Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jawa Tengah / 9 Tempat Wisata Alam Yang Lagi Hits di Kudus dan Sekitarnya

9 Tempat Wisata Alam Yang Lagi Hits di Kudus dan Sekitarnya

Kawasan Surga Liburan Bernuansa Alam Pedesaan dan Perkotaan di Kabupaten Kudus

Direktori Wisata – Objek wisata yang menarik dikunjungi bernuansa desa wisata dan alam perbukitan nan eksotis di Kabupaten Kudus pada musim liburan.

Kudus merupakan sebuah kota yang banyak menyimpan potensi wisata yang tidak ada habisnya. Di dalam satu daerah yang ada di Kudus tersebut Anda bisa menemukan untuk beberapa objek wisata. Objek wisata tersebut berdekatan dari satu dengan tempat ke temapt wisata yang lainnya yang ada di Kabupaten Kudus dan sekitarnya.

Kudus memiliki kekayaan keindahan alam yang perlu Anda ketahui, Bahkan saking indahnya wisata di Kudus ini, mampu menarik para selebritis berkunjung untuk menikmati keindahan wisata Kudus yang sudah terekspose di dalam bahkan sampai di luar negeri.

Namun, Bagi sahabat Direktori Wisata Indonesia  yang belum paham tentang wisata kota kudus dan sekitarnya ini, dapat mengikuti rangkuman tempat wisata Kudus yang tidak hanya memiliki objek wisata alam yang indah saja, namun di kawasan wisata Kudus ini pun sahabat Direktori Wisata juga dapat menyaksikan jejak sejarah peninggalan Islam di beberapa tempat wisata Kudus dan sekitarnya.

Berikut merupakan tempat wisata Kudus dan sekitarnya yang populer dan lagi hits di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara habiskan waktu musim libur bersama keluarga atau pun kerabat.

Menara Pisang

Kota Kudus juga terkenal akan Wisata Menara Pisang di Dawe Kudus Jawa Tengah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Apalagi baru-baru ini telah ramai menjadi pembicaraan objek wisata Menara Pisang yang lagi hits di media sosial ini.

Taman Pisang Sardi Kudus

Wisata Menara Pisang di Dawe Kudus Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Wisata Menara Pisang di Dawe Kudus Jawa Tengah juga sangat ramah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Wisata Menara Pisang di Dawe Kudus Jawa Tengah sangatlah luas dan mempunyai pesona yang indah. Dengan membayar sebesar Rp. 15000. anda bisa menikmati berbagai fasilitas yang disediakan disini. Mulai dari anda masuk, terdapat sederetan gazebo yang siap buat anda tongkrongin.

Tempat wisata alam menara Pisang di Kudus terdapat pula lokasi outbond dan camping ground yang disediakan untuk pengunjung yang mau camping, atau yang cuma mau sekedar foto-foto, ada banyak spot yang cocok buat jadi backgroud foto cantik yang dapat sahabat Direktori Wisata Indonesia gunakan, yang pastinya luar biasa keren salah satunya yang sedang marak di instagram yaitu menara pisang.

Untuk menuju ke lokasi objek wisata alam Taman Sardi di Kudus, sahabat Direktori Wisata Indonesia tinggal mengikuti akses jalan yang terdapat di dalam peta yang akan mengahantarkan menuju ke lokasi.

Kawasan Wisata Colo Kudus

Tempat wisata di Colo Kudus tidak hanya menjadikan keindahan alamnya saja, namun kawasan wisata di Colo Kudus ini juga menyajikan pesona keindahan heritage dan sejarah Islam Masjid Sunan Muria yang berada dipegunungan Muria. Jejak sejarah Islam Masjid Sunan Muria tersebut berada 1.600 meter di atas permukaan laut.

Masjid Sunan Muria di Colo Kudus

Salah satu keunikan Mansjid Sunan Muria tersebut adalah bentuk mihrab atau tempat imam masjid dan sejumlah benda bersejarah dengan ornamen Tiongkok bisa sahabat Direktori Wisata Indonesia dapatkan di tempat wisata Colo Kudus ini.

Untuk mencapai Masjid Sunan Muria, sahabat Direktori Wisata Indonesia harus menyusuri jalan sempit yang menanjak sekitar 3 km. Dari lokasi Masjid yang berada di kawasan wisata di Colo Kudus ini sahabat Direktori Wisata dapat menyaksikan pemandangan kota Kudus dan sekitarnya hingga Kabupaten Pati.

Informasi yang Direktori Wisata Indoensia terima di lokasi, selama ratusan tahun Masdji sekaligusmakam Sunan Muria di tempat wisata Colo Kudus ini telah banyak mengalami perubahan. Namun, beberapa benda yang berada di dalam masjid yang dibangun Sunan Muria hingga sekarang ini masih utuh, salah satunya adalah tempat imam masjid atau mihrab.

Dari pengamatan Direktori Wisata Indonesia di lokasi, mihrab di Masjid Sunan Muria berbeda dengan mihrab masjdi seperti di tempat lainnya, mihrab di sini terlihat menjorok ke dalam. Sedangkan untuk susunan bata bangunan Masjdi Muria terlihat utuh seperti aslinya termasuk puluhan cawan yang di tempel di dinding bangunan.

Lanjut informasi objek wisata Masjid Sunan Muria di Desa Colo Kudus….
Semasa hidupnya Sunan Muria dikenal sangat egaliter dan dekat dengan rakyat jelata. Semua benda peninggalan Sunan Muria yang ada merupakan petunjuk kemulian ajaran beliau. Dan beliau meninggalkan keramian Kerjaan Demak dan juga membangun masjid di lereng Gunung Muria.

Kunjungi juga : Tempat Wisata Heritage Islam Nusantara di Masjid Menara Kudus

Untuk menuju Masjid Sunan Muria di kawasan wisata Colo Kudus, sahabat Direktori Wisata Indonesia dapat mengikuti jalur akses jalan yang terdapat di dalam peta di bawah ini untuk sampai di lokasi.

Selain memiliki objek wisata sejarah dan ziarah, kawasan wisata Colo Kudus juga memiliki beberapa destinasi wisata alam dan agrobisnis yang dapat sahabt Direktori Wisata Indonesia nikmati saat liburan di Desa Colo Kudus, Jawa Tengah.

Taman Ria Colo di Kudus

Objek wisata di Colo Kudus juga memiliki perkebunan kopi yang sudah ada sejak zaman Belanda pada abad ke-18. Di salah satu tempat wisata Kudus ini sahabat Direktori Wisata Indonesia akan mendapatkan pengalaman sensasi liburan yang berbeda dari tempat lainnya.

Keindahan dan juga kesejukan untuk alam pegunungan sekitar kawasan wisata Colo Kudus akan membawa sahabat Direktori Wisata Indonesia dalam  ketenangan jiwa ketika mendengarkan musik tradisional ataupun nyanyian burung sambil berbaur dengan masyarakat penduduk lokal merayakan tradisi wiwit kopi ( panen raya kopi ), hal ini akan menjadi salah satu pengalaman liburan yang sangat langka dan mahal saat sahabat Direktori Wisata Indonesia berkunjung ke kawasan wisata Colo Kudus.

Sedikit informasi bagi sahabat Direktori Wisata Indonesia, pada pelaksaan tradisi wiwit kopi ini kita akan menyaksikan pesta rakyat yang sering di lakukan oleh warga lokal. Di acara pesta panen kopi ini warga berdatangan dengan membawa tumpeng berisikan lauk pauk. Salah stu menu wajibnya “ingkung” atau opor ayam bakar khas Kudus. Semua hidangan ini di santap bersama dalam acara “tradisi wiwit kopi”.

Tradisi wiwit Kopi di desa wisata Colo Kudus ini telah dilakukan secara tutun temurun sebagai rasa wujud syukur atas berkah panen kopi berlimpah. Di mana kopi merupakan komoditas andalan Desa Colo. Konon informasi yang Direktori Wisata Indonesia dapatkan di lokasi, luas kebunnya hingga mencapai 90 hektar. Dan pada saat cuaca baik 1 hektar kebun kopi bisa mencapai hasil panen hingga 1 ton kopi, yang menariknya warga di kawasan wisata Colo Kudus juga mengolah kopi sendiri.

Kunjungi juga : Tempat Desa Wisata Rahtawu di Kudus

Saat berwisata di Desa wisata Colo Kudus ini, sahabat Direktori Wisata Indonesia bukan hanya menemukan pengalaman wisata religi atau berziarah di relerang pegunungan Muria di Kabupaten Kudus. Namun sahabat Direktori Wisata Indonesia bisa menikmati pesona pemandangan alam dari pada desa wisata colo dengan melakukan perjalanan mendaki untuk menikmati indahnya pegunungan dari muria.

Untuk mengunjungi kawasan wisata Colo Kudus , sahabat Direktori Wisata Indonesia dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan mobil untuk sampai menuju ke lokasi dengan mengikuti jalur akses jalan yang dapat di lihat melalui peta yang terdapat di internet.

Wisata Alam Rejenu (Air Tiga Rasa) Kudus

Wisata Alam Rejenu terletak di sebelah utara makam Sunan Muria, Tepatnya di atas objek air terjun Montel. Di sini terdapat sebuah makam yang banyak diziarahi orang. Orang mengenalnya sebagai makam Syeh Sadzali. Salah satu murid Sunan Muria yang disegani, yang konon berasal dari Irak (Baghdad).

Sendang Rejenu Tiga Rasa Kudus

Konon informasi yang Direktori Wisata Indonesia terima, Air Tiga Rasa Rejenu merupakan karomah yang dimiliki oleh Syekh Sadzali. Jika kita berkunjung ke salah satu tempat wisata Kudus ini dapat melihat dan mencoba air dari ketiga sumber mata air tersebut.

Menurut kepercayaan masyarakat setempat (argo jembangan) air pertama berasa masam, air tersebut berkhasiat menyembuhkan penyakit. Sedangkan untuk air kedua memiliki rasa seperti soda yang dapat meningkatkan rasa percaya diri dan air yang terakhir memiliki rasa seperti tuak/arak yang berkaitan dengan rejeki.

Terlepas dari kebenaran akan manfaat dan rasa air tersebut, kami berharap sahabat Direktori Wisata Indonesia dapat menghormati dan menghargai apa yang menjadi kepercayaan dan keyakinan masyarakat setempat untuk mengedepankan toleransi tanpa harus merusak sebuah situs yang menjadi salah satu daya tarik objek wisata di Kudus dan sekitarnya ini.

Brown Canyon Kudus

Objek alam Brown Canyon Kudus merupakan salah satu tempat wisata di Kota Kudus yang menjadi ikon wisata terlaris di kawasan daerah Kudus. Kawasan ini memiliki keindahan yang setara dengan “Brown Canyon” yang ada di Semarang yang sedang ramai dibicarakan karena cukup bagus untuk selfie atau sekedar berfoto bersama-sama.

Objek Wisata Brown Canyon di Kudus

Tempat wisata Brown Canyon di Kudus ini mulai populer sekitar tahun 2010 silam. Konon informasi yang Direktori Wisata Indonesia terima dulunya tempat ini pernah dijadikan sebagai sirkuit offroad tingkat nasional. Hingga tempat ini lama-kelamaan dikenal oleh banyak orang. Dari situ orang banyak yang berdatangan ke Brown Canyon Kudus ini, jadilah tempat ini menjadi tempat wisata di Kudus untuk wisatawan mengisi hari libur mereka.

Walaupun sekarang telah menjadi tempat wisata namun sebenarnya awalnya tempat di Brown Canyon Kudus ini bukanlah tempat wisata. Akan tetapi ini adalah merupakan tempat galian C yang sedang ngetren untuk berselfie atau sekedar berfoto bersama-sama. Karna pemandangannya yang indah, kini Brown Canyon Kudus banyak dikunjungi para anak muda untuk mengabadikan moment di sana.

Air Terjun Montel Kudus

Kesejukan yang ada di air terjun Montel ini akan membuat sahabat Direktori Wisata Indonesia bisa betah untuk berlama-lama berada di air terjun habiskan waktu liburan. Banyak para wisatawan yang datang kesini untuk menikmati pesona alam yang masih natural di salah satu objek wisata Kudus ini.

Air Terjun Montel di Kudus

Obyek wisata Air Terjun Montel terletak di sebelah utara Makam Sunan Muria, tepatnya di kaki Gunung Muria dengan puncaknya Songolikur (± 1.602 meter). Air Terjun Montel memiliki ketinggian sekitar kurang lebih 50 m dengan memiliki suhu sekitar berkisar 18-20 derajat Celsius sehingga menjadikan udaranya sangat sejuk.

Lokasi air terjun Montel Kudus ini berada di Desa Kajar, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Propinsi Jawa Tengah. Tepatnya objek wisata alam Air Terjun Montel ini ada di bgian sebelah utara dari Makam Sunan Muria, ada di kaki pegunungan Muria dan puncaknya yaitu Songolikur.

Jika sahabat Direktori Wisata Indonesia ingin pergi liburan ke objek wisata Air Terjun Montel Kudus kesana jangan khawatir untuk masalah lokasinya. Sahabat Direktori Wisata dapat berjalan kaki menyusuri sungai yang tepatnya ada di kawasan Rejenu. Ini berjarak kira-kira 1,5 km dari pesanggrahan Colo.

Kunjungi juga : Wisata Alam Terbaru Green Canyon di Desa Jurang Kudus

Air Terjun Gonggomino Colo Kudus

Kudus juga terkenal akan Wisata Air Terjun Gonggomino Colo di yang berada Dawe Kudus Jawa Tengah, objek wisata alam sangat menarik dan sedang ngehits di kalangan wisata untuk menghabikan waktu liburan di akhir pekan danmusim liburan.

Air Terjun Gonggomino adalah sebagai salah satu objek wisata alam yang menjadi salah satu andalan dari Kota Kudus, tempat wisata Kudus yang satu ini memiliki pemandangan indah serta suhu yang dingin sehingga dapat menjadi salah satu tempat untuk releksasi mencari ketenangan dari kesibukan dan aktivitas kota.

Air Terjun Gonggomino Kudus

Wisata Air Terjun Gonggomino Colo di Dawe Kudus Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Wisata Air Terjun Gonggomino Colo di Dawe Kudus Jawa Tengah juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Objek wisata Air Terjun Gonggomino Colo di Dawe Kudus Jawa Tengah merupakan sebagai salah satu objek wisata alam yang memang cukup terkenal di kudus. Lokasi air terjunnya pun tidak jauh dari dari objek wisata Kudus dan sekitarnya seperti air terjun Montel.

Obyek wisata alam air terjun di Kudus tersebut juga menyajikan berbagai pemandangan air yang jatuh dari atas perbukitan dan juga dengan pemandangan yang ada disekitarnya Untuk sahabat Direktori WIsata Indonesia yang suka dengan objek wisata alam serta kebetulan berada di dekat kota kudus. Mungkin tidak ada salahnya kalau kalian mencoba menengok panorama Air Terjun Gonggomino.

Air Terjun Kedung Gender

Objek wisata Air Terjun Kedung Gender letaknya Di Desa Japan, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Tepatnya tersembunyi di kaki pegunungan Muria. Tidaklah heran bila air terjun ini mendapatkan julukan surga yang tersembunyi di balik kaki pengunungan Murai di Kudus.

Air Terjun Kedung Gender di Kudus

Air terjun Kedung gender ini masih sangat perawan. Selain memiliki aliran air yang sangat deras udara di sekitarnya pun terasa masih sangat segar. Jika sahabat Direktori Wisata Indonesia akan mengujungi objek wisata Air terjun kedung gender ini, kami menyarankan jangan jalan sendiri, takutnya nanti sahabt Direktori Wisata nyasar. Kalian bisa mengajak teman-teman maupun sahabat  untuk mengunjungi objek wisata air terjun di Kudus yang satu ini.

Objek wisata alam Air Terjun Gender ini selain letaknya jauh dari pemukiman, rute jalan menuju ke lokasi pun juga masih ekstrim. Untuk menuju tempat wisata Kudus ini sangat mudah. Dari pangkalan ojek kawasan wisata Colo Muria, sahabat Direktori Wisata Indonesia dapat mengambil arah Gembong Desa Japan. Atau mengikuti rute jalan menuju ke lokasi melalui google map.

Sendang Jodo

Objek wisata alam Sendang Jodo merupakan mata air (sendang) yang memancarkan air tak henti-henti. Suasana di sekitar nya sangat indah yang diselimuti pemandangan hijaunya pepohonan di sekitarnya. Tempat wisata alam Sendang Jodo sesungguhnya masuk ke dalam kawasan lereng Gunung Muria.

Sendang Jodo di Kudus

Letak objek wisata Sendang Jodo berada di Desa Purworejo, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.
Konon informasi yang Direktori Wisata Indonesia dapatkan, Sendang yang diyakini warga sekitar kalau membawa pasangan ke tempat ini niscaya akan berjodoh sesuai nama sendang ini (Sendang Jodo yang berarti mata air jodoh).

Kunjungi juga 10 Destinasi Wisata Jawa Tengah Yang Menarik Dikunjungi Saat Liburan

Untuk mecapai tempat ini sangat lah mudah dari alun alun kota arah kan kendaraan anda ke arah Dawe, sesampai di perempatan Desa Panjang terus lurus saja sekitar 300 meter anda akan sampai di balai Desa Purworejo.

Air Terjun Pengantin Kudus

Wisata Air Terjun Pengantin di Dawe Kudus Jawa Tengah adalah salah satu tempat wisata yang berada di Dukuh Bakaran, Desa Piji, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Wisata Air Terjun Pengantin di Dawe Kudus Jawa Tengah adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari.

Air Terjun Pengantin Dawe di Kudus

Wisata Air Terjun Pengantin di Dawe Kudus Jawa Tengah memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota Dewe tidak mengunjungi Wisata Air Terjun Pengantin di Dawe Kudus Jawa Tengah yang mempunyai keindahanyang tiada duanya tersebut.

Wisata Air Terjun Pengantin di Dawe Kudus Jawa Tengah sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari ibur lainnya. Keindahan Wisata Air Terjun Pengantin di Dawe Kudus Jawa Tengah ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat Wisata Air Terjun Pengantin di kota Kudus.

Objek Wisata Air Terjun Pengantin di Dawe Kudus Jawa Tengah merupakan tempat wisata alam Kudus yang wajib sahabat Direktori Wisata Indonesia kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah di Dawe Kudus Jawa Tengah juga terbilang sangat ramah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing yang berkunjung ke tempat wisata Kudus ini.

Walau objek wisata alam Air terjun Kudus ini masih sepi, tapi untuk pemandangannya tidak kalah sama air terjun yang lain. Di tempat wisata alam Kudus ini sahabat Direktori Wisata indonesia cuma akan menemukan beberapa orang saja yang merupakan penduduk setempat. Biasanya sih mereka lagi melakukan kegiatan bertani atau nyari rumput buat ternak mereka. Tempat ini pas banget buat kamu melarikan diri dari kepenatan atau juga bisa sahabat Direktori Wisata Indonesia jadikan tempat liburan di alam.

Di tempat wisata Air Terjun Pengantin di Kudus ini juga terdapat Mitos. Konon informasi menurut warga setempat, bila ada pasangan pengantin baru datang ke tempat ini, nanti salah satunya bisa tiba-tiba menghilang entah kemana. Seperti di dalam film aja ya ? ha,, ha, ha,  Tapi jangan khawatir sahabat, namanya juga mitos, boleh percaya boleh tidak.

Karena lokasinya yang tersembunyi untuk mencapai tempat tujuan sahabat Direktori Wisata Indonesia harus melewati jalur jalan tanah setapak yang menanjak. Selain menanjak jalanan setapak tersebut masih terbuat dari tanah liat dan bebatuan keci-kecil. Sehingga untuk mencapai tujuan di butuhkan perjuangan yang sangat berat.

Kunjungi juga 7 Tempat Wisata di Tawangmangu Karanganyar Jawa Tengah

Tapi, jangan khawatir semua kelelahan ketika proses perjalanan akan terobati ketika sahabat Direktori Wisata Indonesia telah sampai di tempat tujuan, dan kalian akan menyaksikan pemandangan alam dan sensasi liburan di Kudus yang berbeda seperti tempat lainnya.

Beberaa objek wisata Kudus dan sekitarnya tersebut di atas yang bernuansa alam pedesaan merupakan contoh kecil bagi sahabat Direktori Wisata yang akan mengisi liburan di kawasan wisata Kudus.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :