Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jakarta / Taman Menteng Jakarta Oase di Pusat Ibu Kota Jakarta

Taman Menteng Jakarta Oase di Pusat Ibu Kota Jakarta

/
/

Intip Eksotisme Taman Terbuka Hijau di Menteng Jakarta Pusat

Direktori Wisata – Taman terbuka di pusat Kota Jakarta dengan oase kesegaran alam nan hijau sebagai sarana bermain dan liburan di kawasan Mentang Jakarta.

Jakarta selalui dentik dengan kemacetan, polusi dan hutan beton. Tidaklah heran bila kita mendengar masyarakat di jakarta banyak yang mengalami derita stress. Namun sekarang itu semua telah berubah. Karena sekarang ini Ibu Kota Jakarta telah memberikan pilihan alternatif liburan di jakarta bagi setiap warganya untuk menghabiskan waktu liburan untuk bermain di ruang terbuka hijau dan segar.

Bagi kita yang sedang bosen mengisi liburan dengan wahana rekreasi atau pusat perbelanjaan, khususnya mall, plaza, dan sebagainya. Kita bisa memilih untuk berekreasi dan bermain di sebuah taman yang menyebar di bilangan kawasan DKI Jakarta, salah satunya dengan bertandang ke Taman Menteng yang berlokasi di Jl. HOS. Cokroaminoto, Menteng, Jakarta Pusat.

Taman Menteng

Lokasi Taman Menteng Jakarta ini berbentuk segi empat, nyaris hampir sama seperti kubus, dengan luas lebih dari 30 ha. Konon informasi yang Direktori Wisata terima di lokasi, taman ini dibangun pada 2007 dan lokasi tepat di bekas Lapangan Sepak bola Persija.

Selain untuk menambah ruang terbuka hijau (RTH) di Jakarta, pembangunan taman yang berlokasi di jalan raya HOS Cokroaminoto, Menteng, Jakarta Pusat ini, juga ditujukan sebagai sarana publik yang mudah-mudahan bisa sedikit “menyegarkan” warga Jakarta. Setelah Taman Monas, Taman Suropati, dan masih banyak taman kota lainnya, kini hadir Taman Menteng yang akan semakin menghijaukan Kota Jakarta.

Taman yang dibangun di atas lahan sekitar seluas 30 hektar ini memiliki konsep yang sedikit berbeda dengan taman-taman kota lainnya. Selain mewadahi lebih dari 30 spesies tanaman hias, Taman Menteng juga dilengkapi berbagai fasilitas pendukung, seperti arena bermain untuk anak, lapangan futsal dan lapangan basket. Selain itu, 44 buah sumur resapan pun dibangun di area taman sebagai serapan air hujan.

Konon, Taman menteng ini dibangun dengan biaya kurang lebih 30 milyar rupiah ini juga memiliki dua bangunan rumah kaca yang bisa digunakan sebagai ruang pameran atau berbagai event lainnya. Di sudut kanan area, terdapat bangunan gedung berlantai empat untuk area parkir bagi kendaraan yang sebelumnya selalu “nongkrong” di bahu jalan HOS Cokroaminoto.

Memang, seiring dengan pembangunan Taman Menteng, Pemprov DKI Jakarta juga melakukan penertiban di sepanjang jalan HOS Cokroaminoto dengan melarang penggunaan bahu jalan sebagai lahan parkir dan meniadikan pedagang kaki lima yang dulu berderet di sepanjang jalan. Adapun kebijakan ini ditetapkan untuk mengurangi kemacetan yang sering terjadi di jalan utama tersebut.

Sebuah kota yang sehat adalah kota yang memperhatikan keseimbangan antara aktivitas dan kelestarian lingkungannya. Aktivitas kota yang sibuk dan padat menuntut keberadaan sebuah ruang publik yang dapat digunakan warganya untuk kembali menyelaraskan diri dengan lingkungan maupun komunitasnya. Terlebih lagi tingginya tingkat polusi udara di perkotaan, membuat keberadaan sebuah ruang hijau semakin penting bagi warga maupun bagi lingkungan kota itu sendiri.

Jalan lain di dalam Taman Menteng Jakarta ini berbentuk mosaik juga sudah memerlukan perawatan atau peremajaan. Sedangkan untuk bagian dalam rumah kaca yang kosong melompong kondisinya juga tidak lebih baik. Sebenarnya terlihat ada cukup banyak pekerja yang bertugas untuk merawat taman di pusat Ibu Kota Jakarta ini agar terlihat lebih terawat dan terpelihara dengan baik lagi.

Lapangan Basket Taman Menteng

Kondisi terakhir pada bagian utama Taman Menteng yang memanjang dari Utara sampai ke ujung Selatan di sisi Timur. Kesan garis-garis elegan yang saya lihat beberapa saat setelah peresmian kini digantikan dengan kotak-kotak untuk permainan volley, futsal, basket, dan mungkin badminton.

Untuk sarana prasarana lainnya yang terdapat di Taman Menteng Jakarta Pusat, terlihat kursi lempeng besi yang kaku dan tak ramah itu ada baiknya diberikan pelindung bagi para penggunanya. Bagi sahabat Direktori Wisata yang akan duduk dan beristirahat di lokasi ini agar memperhatikan bahan celana agar tidak mudah sobek ya. Satu tambahan fasilitas publik yang dipasang di taman ini atas perintah Gubernur DKI Joko Widodo waktu sebelum menjadi presiden adalah jaringan wifi gratis berkecepatan tinggi yang bisa di pergunakan untuk umum.

Bagi kita sebagai anggota masyarakat dan penikmat taman kota di Jakarta, tentunya keberadaan taman terbuka hijau yang ada akan mendukung terciptanya gaya hidup masyarakat yang sehat. Berbagai aktivitas yang dapat dilakukan di lingkungan taman rekreasi dan hiburan keluarga seperti ini ternyata bisa mengurangi tingkat stres dan kesehatan secara menyeluruh.

Bukan hanya itu yang bisa kita rasakan dampak dari sebuah taman terbuka hijau di Kota Jakarta. Kawasan ini juga bisa sebagi daerah resapan air yang tentunya juga memegang peranan penting dalam menjaga kualitas air dan udara serta melindungi kehidupan satwa.

Tidaklah heran bila kita mengunjungi kawasan Taman Menteng di Jakarta akan menjumpai beberapa satwa burung yang dibiarkan hidup berkeliaran di alam bebas yang hampir memiliki kesamaan dengan objek wisata alam di Jakarta yang berada di tempat lainnya.

Taman Menteng kini menjadi salah satu landmark Jakarta. Fasilitas di taman ini sangat lengkap. Mulai dari lapangan futsal, basket, taman bermain anak seperti ayunan dan sebagainya, gedung parkir, dan lain-lain. Apalagi, letaknya tergolong strategis karena berada di pusat kota seperti halnya Central Park di New York, Amerika Serikat (AS). Lokasi: Jalan HOS. Cokroaminoto, Menteng, Jakarta Pusat yang berdekatan dengan Stasiun Kereta Api Gambir, Bundaran Hotel Indonesia.

Bagi sahabat Direktori Indonesia yang akan mengunjungi Taman Menteng di jakarta bisa melihat di dalam peta petunjuk yang akan menghantarkan sahabat menuju lokasi.

Selain tempatnya yang luas dan hijau, kawasan Taman Menteng di Jakarta Pusat mudah dijangkau dengan kendaraan roda dua maupun mobil atau umum. Dan untuk masuk ke dalam area tidak dikenakan biaya, kecuali parkir untuk kendaran. Semoga informasi ini bisa membantu para sahabat dan pembaca setia Direktori Wisata untuk memberikn alternatif pilihan destinasi wisata Jakartaa di kawasan Taman terbuka Hijau yang berada di Jakarta Pusat. []

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :