakarta ini sebenarnya belum ada tarif yang baku. Namun biasanya untuk program homestay wisatawan yang akan menginap cukup membayar uang sebesar Rp. 200.000,-/ orang hingga Rp. 300.000,-/ orang. Biaya tersebut sudah termasuk biaya konsumsi untuk kita makan selama tinggal di homestay.

Sedangkan untuk program tambahan seperti menangkap ikan di empang dan pelatihan kerajinan tangan dari barang bekas, pengunjung perorang biasanya membayar kisaran Rp. 50.000,- / orang hingga Rp. 100.000,- / orang dari masing-masing kegiatan.

Bagis sahabat Direktori Wisata yang akan melakukan perjalanan dengan rombongan, saran kami sebaiknya lakukan survei terlebih dahulu dengan berkordinasi dengan warga atau pun pengelola Kampung Wisata Tajur agar mempermudah kegiatan berwisata di Kampung Tajur.

Apapun pilihan tempat wisata Indonesia yang menarik dikunjungi saat musim libur akhir pekan dan libur nasional tiba, kini sahabat Direktori Wisata Indonesia dapat menemukan destinasi wisata alternatif yang dapat dipilih dari 7 Tempat Wisata Purwakarta Yang Lagi Hits dikalangan traveler. Objek wisataPurwakarta tersebut bisa menjadi tempat rekreasi dan petualangan di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Selamat liburan.[]

Follow Direktori Wisata:

Direktori Pariwisata Dunia menyajikan keragaman tempat wisata dunia dengan keindahan alam, budaya dan kearifan lokal serta wisata kulinernya.