Taman Budaya Tionghoa “Taman Mini Indonesia Indah”

Mengenal Keselarasan dan Keseimbangan Filosofi Tua Di Kalangan Tionghoa / Cina Indonesia

Direktori Wisata – Libur sambil menikmati surga kecil taman rekreasi budaya masyarakat Tionghoa / Cina akhir minggu di penghujung tahun timur Jakarta.

Mengisi libur akhir minggu di penghujung akhir tahun menjadi agenda tersendiri bagi kita yang akan meluangkan wkatu bersama keluarga maupun teman. namun, bagi sahabat Direktori Wisata Indonesia yang tidak memiliki waktu untuk mengisinya di luar kota, kalian dapat mengunjungi beberapa objek wisata di jakarta yang juga tidak kalah seru dan asik untuk dijadikan tempat rekreasi yang menyenangkan, salah satunya kita dapat mengunjungi Taman Budaya Tionghoa Taman Mini Indonesia Indah.

Taman Budaya Tionghoa

Dari pengalaman Direktori Wisata Indonesia berkunjung ke lokasi objek wisata Taman Budaya Tionghoa di Taman Mini Indonesia Indah, banyak hal yang dapat kami rasakan di lokasi tersebut. Selain tempatnya yang tenang, kawasan ini memiliki beberapa tempat spot yang menarik sebagai surga liburan di penghujung tahun yang akan mengajak kita untuk menikmati salah satu kawasan wisata unik di Jakarta.

Taman Budaya Tionghoa merupakan sebuah taman yang dibangun dengan menyuguhkan konsep bernuansa khas etnik Tionghoa. Taman rekreasi dan wisata di Taman Mini Indonesia Indah ini berada di sisi timur dan diapit dengan wahana pemancingan Telaga Mina dan Museum perangko TMII.

Taman Budaya Tionghoa TMII

Konon informasi yang Direktori Wisata Indonesia terima di lokasi, pendirian Taman Budaya Tionghoa Taman Mini Indonesia Indah ini dimulai tahun 2004. melalui Yayasan harapan Kta yang menyediakan lahan seluas 4,5 hektar kepada masyarakat Tionghoa Indonesia untuk membangun Taman Budaya Tionghoa di area TMII.

Lanjut informasi….
Kemudian pada tanggal 8 Nopember 2006 dimulailah pembangunan Taman Budaya Tionghoa sekaligus peresmian pintu gerbang oleh Ketua Yayasan harapan kita H.M. Soeharto.

Hal yang menarik dapat sahabat Direktori Wisata Indonesia temukan di lokasi Taman Budaya Tionghoa ini adalah keselarasan dan keseimbangan yang menjadi prinsip kehidupan dalam penerapan filosofi paling tua yang dianut kalangan Tionghoa dengan memadukan unsur yin ( im) dan yang (kang), yakni unsur kekerasan (kasar) dan kelembutan (lembut).

Danau Buatan Taman Budaya Tionghoa Taman Mini Indonesia

Dalam pengertian tersebut di atas misalnya ada siang harus ada malam, ada daratan harus ada lautan, ada air harus ada api, dan seterusnya. Itulah sebabnya Taman Budaya Tionghoa di Taman Mini Indonesia Indah ini berupa daratan dan danau buatan yang ada di area sekitar lokasinya terutama di bagian belakang.

Pada saat Sahabat Direktori Wisata Indonesia akan memasuki are Taman Budaya Tionghoa di TMII, maka kita akan melalui sebuah pintu gerbang yang menampilkan sepsang pilar yang melambangkan jantan dan betina. Konon, hal tersebut menjadi penanda pertama gugus taman.

Sedangkan untuk sisi lainya di depan pintu gerbang Taman Budaya Tionghoa, sahabat Direktori Wisata Indonesia juga mendapatkan sepasang patung kilin yang menyerupai hewan mirip singa. Konon, patung singa tersebut dipercaya sebagai peliharaan para dewa.

Masuk sedikit ke dalam area Taman Budaya Tiongko Taman Mini Indonesia Indah, maka di bagian belakang tepat di tengah ruang kita dapat menemukan batu granit hitam berbentuk bulat sebagai bola dunia.

Konon informasi yang Direktori Wisata Indonesia dapatkan di lokasi, batu dengan berat lebih dari satu ton tersebut di topang penyangga sekaligus sebagai pipa yang dialiri air bertekanan tinggi untuk memutar batu granit “bola dunia” dengan arah putaran sesuai dengan fengsui.

Komplek Taman Budaya Tionghoa Taman Mini Indonesia Indah ini pun dilengkapi dengan perkampungan kecil Tionghoa (pecinan lengkap dengan segala pernah-pernik “kampung pecinan”, termasuk warna merah dan kuning emas yang mendominasi hampir semua kawasan taman ini berikut bangunan-bangunan yang berbentuk simetris.

Kunjungi Juga : Taman Wisata Rekreasi Dinosaurus TMII Jakarta

Lanjut informasi….
Selain itu, di lokasi Taman Budaya Tionghoa TMII terdapat juga fasilitas lain untuk menambah kesan penggambaran secara lengkap Kebudayaan Tionghoa Indonesia, seperti gazebo, danau, sepasang tiang naga, patug Dewi Bulan, patung Kwan Kong, jembatan batu Sampek Eng Tay, Taman Dua Belas Shio dan Museum Hakka Indonesia.

Bagi sahabat Direktori Wisata Indonesia yang akan mendapatkan informasi lebih lanjut keberadaan komplek Taman Budaya Tionghoa TMII dapat menyaksikan dalam tayangan video di bawah ini.

Cara menuju ke Taman Budaya Tionghoa Taman Mini Indonesia sangatlah mudah, sahabat Direktori Wisata Indonesia dapat menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau pun mobil dan kendaraan umum Bus Transjakarta jurusan Pinang Ranti yang dilanjutkan dengan angkot / kendaraan kecil T 15 A atau T 02 turun di depan pintu gerbang TMII.

Untuk mempermudah sahabat Direktori Wisata Indonesia menuju ke lokasi Taman Budaya Tionghoa TMII, kalian dapat mengkuti rute jalan yang terdapat di dalam peta di bawah ini.

 

Follow Direktori Wisata:

Direktori Pariwisata Dunia menyajikan keragaman tempat wisata dunia dengan keindahan alam, budaya dan kearifan lokal serta wisata kulinernya.