Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2022 | All Right Reserved

Home / Info / Taman Nasional Alas Purwo, Daya tarik Di Ujung Timur Pulau Jawa

Taman Nasional Alas Purwo, Daya tarik Di Ujung Timur Pulau Jawa

/

Direktori Wisata – Taman Nasional Alas Purwo hanya satu diantara beberapa Taman Nasional di Indonesia, yang mempunyai berjuta daya tarik, komplet dengan narasi yang lain menghias didalamnya.

Taman Nasional Alas Purwo, Daya tarik Di Ujung Timur Pulau Jawa

Lokasi Taman Nasional Alas Purwo berada di ujung timur Pulau Jawa, jadi rumah besar, dan rumah yang nyaman untuk beragam flora, dan fauna.

Taman Nasional Alas Purwo mempunyai luas 43.320 ha, terbagi dalam:

* Tempat padang rumput, atau savanna,

* Rimba pantai,

* Rimba bakau,

* Rimba bambu,

* Rimba tanaman.

Berita bahagia tiba dari Taman Nasional Alas Purwo, jika sekarang ini telah membuka kembali. Tettapi ada banyak catatan yang perlu dipatuhi oleh pengunjung. Salah satunya:

* Telah divaksinasi,

* Mengambil program PeduliLindungi,

* Lawatan rekreasi terbatasi cuman 25% saja,

* Anak di bawah umur 12 tahun dilarang bertandang, karena belum divaksinasi,

* Goa di Taman Nasional Alas Purwo tidak dapat didatangi.

Walau benar-benar sayang ya, anak-anak ketika saat ini tidak dapat bertandang ke Taman Nasional Alas Purwo. Walau sebenarnya saat sebelum keadaan wabah, TN Alas Purwo jadi tujuan rekreasi alam, dan rekreasi keluarga yang mendidik di Banyuwangi.

Baca juga : Wisata Indonesia:Mengenal Kearifan Lokal Masyarakat Indonesia

Tapi kita perlu pahami imbas atas virus Covid-19 sekarang ini. Oleh karenanya, masih tetap taati prosedur kesehatan dimanapun, dan dimana saja anda ada, terhitung saat traveling.

Lokasi Dan Alamat Taman Nasional Alas Purwo

Lokasi Taman Nasional Alas Purwo terhitung ke Semenanjung Blambangan. Adapun alamat Taman Nasional Alas Purwo ada di Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Propinsi Jawa Timur.

Jalur Ke arah Taman Nasional Alas Purwo

Jalan ke arah Alas Purwo Banyuwangi dapat dilewati oleh kendaraan beroda 2, atau beroda 4. Keadaan jalannya sekarang ini telah bagus, berlainan dengan beberapa tahun awalnya.

Jalur Ke arah Taman Nasional Alas Purwo

Perjalanan ke arah Taman Nasional Alas Purwo juga membahagiakan, karena view sepanjang perjalanan benar-benar cantik. Tapi jauhi lawatan rekreasi ketika pucuk musim penghujan’

Jarak Banyuwangi ke Taman Nasional Alas Purwo (Kantor Balai Taman Nasional Alas Purwo) sekitaran 5 km, sama waktu menempuh sekitaran 15 menit perjalanan.

Harga Ticket Masuk Taman Nasional Alas Purwo

* Ticket masuk Taman Nasional Alas Purwo Rp. 10.000 per-orang,

* Ticket parkir Taman Nasional Alas Purwo Rp. 5.000.

Jam Membuka Taman Nasional Alas Purwo

* Taman Nasional Alas Purwo membuka tiap hari,

* Taman Nasional Alas Purwo membuka dari jam 08.00 – 16.00.

Sarana Di Taman Nasional Alas Purwo

Baca juga : 12 Tempat Wisata Di Indonesia yang Terkenal Dan Mendunia

Sarana rekreasi di Taman Nasional Alas Purwo ialah seperti berikut:

* Tempat parkir,

* Toilet,

* Gardu pandang,

* Papan anjuran, dan info.

* Pura,

* Pantai,

* Rimba,

* Goa.

Daya Ambil Taman Nasional Alas Purwo

Pengendalian Taman Nasional Alas Purwo ada di bawah Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Republik Indonesia. Dari luas 43.320 ha, dibagi jadi beberapa teritori, sekalian daya tarik keelokan Taman Nasional Alas Purwo yang berbeda. Salah satunya:

1. Savanna Sadengan

Tempat Savanna Sadengan Taman Nasional Alas Purwo dibuat tahun 1983, sebagai sebuah savanna bikinan, sekalian rumah besar untuk beberapa macam hewan.

Arah dari Savanna Sadengan untuk pelestarian, dan pantauan untuk beberapa macam hewan. Adapun satwa yang hidup di Savanna Sadengan salah satunya:

* Banteng,

* Rusa,

* Merak,

* Burung.

Sepanjang mata melihat ialah bentangan rumput hijau, yang bersatu dengan view alam yang lain. Daya tarik Savanna Sadengan, hanya satu diantara beberapa daya tarik TN Alas Purwo.

2. Pantai

Taman Nasional Alas Purwo mempunyai beberapa pantai yang cantik. Bahkan juga daya tarik pantai yang berada di Taman Nasional Alas Purwo telah populer sampai ke luar negeri.

Pantai Taman Nasional Alas Purwo

Adapun pantai cantik yang berada di TN Alas Purwo Banyuwangi ialah seperti berikut:

* Pantai Pancur,

* Plengkung, atau G-Land.

* Pantai Ngagelan,

* Pantai Trianggulasi.

Tiap pantai mempunyai daya magnet, dan watak alam yang berbeda, terhitung watak ombaknya. Sikap keati-hatian selalu harus jadi yang khusus, untuk menghindar bencana yang tidak diharapkan di Taman Nasional Alas Purwo.

3. Rimba, Dan Goa

Daya magnet seterusnya dari Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi ialah kehadiran beberapa goa, dan tempat hutannya yang paling luas.

Baca juga : Menjelajah Wisata Indonesia Dari Taman Nusa Bali

Bahkan juga, tempat rimba bakau Taman Nasional Alas Purwo sebagai salah-satu rimba bakau terluas di Pulau Jawa. Tapi untuk lawatan ke tempat goa, sekarang ini harus ditahan dahulu ya, karena belum diizinkan.

4. Pura

Di Taman Nasional Alas Purwo ada sebuah Pura, tempatnya tidak jauh dari loket ticket. Di Taman Nasional Alas Purwo selalu dikerjakan ritus Pagerwesi.

Pura Taman Nasional Alas Purwo

Tidak dapat disangkal, walau sekarang ini sudah dilaksanakan pembaruan jalan, dan beberapa titik yang lain di Taman Nasional Alas Purwo, tetap untuk beberapa faksi tidak dapat hilangkan kesan-kesan menyeramkan TN Alas Purwo.

Tapi kesan-kesan itu bergantung dari pojok mana kita melihat mengenai kehadiran Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :