Tempat Wisata Alam di Curug Cipurut Wanayasa Purwakarta

posted in: Purwakarta | 0

Direktori Wisata – Pesona keindahan alamnya yang tersilimuti sejuknya udara asri nan elok menjadi daya tarik wisatawan lokal dan daerah tuk liburan di Kabupaten Purwakarta.

Curug Cipurut Wanayasa Purwakarta

Potensi alam Purwakarta terus menjadi magnet baru bagi para wisatawan. Pihak pemerintah pun mulai mengembangkan dan mempromosikan satu per satu potensi kawasan wisata yang ada di daerah ini. Salah satu obyek wisata Purwakarta yang menjadi tempat liburan menyenangkan adalah Curug Cipurut yang lokasinya berada di Kecamatan Wanayasa Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Obyek wisata alamCurug Cipurut berada dibawah kaki Gunung Burangrang yang termasuk dalam kawasan Cagar Alam Gunung Burangrang. Curug atau air terjun ini mengalirkan air yang jernih. Lokasi wisata air terjun nan alami ini kerap menjadi objek photo selfie, tempat camping, kegiatan outbond, dan botram (makan bersama) di alam terbuka.

Curug Cipurut termasuk bagian dari Cagar Alam Gunung Burangrang yang dikelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jabar I dengan. Curug ini mengalirkan air yang jernih dengan adanya tiga bagian yaitu curug utama yang terdapat di ujung tebing dengan tinggi ± 25 m, serta dua curug lainnya yang lebih landai yang biasanya digunakan oleh pengunjung sebagai tempat seluncur.

Kawasan wisata alam ini biasa dipakai sebagai tempat berkemah, wisata alam terbuka (outbond), hingga tea walk. Curug ini memang termasuk ramah alias tidak membahayakan pare pngunjung dengan derasnya air. Airnya mengalir tenang dan sangat jernih.

Hadir dengan hiasan alami berupa rimbunna pepohonan, objek wisata ini memberikan sensasi kesegaran tersendiri. Bagi Anda yang ingin menjajal kesejukan air yang dingin khas pegunungan, cobalah untuk berbasah-basahan di sini. Anda bisa main di bawah jatuhan air, seluncuran, atau di aliran air.

Tiket masuk obyek wisata Curug Cipurut Purwakarta ini, kita akan dikenakan biaya Rp. 3.000,- / orang. Namun harga tiket tersebut bisa berubah sewaktu-waktu dari kebijakan pengelola.

Cara menuju Curug Cipurut kita bisa mengunakan kendaraan pribadi atau pun kendaraan umum. Bila sahabat Direktori Wisata menggunakan kendaraan pribadi kita bisa melalui tol Cipularang dan keluar melalui pitu Sadangtau Jatiluhu atau Ciganea. Selanjutnya ambil arah pusat kota Purwakarta dan ambil jalur yang menuu Wanayasa.

Bla sudah bertemu dengan Situ Wanayasa yang oetaknya berada di pinggir jalan, perjalanan dilanjutkan ke arah Kecamatan Bojong hingga bertemu pertigaan lalu ambil jalur yang ke Desa Sumurugul. Setelah samapai di Desa Sumurugul ambilah arah ke kiri yang akan mengantarkan kita ke Jalan Desa Sumurugul. Dari pertigaan jalan utama kita langsung ke arah Curug Cipurut yang jaraknya sekitar 1,5 km.

Baca : Pesona Wisata Alam Bukit Penenjoan Purwakarta

Sebagai tambahan informasi, di ujung jalan desa terdapat dua loksi tempat parkir kendaraan yang bisa kita pergunakan untuk menitipkan kendaraan kita di sana.

Baca : Pesona Air Mancur Sri Baduga Purwakarta

Sedangakn cara menuju ke Curug Cipurut dengan menggunakan kendaraan umum kita dapat menuju Terminal Simpang Purwakarta untuk mengunakan angkutan pedesaan atau elf menuju Terminal Wanayasa. Setelah samapai Terminal Wanayasa lalu perjalanan dilanjutkan dengan menggunakna angkutan perdesaan ke Bojong atau Sawit dan mintalah diberhentikan atau diturunkan di pintu gerbang Desa Sumurugul. Dari pintu gerbang desa kita bisa melanjutkan dengan menggunakan ojek hingga batas ujung desa atau tempat parkir kendaraan. Selanjtnya dilanjutkan perjalanan kaki untuk menuju ke lokasi tempat wisata di Purwakarta Curug Cipurut.