Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2022 | All Right Reserved

Home / Kuningan / Taman Purbakala Cipari, Tempat Berlibur Sekalian Belajar Di Kuningan

Taman Purbakala Cipari, Tempat Berlibur Sekalian Belajar Di Kuningan

/

Directory Rekreasi – Taman Purbakala Cipari kerap kali jadi arah untuk rekreasi pembelajaran yang berada di Kuningan, Jawa Barat. Sama seperti yang kita kenali jika Kuningan bukan hanya mempunyai rekreasi alamnya yang cantik, tetapi juga rekreasi pembelajarannya.

Taman Purbakala Cipari, Tempat Berlibur Sekalian Belajar Di Kuningan

Taman Purbakala Cipari sebagai salah satunya tempat Purbakala yang penting untuk dipahami oleh angkatan muda, dan jadi satu kebanggaan tertentu untuk warga Kuningan.

Pasalnya Taman Purbakala Cipari ini mempunyai beberapa situs warisan dimulai dari jaman megalitikum atau jaman batu, jadi bukanlah hal aneh jika Taman Purbakala Cipari ini kerap jadi referensi untuk studi tur.

Menurut hasil pencarian dari beberapa periset, Taman Purbakala Cipari diprediksi sudah melalui dua periode pemukiman, yakni akhir jaman neolitik dan awalnya jaman perunggu.

Baca juga : Liburan Di Kampung Budaya Sindang Barang Bogor

Tidak itu saja, Situs Taman Purbakala Cipari dihias taman yang cantik. Hingga anak-anak tidak akan jemu bila kamu mengajak ke arah tempat rekreasi Kuningan yang ini.

Riwayat Situs Taman Purbakala Cipari

Situs Taman Purbakali Cipari pertama kalinya diketemukan oleh warga sekitaran di tahun 1972, selanjutnya sekitaran tahun 1975 dilaksanakanlah ekskavasi arkeologi yang dipegang Tegar Asmar.

Riwayat Situs Taman Purbakala Cipari

Yang di saat itu sukses mendapati beragam tipe perkakas dapur, gerabag, perunggu, dan beberapa sisa fondasi bangunan.

Selanjutnya di tahun 1978 Taman Purbakali Cipari disahkan oleh Menteri Pengajaran dan Kebudayaan di saat itu, yaitu Prof. Dr. Syarif Thayeb. Saat sebelum masuk tempat situs, ada sebuah prasasti yang dibubuhi tanda-tangan beliau.

Baca juga : Danau Batu Bacan, Tempat Rekreasi Tidak Biasa yang Hits di Sukabumi

Dalam Museum Situs Taman Purbakala Cipari ada maket saat sebelum penggalian dan sesudah penggalian, yang diperlengkapi juga dengan riwayat singkat tentangmya.

Lokasi Taman Purbakala Cipari

Lokasi atau alamat dari Taman Purbakala Cipari ini ada di Dusun Cipari, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Jalur Ke arah Taman Purbakala Cipari

Jalur untuk ke arah Taman Purbakala Cipari, bila bermula dari Alun-Alun Kuningan adalah dengan ke arah Jalan Aria Kamuning sampai datang di Jalan Veteran. Lantas belok ke kanan ke Jalan Nanggeleng – Cirahayu/ Jalan Syeh Maulana Besar.

Jalur Ke arah Taman Purbakala Cipari

Sesudahnya belok ke kiri ke arah Jalan Raya Cigugur, lalu pada akhirnya belok ke kanan dan tiba kamu di Situs Taman Purbakala Cipari.

Baca juga : Pura Kawitan Alas Purwo Tempat Bersemayamnya Resi Baradah

Waktu yang hendak dilakukan sampai pada akhirnya datang di Taman Purbakala Cipari, kurang lebih sekitaran 12 menit, dan akses jalannya bisa dilewati oleh kendaraan beroda 2 atau beroda 4.

Jam Membuka Taman Pubakala Cipari

* Jam operasional Taman Purbakala Cipari membuka tiap hari Senin sampai Minggu.

* Taman Purbakala Cipari bisa kamu datangi dari jam 08.00 sampai 16.00 WIB.

Harga Ticket Taman Pubakala Cipari

Ticket masuk Taman Purbakala Cipari cukup bayar sejumlah Rp. 5.000,- saja

Baca juga : Curug Bangkong di Kuningan, Liburan Yang Mengasyikan

Sarana Taman Pubakala Cipari

Sebagai tempat rekreasi yang ada situs warisan riwayat, Taman Purbakala Cipari tidak memiliki sarana khalayak. Sarana yang berada di Taman Purbakala Cipari, salah satunya:

Sarana Taman Pubakala Cipari

* Tempat Parkir Kendaraan,

* Toilet,

* Museum Situs Taman Purbakala Cipari,

* Taman,

* Masjid,

Baca juga : Liburan Di Kawasan Situs Warisan Dunia Ujung Kulon

Daya Ambil Taman Pubakala Cipari

Taman Purbakala Cipari mempunyai beragam situs warisan purbakala dan jadi daya magnet khusus, salah satunya:

1. Peti Pendam Batu

Peti Pendam Batu

Bila kamu bertandang ke Taman Purbakala Cipari kamu akan saksikan langsung Peti Pendam Batu. Yang berperan sebagai peti mati pada jamannya yang ada perlengkapan yang umum dipakai seperti Gerabah, Kapak Batu, Perhiasan dan yang lain untuk turut dipendam.

2. Batu Jumpa Gelang

Batu Jumpa Gelang

Seterusnya ada Batu Jumpa Gelang, sebagai kelompok batu yang berupa lingkaran yang ditengahnya ada tempat kosong yang lumayan luas. Yang dipakai sebagai tempat permufakatan atau bergabung.

3. Batu Altar Dan Dolmen

Di Taman Purbakala Cipari ada Batu Altar dan Dolmen yang dipakai sebagai fasilitas peribadatan pada jaman dulu.

Batu Altar Dan Dolmen

Batu Altar berperan sebagai tempat upacara dan penyembahan. Dan Dolmen sebagai batu yang mempunyai sisi datar pada bagian atasnya yang berperan sebagai tempat simpan sesajian.

4. Batu Dakon

Batu Dakon ini designnya seperti Permainan Congklak, terletak ada tidak jauh dari Batu Altar. Batu itu berperan sebagai sebagai tempat meramu beberapa obat atau meramu sesembahan.

5. Batu Menhir

Batu Menhir

Batu Menhir ini berupa tinggi besar seperti sebuah tugu yang berdiri tegak di atas tanah. Sebagai lambang penghormatan untuk beberapa nenek moyang yang telah wafat.

6. Museum Situs Purbakala Cipari

Selainnya menyaksikan beragam website yang berada di tempat outdoor kamu bisa juga menyaksikan beberapa benda warisan yang lain disimpan rapi dalam museum komplet dengan penjelasannya.

Beriwisata ke Taman Purbakala Cipari seperti berlibur sekalian belajar. Selainnya dapat jalan-jalan menyaksikan beberapa situs warisan, dapat sambil nikmati keelokanan taman dan udara yang sejuk.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :