Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

 
Home / Indonesia / Sulawesi / Taman Nasional Kepulauan Togean: Antara Tradisi Dan Konservasi

Taman Nasional Kepulauan Togean: Antara Tradisi Dan Konservasi

 

Taman Nasional Kepulauan Togean

Taman Nasional Kepulauan Togean merupakan taman nasional di Kepulauan Togean yang terletak di Teluk Tomini, Sulawesi Tengah. Secara admintrasi kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean berada di Kabupaten Tojo Unauna.

Kepulau ini cukup dikenal kaya akan terumbu karang dan berbagai biota laut yang langka dan dilindungi. Kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean ini merupakan kawasan wisata yang cocok sebagai tempat menyelam dan shorkeling di Pulau Kadidiri, memancing dan menjelajah alam hutan yang ada di dalam hutan yang ada di Pulau Malenge, serta mengunjungi Gunung Colo di Pulau Unauna. Dan yang tidak kalah menarik kita dapat mengunjungi pemukiman orang dari suku Bajo di daerah Kabalutan.

Taman Nasional Kepulauan Togean

Kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean terbentuk oleh aktifitas vulkanik gunung berapi, pulau ini ditutupi oleh vegetsi tumbuh-tumbuhan yang subur dan rimbun, serta dikelilingi oleh formasi bukit karang yang indah. batu karang dan pantai di kawasan ini menyediakan tempat bagi beberapa binatang laut untuk tinggal dan berkembang biak, seperti kura-kura hijau dan lainnya.

Kepulauan Togean merupakan salah satu bagian ekosistem terumbu karang penting dari coral triangle yang meliputi wilayah Indonesia, Filipina, Malaysia, Papua Nugini, Jepang dan Australia. Terumbu karang di Kepulauan Togean kaya keanekaragaman hayati laut dengan tipe terumbu karang seperti; terumbu karang tipe (fringing reef), karang penghalang (barrier reef), karang tompok (patch reef) dan karang cincin (atoll). Kawasan Taman Nasional Togean memiliki beberapa obyek wisata alam yaitu berupa terumbu karang, pegunungan dan mangrove.

Namun, di balik semua keindahan yang terdapat di kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean ini yang paling menarik untuk ditelusuri adalah sebuah tradisi mayarakat lokal yang terdapat di kawaan ini untuk terus dapat bertahan dan berkarya dengan penerapan sebuah nilai tradisi dalam hal konservasi alam lingkungan, di mana kedua hal ini merupakan bidang yang menarik untuk mereka yang melakukan perjalanan wisata di kawasan kepulauan Togen Sulawesi Tengah ini.

Transportasi Menuju Taman Nasional Kepulauan Togean

Untuk menuju ke tempat wisata alam Taman Nasional Kepulauan Togean ini kita dapat menempuh jalur akses dari Palu ke Ampana via Poso dengan menggunakan bus atau menyewa kendaraan mobil, kemudian perjalan kita sambung dengan menggunakan perahu dari Ampana ke Wakai dan Malenge dengan jalur rutin setiap hari, berangkat pada pukul 10.00 WITA – 11:00 WITA. Bila dari arah Gorontalo, kita dapat menggunakan kendaraan mobil ke Marisa, selanjutnya perjalanan dilanjutkan menuju naik perahu ke Dolong atau Wakai. Steibanya kita di daerah Ampana sebaiknya agar mendapatkan informasi yang jelas tentang tempat wisata alam di Taman Nasional Togean, sebaiknya kita menghubungi kantor Balai Taman Nasional Kepulauan Togean yang beralamat di Jalan Poros Uemalingku Atas, Kecamatan Ampana, Kota.

 

Dengan mengetahui jalur akses pemberangkatan menuju Taman Nasional Kepulauan Togean dengan benar, maka perjalanan wisata kita akan menjadi lancar, dan kitapun dapat menikmati keindahan eksotisme keindahan alam Taman Nasional Kepulauan Togean.[]

 
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
 
 

8 Comments

  1. Begitu banyak tujuan wisata di negri kita. Wisata bahari Taman Nasional Kepulauan Togean ini salah satunya. Indonesi negri kita memang bak tanah surga.

    • Benar mas, dan tidak ada habisnya bila kita saja mau menggali potensi wisata yang ada di Indonesia ini.

      Salam wisata

  2. Kita bersyukur hidup di negara yang kaya akan sumberdaya manusia dan sumberdaya alam
    Panromana, kuliner,budaya juga bagus-bagus
    Saya baru sampai Makassar,belum ke daerah lainnya
    Terima kasih atas infonya
    Salam hangat dari Surabaya

    • Benar Pak Dhe, sangat di sayangkan bila potensi alam dan kearifan lokal masyarakat yang begitu besar tidak di dapat dibenahi dan dirapihkan, bahkan banyak wisatawan mancanegara yang mejadi pemerhati tenpat-tempat wisata alam yang dijadikan sebagai salah satu tempat wisata konservasi alam, karena di tempat mereka tidak ada.

      Salam wisata

  3. Pulau Sulawesi Saat ini Sedang Menjadi Sorotan Dunia Ya Mas?? Dengan Wisatanya Yang “Wow”. Saya Saja Kagum Dengan Wisata Di Sulawesi

    • Benar mas, Sulawesi yang memiliki tempat yang eksotis dengan tempa wisata kepulauannya, terutama untuk Taman Nasonal Kepulauan Togean yang indah banget. 😀

  4. Gak perlu snorkeling, kalau di Togean bisa lihat biota laut saking airnya jernih banget

    • Tempat wisata alam di kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean memang memiliki air laut yang benimh dan utnuk menikmati pemandangan dalam airnya tidak perlu shorkeling ya Mba, hanya tinggal lihat saja pun sudah bisa. 😀

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :