Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

 
Home / Indonesia / Nusa Tenggara Barat / Lombok / Tempat Kerajinan Tembikar Khas Desa Banyumulek, Lombok

Tempat Kerajinan Tembikar Khas Desa Banyumulek, Lombok

 

Mengenal Kerajinan Tembikar Khas Desa Wisata Banyumulek, Lombok, Nusa Tenggara Barat

Direktori Wisata. –  Proses pembuatan kerajinan tembikar hasilkan produksi lokal yang unik dan menarik di Desa Wisata Banyumelek jadi daya tarik wisatawan di Lombok.

Kawasan Banyumulek dikenal sebagai wilayah dengan kualitas tanah lempungnya nomor satu di Pulau Lombok. Tidaklah heran bila rata-rata penduduk di daerah ini wargaya memiliki keahlian dan menjadi perajin gerabah.

kerajinan-keramik-lombok

Dari pengamatan Direktori Wisata di lokasi, kawasan daerah ini banyak ditemukan deretan art shop yang berjajar di sepanjang jalan di depan rumah warga. Kita akan dengan mudah menemukan tembikar cantik berjajar dan dipajang di sepanjang jalan.

Dengan tampilan dan pajangan yang menggoda pandangan mata, kita dapat bebas memilih seloo (gentong), dumang (anglo), kekete atau sigon (wajan), kemek (periuk), ceret, tong sampah, guci, dan masih banyak lagi model dan jenis hasil produksi tembikar yang dihasilkan oleh penduduk lokal di kawasan Banyumulek, Lombok.

sentra-kerajinan banyumulek-lombok

Informasi yang diterima Direktori Wisata, gerabah atau yang disebut dengan tembikar merupakan peninggalan budaya tradisional yang sudah dikenal sejak zaman bercocok tanam oleh masyarakat setempat.

Di lokasi tempat wisata kerajinan tembikar Banyumulek, Lombok ini kita akan mudah menemukan masyarakat penduduk lokal yang sedang melakukan aktifitas proses pembuatan tembikar dari tanah liat yang berada di halaman belakang rumah mereka.

Cara pembuatannya pun di sini masih mempertahankan teknik tradisional seperti halnya kegita wanita tersebut yang sedang melakukan proses pembentukan dari bahan dasar tanah liat yang akan dibentuk menjadi sebuah tembikar.

proses-pembuatan-keramik-lombok

Setelah jadi bentuk dan dikeringkan, maka proses selanjutnya tembikar-tembikar tersebut masuk dalam proses  pembakaran secara tradisional, yaitu dengan menggunakan jerami dan kayu bakar.

 

Teknik ini dikenal masyarakat lokal Banyumulek, Lombok dengan nama tenunug lendang atau pembakaran gerabah di tengah kebun. Setelah melalui proses pembakaran yang cukup lama, maka tembikar -tembikar tersebut mulai masuk dalam proses pendinginan dan selanjutnya akan diberi hiasan dengan motif yang berbeda-beda tentunya.

kerajinan-lombok

Untuk menambah penampilan agar terlihat indah, tembikar diberi hiasan atau anyaman yang terbuat dari sejenis kayu rotan. Anyaman ini disebut dengan nama “Ketak Lombok”. Ada pula hasil dari produksi tembikar-tembikar ini dibuat dengan model dan bentuk yang unik, dari ukuran besar hingga yang kecil. Harga dari tembikar-tembikar ini pun bervariasi, bergantung pada model gerabah dan tingkat kesulitan dalam membuatnya.

Kunjungi Juga Tempat Perajin Tenun Khas Desa Sukarara, Lombok

Untuk kualitas hasil pembuatan tembikar masyarakat lokal Banyumulek, Lombok terbilang memiliki keunggulan tersendiri. Dari informasi yang kami terima dari para pengrajin di lokasi ini, kandungan pasir kuarsa yang digunakan sebagai bahan campuran pembuatan tembikar ini cukup tinggi, dan koalin-nya pun cukup bagus. Dan yang paling menarik hasil dari produk ini dilengkapi dengan sertifikat tidak beracun, dan menjadikan produk ini aman digunakan sebagai tempat menyajikan makanan. Keren kan ?…

Kunjungi juga : Tempat Pengrajin Mutiara Oleh-Oleh Khas Lombok

Untuk menuju lokasi tempat wisata kerajinan tembikar Desa Banyumulek, Lombok ini aksenya cukup mudah, kita bisa menemukan kawasan desa ini 14 km di bagian sebelah Selatan Kota Mataram. Dapat dicapai dengan menggnakan kendaraan taksi atau kendaraan umum dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Untuk mempermudah akses perjalanan liburan kita menuju lokasi Desa Banyumulek, Lombok bisa mengikuti arah dari peta yang terdapat di bawah ini.

Dengan mengunjungi kawasan wisata kerajinan tembikar di Banyumulek, Lombok kita akan mengetahui sebuah potensi dari hasil produk lokal yang cukup unik dan indah. Salah satu souvenir khas yang dikenal dari kawasan wisata Lombok adalah produk lokal dari tembikar atau gerabah seperti ini. Tertarik dengan hasil produksi lokal Desa Banyumulek, Lombok ? …. Selamat berlibur di kawasan Lombok.[]

 
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
 
 

10 Comments

  1. tembikarnya unik, masih sangat tradisional

    • Benar mas, proses pembuatan tembikar ini pun masih sangat tradisional.

  2. Nama daerahnya bagus, banyumulek kalau diartikan lucu hehe..
    daerah ini tempat wiasata juga ya mas..? bagus, semakin banyak kerajina tradisional, maka semakin dikenal bangsa ini dengan karyanya ya mas.. trims info gerabahnya ya

    • Asal jangan salah menyeutnya saja Mba, nanti malah tidak jadi lucu 😀

  3. Kerajinan yang patut dilestarikan, karena dapat menyerap tenaga kerja

    • Itu yang paling penting mas, dengan dapat memperkenalkan produksi dalam negeri seperti tembikar di kawasan Lombok ini, maka ekonomi daerah tersebut akan menjadi lebih baik dengan banyaknyahasil produk dari mereka di kenal.

  4. baru tau mas saya kalau ada kerajinan tembikan di banyumulek lombok…selama ini lombok hanya terkenal dengan keindahan pantainya yang tidak kalah menarik dengan bali. ok makasih deh mas infonya…semoga aja bisa kelombok lagi…#seru

    • Bukan hanya keindaha alamnya saja Pulau Lombok memiliki sebuah potensi, namun bila dapat digai dari hasil sebuah tradisi dan adatnya malah masih banyak yang tersembunyi di sana Mbah, untuk dikenal dan digali terus.

  5. saya punya tulisan yang sama tentang kerajinan lombok karena saya berasal dari lombok

    • Oya…. terimakasih atas kunjungannya gan, maaf link hidupnya saya hapus. Next time jangan simpan link hidup ya mas 😀

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :