Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / 4 Tempat Wisata di Pulau Saparua Indonesia Bagian Timur

4 Tempat Wisata di Pulau Saparua Indonesia Bagian Timur

/
/

4 Objek Wisata Indonesia Yang Populer di Pulau Saparua Maluku Tengah

Direktori Wisata – Objek wisata di Pulau Saparua Maluku yang menyajian penorama keindahan alam bahari berlatar sejarah Indonesia bagian timur.

Pulau Sapura merupakan sebuah pulau kecil sekaligus Kecamatan yang terletak di wilayah Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Untuk bisa sampai di pulau ini kita dapat menggunakna kapal ferry dari Pelabuhan Tulehu Kota Ambon menuju Pelabuhan Kulur dengan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan.

Konon informasi yang Direktori Wisata Indonesia terima dari pemandu wisata lokal setempat, pulau ini terdiri dari 16 negeri adat yang setara dengan desa. Pulau Saparua ini terus berkembang dari waktu ke waktu baik dari segi perdagangan, pariwisata hingga pendidikan.

Setibanya kita di Pulau Saparua di Maluku Tengah ini bagaikan kita membuka lembaran lama. Dimana puau ini banyak menyimpan kenangan terlebih saat perjuangan merebut kemerdekaan Indonesia. Kecantikan alam, kearifan lokal dan cerita masa lalu telah membentuk pesona tersendiri yang mengundang hasrat para pengunjung untuk menyusuri setiap sudut objek wisata di Indonesia bagian timur yang ada di Pulau Saparua  ini.

Berikut daftar objek wisata di Indonesia bagian timur yang ada di Pulau Saparua Maluku Tengah versi Direktori Wisata indonesia

Objek Wisata Pantai Kulur di Saparua, Maluku Indonesia Bagian Timur

Pantai Kulur yang terletak di Desa Kulur ini menawarkan salah satu objek wisata Indonesia timur dengan nuansa pantainya yang tenang dan dengan angin pantai khas yang sejuk. Pantai Kulur di Pulau Saparua Maluku Tengah ini sering dijadikan tempat untuk berlileksasi oleh para wisatawan yang berkunjungi di salah satu tempat wisata di Indonesia bagian timur ini.

Pantai Kulur Saparua Maluku

Menginjakan kaki di Pantai Kulur akan memerikan kepuasan tersendiri, dimana kita akan dapat merasakan berjalan di pasir pantainya yang bersih nan indah serta ditemani pemandangan laut Maluku yang terlihat eksotis di pandang mata. Konon pantai ini juga menjadi titik awal pintu masuk di Saparua, karena bila kita menelisik lebih jauh di pantai ini terdapat sebuah dermaga pelabuhan kapal yang berfungsi untuk setiap harinya mengantar masyarakat Saparua untuk pergi dan pulang dari Ambon.

Objek wisata di Indonesia bagian timur yang memiliki laut tenang dan indah di Pantai Kulur Maluku tengah ini bisa menjadi alternatif destinasi liburan bagi sahabat Direktori Wisata yang akan habisakn waktu liburan di salah satu tempat wisata Indonesia yang indah ini. Dimana tepian pantai ini tidak terlalu dalam dan cukup aman bagi kita yang tidak bisa atau pun lancar berenang.

Kekayaan bawah laut di objek wisata di Indonesia bagian timur yang terdapat di pantai Kulur Pulau Saparua ini pun tidak kalah menarik seperti di objek wisata Indonesia lainnya. Di sini banyak terdapat spesies ikan yang hidup dianatar beragam trumbu karang yang ada di dasar lautnya.

Pada saat sore hari di pantai ini kita akan meyaksikan atraksi alam yang sangat luar biasa indahnya, di tempat wisata Indonesia yang terdapat di Pantai Kulur Pulau Saparua maluku tengah inilah kita dapat saksikan sang raja siang saat kembali ke garis horizon. Tidaklah heran bila banyak para wisatawan lokal maupun mancanegara banyaka memberikan refrensi bahwa Pantai Kulur merupakan tempat yang pas untuk melihat sunset yang indah. Bahkan bissa dibilang pantai ini merupakan salah satu spot terbaik yang ada di indonesia.

Jangan lupa Kunjungi Tempat Wisata di Indonesi bagian timur lainnya yang ada di Maluku

  1. Pantai Ora Pulau Seram Maluku

  2. Pulau Bair Maluku Tenggara

Objek Wisata Benteng Duurstede di Saparua Indonesia Bagian Timur

Pulau Saparua juga menyimpan objek wisata sejarah yang tidak boleh kita lewatkan saat berkunjung di pulau ini.  Konon informasi yang Direktori Wisata Indonesia dapatkan dari pemandu wisata lokal setempat, pulau ini dulunya merupakan sebuah pulau yang juga sebagai tempat yang pernah dihuni oleh Bangsa Eropa pada saat masa penjajahan.

Benteng Duurstede Saparua

Di Pulau Saparua ini kita dapat pula menemukan sejumlah saksi bisu perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan salah satunya adalah keberadaan Benteng Duurstede yang berada di pulau ini. Konon, benteng ini dulunya di bangun pertama kali oleh Portugis tahun 1676 silam. benteng ini dulunya berfungsi sebagai bangunan pertahanan serta pusat pemerintahan VOC selama menguasai Saparua.

Lanjut informasi….
Pada tahun 1817 benteng Duurstede diserbu oleh rakyat Saparua di bawah pimpinan Kapitan Pattimura, dimana pada pertempuran masa itu seluruh penghuni benteng tewas terkecuali putra Residen yang bernama Juan Van Den Berg.

Bila sahabat Direktori Wisata Indonesia berkunjung ke Benteng Duurstede ini kita dapat menaiki sejumlah anak tangga yang terlihat berbentuk klasik gaya eropa yang mendominasi benteng ini, dimana kita akan mengetahui bagian dalam benteng ini yang cukup luas. Kita pun bisa menyusuri bangunan benteng sambil berjalan kaki untuk menuju ke bagian inti bangunan benteng tersebut.

Pada titik spot bangunan inti Benteng Duurstede kita dapat meraskan suasana gemuruh dan sulitnya perjuangan para pahlawan Indonesia tempo dulu untuk bisa melumpuhkan para penjajah di benteng ini.

Benteng Durrstede ini bukan hanya sekedar sebuah benteng sja, namun hanya menjadi sebuah pengingat bagi kita semua untuk menjaga kesatuan negara Republik Indonesia dari segala bentuk perpecahan.

Objek Wisata Taman Pantai Batu Pintu Haria di Saparua Indonesia Bagian Timur

Taman Wisata Pantai Batu Pintu terletak di Desa Haria, Saparua, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Objek wisata Saparua yang satu ini menawarkan wisata yang seru bagi kita yang ingin lebih dekat mengenal kehidupan bawah laut yang dibangun dengan konsep keluarga.

Taman Pantai Batu Saparua Maluku

Taman Wisata batu Pntu di Saparua Maluku Tengah ini terlihat lebih berbeda dari pada objek wisata Indonesia lainnnya pada umunya. Taman ini dibuat sedemikian rupa sehingga dibuat seperti sebuah taman tematik. Diaman pada bagian jalan setapak pada bagian Taman Wisata Batu Pintu yang dibuatkan unikiran semen dengan tema-tema tertentu.

Konon informasi yang Direktori Wisata Indonesia terima, taman wisata pantai batu ini dibangun pada tahun 1999, objek wisata di Indonesia bagian timur ini terus menyedot perhatian para pengunjung. Di tempat wisata Saparua ini banyak aktifitas yang bisa kita lakukan, mulai memberi makan ikan hingga bermain langsung denga sejumlah penghuni kolam laut lainnya.

Lajut informasi…..
Tujuan dibuatnya wisata berbasis air ini adalah untuk memanfaatkan lahan kritis menjadi lahan kreatif. Di objek wisata Indonesia yang satu ini setiap pengunjug juga di tuntut mengetahui beragam informasi betapa pentingnya pelestarian mangrove hingga segala jenis hewan laut untuk kelangsungan hidup kedepan. Ada beberapa kegiatan yang bisa di lakukan di tempat wisata Indonesia ini salah satunya memancing atau berwisata hutan mangrove dengan menggunakan perahu.

Objek wisata Goa Tujuh Putri di Saparua Maluku Indonesia Bagian Timur

Goa Tujuah Putri berada di Desa Kulur Pulau Saparua, Maluku Tengah. Onjek wisata Goa Tujuh Putri tersembunyi si anatara perkebunan warga. Untuk bisa sampai di goa, kita harus melakukan trekking terlebih dahulu. naum santai saja sahabta, karena perjalan untuk menuju ke Goa tidaklah terlalu sulit, karena akse jalan sudah dikelola dengan cukup baik.

Sekitar 15 menit perjalanan kita akan sampai di mulut goa. Bla kita perhatikan sekilas tempat ini tidak ada yang istimewah . Namun ketika kita masuk lebih dalam ke mulut goa gemercik air seakan menyambut kehadiran kita di tempat wisata di Indonesia bagian timur ini.  terlihat dari atas pelataran dasar goa yang dipenuhi oleh air menjadi titi spot yang menjadi perhatian bagi setiap wisatawan yang hadir ke dalam goa.

Kolam Goa Tujuh Bidadari

Goa Tujuh Bidadari menyimpan air yang sangat jernih, yang membentuk seperti kolam pemandian yang terbuat dari alam yang berada di dasar goa. Konon informasi yang Direktori Wisata Indonesia dapatkan, air di dalam kolam tersebut datang secara alami dan jernih. Sehingga membuat air di dasar goa tujuh bidadari ini terlihat indah dipandang mata.

Goa Tujuh Putri atau yang dikenal juga dengan sebutan Goa Putri Lesi ini jadi salah satu ikon wisata Saparua di Maluku yang sudah dikenal sejak dahulu. Goa ini pun menuimpan pesona yang tidak ada duanya, dimana baian langit goanya pun terlihat begitu anggun diaman terdapat pula stalaktit dan stalakmit yang terbentuk secara alami.

Dengan mengunjungi sebagain kecil objek wisata di Indonesia bagian timur yang berada di Pulau Saparua Maluku Tengah tersebut  di atas kita akan daat merasakan nuansa liburan yang berbeda. Bagi sahabat Direktori Wisata yang akan melakukna perjalanan liburan dan mencari tempat wisata di Pulau Saparua Maluku lainnya di website Direktori Wisata Indonesi tercinta ini . Selamat menikmati perjalanan liburan bersama keluarga dan orang tercinta di Saparua, Maluku.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :