Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jakarta / Taman Wisata Dua Belas Shio di Taman Mini Indonesia Indah

Taman Wisata Dua Belas Shio di Taman Mini Indonesia Indah

/
/

Menilik Spot Cantik Instagramable di Taman Wisata Shio Taman Mini Indonesia Indah

Direktori Wisata – Taman bermain dan liburan keluarga dengan suasana asri menggambarkan jenis shio yang menjadi kepercayaan dari masyarakat etnis Cina Indonesia.

Mengisi liburan di Jakarta tidak hanya mengunjungi kawasan mall atau pun pantai saja. Walau terbilang Jakarta memiliki banyak destinasi wisata yang menarik untuk berlibur, di kota ini pun kita dapat mengunjungi taman rekreasi yang menjadi salah satu objek wisata unik di Jakarta salah satunya adalah Taman Wisata Shio Dua Belas.

Taman Dua Belas Shio

Taman dua belas Shio mini Indonesia ini terlihat asri dan berudara sejuk. Berada di salah satu tempat wisata Jakarta Timur ini dilengkapi dengan segala bentuk ornamen prasasti yang menggambarkan semua jenis shio yang menjadi kepercayaan dari masyarakat Cina.

Taman shio dua belas berada di dalam area halaman belakang Taman Budaya Tionghoa Indonesia yang berada di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur.

Taman Shio Dua Belas Indonesia

Taman rekreasi keluarga yang di lengkapi dengan berbagai bentuk cerita budaya dari masyarakat Tionghoa yang ada di Indonesia ini memiliki beberapa bentuk dari diorama masing-masing shio yang digambarkan oleh masyarakat Tionghoa yang menjadi sebuah tradisi kehidupan mereka.

Konon dari informasi yang Direktori Wisata Indonesia dapatkan di lokasi, shio-shio tersebut merupakan simbol binatang dari masyarakat Cina yang menggambarkan tentang perputaran siklus 12 bulan kalender di setiap tahun.

Lanjut informasi…..
Dalam kalender Cina, awal tahun di mulai dari akhir bulan Januari dan juga awal bulan Febuari, dan bagi masyarakat Cina tersebut, sitem penanggalannya tersebut masih sering digunakan untuk menyambut acara besar, seperti memperingati “Tahun Baru Cina” atau yang dikenal dengan sebutan Imlek.

Taman Shio Taman Mini Indonesia Indah

Konon menurut cerita legenda masyarakat Cina kuno, ke dua belas shio yang dikumpulkan dalam satu hari tersebut untuk menentukan siapa yang akan menjadi pemimpin dalam perjalanan siklus selama satu tahun yang di adakan oleh Sang Pencipta Alam.

Lanjut informasi,,,,,,,
Dalam perjalanan kontes tersebut Sang Khalik menyatakan kepada seluruh peserta, “Bagi siapa pun yang berhasil menyeberangi sungai akan mendapatkan kesempatan pertama untuk memimpin, dan sisanya akan mengikuti dibelakangnya sesuai urutan kehadiran mereka,

Setelah pengumuman tersebut, berlangsulah pelaksaan konten untuk memperebutkan posisi pertama. Dalam kisah lanjutnya tersebut si kucing memberitahukan berita aik ini kepada sahabat baiknya yaitu tikus, dan mereka setuju dan sepakat untuk pergi bersama keesokan harinya.

Namun, pada saat kontes dimulai Tikus tidak membangunkan si Kucing yang sedang tidur sangat nyenyak. Dikarenakan ambisi si kucing untuk mengikuti dan memenangkan kontes tersebut, maka si kucing pun tidak dibiarkan tidur pulas. Dan akhirnya si Kucing pun tidak mengikuti kontes ini, karena tertidur lelap sepanjang hari.

Tanpa di sadari si Tikus, Si kucingpun tidak kalah cerdik. Karena tidurnya hanya sebuah trik si Kucing dalam mengelabui si Tikus agar si Tikus tidak mengetahui strategi si Kucing dalam mengikuti perlombaan tersebut.

Lanjut cerita …..
Dengan kecerdikannya, maka si Tikus pun menaiki punggung si Kerbau pada saat perlombaan berlangsung. Dengan postur tubuh yang kuat si Kerbau pun mampu melintas sungai dengan susah payahnya, dan setelah akan sampai di seberang sungai, maka si Tikus yang berada di pundak si Kerbau pun meloncat ke tepi darat dan sampai lebih dahulu dari pada si Kerbau.

Akhir cerita perlombaan tersebut……
Si Tikus pun menjadi pemenang dalam lomba kontes tersebut. Dan binatang yang terakhir sampai menyeberangi sungai adalah si Babi yang pemalas. Dari cerita legenda inilah, maka si Tikus menjadi tahun awal dari Shio di tahun penanggalan Cina, dan di akhiri oleh shio Babi.

Kenali juga : 8 Objek Wisata Yang Terkenal di Dunia

Konon informasi selanjutnya yang Direktori Wisata Indonesia terima, dari cerita legenda shio ini lah permusuhan antara binatang Tikus dan Kucing berawal, sehingga sampai dengan hari ini kedua binatang tersebut masih sulit untuk hidup dengan akur.

Berikut merupakan cuplikan video pada saat Direktori Wisata indonesia berkunjung di lokasi Taman Shio Dua Belas di Taman Mini Indonesia Indah.

Harga tiket masuk Taman Dua Belas Shio ini gratis, sahabat Direktori Wisata Indonesia hanya dikenakan biaya tiket masuk area wisata Taman Mini Indonesia Indah saja yaitu Rp 10.000,- / orang. Namun bagi kita yang membawa anak balita di bawah tiga  tahun tidak dikenakan biaya masuk area TMII.

Cara menuju ke lokasi Taman Shio Dua Belas ini, sahabat Direktori Wisata Indonesia dapat menggunakan kendaraan roda seperti motor atau pun sepeda. Sedangkan untuk menggunakan mobil atau pun bus untuk parker kendaraannya dapat di halaman depan atau milihat kondisi kepadatan pengunjung di lokasi.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :