Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2022 | All Right Reserved

Home / Jogjakarta / 16 Tempat Rekreasi di Gunungkidul yang Hebat untuk Bermain Air

16 Tempat Rekreasi di Gunungkidul yang Hebat untuk Bermain Air

/

Directory Rekreasi – Akhir-akhir ini, salah satunya kabupaten di Wilayah Spesial Yogyakarta, Gunungkidul sedang terkenal di kelompok wisatawan lokal.

16 Tempat Rekreasi di Gunungkidul yang Hebat untuk Bermain Air

Ada rekreasi alam berbentuk gua bawah tanah, air terjun, dan beberapa pantai perawan yang semakin jadi daya magnet intinya.

Walau akses ke arah sana cukup susah, beberapa pelancong masih tetap ikhlas tempuh perjalanan untuk nikmati macam keelokan alam.

Kurang syah rasanya jika belum rasakan keelokan alam di Gunungkidul saat piknik ke Jogja. Apa lagi, bila melewati semua kegiatan air yang dapat dilaksanakan di situ.

Pada tulisan ini, saya akan memberi daftar khusus mengenai tempat wisata air yang dapat kamu coba saat lagi ada di Gunungkidul.

Siap bermain air? Berikut penjelasannya!

1.Gua Pindul

Siapakah yang tidak mengenal dengan gua yang ini? Semenjak dibuka untuk umum, Gua Pindul langsung jadi “bintang” di lokasi rekreasi Gunungkidul.

Gua Pindul

Gua yang ada di Dusun Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo ini membuka dari dari Senin sampai Sabtu jam 07:00 – 18:00.

Waktu terbaik untuk berkunjung Gua Pindul ialah saat musim kemarau dan di hari kerja karena jumlah pengunjung tidak banyak sekali.

Di sini, kamu dapat rasakan pengalaman telusuri sungai bawah tanah sejauh 350 mtr. sekalian nikmati panorama stalaktit yang mempesona.

Dengan bayar ticket masuk sejumlah Rp40.000 per-orang, kamu akan memperoleh sarana sewa berbentuk lampu kepala, helm, ban, dan jaket pelampung untuk keselamatan.

Bila belum senang bermain air, kamu juga dapat rasakan kesan terjun langsung dari tebing dan menyelam di tempat yang dibolehkan oleh pengurus.

3.Goa Tanding

Sesudah dari Gua Pindul, kamu dapat bertandang ke Goa Tanding yang memiliki jarak cuma 300 mtr..

Goa Tanding

Tempat rekreasi yang dibuka pada 2016 ini mempunyai panjang capai 450 mtr. dengan kedalaman sekitar 1 – 5 mtr..

Keelokan ceruk-ceruk natural serta panorama stalaktit yang spetakuler bisa kamu cicipi sekalian bermain air.

Berlainan dengan Gua Pindul yang memakai ban pelampung, pelancong yang akan telusuri gua ini akan naiki satu perahu karet dengan kemampuan enam pelancong dan dua pemandu.

Dengan ticket masuk dengan harga Rp150.000, kamu akan memperoleh sarana keselamatan komplet dengan konsumsi dan telusuri tiga zone gua, yakni zone jelas, remang, dan gelap sepanjang sekitaran satu jam.

Untuk yang ingin melawan adrenalin, kamu dapat ambil paket rekreasi vertikal untuk masuk gua lewat lubang atap dengan kontribusi tali pengaman (rappelling) pada harga Rp200.000 per-orang.

4.Goa Jomblang

Di Gunungkidul, ada beberapa ratus gua pegunungan karst yang sebagiannya mulai jadi tempat wisata oleh masyarakat di tempat. Satu diantaranya ialah Goa Jomblang yang ada di Jetis Wetan, Semanu.

Goa Jomblang

Ada empat lajur yang dapat kamu tentukan untuk masuk gua ini. Bila kamu ialah seseorang yang mempunyai adrenalin tinggi, coba lajur paling sulit dengan masuk secara vertikal ke dalam mulut gua sedalam 80 mtr. dengan lakukan Singgel Rope Technique(SRT).

Sesampai di dasar, kamu dapat meneruskantrekkingmenuju Gua Grubug (zone ke-2 ).

Baca juga : Goa Jomblang:: Secuil Surga di Balik Hutan Purba Bantul Jogjakarta

Di situ, kamu akan menyaksikan cantiknya cahaya matahari menerobos stalaktit dan stalakmit, hingga memiliki bentuk seperti terlihat tiang kuat. Kamu harus berpose dispotyang sedang terkenal ini.

5.Kalisuci Tubing

Sesudah senang mengalahkan lajur berlebihan dan berpose di Goa Jombang, kamu dapat berkendaraan sekitaran 12 menit ke Kalisuci Tubing.

Kalisuci Tubing

Di sini, kamu akan rasakan pengalamancave tubing sekalian nikmati panorama gua dan cahaya matahari yang tembus pohon-pohonan teduh.

Untuk masuk ke arah tempat rekreasi ini, kamu harus bayar paket sejumlah Rp70.000 per-orang plus tambahan retribusi Rp5.000.

Saat sebelum bertandang, sebaiknya kamu mengontak pengurus lebih dulu karena tempat ini akan tutup saat sedang hujan atau debet sungai sedang benar-benar deras.

6.Luweng Sampang

Makin tertarik sama referensi sekitar gua dan kegiatan telusuri sungai seperti pada atas? Tenang, Gunungkidul masih mempunyai tempat rekreasi air yang lain yang harus kamu datangi, seperti Air Terjun Luweng Sampang.

Luweng Sampang

Tempat wisata yang berada di Dusun Sampang ini mempunyai kekhasan, di mana saluran air terjunnya ada antara bebatuan cadas yang tergerus air.

Gemercik air dan udara sejuk juga seolah menambahkan keinginan untuk selekasnya berenang di surga terselinap ini.

Baca juga : Tempat Wisata Air Terjun Luweng Sampang di Perbatasan Klaten Jogja

Luangkan waktu untuk bertandang kesini saat pagi, siang, atau sore hari karena kamu dapat ambil photo terbaik dengan background yang cantik.

7.Air Terjun Sri Gethuk

Ada di pinggir saluran Sungai Oyo yang asri, ada air terjun deras dengan tinggi 25 mtr. namanya Air Terjun Sri Gethuk.

Air Terjun Sri Gethuk

Untuk nikmati kegiatan di sini, kamu harus bayar ticket masuk sekitaran Rp7.000 per-orang (telah terhitung ongkos sewa rakit untuk telusuri sungai).

Baca juga : Liburan Air Terjun Sri Gethuk, Verdon Gorge Versi Gunung Kidul Jogja

8.Air Terjun Kedung Kandang

Salah satunya rekreasi air populer di daerah Nglanggeran ialah Air Terjun Kedung Kandang yang mempunyai ketinggian capai 25 mtr..

Air Terjun Kedung Kandang

Banyak pelancong yang bertandang kesini untuk menyaksikan antiknya air terjun yang mengucur antara bentangan sawah bertingkat.

Untuk capai tempat rekreasi ini dari arah teritori Gunung Api Purba, kamu dapat melanjutkan perjalanan beberapa ratus mtr. ke arah arah selatan.

Kemudian, kamu harus jalan kaki sepanjang 2 km menuruni bukit. Untuk pengunjung yang bawa kendaraan, dapat dipercayakan di dalam rumah masyarakat sekitaran.

9.Air Terjun Gedad (ATG)

Baru saja ini, diketemukan kembali air terjun terselinap yang mempunyai potensi jadi tujuan rekreasi di Gunungkidul namanya Air Terjun Gedad (ATG).

Air Terjun Gedad (ATG)

Tempat rekreasi yang ada di Desa Gedad, Banyusoco Playen ini mempunyai debet air cukup deras yang mengucur lewat bebatuan kapur yang bersusun ke atas seperti tangga.

Untuk ke arah tempat ini, kamu harus harus jalan kaki sepanjang 50 mtr. dari lokasi parkir kendaraan.

Yakinkan jika kamu memakai sandal atau sepatu yang nyaman supaya kaki tidak lecet saat jalan ke arah air terjun.

10.Pantai Kukup

Selainnya populer akan jumlahnya “surga” antara pegunungan karst yang dipunyai, Gunungkidul tawarkan daya tarik pesisir laut selatan yang mengagumkan.

Pantai Kukup

Salah satunya yang populer ialah Pantai Kukup yang berada di Kemadang, Tanjungsari.

Pantai yang menghadap langsung ke Samudera Hindia ini mempunyai bentangan pasir putih dan sebuah pulau karang yang terpisah dari tebing, sama dengan Tanah Lot di Pulau Bali.

Saat laut sedang kering, kamu juga dapat secara mudah mendapati beragam biota laut, seperti beragam tipe ikan-ikan kecil, kepiting, teripang, rumput laut, dan lain-lain.

11.Pantai Gesing

Tempat rekreasi ini ramai dibahas oleh pelancong karena kehadiran Jembatan Cinta, jembatan kayu yang paling panjang dan kerap dipakai sebagaispotuntuk berpose.

Pantai Gesing

Pantai yang ada di Girikarto, Panggang ini tawarkan panorama samudera terlepas dengan ombak yang besar.

Baca juga : Jembatan Cinta Pantai Gesing Gunungkidul Jadi Spot Foto Anak Milineal Berselfie

Di sini, kamu dapat lakukan bermacam kegiatan bahari, seperti memancing ikan-ikan besar, bermain di bentangan pasir putih, dan berenang. Ingat, untuk keamanan, kamu tetap harus siaga dan tidak boleh berenang terlampau jauh dari bibir pantai.

12.Pantai Jogan

Ingin tahu dengan panorama air terjun langsung bersumber ke lautan terlepas? Ya, Pantai Jogan ialah tujuan rekreasi yang perlu kamu incar.

Pantai Jogan

Pantai yang berada di Dusun Purwodadi ini tidak cuma menyajikan panorama bukit kapur, tebing, dan samudera seperti pantai di Gunungkidul yang lain.

Di sini, kamu bisa juga berenang di laut dan bermain di air terjun pada sebuah tempat.

Sesudah tempuh jalan berliku, turun, dan mendaki dari Jogja sekitaran 2 jam, perjalanan cukup capek yang kamu lewati akan terbayarkan saat datang di pantai yang ini.

13.Pantai Timang

Berani memicu adrenalin dari ketinggian tebing? Sekarang, waktunya kamu tiba ke Pantai Timang yang ada sekitaran 6 km dari Pantai Jogan.

Pantai Timang

Tidak cuma nikmati pemandangan laut yang cantik, di sini kamu bisa juga mengetes keberanian dengan seberangi pulau karang sepanjang 100 mtr. dari tebing curam memakai gondola yang dibuat dari kayu.

Saat melaju, kesetimbangan badanmu akan dites dengan angin ribut yang menimpa. Masih tidak cukup berlebihan?

Jika demikian, kamu harus coba jalan kaki di atas jembatan menggantung sejauh 200 mtr. yang ada belasan mtr. pas di atas laut. Berani coba?

14.Pantai Ngetun

Untuk kamu yang menyukai berekreasi ke pantai yang sepi, Ngetun ialah opsi terbaik. Tempat rekreasi ini ada Dusun Purwodadi, tidak jauh dari Pantai Jogan dan Timang.

Pantai Ngetun

Jalan ke arah pantai ini belum juga mulus, hingga kamu dianjurkan memakai kendaraan memiliki roda empat dengan keadaan sempurna.

Walau demikian, kamu tidak akan menyesal berkunjung Pantai Ngetun karena ada beberapa hal bagus yang kamu kerjakan.

Di sini, kamu dapat habiskan waktu untuk menentramkan raga dan jiwa. Sekalian menanti matahari tenggelam, kamu dapat bermain air di lautan biru atau jajan di warung sekitaran.

15.Telaga Biru

Telaga ini ada di tepian di antara daerah Kabupaten Gunungkidul dan Sukoharjo, persisnya di Desa Ngemplak.

Telaga Biru Gunungkidul

Tempat ini awalannya sebagai lokasi sisa pertambangan, sampai akhirnya tergenangi air dan beralih menjadi telaga warna biru di tengah-tengah bentangan sawah.

Baca juga : 3 Destinasi Wisata Unik Yang Sedang Trend di Jogja

Tidak sekedar melihat cantiknya telaga, pelancong bisa juga coba berenang di sini dengan bayar ongkos tambahan untuk sewa pelampung untuk keamanan pengunjung.

16.Embung Nglanggeran

Dalam suatu bukit yang ada dekat tempat wisata Gunung Api Purba, ada danau bikinan yang berperan sebagai penyimpanan air atau umum disebutkan embung.

Mempunyai panorama yang cantik, Embung Nglanggeran juga jadi sasaran banyak pelancong, khususnya untuk pecinta senja.

Ada pada ketinggian, Embung Nglanggeran tawarkan panorama cantik matahari tenggelam di langit Gunungkidul.

Untuk ke arah tempat ini, kamu dapat tempuh perjalanan sekitaran 45 menit dari pusat Kota Jogja.

Dibalik karakter alam yang keras dan kering karena sebagai sisi dari pegunungan karst, rupanya Gunungkidul simpan sejuta daya tarik pesisir pantai selatan yang menunggu lawatan beberapa pelancong.

Baca juga : 5 Destinasi Wisata Libur Lebaran Jogya Yang Bikin Happy Mudik di Yogyakarta

Menurut saya, berekreasi air yang hebat di Gunungkidul juga menjadi rekomendasi khusus untuk kamu untuk tutup berlibur prima sepanjang ada di Jogja.

Tidak perlu menanti waktu kembali, bagi tulisan ini ke media sosialmu, pesan ticket atau hotel dan persiapkan koper atau ransel saat ini , karena tempat rekreasi di Gunungkidul yang hebat untuk bermain air sudah menunggu Anda lho.![]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :