8 Tempat Wisata Baru Lagi Hits Menarik Dikunjungi di Cilacap

posted in: Cilacap, Jawa Tengah | 0

Surga Wisata Cilacap Yang Lagi Nge Hits dan Populer Dikunjungi

Direktori Wisata – Objek wisata daerah yang populer dan lagi nge hits ramai dikunjungi musim libur panjang di daerah Kabupaten Cilacap.

Cilacap yang dikenal sebagai kota kecil yang ada di pesisir dekat perbatasan Jawa tengah dan Jawa Barat, namun walau terlihat kecil kotanya, kawasan ini merupakan Kabupaten terluas yang berada di Jawa Tengah. Kota ini dikenal memiliki potensi wisata alam dan sejarahnya yang memukau bagi sipa saja yang berkunjung. Walau terlihat kecil, namun kota ini bagaikan intan yang bias cahanya yang dapat memancarakan sinar yang jauh ke seantero dunia.

Pesona wisata Cilacap mempunyai keindahan alam yang berbeda dengan daerah tempat wisata Indonesia lainnya, selain menampilkan flora dan fauna, pegunungan, bahari, goa-goa, kehidupan pedesaan yang penuh budaya dan kerafian lokal, serta karya seni dan peninggalan sejarah yang memiliki daya tarik yang eksotis untuk ditelusuri.

Objek wisata pantai Cilacap membujur dari timur yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Kebumen hingga bagian selatan yang berdekatan dengan Pangandaran di Jawa Barat.

Keragaman budaya dan kentalnya unsur religi menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta rasa dan keindahan. Sehinga hal ini dapat menjadi daya tarik para wisatawan untuk dapat menikmati setiap objek wisata Cilacap yang dikenal eksotis dan juga menyimpan bukti catatan sejarah panjang bangsa Indonesia.

Kota Cilacap dapat dijangkau dengan menggunakna moda transportasi dari laut, udara dan juga darat jadi bagi sahabat Direktori Wisata Indonesia yang berada di luar daerah dapat dengan mudah untuk mengunjungi kawasan daerah Cilacap untuk mengisi liburan bersama keluarga.

Untuk jalur akses udara menuju ke tempat wisata Cilacap kita dapat menggunakan pintu masuk dari Bandar Udara Tunggul Wulung. Dan untuk jalur laut kita bisa menggunakan akses masuk ke Cilacap dari Pelabuhan Laut Tanjung Intan. Sedangkan jalur lintas darat kita dapat melalui jalur akses kereta api Stasiun Cilacap dan juga Terminal Bus Cilacap.

Bagi sahabat Direktori Wisata Indonesia yang akan berkunjung ke Cilacap Jawa tengah, kini kita dapat mengunjungi ragam destinasi wisata Cilacap yang menarik untuk dikunjungi saat akhir pekan dan  juga musim liburan, baik bersama keluarga dan rekan terdekat kita.

Berikut Tempat wisata Cillacap  yang menarik dikunjungi versi Direktori Wisata Indonesia

Objek Wisata Hutan Payau Cilacap

Hutan payau atau yang biasa dikenal dengan sebutan hutan manggrove merupakan salah satu objek wisata baru di Cilacap yang ramai dikunjungi. Objek wisata alam Hutan payau di Cilacap ini berlokasi di Tritih Kulon, Cilacap Utara, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. meskipun daerah Kabupaten Cilacap terkenal sebagai daerah industri, namun kawasan daerah ini masih menyimpan hutan mangrove yang masih terjaga.

Hutan Payau Cilacap

Informasi yang Direktori Wisata Indonesia terima, hutan mangrove Cilacap ini selain memberikanmafaat ekologis juga dimanfaatkan jasa lingkungannya sebagai salah satu objek wisata unggulan di Kabupaten Cilacap. Hutan Payau mangrove ini didirikan sejak tahun 1978. Hutan payau Tritih juga dimanfaat sebagai hutan kota.

Wisata Hutan Payau Cilacap ini sangat mudah dijangkau, karena lokasinya yang tidak jauh dari pabrik semen Holcim yang dapat dijangkau dari Jalan Nusantara dan berjarak sekitar 2 km dari pinggir jalan raya. Konon hutan payau Tritih Cilacap memiliki 15 ribu tanaman pohon manggrove.

Selain sebagai objek wisata edukasi di Cilacap, wisata Hutan payau Tritih ini juga sangat cocok untuk surga liburan laternatif di Kabupaten Cilacap. Bagi sahabat Direktori Wisata Indonesi yang akan mencoba salah satu wahana permaianan di alam terbuka di objek wisata hutan payau Cilacap ini, kita bisa mencoba wahana permaian jaring-jaring cinta yang berada di dalam area lokasi wisata hutan mangrove Cilacap ini.

Jaring Laba-Laba

Sebagai tambahan informasi untuk sahabt Direktori Wisata Indonesia, ada baiknya bai yang akan melakukan perjalan petualangan di wana baru di tempat wisata Cilacap Hutan Payau ini bisa mengajak pasangannya untuk mengarungi jaring-jaring cinta bersamanya. Namun, kami tidak menyarankan bagi yang akan mengatakan cintanya  di wana permainan ini ya….. bahaya temans, kalau ditolak nanti langsung terjun ke bawah deh. ha,, ha, ha,

Objek Wisata Pantai Widarapayung Cilacap

Pantai Widarapayung nan indah merupakan salah satu objek wisata Cilacap yang berada di sebelah timur Cilacap. Salah satu tempat wisata pantai Cilacap ini sangat tepat untuk dijadikan tempat wisata dan rekreasi keluarga.

Pantai Widarapayung Cilacap

Lokasi Pantai Wisarapayung berada di Desa Widarapayung, Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah. Tempat wisata pantai Cilacap yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun akhir pekan dan libur panjang. Tempat wisata Cilacap ini mampu ini memberikan sensasi liburan yang berbeda bagi setiap pengunjung yang hadir di pantai ini.

Wisata Pantai Widarapayung di Binangun Cilacap Jawa Tengah memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika sahabat Direktori Wisata Indonesia berada di Kota Cilacap dan sekitarnya tidak mengunjungi objek wisata Cilacap yang memiliki pesona keindahan tiada duanya tersebut.

Objek Wisata Teluk Penyu di Cilacap

Teluk penyu merupakan salah satu objek wisata andalan masyarakat Cilacap, Bukan hanya menjadi objek wisata pantai Teluk Penyu Cilacap saja, di pantai ini juga ramai dengan kegiatan nelayan setempat yang dapat kita saksikan di daerah tersebut.

Pantai Teluk Penyu Cilacap

Letak objek wisata Teluk Penyu yang loksinya tidak terlalu jauh dari pusat kota, menjadikan objek wisata Cilacap yang satu ini mudah dijangkau oleh siapapun. Disekeliling pantai Teluk Penyu terdapat tempat bermain mulai dari sarana permainan air banana boat, voly pantai, berkuda serta permainan anak-anak. Semua sarana dan fasilitas tersebut dapat dipergunakan oleh pengunjung untuk menikmati destinasi wisata Teluk Penyu Cilacap bersama keluarga sambil mengisi hari libur.

Kenali : 10 Desatinasi Wisata Jawa Tengah Yang Menarik Dikunjungi

Panorama Pulau Nusakambangan serta kapal tanker pengangkut minyak menjadi pemandangan khas di tempat wisata Teluk Penyu Cilacap yang selalu ramai pengunjung saat akhir pekan dan musim liburan. Dengan berbagai olahan hasil lautnya dan juga hasil lautnya seperti sea food dan ikan laut serta cindera mata yang berasal dari olahan karang laut dapat sahabat Direktori Wisata Indonesia jumpai dengan mudah.

Objek Wisata Pulau Nusakambangan di Cilacap

Pulau Nusakambangan merupakan salah satu tujuan wisata di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Bila sahabat Direktori Wisata ingin mengunjugi tempat wisata Cilacap Nusakambangan aksesnya bisa melalui Pantai Teluk Penyu yang merupakan salah satu wisata andalan yang ada di Cilacap.

Selama perjalaanan menuju kawasan wisata Pulau Nusakambangan Cilacap kita akan disuguhkan pemandangan goa-goa alam yang menjadi dinding pulau  Butuh waktu 20 menit perjalanan untuk tiba di Pantai Wijaya Kusuma, air lautnya terlihat jernih sehingga kita dapat melihat berbagai koral dari atas permukaan air. Meski memiliki pemandangan yang indah pantai ini banyak sekali bebatuan dan karang.

Pulau Pantai Wisaja Kusuma

Konon informasi yang Direktori Wisata terima dari pemandu wisata lokal, Konon Pulau Wijaya Kusuma  itu berarti pulau bunga-bungaan dimana menurut cerita legenda,  di pulau inilah tempat bertumbuhnya tanaman bunga wijaya kusuma. Masyarakat setempat percaya sejumlah legenda pantai selatan yang dikaitkan dengan Pulau Majesti yang bentuknya mirip dengan bunga Wijaya Kusuma yang juga penjelamaan dari seorang putri yang bernawa Banawati.

Terlepas dari kisah dan cerita dari kebenaran  legenda dan mitos tersebut, tempat wisata Cilacap Nusakambangan ini terlihat begitu indah dan cantik. Hutan tropis dengan berbagai vegetasi dan satwa masih terljaga asri di kawasan wisata Pulau Nusakambangan Cilacap. Pantai di pulau ini juga belum banyak yang terjamah sehingga masih terlihat bersih.

Walau di pulau ini kita hanya dapat menunjungi beberapa titik spot yang menarik untuk kita telusuri salah satunya adalah Benteng Goa Karang Bolong di Nusakambangan Cilacap.

Benteng Goa Karang Bolong Nusakambangan

Benteng Goa Karang Bolong merupakan salah satu situs bersejarah yang dapat kita temukan di area wisata Pulau Nusakambangan Cilacap. Konon informasi yang Direktori Wisata Indonesia dapatkan, Benteng Goa Karang Borong di Pulau Nusakambangan dibangun pada tahun 1830. Mulai dari penjajahan Portugis dan Belanda benteng ini masih terlihat kokoh bangunannya. Menurut catatan sejaranya Benteng Goa Karang Bolong di Pulau Nusakambangan ini dulunya dijadikan tempat para penjajah bangsa Indonesia mengawasi Samudera Indonesia yang sangat luas .

Objek Wisata Benteng Pendem Cilacap

Tempat wisata Benteng Pendem Cilacap lokasinya tidak terlalu jauh dari Pantai Wijaya Kusuma. Nama asli dari benteng adalah benteng Klingker.  Disebut benteng pendem karena lokasi benteng sisa peninggalan masa kolonial Belanda ini berada di bawah bukit dan posisinya sebagian lantainya terpendam ke dalam tanah, maka disebutlah dengan Benteng Pendem.

Benteng Pendem Cilacap

Konon informasi yang Direktori Wisata Indonesia terima, objek wisata Cilacap Benteng Pendem ini dibangun pada tahun 1861 hingga 1879 oleh tentara kerjaan Belanda untuk pertahanan Belanda saat itu baik dari luar maupun dari dalam hingga 1942. namun pada saat Jepang masuk dan membom bardir Nusakambangan benteng tersebut hancur lebur.

Lanjut informasi…..
Pada tanggal 14 Agustus 1945 tentara Jepang menyerah tanpa syarat kepada tentara sekutu. Agresi ke dua pada tahun 1950 Belanda datang kembali membonceng tentara sekutu. Pada tahun 1952  hinga 1962 objek wisata Cilacap benteng Pendem ini pernah menjadi markas benteng loreng kesatuan Jawa Tengah. Dan pada tahun 1962 dan 1965 menjadi tempat pendaratan laut pasukan RPKAD.

Lanjut informasi, Pada tanggal 26 November 1986 Benteng Pendem Cilacap di pugar, dan pada tanggal 28 April 1987 hingga sekarang dibuka sebagai objek wisata Benteng Pendem Cilacap. Dari atas benteng kita dapat menyaksikan keindahan laut lepas dari Samudra Hindia. Konon informasinya bagian atas benteng dulunya dijadikan tempat untuk pengintaian musuh yang dikelilingi dengan benteng pertahanan yang dilengkapi dengan 13 pucuk meriam.

Tempat wisata Benteng Pendem Cilacap juga dikelilingi oleh parit selebar 18 meter dan kedalam 3 meter, hal ini untuk menghabat lajunya musuh serta untuk keperluan patroli tentara Belanda dengan kontruksi jembatan yang dilengkapi dengan 14 kamar bala tentara.

Objek wisata Cilacap Benteng Pendem ini juga memiliki ruangan-ruangan khusus yang terdiri dari satu pintu dan jendela yakni ruang rapat perwira, ruang bawah tanah, terowongan dengan empat pintu, ruang penjara, ruang amunis, ruang senjata, ruang akomodasi, ruang kesehatan, sumur, bangunan gudang, bangunan pengintai, dan bangunan parit.

Objek Wisata Pantai Jetis Cilacap

Pantai jetis merupakan salah objek wisata Cilacap yang berdekatan dengan daerah Purwokerto. Pantai mempunyai hamparan pasir yang panjang dengan latar panorama yang indah. Hal ini dikarenakan pantai ini berdekatan dengan panorama pegunungan bukit sawangan Kebumen.

Pantai Jetis Cilacap

Objek wisata Pantai Jetis di Cilacap tidak hanya menawarkan pesona pantai dengan paduan hamparan pasir, dembur ombak dan hangatnya angin laut. Pantai Jetis juga menawarkan spot-spot menarik lainnya bagi para pecinta dunia foto landscape. Bagi sahabat Direktori Wisata Indonesi ayng suka dengan dunia fotografi bisa mencoba beberapa spot menarik dan kece yang ada di lokasi wisata Cilacap yang ada di pantai ini.

Lokasi Pantai indah Jetis berada di desa Jetis, Kecamatan Nusawungu Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Objek wisata Cilacap yang satu ini sangat mudah dijangkau dan belum banyak diketahui oleh banyak orang. Letak objek wisata pantai tepatnya berada di ujung timur lokasi Kota Cilacap, dengan gelombang laut selatan yang besar dan panorama serta pegunungan kapur.

Objek Wisata Curug Cimandaway Cilacap

Curug Cimandaway merupakan salah satu objek wisata Cilacap selain pantai yang banyak dikunjungi oleh wisawatan lokal maupun luar daerah, curug ini merupakan curug tertinggi di Kabupaten Cilacap. Konon informasi yang Direktori Wisata Indonesia terima, tinggi curug ini sekitar 100 meter, namun yang terlihat jelas hanya sekitar 65 meter.

Curug Cimandaway Cilacap

Lokasi Curug Cimandaway berada di Desa Datar Kecamatan Dayeuhluhur, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Curug ini berasal dari Sungai Singa Raja dan mengalir jatuh di aliran sungai Cikawalon.

Untuk menuju objek wisata Cilacap di Curug Cimandaway ini kita harus berjalan kaki sekitar 1 km dengan menyusuri persawahan. Di lokasi objek wisata Curug Cimandaway Cilacap kita akan merasakan sensasi sejuknya alam yang masih segar. Setelah menyeberangi anak sungai kita akan tiba di lokasi tujuan.

Selain indahnya pemandangan alam di lokasi air terjun Cimandaway, kita dapat merasakan sensasi bermain air atau mandi di bawah air terjun. Untuk masuk ke objek wisata Cilacap Air Terjun Cimandaway kita hanya dikenakan biaya masuk Rp. 4.000,-. Dilokasi terdapat saung berbentuk gazebo untuk tempat bersantai dan berisitirahat.

Bagi sahabat Direktori Wisata Indonesa yang akanmengunjungi kawasan Kabupaten Cilacap dan sekitarnya, 8 tempat wisata Cilacap tersebut di atas bisa menjadi alternatif liburan yag menarik dikunjungi untuk habisakna waktu liburan bersama keluarga maupun rekan. Selamat liburan di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.[]

Follow Direktori Wisata:

Direktori Pariwisata Dunia menyajikan keragaman tempat wisata dunia dengan keindahan alam, budaya dan kearifan lokal serta wisata kulinernya.