Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

 
Home / Indonesia / Sumatera / Taman Wisata Alam Bukit Lawang Nan Eksotis, Sumatera – Indonesia

Taman Wisata Alam Bukit Lawang Nan Eksotis, Sumatera – Indonesia

 

Jelajah Kawasan Wisata Alam & Konservasi Orangutan Di Bukit Lawang Sumatera

Direktori Wisata. – Tempat wisata alam Bukit Lawang terletak di Kecamatan Baharok, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Tempat wisata alam Bukir Lawang berbatasan langsung dengan kawasan Taman Nasional Gunung Leuser  yang memiliki lahan luas dengan bentangan area hingga Provinsi Aceh, dan menjadi tempat konservasi alam serta penangkaran orangutan yang menjadi destinasi wisata menarik di kawasan Bukit Lawang yang diminati oleh para wisatawan mancanegara.

bukit-lawan

Dari data dan informasi Direktori Wisata Indonesia terima, kawasan tempat wisata alam Bukit Lawang dibelah oleh Sungai Baharok yang merupakan anak sungai Wampu. Dan di kawasan  tempat wisata alam ini pun terdapat beberapa goa yang terbentuk dari proses alam.

Pada umumnya wisatawan mancanegara mengunjungi obyek wisata alam Bukit lawang mengunjungi tempat penangkaran orangutan dan melakukan rafting di aliran sungai Baharok.

bukit-lawang

Bila kita akan mengunjungi tempat pusat penangkaran orangutan di kawasan wisata alam Bukit Lawang ini, kita dapat menempuh dengan berjalan kaki dan menyusuri sungai dengan jarak tempuh +/- 20 menit. Setelah itu kita melanjutkan dengan menyeberangi sungai dengan menggunakan perahu kecil yang bertali.

Sebagai informasi tambahan, tempat pusat penangkaran orangutan ini dibuka dua sesi, yaitu pada pukul 09.00 WIB sampai dengan 10:00 WIB, dan untuk sesi kedua pada pukul 15:00 WIB sampai dengan pukul 16:00 WIB.

orangutan-bukit-lawang

Konon dulunya tempat pusat rehabilitasi orangutan ini hanya dikunjungi oleh para peneliti maupun koservasionis. Dan pada perkembangannya daerah kawasan Bukit Lawang ini menjadi tempat Pusat Pengamatan Orangutan Sumatera (View Centre) dan menjadi salah satu obyek wisata alam yang menjadi andalan di daerah Sumatera Utara yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan domestik dan mancanegara.

 
taman-nasional-gunung-lauser-bukit-lawang

Kawasan Bukit Lawang diakui sebagai pintu gerbang terbaik bangi kita untuk menikmati keindahan alam Taman Nasional Gunung Leuser Walaupun tempat ini bukan menjadi tempat rehabilitasi dan pelestarian orangutan,

Hutan di kawasan Bukit Lawang masih menyisakan peluang untuk sebuah aktivitas wisata alam dan pengamatan orang utan Sumatera Utara dan juga beberapa spesies tumbuhan dan satwa lainnya yang ada di lokasi tersebut.

orangutan-taman-nasional-bukt-lauser

Dari informasi, kedua sesi jam tersebut diatas merupakan waktu dimana orangutan yang berada di tempat pusat penangkaran diberi makan. Dan untuk makanan yang diberikan kepada orang utan sangat ketat sekali.

Hal ini sebagai salah satu upaya pencegahan penyakit kepada orangutan, dan para wisatawan yang berkunjung ke lokasi ini tidak bisa sembarangan memberi makan kepada orang utan dan diminta untuk tidak berbicara dengan nada keras yang dapat mengganggu kenyamanan orangutan tersebut.

Transportasi Untuk Menuju Tempat Wisata Alam Bukit Lawang

Untuk menuju tempat wisata Bukit Lawang, kita dapat menempuh melalui perjalanan udara dengan menggunakan pesawat terbang ke Bandara darat dari kota Medan melalui Bandara Kualanamu, dan dilanjutkan melalui perjalanan menuju Binjai dengan kendaraan umum, denga waktu tempuh sekitar 2,5 jam perjalanan dengan jarak sekitar 80 km.

Kondisi jalan menuju kawasan Bukit Lawang sangat baik dan sudah beraspal.  Untuk informasi jalur akse dan rute perjalanan dari Bandara Menuju Kualanamu menuju Binjai bisa.

Penginapan Di Tempat Wisata Alam bukit Lawang

Untuk informasi kita, bila kit atelah sampai di lokasi tempat wisata Bukit Lawang, kendaraan diparkir di tempat yang telah ditentukan, dan untuk masuk ke lokasi hotel atau penginapan kita berjalan kaki dan membutuhkan waktu sekitar +/- 30 menit untuk mencapai penginapan. 

Sedangkan untuk pondok-pondok penginapan wisata bernuansa alami di sekitar tempat ini tarifnya berkisar antara Rp. 100.000,- sampai dengan Rp. 500.000,- per malam.

Untuk fasilitas hotel dan penginapan di sekitar tempat Bukit Lawang rata-rata tidak ada akses internetnya, namun bila kita membutuhkan jalur akses internet sebaiknya kita membawa modem atau pun kita bisa ke warung internet yang ada di sekitar lokasi penginapan.

Sedangkan untuk fasilitas  wisata yang tersedia di lokasi kita dapat menemukan restaurant atau rumh makan, areal camping ground, viewing centre, information corner, visitor centre, terminal, pintu gerbang kawasan, jalan setapak, papan informasi feeding site dan sampan penyeberangan menuju kawasan Taman Gunung Leuser. Dan tempat wisata alam Bukit Lawang Sumatera Utara ini telah menjadi daerah tujuan wisata hutan hujan tropis yang cukup dikenal di mancanegara.[]

 
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
 
 
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :