Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

 
Home / Indonesia / Nusa Tenggara Timur / Pesona Tempat Wisata Danau Kalimutu Flores

Pesona Tempat Wisata Danau Kalimutu Flores

 

Danau Kalimutu Kepingan Surga Alam Yang Tercecer Di Flores, Nusa Tenggara Timur

Direktori Wisata – Tempat wisata danau tiga warna yang indah nan eksotis terletak di kawasan Taman Nasional Danau Kalimutu Ende Flores NTT.

Pulau Flores yang terletak di Nusa Tenggara Timur memiliki sebuah danau legendaris dan populer di wisatawan yang bernama danau Kalimutu.

Konon menurut indormasi yang Direktori Wisata dapatan, danau Kalimutu yang terdapat di Flores memiliki keistimewahan pada ketiga warna danau yang berbeda dengan memiliki artii dan makna yang berbeda pula. Danau ini terletak di ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut yang terletak di dalam Taman Nasional Danau Kalimutu Ende Flores Nusa Tenggara Timur (NTT).

Taman Nasional Danau Kalimutu Flores

Untuk mencapai Danua Kalimutu kita harus menempuh jalan setapak yang telah di cor dibuat jalur jalan untuk para pengunjung ke lokasi, setelah itu barulah kita akan menemukan anak tangga  yang agak curam untuk jalur pendakian dengan jalur yang berliku dan nanjak serta di butuhkan waktu +/- 30 menit darii pos penjaga hinga sampai di lokasi.

Sepanjang jalan menuju ke lokasi Danau kalimutu kita akan disuguhkan pemandangan yang hijau nan asri dengan udara segar alam pegunungan, namun sebagai informasi tembahan ada baiknya kita membawa bekal air minum, karena di atas puncak atau selama perjalanan kita tidak akan menemukan pedagang yang menjual minuman.

Danau Kalimutu Flores

Dari puncak Kalimutu kita bisa melihat keindahan danau tiga warna. Konon menurut kepercayaan masyarakat setempat, masing-masing warna danau memiliki arti tersendiri.Untuk Danau Kalimutu yang disebut Danau Tiwu Nuamuri Koofai yang berwarna hijau telor asin memiliki makna dan arti tempat kumpul arwah muda mudi yang telah meninggal dunia.

Danau Kalimutu Flores

Sementara Danau Kalimutu yang disebut Danau Tiwu Ata Mbupu yang letaknya agak jauh sendri dan berwarna biru atau yang disebut danau merupakan danau yang menjadi tempat berkumpulnya arwah-arwah yang berusia lanjut atau orang tua.

Konon informasi yang Direktori Wisata terima, bila kita melihat atau memandangi danau tersebut lama, maka akan seperti petuah atau nasehat yang terucap ditelinga kita.

Danau Kalimutu Flores

Dan yang terakir Danau kalimutu yang disebut dengan Danua Tiwu Ata Polo yang berwarna merah atau pun terkdang berubah menjadi hitam pekat adalah danau tempat berkumpulnya arwah-arwah dari orang-orang yang semasa hidupnya suka berbuat jahat. Bila memandang danau ini seperti ada sepsang bola mata yang memandang ke arah kita.

Danau Kalimutu juga dikenal danau tiga warna yang menawan. Di tempat ini juga di percaya dan diyakini bahwa setiap masyarakat lokal di sini untuk mendapatkan pencerahan bisa di dapat melalui berkunjung di danau kalimutu yang di yakini sebagai tempat bersemayamnya tempat nenek moyang mereka.

Konon pesan dan petuah orang tua dari sesepuh masyarakat lokal berpesan “kelak arwah akan masuk ke dalam danau sesuai dengan usia dan perbuatannya semasa hidupnya orang tersebut”. itulah sebabnya masyarakat lokal yang masih meyakini pesan moral yang terdapat dalam sebuah cerita legenda Danau Kalimutu ini meyakini selama hidupnya harus menjaga prilaku dengan baik.

Informasi yang Direktori Wisata terima, “Keli”artinya gunung dan “mutu” artinya mendidih. Konon kalimutu dulunya tumbuh dalam kaldera, dan pada saat Gunung kalimutu meletus, ia memisahkan kawah yang kini telah menjadi pusat letusan. Itulah sebabnya Kalimutu memiliki lebar diameter dan kedalaman yang bervariasi.

 

Terlepas dari kisah dan cerita legenda kepercayaan masyarakat sekitar, secara ilmiah perubahan warna pada ketiga danau kalimutu tersebut di atas hal ini dikarenakan perubahan faktor kandungan mineral, lumut, dan batu-batuan yang terdapat di dalam kawah dan juga pengaruh cahaya matahari yang disebabkan oleh kawah kalimutu yang masih aktif.

Di lokasi tempat wisata Danau Kalimutu ini banyak orang meyakini dengan melihat pemandangan danau yang indah sekan kita akan mendapatkan inspirasi petunjuk hal-hal yang baik yang bisa kita dapatkan

Kunjungi 10 Tempat Wisata Alam Terbaik di Indonesia

Tidak hanya keindahan alamnya, kita juga dapat menikmati keindahan flora dan fauna di puncak Gunung Kalimutu yang berlokasi di Ende Flores, Nusa Tenggara Timur.

Tanaman Arngoni

Salah satu tanaman yang bisa kita nikmati adalah tanaman yang berbunga kecil yang sebut arngoni yang memiliki nama latin “vaccirum varingiafolium’ tanaman ini mudah di temukan di puncak kalimutu karena buahnya yang berwarna hitam dipercaya menjadi makanan para arwah yang berdiam di danau tiga warna tersebut yang menjadi salah satu tempat wisata terpopuler flores yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan lokal mau pun mancanegera.

Monyet Ekor Panjang

Bila kita beruntung pada saat berada di tempat wisata Danau kalimutu kita bisa menjumpai hewan monyet ekor panjang yang banyak di jumpai oleh para wisatawan yang berkunjung di tempat ini. Hewan monyet  yang berada di lokasi cukup bersahabat dengan para pengunjung yang hadir di lokasi wisata alam flores

Informasi harga biaya tiket yang relatif murah yaitu Rp. 3.000,- orang dan untuk hari biasa harga tiketnya Rp. 5.000,- orang untuk akhir pekan dan libur. Sebagai informasi tambahan sebaiknya mencari informasi yang diperlukan di tempat yang telah disediakan di lokasi pintu gerbang dekat parkiran kendaraan.

Untuk mengunjugi tempat wisata Danau Kalimutu kita bisa menggunakan kendaraan roda dua mupun kendaraan mobil dari ibukota Propinsi NTT, Kupang, kita bisa menggunakan pesawat menuju Ende, di Pulau Flores, dengan waktu tempuh +/- 40 menit. Setibanya di Ende, perjalanan kita lanjutkan dengan menggunakan angkutan umum atau dengan mini bus menuju Moni yang berjarak +/- 53 km dengan waktu tempuh +/- 2 jam dengan biaya Rp.14.000,- / orang. []

 
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
 
 

1 Comments

  1. saya sangat suka dengan danau tiwu nuamuri koofai mas, selain indah airnya kelihatan cool dipandang karena kelihatan hijau ya mas 🙂

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :