Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Nusa Tenggara Barat / Lombok / Tempat Perajin Tenun Khas Desa Sukarara, Lombok

Tempat Perajin Tenun Khas Desa Sukarara, Lombok

Intip, Desa Wisata Sukarara Dengan Perajin Tenun Songket Khas Lombok

Direktori WIsata.- Proses pembuatan tenun khas Desa Wisata Sukarara Lombok dengan keunikan hasil songketnya yang indah banyak di buru wisatawan Nusa Tenggara Barat.

Desa Sukarara yang berada di Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah yang berada 25 km dari Kota Mataram ini dikenal akan kerajianan songketnya yang unik dan indah. Sebagian besar warganya bermata pencarian sebagai penenun pengrajin songket.

kerajinan-lombok

Mengunjungi kawasan wisata pengrajian tenun di Desa Sukarara ini, sahabat Direktori Wisata akan banyak menemukan para wanita dengan menggunakan pakaian adat Sasak sedang mengerjakan pekerjaan menenun.

Dari informasi yang diterima Direktori Wisata, hampir semua penenun di daerah ini adalah wanita, proses pembuatannya masih dikerjakan secara tradisional, mulai dari persiapan pembuatan benang hingga pembuatan zat warna.

desa perajin-tenun-lombok

Sebuah pemandangan unik dan klasik, disudut jalan terlihat dua orang ibu-ibu sedang melakukan pembuatan benang dengan menggunakan pemberat yang diputar-putar dengan jari tangan.

Menurut informasi, pemberat tersebut berbentuk gasing yang terbuat dari kayu atau terakota. Dan untuk bahan membuat benang mereka menggunakan bahan yang terbuat dari kapas, kulit kayu, serat pisang, serat nanas, dan daun palem.

Lanjut…..
Sedangkan untuk pembuatan zat warna kain tenun ini terdiri atas dua warna, yaitu biru dan merah. Warna biru didapat dari indigo dan mengkudu, sedangkan merah didapat dari kesumba. Jadi bahan pembuatan warnanya pun masih terbilang sangat tradisional dan alami.

kerajinan-tenun-lombok

Bila kita melihat  proses pembuatan kain tenun songket  tradisional Pulau Lombok ini kita dapat melihat jelas bahwa dalam proses pembuatan tenun songket tradisonal memiliki ciri khas tersendiri dari teknik menambah benang pakan-nya.

Hiasan yang dibuat pun dengan menyisipkan benang perak, emas atau benang warna di atas benang lungsi. terkadang ada juga yang dihiasi dengan manik-manik kerang atau uang logam yang tidak terpakai lagi.

Baca juga : Wisata Kerajinan Tembikar Di Banyumalek Lombok

Di sepanjang jalan desa, kita banyak menemukan toko yang menjual kain tenun dari desa setempat dan dari desa sekitarnya. Bahan dasar yang bersifat alami dan tidak melalui proses kimiawai dalam pembuatan kain tenun di Desa Sukarara ini membuat harga relative lebih mahal jika dibandingkan dengan tempat lainnya.

Apalagi jika sahabat Direktori Indonesia memilih kain songket yang terbuat dengan menggunakan benang emas. Karena mereka memesan khusus benang tersebut dari Pulau Sulawesi dan Jawa. Namun, untuk jenis harga kain tenun songket tradisional untuk jenis lainnya harganya termasuk relatif murah ko.

Baca juga : Wisata Di tempat Pengrajin Mutiara Lombok

Berwisata sambil mengisi liburan di kawasan Desa Sukarara sambil melihat langsung proses pembuatan kain tenun songket di hampir setiap rumah penduduk lokal akan menjadikan liburan kita lebih berkesan dan memiliki nilai tersendiri penuh warna.

Untuk menuju ke lokasi Desa Wisata Sukarara tempat perajin tenun songket khas Lombok, Nusa Tenggara Barat ini, sahabat Direktori Wisata dapat menggunakan kendaraan roda empat atau pun roda dua. Kalian bisa langsung mengikuti rute yang terdapat di dalam peta yang ada di bawah ini.

Sebagai informasi terkahir , Desa wisata ini sering kali dikunjungi oleh para wisatawan domestik maupun mancanegara, sebagai tempat belnja oleh-oleh kain tenun songket khas Lombok loh. Selamat menikmati liburan sambil memilih kain tenun songket asli kha Lombok ya teman.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

14 Comments

  1. Wah mas cara membuat benangnya yang terbuat dari tumbuh tumbuhan itu yang membuat saya salut sama warga sukarara,,, pasti hasil tenunannya terlihat klasik….

    • Benar sekali gan, dan hal inilah yang menjadi produk tenun songket tradisional Lombok ini menjadi unik dan harganya pun lebih mahal sedikit dari di tempat lainnya. 😀

  2. tenun yang dibuat dengan ala tradisional (alami) seperti itu biasanya berkualitas dan harganya juga lumayan tinggi ya mas. ohya 2 orang foto yang di bawah itu kirain bapak-bapak, eh ternyata ibu-ibu ya. hehee

    • Banr mas Budi, bahkan banyak wisatawan domestik atau pun mancanegara yang membeli hasil dari produk tenun tradional ini.

  3. Hasil tenunannya yang bagus, juga di akui dunia 🙂

    • Banr Mba Sussi, hail produk tenun songket tradisional Lombok ini sangat diminati para wisatawan bahkan ada juga turis asing yang memborong hasil produk ini. 😀

  4. Harganya mahal.sebanding sih dengan cara pembuatan yg lama.cinta produk negeri dan menghargai pengrajin .

    • Harga untuk hasil produk pembuatan tenun tradisional Lombok ini cukup relative di atas harga yang lainnya mba, namun kualitasnya tidak kalah menarik dari yang modern, bahkan hasilnya pun lebih puas bila dipakai dalam acara-acara tertentu. 😀

  5. tenun lombok memang sangat indah ya…jadi kangen Pantai Senggigi

    • Benar mba, dari hasil proses pembuatan hingga jadinya pun kita bisa melihat kepawaian penduduk lokal dalam merajut benang dengan hasil warna kain tenun yang indah. Semoga bisa berkunjung ke Pulau Lombok lagi ya mba… 😀

  6. Setiap daerah ternyata hampir semua mempunyai kain tenun ya

    • Banr mas, danmasing-masing memiliki keunikan dan keunggulannya masing-masing juga loh dari hasil tenun buatan tradisonal-nya… 😀

  7. Dwi Puspita Nurmalinda berkata:

    melihat ini jadi pengen deh ke lombok..auooooo

    • Yuk, wisata ke Lombok Mba. Nanti bisa lihat rmah perajin tenun tradisonal yang di Desa Sukarara ini Mba. 😀

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :