Tempat Wisata Air Terjun Luweng Sampang di Perbatasan Klaten Jogja

posted in: Wisata Alam | 0

Obyek Wisata Alam Air Terjun Luweng Sampang di Kawasa Klaten dan Gunungkidul Jogja

Direktori Wisata – Eksotika wisata alam air terjun Luweng Sampang berada di antara jepitan batu karst yang terbentuk dari guratan bak lukisan alam yang indah berada di daerah perbatasan Klaten dan Gunungkidul Jogja.

Objek wisata alam Klaten selalu menjadi destinasi liburan yang menyajikan setiap sisi keunikan eksotika alamnya yang indah. Bahkan di beberapa tempat wisata Klaten Jogja pun banyak bermunculan kawasan wisata alam yang menarik dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun luar daerah, salah satunya adalah objek wisata yang terletak di perbatasan Kabupaten Klaten dan Jogja yaitu Air terjun Luweng Sampang.

Air Terjun Luweng Sampang

Tempat wisata air terjun Luweng Sampang berlokasi di Desa Sampang, Kecamatan Gendangsari, Kabupaten Gunung Kidul. Tepatnya lokasi wisata ini bertepatan dengan perbatasan Kabupaten Klaten, Jawa tengah dan Jogja.

Salah satu daya tarik objek wisata alam air terjun di sekitar Jogja Klaten yang satu ini adalah keindahan bebatuan bercorak garis yang berlapis. Dimana setiap corak garis yang berada di bebatuan tersebur terlihat seperti lukisan yang terbentuk lewat proses alam yang disebabkan oleh erosi air.

Dari informasi yang Direktori Wisata Indonesia terima dari masyarakat setempat, asal muasal nama dari Air Terjun Luweng Sampang ini berasal dari bahasa Jawa, di mana “Luweng” yang berarti lubang, sedangkan “Sampang” adalah nama sebuah dusun yang berada di lokasi di tempat wisata air terjun Klaten ini.

Lanjut informasi….
Konon menurut informasi dari penjaga objek wisata alam air terjun Luweng Sampang di daerah perbatasan sekitar Klaten Jogja,  tempat ini dulunya dijadikan salah satu petilasan Sunan Kalijaga untuk menjalankan tapa ritualnya.

Dalam pengamatan Direktori Wisata di lokasi, air terjun tempat wisata di Klaten Jogja ini terlihat tidak terlalu tinggi.. Menurut informasinya tinggi Air terjun Luweng Sampang sekitar 5 hingga 6 meter.

Bahkan dari keterangan pemandu wisata lokal dan masyarakat setempat, objek wisata alam air terjun Luweng Sampang juga sering mendapat julukan sebagai Green Canyonnya Gunung Kidul. Selain itu kawasan Klaten juga dikenal dengan kolam alam untuk snorkling yang berada di objek wisata Klaten Umbul Ponggok.

Jangan lupa mampir di lokasi 10 Destinasi Wisata Jawa Tengah Yang Menarik Dikunjungi

Untuk harga tiket masuk ke lokasi wisata Klaten air terjun terjun Luweng Sampang ini harganya relativ murah, karena kita hanya dikenakan biaya masuk Rp. 5.000,- / orang. Namun untuk harga tiket masuk tersebut bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pengelola setempat.

Kenali 10 Tempat Wisata Alam Terbaik di Indonesia

Cara menuju objek wisata alam Air terjun Luweng Sampang sangat mudah, sahabat bisa menggunakan kendaraan pribadi dengan mengambil rute jalan tempat wisata Klaten Jogja yag menuju Desa Sampang. Atau sahabat Direktori Wisata dapat mengikuti rute jalan yang terdapat di dalam peta di bawah ini.

Objek wisata air terjun Luweng Sampang merupakan salah satu detinasi wisata di Klaten Jogja yang bisa menjadi alternativ tempat liburan dan rekreasi di alam terbuka. Semoga informasi wisata di Klaten ini bisa memberikan gambaran kepada sahabat untuk menemukan destinasi liburan nantinya. Selamat berlibur di Klaten, Jawa Tengah.[]

Follow Direktori Wisata:

Direktori Pariwisata Dunia menyajikan keragaman tempat wisata dunia dengan keindahan alam, budaya dan kearifan lokal serta wisata kulinernya.