Oh Snap!

Please turnoff your ad blocking mode for viewing your site content

9 Tempat Desa Wisata Yang Unik Lagi Nge Hits di Indonesia

9 Desa Wisata Yang Menarik di Kunjungi dan Lagi Nge Hits di Indonesia

Direktori Wisata – Objek wisata berkonsep desa wisata yang lagi nge hits menarik dikunjungi di Indonesia bagian barat dan Indonesia bagian tengah.

Indonesia dengan ragam potensi wisata alam dan tradisi masyarakat lokalnya yang unik, menjadikan kawasan ini mulai banyak dilirik oleh wisatawan lokal maupun mancangera. Banyaknya pertumbuhan desa wisata yang berada di kawasan Indonesia menjadi salah satu penyebab pergerakan ekonomi masyarakat desa menjadi lebih kreatif dan inovasi dalam membangun dan mengembangkan potensi di daerahnya.

Desa Wisata

Salah satu daya tarik objek wisata Indonesia yang banyak diminati bagi para wisatawan untuk habiskan masa liburan mereka di Indonesia adalah desa wisata yang berada di beberapa daerah Indonesia. Selain kita dapat menikmati panorama alam desa yang indah. Di tempat wisata Indonesia yang lagi nge hits dan ramai dikunjungi ini kita pun dapat menyaksikan langsung kehidupan masyarakat lokal dalam aktifitas kehidupan mereka sehari-harinya.

Beberapa desa yang berada di Indonesia telah mendapatkan penghargaan dari pemerintah Republik Indonesia karena telah dianggap berhasil mengelola sektor pariwisata di desanya. Penghargaan tersebut menggambarkan bahwa desa-desa wisata tersebut telah mampu berkembang dan berprestasi untuk terus memajukan pariwisata nasional melalui kosep pengembangan masyarakat desa dengan kosep Desa Wisata.

Berikut Daftar Desa Wisata Yang Unik di Indonesia yang lagi nge hits dan menarik dikunjungi versi Direktori Wisata Indonesia.

Desa Wisata Nagari di Pesisir Selatan Sumatera Barat

Nagari atau yang dikenal dengan sebutan Desa Adat Sungai Nyalo di kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat merupakan salah satu tempat wisata di Indonesia bagian barat yang mendapatkan penghargaan sebagai desa dengan perkembangan wisata tercepat. Desa wisata Nagari hanya dengan waktu 2 tahun terakhir desa ini mampu berkembang di sarana dan prasarana lokasi wisatanya.

Wisata Bahari Kepulauan Mandeh Sumatera Barat

Konon informasi yang Direktori Wisata Indonesia dapatkan, peningkatan tajam ini tidak lepas dari digelarnya “Mandeh Joy Sailling” pada bulan November 2014 dan bulan Mei 2015 silam. Sisi positif dari banyaknya kunjungan para wisatawan di objek wisata Indonesia yang terdapat di kawasan desa tersebut, membuat ekonomi masyarakat desa menjadi tambah maju.

Konon dulunya masayarakat lokal di desa ini mengandalkan perekonomian dari hasil tangkapan ikan saja, namun kini masyarakat lokal telah mampu berhasil menambah penghasilan tambahan dengan membawa wisatawan untuk menjadi pemandu wisata lokal dengan menggunakan perahu mereka untuk membawa para wisatawan berkeliling ke tempat wisata di Indonesia bagian barat Indonesia yang berada di Kepulauan Mandeh.

Kenali objek wisata Indonesia lainnya : Wisata Bahari Kepulauan Mandeh Pesisir Selatan Sumatera Barat

Desa Wisata Madobak di Kepulauan Mentawai Sumatera Barat

Desa Madobak merupakan salah satu tujuan wisata unik di Indonesia yang berada di Mentawai, Sumatera Barat. Desa wisata unik ini mendapat peredikat desa terbaik dalam katagori desa wisata adat. Hal ini di sebabkan Desa Wisata Mabobak memiliki keunikan budaya dan adat.

Desa Madobak Menatawai

Konon informasi yang Direktori Wisata Indonesia terima, masyarakat lokal di desa Madobak masih memegang kuat adat istiadat dalam kehidupan sehari-hari, bersosial dan juga dalam menjalankan spiritualnya. Masyarakatnya hidup dengan berladang dan juga berburu. Kehidupan masyarakat lokal di desa ini sangatlah sederhana, dimana makanan pokok mereka adalah sagu.

Masyarkat desa Mabodak di Mentawai masih mempercayai dengan adanya”Sekerei” yaitu upacara pengobatan tradisional dengan memanggil roh untuk menyembuhkan suatu penyakit, ya terbilang unik cara ini . Namun percaya atau tidak cara ini masih digunakan oleh masyarakat lokal di Desa Mabodak Mentawai. Sedakan ibu-ibu di desa ini, mereka juga memiliki kerajinan dalam membuat tikar pandan yang mereka jual di pasar.

Para wisatawan yang berkunjung di desa wisata Mudobak ini bisa tinggal di rumah-rumah penduduk lokal setempat untuk menikmati pengalaman hidup dan adat setempat. Tempat wisata di Indonesia bagian barat yang berada di Mentawai ini juga memiliki potensi wisata alam yang indah, seperti air terjun Kulu Kubuk yang memiliki ketinggian 7 meter.

Untuk mencapai di desa Mabodak di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat kita hanya memerlukan waktu perjalanan selama 5 jam perjalanan penyebrangan melalui Pelabuhan Bungus dan Pelabuhan Muara Padang antara jam 16.00 s/d 20.00 WIB.

Sebagai tambahan informasi untuk sahabat Direktori Wisata Indonesia, untuk transpotasi darat di Mentawai khusunya di Desa Mabodak yang tersedia hanya motor yang disewakan sesuai dengan jarak tempuh.

Desa Wisata Tamansari di Banyuwangi, Jawa Timur

Desa Tamansari merupakan salah satu objek wisata di Indonesia bagian barat yang berhasil menjadi desa wisata terbaik dalam katagori pemanfaatan jejaring bisnis. Penghargaa Desa Wisata terbaik yang diperoleh dari desa yang terletak di bawah kaki Gunung Ijen ini dinilai berhasil merintis pengembangan potensi wisata seperti home stay, kendaraan wisata, jasa guide serta beberapa usaha kecil menengah.

Desa Tamansari Banyuwangi

Tempat wisata di Indonesia bagian barat di Desa Wisata Tamansari ini tidak hanya memiliki objek wisata Gunung Ijen saja, karena guide wisata lokal akan mengajak kita untuk melihat dan menikmati objek wisata Indonesia lainnya yang ada di daerah sekiatar Desa Wisata Tamansari Banyuwangi seperti Kampung Bunga, dan Kampung Susu serta Kampung Penambak.

Bagi sahabat Direktori Wisata Indonesia yang akan menikmati salah satu objek wisata hutan pinus di Banyuwangi, di desa wisata ini pun kita dapat megikuti kegiatan wisata hutan pinus nan eksotis.

Desa Wisata Pujon Kidul di Malang, Jawa Timur

Desa Pujon Kidul Kabupaten malang merupakan salah satu tempat wisata di indonesia bagian barat yang menjadi salah satu desa wisata agro terbaik tahun 2017. Salah satu tempat wisata yang unik di Indnesia yang memiliki kafe di tengah sawah ini kono mampu menarik wisatawan sekitar 3.000 orang di setiap akhir minggu, dan sekitar 500 pengunjung pada hari kerja.

Kafe Pujon Malang

Selain kafe sawahnya Desa wisata Pujon Kidul juga di tunjang beberapa dusun-dusunnya yang produktif, ada dusun yang berkonsentrasi penuh ke susu sapi. Sehingga dusun tersebut mendapat julukan sebagai Kampung Susu. Ada juga dusun lain yang disebut kampung Toga, Kampung Markisa, Kampung Apel dan jambu merah.

Bila sahabat Direktori Wisata indonesia berkunjung di Desa Wisata Pujon Kidul, sempatkanlah waktu sejenak bermain di kawasan wisata hutan pinus Malang yang menawarkan taman bermain dan hiburan di lereng perbukitan semeru yang memiliki spot-spot unik dan indah untuk habiskan waktu liburan di kahir minggu bersama keluarga dan orang tercinta.

Desa Wisata Ubud Gianyar Bali

Desa Ubud di kabupaten Gianyar Bali mendapat penghargargaan sebagai desa wisata budaya. Desa yang menjadi salah satu objek wisata Indonesia yang mendunia ini telah menjelma sebagai destinasi wisata terfavorit bagi wisatawan mancangera.

Konon informasi yang Direktori Wisata Indonesia terima dari pra wisatawan asing yang pernah singah di sana, mereka merasa tenang selama tinggal di Ubud Bali. Di tengah alam nan elok di lereng pegunungan ini pun banyak sekali seniman Bali yang dapat kita jumpai di desa ini yang menjadi tempat tinggal mereka. Karena itulah desa ini juga di sebut sebagai objek wisata Indonesia yang berkonsep Kampung seniman.

Desa Wisata Waturaka di Ende, Nusa Tenggara Timur

Desa Waturaka merupakan salah satu tujuan wisata unik di Indonesia yang terletak di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur. Desa ini meraih katagori alam terbaik dalam pemilihan desa wisata Award terbaik 2017 yang diselenggaran oleh Kementrian PDTT. Desa yang berjarak sekitar 54 km dari Kota Ende Nusa tenggara Timur ini memiliki masyarakat yang ikut dalam komunitas adat suku Lio yang menjadi peyanggah kawasan Taman Nasional Kalimutu.

Taman Nasional Danau Kalimutu Flores

Selain menjadi penghasilan dari masyarakatnya, keberadaan objek wisata Indonesia yang berada di Waturaka Ende Flores ini juga menjadi salah satu faktor daya tarik wisata Kalimutu yang memiliki danau objek wisata danau tiga warna. Di desa ini terdapat lebih dari 10 homestay milik warga yang dapat disewakan oleh wisatawan yang berkunjung ke objek wisata di Indonesia bagian tengah.

Desa Wisata Ponggok di Klaten, Jawa Tengah

Desa Ponggok merupakan salah satu objek wisata Indonesia yang menarik dikunjungi di Jawa Tengah. Desa ini mendapatkan award sebagai desa wisata katagoru pemberdayaan masyarakat pada tahun 2017. Melihat objek wisata Umbul Ponggok yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa atau Bumdes Tirta Mandiri terus menunjukan prospek yang cerah dan jumlah warga yang akan menanamkan investasi pun kian bertambah.

Umbul Ponggok Klaten

Konon informasi yang Direktori Wisata indonesia dapatkan , dari sekitar 700 warga yang tinggal, 430 diantaranya menjadi invenstor dalam usaha pengelolaan objek wisata Umbul Ponggok. Dimana nilai inventasinya sekitar Rp. 5.000.000,- / keluarga dengan bagi hasil berkisar 7% hingga 15% perbulan dan itupun tergantung pada kepadatan peningkatan pengunjung.

Desa Wisata Teluk Meranti di Pelalawan, Riau

Desa Teluk Meranti merupakan salah satu tujuan wisata unik di Indonesia yang berada di Kabupaten Pelalawan, Riau. Desa ini dinobatkan sebagai desa wisata kreatif 2017, hal ini dikarenakan Desa teluk Meranti dapat mengeksplore tempat wisata Ombak Bono menjadi sebuah objek wisata Indoensia.

Sungai Kampar Riau

Dimana ombak Bono yang dulu menakutkan, kini telah menjadi destinasi wisata menarik dikunjungi bagi wisatawan lokal dan juga waisatawan mancanegara. Setelah ombak bono masuk dalam daftar wisata nasional, para perselancar-peselancar lokal maupun mancanegara pun ikut banyak meramaikan salah satu objek wisata di Indonesia bagian barat yang berada di kepulauan Riau.

Kenali  jangan lupa mampir di 16 Tempat Wisata Yang Sedang Trend Di Riau

Desa Wisata Bontagula di Bontang, Kalimantan Timur

Desa Bontagula merupakan salah satu tempat wisata di Indonesia bagain tengah yang menjadi tujuan wisata unik di Indoesia yang berada di Bontang, Kalimatan Timur. Dimana posisi Bontang yang diapit dengan laut, membuat posisi bibir pantainya terlihat indah yang menjadi salah satu objek wisata di Indonesia bagian tengah yng menarik dikunjungi.

Pantai Bontang

Bila kita hadir di tempat wisata Indonesia yang berada di daerah Bontang, banyak spot wisata yang mudah kita temukan dan menjadi andalan di desa ini. Dan karena keindahan laut dan aktifitas warganya yang berada di pesisir pantai, desa ini akhirnya mendapat penghargaan sebagai desa wisata maritim terbaik 2017 yang menarik dikunjungi .

Dari 9 Desa Wisata di Indonesia  tersebut di atas merupakan kepingan surga wisata alam yang ada di Indonesia yang dapat menjadi alternatif tujuan bagi sahabat Direktori Wisata Indonesia berlibur dan menghabiskan waktu luang bersama keluarga atau pun sahabat. Percalah sahabat tempat wisata yang unik di Indonesia itu indah banget, dan kalian akan dibuatnya takjub akan ciptaan Tuhan yang di sematkan di bagian belahan bumi pertiwi ini. Seamat liburan.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
  • stumbleupon
This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks :Ad Views :