Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2022 | All Right Reserved

Home / Badung / Taman Mumbul Sangeh, Tujuan Rekreasi Religius Favorite di Badung

Taman Mumbul Sangeh, Tujuan Rekreasi Religius Favorite di Badung

/

Taman Mumbul Sangeh, Tujuan Rekreasi Religius Favorite di Badung. Tempat ini sanggup tawarkan bermacam keelokan untuk pengunjungnya. Anda akan mendapati bermacam rekreasi alam menarik di Pulau Bali.

Taman Mumbul Sangeh, Tujuan Rekreasi Religius Favorite di Badung

Taman ini sebagai salah satunya lokasi yang bisa didatangi warga umum secara bebas sekalinya tempat itu terhitung dalam salah satunya tempat yang paling disucikan oleh warga Hindu. Pada tempat itu, pada bagian tengahnya Anda akan mendapati sebuah pura yang sering digunakan untuk tempat pemujaan.

Bahkan juga di Taman Mumbul sering diadakan acara Upacara Melasti yang khusus diselenggarakan oleh masyarakat Dusun Sangeh. Untuk berkunjung tempat ini, Sebaiknya anda pilih waktu saat hari liburan datang. Di situ nanti pengunjung dapat mendapat serunya yang pasti tidak dapat didapat dari taman-taman lain.

Daya Ambil Rekreasi Taman Mumbul Sangeh

1. Sebuah Kolam yang Jernih

Daya magnet yang disuguhi Taman Mumbul Sangeh yakni ada kolam sama air yang demikian jernih. Di tengah-tengah taman itu memang menyengaja dibuat sebuah kolam yang dihuni oleh banyak ikan. Disamping itu, taman ini memiliki pemandangan yang demikian cantik dan elok.

Daya Ambil Rekreasi Taman Mumbul Sangeh

Tempat disekitaran taman demikian asri dan hijau, dan pada bagian samping selatannya Anda akan mendapati sebuah pemandangan kolam yang teduh dan banyak oleh pohon-pohonan yang memayungi kolam. Tentunya panorama yang dapat Anda dapatkan pada tempat ini akan membuat siapa saja berasa kagum saat itu juga.

2. Tempat Sembahyang Umat Hindu

Taman Mumbul sebagai konsentrasi khusus untuk mereka yang berpedoman Agama Hindu. Pada tempat berikut warga Hindu akan lakukan bermacam upacara keagamaan. Tidaklah aneh bila pelancong yang tiba ke arah tempat itu rerata akan kenakan pakaian ciri khas dari Propinsi Bali.

Taman Mumbul Sangeh

Masyarakat di tempat memang yakin jika sebuah pancuran yang ada di taman itu ialah air yang suci. Air ini akan hilangkan semua karakter-sifat jelek yang bersemayam di pada diri Anda. Karena itu, untuk Anda yang ingin menjernihkan hati, jadi tidak ada kelirunya untuk pergi ke arah tempat itu.

3. Sebuah Kolam yang Jernih

Daya magnet yang disuguhi Taman Mumbul Sangeh yakni ada kolam sama air yang demikian jernih. Di tengah-tengah taman itu memang menyengaja dibuat sebuah kolam yang dihuni oleh banyak ikan. Disamping itu, taman ini memiliki pemandangan yang demikian cantik dan elok.

Sebuah Kolam yang Jernih

Tempat disekitaran taman demikian asri dan hijau, dan pada bagian samping selatannya Anda akan mendapati sebuah pemandangan kolam yang teduh dan banyak oleh pohon-pohonan yang memayungi kolam. Tentunya panorama yang dapat Anda dapatkan pada tempat ini akan membuat siapa saja berasa kagum saat itu juga.

4. Tempat Mandi Suci

Taman Mumbul Sangeh terhitung salah satunya rekreasi religius yang sering dijadikan tujuan khusus saat pengunjung liburan. Pelancong yang tiba ke arah tempat itu memang sebagian besar akan lakukan upacara keagamaan dan satu diantaranya yakni mandi suci.

Tempat Mandi Suci Taman Mumbul Sangeh

Menurut keyakinan masyarakat sekitaran, mandi suci di Tempat Pancoran itu akan membuat diri Anda jadi bersih, baik itu secara jasmani atau rohani. Bahkan juga tempat ini dipercayai sanggup untuk menyembuhkan bermacam tipe penyakit. Yang tertarik lakukan mandi suci pada tempat ini, karena itu perlu ketahui bagaimana tata langkah.

Pelancong nanti perlu untuk membersihkan diri pada bagian pancuran paling selatan yang juga dikenal bernama Pancoran Gangga. Sesudah dari tempat itu, pengunjung bisa jalan ke utara sampai ke Pancoran Siwa.

Untuk pelancong yang ingin lakukan aktivitas rekreasi pada tempat itu, karena itu diharap selalu ikuti semua ketentuan atau tata langkah tradisi yang berada di sana. Salah satunya yang paling simpel yakni tata langkah dalam kenakan pakaian. Taman Mumbul Sangeh ini sebagai taman yang demikian disakralkan dan lokasi yang suci.

Karena itu, untuk dapat masuk tempat taman itu, karena itu pelancong perlu memerhatikan baju yang akan digunakan sebagai bentuk sikap dalam menghargai budaya di tempat. Pengunjung pria nanti dapat menggunakan ikat kepala atau udeng. Udeng ini bermakna yang demikian penting, khususnya untuk warga Hindu Bali.

Dan untuk golongan wanitanya sendiri, nanti dapat menggunakan selendang. Selendang itu bermakna yang paling khusus. Oleh karena itu, saat pergi berekreasi ke arah tempat suci ini, terutamanya di tempat taman, akan  lebih santun bila pengunjung menggunakan selendang atau udeng.

Baca juga : Glamour Camping Bedugul, Tujuan Glamping Favorite dan Hits di Bali

Alamat dan Langkah Ke arah Lokasi Taman Mumbul Sangeh

Lokasi rekreasi Taman Mumbul Sangeh itu persisnya ada di Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Propinsi Bali. Jaraknya memang tidak begitu jauh bila diukur dari pusat Kota Denpasar. Pelancong perlu berkendaraan sepanjang 22 km saja atau bisa dilakukan sepanjang 51 menit perjalanan darat.

Alamat dan Langkah Ke arah Lokasi Taman Mumbul Sangeh

Dan yang pergi dari Lapangan terbang Ngurah Rai, saat yang diperlukan untuk datang ke arah tempat ini kurang lebih 1 jam lebih, karena jarak yang perlu dilakukan sekitaran 35 km. Akses untuk ke arah lokasi taman memang termasuk gampang, karena jalan yang berada di sana sangat baik dengan aspal yang mulus.

Demikian Anda keluar tempat lapangan terbang, karena itu di sini Anda dapat jalan ke arah Bypass Ngurah Rai ke arah tempat rekreasi Patung Dewa Ruci. Seterusnya Anda dapat ke arah Jalan Raya Penarungan ke arah Ciung Wanara. Ketika telah datang di tempat perempatan yang memperlihatkan arah tempat rekreasi, karena itu Anda tinggal membelok arah ke kanan.

Baca juga : Aloha Ubud Swing, Wanaha Memicu Adrenalin di Gianyar Bali

Harga Ticket Masuk Taman Mumbul Sangeh

Informasi menariknya untuk siapa saja yang ingin nikmati situasi di Taman Mumbul Sangeh, jadi tidak akan dikenai ongkos masuk. Semua keelokan alam dan pemandangan yang paling disakralkan pada tempat itu dapat dicicipi  dengan gratis. Tempat ini ada jauh dari hingar-bingar kota, hingga alam asrinya masih demikian terbangun secara baik.

Harga Ticket Masuk Taman Mumbul Sangeh

Lokasi dari taman ada dekat sama tempat rekreasi alam, karena tempat itu ada di satu daerah Badung. Bila pelancong pergi dari arah Kota Denpasar, karena itu taman itu nanti dapat dicapai cuma dalam waktu 1 jam saja. Lokasinya juga dapat Anda akses lewat Google Maps yang dipasang di piranti HP Anda.

Baca juga : 15 Tempat Rekreasi di Denpasar Bali Terkini dan Terhits Buat Berlibur

Macam Kegiatan yang Menarik Dilaksanakan Taman Mumbul Sangeh

1. Nikmati Alam

Taman Mumbul Sangeh memiliki taman yang bersatu dengan alam yang cantik. Sepanjang mata Anda melihat, karena itu di situ pemandangan hijau menghampar luas akan membuat Anda berasa demikian tenang. Situasi yang nyaman dan sejuk di buat oleh pohon-pohonan yang melingkari tempat taman cantik itu.

Macam Kegiatan yang Menarik Dilaksanakan Taman Mumbul Sangeh

Oleh karena itu, kegiatan yang jangan dilewati yakni duduk rileks di bawah pohon-pohonan sekalian nikmati alam yang demikian Asri. Anda yang dari beberapa kota besar tentu sulit mendapati panorama semacam itu.

2. Memberikan Makan dan Melihat Kelompok Ikan

Di Taman Mumbul itu ada sebuah kolam yang mempunyai karakter air jernih dan demikian tenang. Hal ini yang tidak kalah memikat buat dilihat sepanjang ada di sana. Ikan yang ada di kolam itu banyaknya capai beberapa ribu dan tidak sama dengan kolam secara umum. Ikan pada tempat itu dirawat oleh pengurus rekreasi.

Memberikan Makan dan Melihat Kelompok Ikan

Pengunjung nanti dapat melihat dan memberikan makan ikan yang berada di kolam sekalian lalu nikmati situasi yang demikian tenang pada tempat itu. Penting untuk Anda kenali, kolam yang ada di taman memang condong lebih seperti danau.

3. Melihat Tempat-Tempat Suci

Taman Mumbul Sangeh biasanya demikian ramai dikunjungi oleh mereka yang merengkuh Agama Hindu dan ingin lakukan upacara keagamaan. Umat Hindu nanti akan lakukan proses pemujaan sebelumnya terakhir mereka mengawali Upacara Pengelukatan.

Melihat Tempat-Tempat Suci

Maka dari itu, pelancong yang tiba ke arah tempat itu kelak akan berpeluang untuk menyaksikan beberapa tempat suci dan benar-benar disegani oleh umat agama Hindu di Propinsi Bali.

Konsentrasi khusus tempat itu yakni Pancoran suci yang sejumlah 11 buah. Gua Pancoran sebagai Pancoran Dewi Saraswati dan Dewi Gangga. Dan untuk 9 Pancoran yang lain terhitung dalam Pancoran Dewata Nawa Sanga.

11 Pancoran ini bermakna yang demikian dalam ditambah menurut keyakinan umat yang beragama Hindu. Seperti Pancoran Dewi Saraswati yang di sini dipercayai dapat menetralkan dampak negatif di kehidupan.

Baca juga : Pura Taman Ayun, Tapak jejak Riwayat Kerajaan Mengwi di Badung

Sarana Pendukung di Taman Mumbul Sangeh

Taman Mumbul terhitung sebagai tujuan rekreasi baru yang ada di Pulau Bali. Tetapi tidak boleh salah, karena sarana yang berada di tempat itu telah sanggup untuk mendukung keanekaragaman kegiatan pengunjung. Misalnya untuk tempat parkir kendaraan, karena itu tempat ini telah mempunyai parkir yang lumayan luas.

Sarana Pendukung di Taman Mumbul Sangeh

Yang ingin nikmati makanan atau cemilan pada tempat itu sudah dibikin warung makanan dengan bermacam menu yang memikat buat dicicipi. Dan untuk yang ingin sewa kain atau selendang perlu membudgetkan.membujetkan uang Rp 5.000. Hingga nanti tak perlu bawa baju Anda yang basah sebab bisa sewa di situ.

Ada juga gazebo dan toilet umum yang dapat dicicipi  dengan gratis tanpa pengunjung harus bayar seperti di tempat rekreasi yang lain. Yang bawa barang bawaan dengan jumlah lumayan banyak dapat sewa loker dengan harga Rp 10.000.

Baca juga : 15 Kafe Tempat Kongkow di Seminyak Bali yang Unik dan Instagramable

Anda yang dari Pulau Bali tentu kenal kembali dengan Taman Mumbul Sangeh itu. Tetapi untuk yang dari luar pulau, pasti berasa ingin tahu dan tertarik berkunjung taman yang paling disucikan itu. Saat hari liburan datang, selekasnya targetkan berlibur Anda bersama dengan keluarga ke taman religius di Pulau Dewata.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :