Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2022 | All Right Reserved

Home / Solo / Taman Balekambang, Tempat Rekreasi Keluarga Wong Solo

Taman Balekambang, Tempat Rekreasi Keluarga Wong Solo

/

Taman Balekambang, Tempat Rekreasi Keluarga Wong Solo – Solo ialah teritori budaya yang memikat buat didatangi. Beragam jenis menu kulinerannya sanggup membius semuanya orang untuk tiba kembali dan kembali. Kota ini seolah tinggalkan sebuah masa lalu yang dalam yang tidak pernah dapat terlewatkan. Walau sebenarnya, jika disaksikan dari teritori rekreasi, kota ini tidak memiliki teritori yang dapat dijadikan bintang. Seperti, Yogyakarta yang selalu senang dengan Malioboronya.

Taman Balekambang, Tempat Rekreasi Keluarga Wong Solo

Berlainan dengan dahulu dan sekarang ini. Solo dikit demi sedikit mulai berbenah. Kemungkinan, solo tidak punyai teritori legendaris seperti Malioboro atau Kota Tua. Tapi, Solo punyai beberapa taman yang asri yang dapat menjadi alternative saat bertandang ke Kota yang disebutkan dengan kota Batik ini.

Taman Balekambang, Solo ialah teritori rimba kota yang menyengaja digunakan sebagai teritori pariwisata, Bukan hanya pohon-pohonan saja tetapi, ada pula beberapa hewan yang tinggal dan mondar-mandir ke sana – kesini mendatangkan nuansa alam yang betul-betul berlainan dari beberapa taman kota secara umum.

Riwayat Taman Balekambang

Taman ini dibuat oleh KGPAA Mangkunegaran VII pada 26 Oktober 1921. Pembangunan taman ini sebagai hadiah untuk ke-2  putrinya yakni, Gray Partini Husein Djayadiningrat dan Gray Partinah Sukanta. Jika bertandang ke taman ini. Teman dekat Directory Wisata akan menyaksikan ke-2  putri Mangkunegaran VII melalui sebuah patung yang mukanya nyaris serupa dengan aslinya.

Riwayat Taman Balekambang

Dulunya, teritori ini dipisah menjad dua tempat, Partini tuin atau Taman air Partini. Peranan dari taman air ini ialah bersihkan kotoran-kotoran yang ada dalam kota, sebagai fasilitas selingan di mana ada perahu yang menyengaja ditempatkan di tepi air untuk bermain. Dan, Partinah Bosch atau Rimba Patinah. Perannya sebagai paru-paru kota dan mendatangkan udara bersih. Maka dari itu, dikawasan ini banyak beberapa pohon sangat jarang seperti kenari, beringin putih, beringin sungsang, dan apel coklat.

Ide pembangunan taman ini diadaptasi dari style eropa dan jawa. Style jawa dapat disaksikan dari beberapa bangunan yang masih tetap ada dari dulu sampai sekarang ini. Dan, style eropa dapat disaksikan dari teritori tamannya.

Pada periode KGPAA Mangkunegaran VIII taman ini alami pindah peranan yang awalannya cuma untuk keluarga dan famili dekat saja, jadi untuk mayarakat luas. Begitu halnya status pemilikan yang dirubah dari keraton jadi punya pemda.

Di saat berikut banyak warga yang memakai teritori untuk lokasi yang buruk seperti pembangunan beberapa rumah illegal, pembagunan diskotik. Prihatin memang menyaksikan keadaan itu. Sampai pada akhirannya, di tahun 2007 pemerintahan kota lewat wali kotanya merevitalisasi teritori ini hingga, dibalikkan sesuai perannya.

Baca juga : Nepal Van Java, Rekreasi Paling Recommended di Magelang

Daya Ambil Taman Balekambang

Ada di teritori tengah kota membuat Taman ini jadi pemburuan warga yang ingin nikmati udara sejuk. Apa lagi, Taman Balekambang ialah salah satu Taman paling besar di Kota Solo. Di hari liburan banyak yang tiba dan nikmati situasi teduh bersama dengan keluarga.

Daya Ambil Taman Balekambang

Teman dekat Directory Wisata yang tiba ke Taman ini akan disongsong dengan sebuah bangunan yang di mana bangunan ini digunakan sebagai tempat pameran kreasi seni. Tempatnya lumayan luas hingga, dapat bebas menyaksikan beragam jenis seni rupa dengan beberapa gambar yang artistik.

Di muka bangunan ini ada sebuah patung di mana patung ini seperti tugu yang tiap sudutnya dihias dengan patung katak. Dan beberapa ikan-ikan kecil yang berenang kesan-kemari. Berikut Patung Partinah Bosch.

Di muka Patung Partinah ada sebuah pentas yang tidak besar. Pentas ini umumnya dipakai untuk beragam jenis kesenian tradisionil seperti tari-tarian, kesenian lesung, ludruk dan ada banyak kembali. Tapi, sekarang ini teritori pentas ini sedang pada proses pembaruan.

Taman Balekambang memang populer dengan beberapa pohon yang membubung tinggi. Lajur yang diutamakan untuk beberapa orang berjalan kaki juga telah dibuat dengan baik sekali. Disamping itu, telah ada tempat duduk yang ada di pinggiir yang dapat digunakan yang lain untuk nikmati situasi Taman Balekambang.

Di sini, Teman dekat Directory Trackreasi dapat berhubungan dengan beragam jenis hewan seperti rusa, ayam, angsa, dan beragam jenis hewan-hewan yang jinak. Umumnya, mereka bawa makanan di luar dan alas untuk nikmati kehangatan bersama dengan keluarga, makan di alam yang demikian membahagiakan.

Sahabat Directory Wisata juga bisa juga mengajari ke anak rasa sayang dan cinta ke hewan dengan memberi makan untuk rusa-rusa ini. Mereka dengan jinak dan lucu akan menyongsong makanan ini. Atau, juga bisa mendokumentasikan peristiwa memberikan makan rusa dengan photo dengan mereka.

Taman ini sediakan taman reptile, untuk yang ingin mengenali hewan-hewan reptile yang imut, lucu, dan mengerikan. Hewan-hewan ini telah sanggup berteman dan murah hati. Tapi, jangan sekalipun menyentuhnya tanpa pemantauan petugas. Bisa jadi ditangkap kelak.

Sebutkan Iguana, kura-kura yang lucu, burung beo yang dapat bicara, burung nuri dan arsitekur yang memikat dapat cicipi di teritori Taman Reptile ini. Teman dekat Directory Wisata perlu bayar 10 ribu rupiah untuk photo dengan 2 hewan. Bila, berani coba photo dengan iguana yang besar. Di Taman Reptil ini ada juga beberapa kera-kera nakal maka berhati-hati jika bawa makanan ya. Bisa jadi diambil dengan paksakan.

Disamping itu, ada juga teritori danau atau taman air yang dapat digunakan untuk sewa becak air dan rasakan kesannya melingkari danau yang rupanya lumayan besar juga.

Untuk yang hoby memancing. Teritori ini sediakan tempat untuk memancing. Tidak membawa alat pancing? Tenang, tempat wisata ini sewakan dan sediakan alat pancing yang dapat dicarter pada harga yang cukup berteman.

Baca juga : Mata Langit, Nikmati Pemandangan Sunset Sambil Kuliner di Magelang

Jalur, Lokasi, Dan Harga Ticket Masuk

Alamat Taman Balekambang ada di Jalan Balekambang No.1, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Propinsi Jawa tengah. Terletak yang ada di tengah kota, persisnya ada di belakang stadion Manahan membikin tidak perlu bingung-bingung cari teritori ini.

Daya Ambil Taman Balekambang

Titik pointnya ialah di Stadion Manahan atau Terminal Tirtonadi. Jika pergi dari arah Yogakarta atau semarang. Sahbat Directory Wisata perlu ikuti ke mana Lajur bis. Kelak di kanan jalan, dan akan mendapati Taman Balekambang.

Bila pergi dari Surabaya, Teman dekat Wisata bisa juga ikuti lajur bis yang ke arah Terminal Tirtonadi. Dari terminal lempeng sepanjang 400 mtr. di kiri Jalan dengan tulisan Taman Balekambang. Bagaimana gampang kan?

Untuk harga ticket masuk masih gratis. Teman dekat Directory Wisata cuma akan diambil parkir sejumlah 5000 rupiah untuk mobil dan 2000 rupiah untuk motor. Jika ingin sewa kapal cukup bayar 10 ribu rupiah. Untuk masuk taman reptile bayar 5000 rupiah.

Baca juga : 11 Tempat Wisata Solo Yang Menarik Dikunjungi

Harus diingat Taman Balekambang ada dua yakni Taman Balekambang Solo dan Karanganyar. Ke-2  taman ini berlainan janganlah sampai salah. Met berlibur di Solo ya.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :