Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2022 | All Right Reserved

Home / Palembang / Taman Punti Kayu, Rimba Rekreasi dan Tempat Wisata Keluarga di Palembang

Taman Punti Kayu, Rimba Rekreasi dan Tempat Wisata Keluarga di Palembang

/

Directory Rekreasi – Taman Punti Kayu salah satunya rimba rekreasi dengan daya tarik pohon pinus di Kota Palembang, Sumatera Selatan. Kesegaran dan sarana permainan di taman rekreasi ini menjadi alternative opsi tempat wisata keluarga.

Taman Punti Kayu, Rimba Rekreasi dan Tempat Wisata Keluarga di Palembang

Palembang sebagai salah satunya wilayah di Indonesia yang mempunyai alam yang cukup cantik. Tersebut kenapa tempat pada tempat ini sering dijadikan tujuan rekreasi. Dengan begitu, maka berpengaruh pada menyusutnya tempat alami yang mana jadi sumber oksigen. Maka dari itu, pemda di tempat memilih untuk membangun sebuah taman rekreasi.

Tujuan itu namanya Taman Punti Kayu. Perlu Anda kenali, taman itu jadi rimba rekreasi yang ada pada sebuah yang tempati posisi ke-2  terluas di dunia. Dengan begitu, selainnya dipakai sebagai penyuplai oksigen yang khusus di daerah Sumatera Selatan, sekaligus juga jadi tempat rekreasi yang dapat Anda datangi saat masuk waktu berlibur.

Anda dapat bertandang di taman ini start pukul 08.00 sehari-harinya. Untuk hari Senin sampai Jumat, tempat ini tutup jam 16.00, dan Sabtu dan Minggu tutup lebih sore, yaitu jam 17.00. Pada tempat ini, pelancong berpeluang nikmati situasi alam yang luasnya capai 50 hektar. Lokasi ini sudah jadi rekreasi alam semenjak sekitaran tahun 2010.

Baca juga : 5 Pesona Tempat Wisata Heritage Palembang

Daya Ambil yang Dipunyai Taman Rekreasi Punti Kayu

1. Tiruan dan Landmark Dunia Terkenal

Daya Ambil yang Dipunyai Taman Rekreasi Punti Kayu

Berikut salah satunya spot rekreasi pada tempat ini yang terbanyak dicari oleh pengunjung. Di sini, pelancong dapat memperoleh photo yang unik dengan background berbentuk tiruan dan landmark yang cukup populer di dunia, seperti Eropa, Perancis, Afrika, dan Tiongkok.

Perlu Anda ketahui, karena berbentuk tiruan, karena itu ukuran berbeda dengan aslinya. Meski begitu, tidak menurunkan ketertarikan pengunjung untuk ambil gambar di spot rekreasi yang ini. Khususnya mereka yang suka berpose dan kerap menguploadnya di sosial media. Karena itu photo ini bisa menjadi koleksi baru pada teras sosial media kepunyaannya.

Baca juga : Tenun Songket Pandai Singkek Minangkabau, Padang yang Terkenal Indah

2. Jembatan Menggantung

Jembatan ini menjadi satu diantara daya magnet yang dipunyai tujuan rekreasi ini. Jembatan ini bukan dibuat dari beton tetapi dari papan yang diatur dan dibangun dengan status menggantung di atas danau. Kesan berjalan pada jembatan ini cukup mencekam, tetapi malah berikut yang melawan beberapa pengunjung untuk mencoba.

Jembatan Menggantung

Jembatan itu menghampar antara dua puncak pohon dan dikenali dengan panggilan canopy bridge. Danau yang berada di bawah jembatan berikut sebagai tempat melaut perahu naga, sepeda air, dan perahu bebek untuk melingkari danau.

3. Sarana Kemping

Tempat ini sediakan sarana kemping. Hingga untuk Anda yang ingin bermalam, Anda dapat membangun tenda disekitaran lokasi rekreasi. Persisnya ada 3 teritori yang sudah disiapkan faksi pengurus rekreasi untuk bermalam, salah satunya Akasia, Pinus, dan Mahoni.

Sarana Kemping

Karena lokasinya yang ada di alam terbuka, hingga jadikan tempat ini sering diputuskan oleh beberapa aktivis pramuka yang kemping. Pada tempat ini, mereka bisa rasakan kesan hidup di alam dengan kesegaran yang masih berasa.

4. Keberagaman Hayati

Taman rekreasi ini mempunyai tanaman yang cukup bermacam. Tidak itu saja, hewan yang hidup pada tempat ini juga cukup bervariatif. Pohon yang terbanyak ditemui pada tempat ini yakni pohon meranti dan pinus. Dan tanaman lainnya salah satunya akasia, sengon, mahoni, bamboo, ketapang, albasia, jarak, angsana, hebat, lamtoro, waru, dan ada banyak lainnya.

Baca juga : Rumah Limas:: Adat & Tradisi Kearifan Lokal Masyarakat Sumatera Selatan

Dan hewan yang berada di tujuan rekreasi ini mayoritas bergabung di kebun binatang mini yang jadi spot rekreasi di Taman Punti Kayu. Dimulai dari hewan jinak sampai hewan liar berada di tempat ini. Untuk spesies burung yang berada di sini lumayan banyak. Salah satunya yakni burung pipit, perkutut, kutilang, dan sebagainya.

Alamat, Jalur Lokasi dan Harga Ticket Masuk Taman Punti Kayu

Tujuan rekreasi ini berada di Kota Palembang, persisnya berada di wilayah yang namanya Kreasi Baru dan terhitung dalam daerah Kecamatan Alang-alang Lebar. Jalur yang bisa dipakai untuk sampai di lokasi rekreasi yaitu arah Ampera ke arah AAL. Anda dapat memakai taksi dan LRT yang nanti sampai di stasiun Punti Kayu.

Alamat, Jalur Lokasi dan Harga Ticket Masuk Taman Punti Kayu

Ticket masuk yang diterapkan pada tempat ini diperbedakan di antara pengunjung dewasa dan anak-anak. Untuk orang dewasa diwajibkan bayar ticket sebesar Rp 25.000 saat hari kerja, dan diakhir minggu Rp 30.000. Untuk anak-anak biaya ticket masuk saat hari kerja cuma Rp 20.000, dan saat akhir minggu jadi Rp 25.000.

Baca juga : Air Terjun Temam Niagara Mini Cantik di Lubuklinggau, Sumatera Selatan

Selainnya ongkos ticket masuk itu, jika pengunjung memakai kendaraan, maka dikenai ongkos parkir. Untuk mobil dibanderol dengan biaya Rp 10.000, dan untuk sepeda motor dikenakan ongkos parkir Rp 5.000. Biaya parkir ini berlaku sehari-harinya dalam jumlah yang serupa. Sesudah pengunjung membayar ticket masuk, maka mempunyai akses untuk masuk pada semua pertunjukan rekreasi.

Aktivitas yang Menarik Dilaksanakan di Taman Punti Kayu

1. Melingkari Rimba Rekreasi

Kehadiran rimba di tengah-tengah Kota Palembang yang mulai padat warga jadi penyejuk pada tempat itu. saat Anda mulai masuk jalur ke arah lokasi rekreasi, akan terlihat panorama alam yang demikian cantik dan mempersejuk. Disekitaran sini, ada pohon pinus yang tumbuh berderet.

Aktivitas yang Menarik Dilaksanakan di Taman Punti Kayu

Meskipun tempat ini jadi wilayah rekreasi alam, ada juga beberapa lokasi yang bukan terhitung dalam vegetasi rimba, tetapi sudah jadi spot wisata yang dapat dipakai oleh pelancong. Disamping itu, ada juga beberapa pondok yang dapat dipakai untuk istirahat sesudah berkeliling-keliling.

Udara di rimba ini berasa demikian fresh. Bahkan juga wewangian yang tercium juga berasa wangi. Hal itu dikarenakan oleh pohon yang memimpin tempat ini yakni pohon pinus. Dengan luas daerahnya yang lumayan besar, jadikan teritori ini jadi rimba yang terbesar di Indonesia.

2. Bermain di Punti Kayu Waterpark

Sarana telah ada semenjak tahun 2019. Anda dapat bermain di sarana air ini sesudah Anda berkeliling-keliling. Tentu saja sesudah Anda telusuri rimba, Anda akan berasa capek, karena itu di waterpark ini, kesegaran akan balik didapat. Spot rekreasi ini benar-benar pas jadi tempat untuk menyantaikan tubuh.

Bahkan juga beberapa pengunjung yang menyenangi sarana air itu, khususnya mereka yang anak-anak. Karena, waterpark ini diperlengkapi dengan waterslide dan perosotan yang tentu saja mengundang perhatian anak-anak yang menyaksikannya untuk selekasnya mencoba. Sarana ini dikitari dengan pagar oleh faksi pengurus tempat ini.

Baca juga : Resto Gubug Mang Engking Summarecon Bekasi Sajikan Masakan Khas Parahyangan

3. Berkunjung Mini Zoo dan Lakukan Kegiatan Outbound

Di taman rekreasi ini ada kebun binatang, namun ukuran mini. Beberapa binatang yang bisa Anda temui pada tempat ini yaitu rusa, kelinci, buaya, beruang madu, owa, orang utan, dan beberapa spesies burung.

Berkunjung Mini Zoo dan Lakukan Kegiatan Outbound

Di sini pelancong dibolehkan untuk memberikan makan binatang yang ada. Meskipun hewan di kebun binatang ini tidak komplet dan banyak, spot ini lumayan menarik untuk jadi rekreasi pembelajaran.

Di dekat kebun binatang, ada sebidang tanah lega hijau sebagai tempat picuan kuda. Di sini ada pertunjukan yang dipertontonkan ke pengunjung. Tetapi sayang, pengunjung cuma dapat menyaksikannya sekali pada sebuah minggu. Hingga bila Anda ingin melihat pertunjukan atau rasakan berkuda pada tempat ini, karena itu bertandanglah pada hari Minggu.

Namun, bila Anda tidak mempunyai peluang untuk tiba pada hari Minggu, Anda bisa nikmati sarana yang lain tentu saja tidak kalah hebat. Faksi pengurus rekreasi sediakan sarana outbound yang cukup melawan salah satunya trampolin dan flying fox. Hingga Anda bisa nikmati sarana itu saat tidak sedang ada picuan kuda.

4. Mencari Rawa Rimba

Di tujuan rekreasi ini, Anda bisa juga melingkari rawa yang berada di rimba. Faksi pengurus rekreasi sudah sediakan perahu yang bisa dipakai untuk berkeliling-keliling yang dikenali bernama perahu naga. Perahu ini akan melaut sampai ke Danau Punti Kayu, di mana pada segi kanan dan kiri danau banyak oleh pohon pinus.

Jika untung, Anda akan menyaksikan sekawanan kera yang mempunyai ekor yang panjang. Tidak itu saja, Anda bisa juga menyaksikan burung yang cukup sangat jarang sedang menempati di sejumlah pohon-pohonan.

Baca juga : Arjuna Pempek Palembang Wak Yati Murah Di Bekasi

Sarana yang Ada di Taman Punti Kayu Palembang

1. Kulineran

Untuk Anda yang bertandang ke arah tempat ini tanpa bawa perbekalan makanan, tidak perlu cemas. Karena, di sini sudah ada bermacam kulineran yang ada di sejumlah warung. Hingga selainnya lakukan rekreasi alam, Anda bisa juga sekalian lakukan rekreasi kulineran.

2. Lajur Naik sepeda

Sarana yang Ada di Taman Punti Kayu Palembang

Teritori rimba yang demikian luas jadikan beberapa pelancong berminat untuk melingkari tiap sudutnya. Untuk pengunjung yang suka naik sepeda, bisa memakainya dengan sewanya hingga dapat berkeliling-keliling tak perlu jalan kaki.

3. Fasilitas Beribadah

Walau terhitung dalam rekreasi alam, faksi pengurus rekreasi masih tetap sediakan sarana yang lumayan komplet. Satu diantaranya yaitu fasilitas beribadah. Hingga pelancong tidak ketidaktahuan cari tempat beribadah saat melakukan aktivitas rekreasi di taman ini.

Baca juga : 5 Kue Tradisional Sumatera Yang Membuat Kamu Ketagihan

Taman rekreasi Punti Kayu ini sekarang tetap membuka walau masih juga dalam keadaan wabah. Maka dari itu, tiap pelancong yang bertandang diharuskan selalu untuk mengaplikasikan prosedur kesehatan, salah satunya selalu memakai masker, lakukan pengecekan temperatur saat sebelum masuk teritori rekreasi, dan seringkali membersihkan tangan atau memakai hand sanitizer.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :