Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Info / Paspor / Visa / Syarat Dan Cara Permohonan Pendaftaran Proses Pembuatan Visa

Syarat Dan Cara Permohonan Pendaftaran Proses Pembuatan Visa

Pahami Cara Pendaftaran & Syarat Proses Pembuatan Visa Perjalanan Turis

Direktori Wisata – Cara melakukan pendaftaran dan reservasi jadwal wawancara atau verifikasi dokumen untuk membuat visa perjalanan Luar Negeri.

Berencana liburan ke luar negeri habiskan waktu selama beberapa saat di luar negeri ? Sahabat Direktori tentu harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik.

Berbeda dengan liburan di dalam negeri, liburan ke luar negeri akan membutuhkan persiapan yang lebih kompleks lagi.

Mengingat perjalanan liburan ke luar negeri, akan membutuhkan sejumlah dokumen pendukung yang wajib dibawa sebagai persyaratan perjalanan ini.

Syarat Dan Cara Permohonan Pendaftaran Proses Pembuatan Visa

Selain paspor dan yang lainnya, visa adalah salah satu persyaratan wajib yang harus dilengkapi sebelum berlibur ke luar negeri.

Dalam perjalanan kita akan membutuhkan visa turis yang secara khusus memang dikeluarkan untuk para wisatawan.

Bagi sahabat Direktori Wisata yang akan melakukan kunjungan ke negara lain, tujuan negara yang membutuhkan visa.

Dalam artikel ini kami akan berbagi informasi cara melakukan pendaftaran untuk mendapatkan visa perjalanan ke luar negeri.

Visa ini akan disesuaikan dengan negara tujuan wisata tersebut, sehingga penting untuk memastikan negara tujuan terlebih dahulu, sebelum akhirnya mengurus visa untuk perjalanan.

Pengertian Apa Visa Itu ?

Visa adalah suatu dokumen yang menjadi alat bukti diijinkannya seseorang untuk memasuki suatu negara. Berbeda dengan paspor yang dikeluarkan oleh negara asal pemohon, visa dikeluarkan oleh negara tujuan yang akan didatangi oleh pemohon.

Kebutuhan Visa Perjalanan Untuk Kunjungan Liburan Ke Luar Negeri

Paspor saja tidak cukup untuk modal menjelajah negeri asing, kamu butuh visa untuk bisa masuk secara legal ke negara tujuan.

Visa merupakan dokumen resmi dari negara yang menjadi destinasi liburanmu.

Syarat Dan Cara Permohonan Pendaftaran Proses Pembuatan Visa
Visa

Mendapatkan visa artinya kamu bisa masuk secara legal ke negara tersebut. Untuk tujuan berlibur, terdapat dua jenis visa yang disesuaikan dengan negara tujuan.

Tidak semua negara mengharuskan pengunjungnya untuk memiliki visa sebelum memasuki wilayah mereka.

Berikut Jenis Visa Yang Digolongkan Berdasarkan Kebutuhan Waktu Mendapatkannya.

  1. Negara Bebas Visa
    Negara negara berikut ini tidak mensyaratkan adanya dokumen ini ketika kamu berkunjung. Kamu hanya perlu berbekal paspor dan identitas diri lain.

Namun tidak menutup kemungkinan negara tujuan akan meminta dokumen tambahan seperti menunjukan tiket pulang pergi.

Walau bebas visa, bukan berarti kamu boleh berlama lama tinggal disana. Selalu ada batas waktu tanggal maksimal yang diterapkan oleh masing masing negara.

  1. eVisa
    Dokumen ini dibuat dengan cara online dengan hasil akhir berupa soft file yang dikirim via email.

Pemohon hanya cukup memasukkan data diri yang diminta, kemudian melakukan pembayaran pada saat itu juga melalui kartu kredit.

Nanti, dokumen ini akan dikirim via email. Namun ketika nanti sampai pintu Imigrasi negara tujuan, pemilik eVisa tetap harus menunjukan dokumen yang diminta kepada petugas Imigrasi setempat.

  1. Visa On Arrival
    Jenis dokumen ini memperbolehkan kamu mengurus izin masuk setelah sampai di negara tujuan.

Jadi kamu enggak perlu bolak balik ke kedubes tujuan yang berlokasi di negara asal kamu.

Masa berlaku dan maksimal waktu perpanjangannya berbeda beda antara satu negara dengan yang lain.

Untuk jenis on arrival, cap atau stiker akan diberikan di pintu imigrasi negara tujuan, dan di sini pula lah pemilik dokumen harus membayar biaya visa.

  1. Visa Sebelum Kedatangan
    Negara negara berikut adalah mereka yang menerapkan peraturan bahwa visa harus didapat sebelum memasuki negara tujuan.

Untuk mendapatkan dokumen ini, pemohon bisa mendatangi kedubes negara tujuan travel agent atau badan yang ditunjuk oleh negara yang bersangkutan tersebut.

Tempat Membuat Visa Perjalanan Kunjungan Ke Luar Negeri

Terkait dengan waktu pengurusan visa, sangat penting untuk memahaminya sejak awal. Sahabat Direktori Wisata akan mendapatkan informasinya di bawah ini.

Untuk mengurus visa dibutuhkan proses setidaknya sekitar 2 mingguan, sehingga penting untuk mengurusnya sejak awal.

Pada masa liburan, kemungkinan akan dibutuhkan waktu yang lebih panjang lagi. Namun meski demikian, visa juga memiliki masa berlaku,

Jadi jangan terlalu santai ya teman, kalian tetap harus mencermati dengan baik tanggal perjalanan yang telah ditetapkan sejak awal.

Jangan sampai kalian sudah mengurus visa, namun tidak bisa berangkat karena mengalami kendala dalam masalah tiket dan yang lainnya.

Buatlah jeda waktu yang akan sahabat Direktori Wisata butuhkan untuk menyelesaikan urusan visa ini dengan tanggal keberangkatan,

Jeda waktu keberangkatan dan proses pembuatan visa sebaiknya dilakukan 2 atau 3 pekan sebelum keberangkatan,

Sehingga nantinya kalian dapat memiliki waktu cukup untuk mengurus hal lainnya untuk perjalanan tersebut.

Cari tahu : Cara Mudah Tentukan Tujuan Wisata Untuk Liburan

Selain hal tersebut, tidak ada jaminan bahwa visa akan disetujui oleh pihak berwenang dengan alasan tertentu. Kendala seperti sangat mungkin terjadi dan harus diantisipasi sejak awal.

Hindari untuk membeli tiket pesawat dan akomodasi lainnya terlebih dahulu, sebelum mendapatkan visa yang butuhkan untuk perjalanan.

Hal ini akan membantu menghindari berbagai kerugian, jika sewaktu-waktu visa yang kita ajukan tidak disetujui.

Pengajuan visa ini bisa sahabat Direktori Wisata lakukan di kantor kedutaan atau konsulat negara tujuan yang akan dikunjungi nanti.

Ingat, sangat penting sekali untuk membawa semua dokumen dan persyaratan yang diminta, agar proses pengajuan visa ini bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Cara Pendaftaran dan Reservasi Jadwal Wawancara Verifikasi Dokumen Pembuatan Visa Perjalanan Luar Negeri

Sekarang cara membuat visa sudah banyak yang dibantu dengan teknologi online. Oleh karena itu, kamu sebaiknya sering sering main aja ke website kedubes negara tujuan.

Sahabat Direktori Wisata akan mendapatkan info terbaru dan mengunduh dokumen yang dibutuhkan.

Dari situ, kalian akan diarahkan untuk menuju ke website organisasi yang ditunjuk untuk mengisi data diri dan reservasi jadwal verifikasi.

Nantinya, akan ada pemberitahuan melalui email tentang kapan dan dimana waktu verifikasi atau wawancara tersebut dilakukan.

Untuk beberapa negara, salah satunya Amerika Serikat, kamu akan diminta untuk melakukan pembayaran terlebih dahulu sebelum memilih jadwal verifikasi/wawancara.

Pembayaran pengurusan visa bisa dilakukan via online atau via counter bank. Jadi cukup mudah bukan ?

Setelah membayar, kamu bisa meneruskan proses pendaftaran di akun tadi. Ketika akan memilih waktu untuk verifikasi wawancara atau verifikasi dokumen.

Sahabat Direktori Wisata akan diminta untuk memasukan nomor slip pembayaran.

Tidak semua negara mewajibkan proses wawancara, namun untuk proses verifikasi dokumen itu pasti ada.

Dokumen Yang Harus Dipersiapkan Untuk Membuat Visa Kunjungan Perjalanan Luar Negeri

Bentuk dokumen ini pun beragam, tergantung dari negara yang mengeluarkannya. Ada yang berbentuk stempel, ada pula yang berupa stiker yang ditempel pada paspor, ada juga yang berupa soft file.

Untuk visa yang berbentuk soft file, sering juga disebut eVisa. Proses pembuatannya dilakukan sebelum menginjakan kaki di negara tujuan. Nanti hasil akhirnya bukan berupa stiker, melainkan file yang dikirim via email.

Tak semua negara membutuhkan dokumen perjalanan ini sebenarnya. Negara negara yang berlabel “bebas visa” memungkinkan kamu untuk melenggang masuk hanya dengan paspor dan data pengenal lainnya.

Saat akan mengurus visa, Anda juga membutuhkan sejumlah dokumen serta persyaratan lainnya. Ada baiknya melengkapi semua ini sejak awal, agar proses pengurusan visa ini tidak perlu berulang-ulang.

Sambil menunggu hari verifikasi atau wawancara, cara membuat visa kunjungan luar negeri berikutnya yang harus kita lakukan adalah menyiapkan dokumen.

Berikut Beberapa Dokumen dan Syarat Yang Harus Dipenuhi Saat Mengajukan Visa Turis di Kedutaan

Paspor

Paspor adalah dokumen wajib untuk bepergian ke luar negeri. Paspor dikeluarkan secara resmi oleh negara untuk setiap warganya yang mengajukan sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.

Setiap paspor memuat informasi penting tentang pemegangnya, seperti nama lengkap, tempat & tanggal lahir, informasi kebangsaan, dan beberapa informasi lainnya yang dibutuhkan.

Paspor hanya bisa digunakan oleh orang yang namanya tercantum di dalamnya.

Pastikan telah memiliki paspor terlebih dahulu sebelum mengajukan visa, sebab dokumen ini menjadi salah satu syarat utama dalam pengajuan visa.

Jangan lupa untuk mencermati masa berlaku paspor, mengingat perjalanan masih akan dilakukan beberapa waktu yang akan datang.

Akan sangat merepotkan jika ternyata di saat keberangkatan nanti, justru masalah akibat paspor yang masa berlakunya telah habis.

Kemungkinan besar permohonan visa akan ditolak akibat masa berlaku paspor yang akan segera berakhir.

Untuk informasi sahabat Direktori Wisata, masa berlaku paspor minimal 6 bulan sebelum melakukan perjalanan.

Jika masa berlaku paspor kurang dari 6 bulan habis saat mengajukan visa, maka kemungkinan besar permohonan visa ditolak.

Lebih baik untuk melakukan perpanjangan paspor terlebih dahulu, jika masa berlaku paspor sudah akan berakhir beberapa bulan ke depan.

Bagi sahabat Direktori Wisata yang belum memiliki paspor, sebaiknya dapat mengurus terlebh dahulu dan memilih e-paspor ketimbang paspor biasa.

E-paspor tidak akan mudah dipalsukan. Hal ini dikarenakan e-paspor menyimpan data biometrik, seperti wajah dan sidik jari di dalam chip yang tertanam di paspor.

Cari tahu : Cara Membuat e-paspor & Keuntungan Memiliki Paspor Elektronik

Khusus yang berusia di bawah 18 tahun akan dibutuhkan formulir tambahan dan juga KTP orangtua yang bersangkutan.

Pastikan kedua hal ini juga dilengkapi dengan baik, agar proses pengajuan bisa berjalan lancar dan tidak perlu diulang.

Langkah selanjutnya yang harus kalian lakukan adalah mengisi formulir pengajuan visa. Hal ini bisa saja dilakukan secara online.

Sahabat Direktori Wisata bisa dengan mudah mendapatkan formulir online di sana, lalu mengisinya dengan cermat. Jika telah terisi dengan baik, maka bisa mencetak formulir tersebut.

Pastikan mengisi semua data dengan benar dan teliti, sebab hal ini akan mempengaruhi proses pengajuan visa yang kalian lakukan.

Pengisian data secara online akan lebih mempermudah sahabat Direktori Wisata, sebab kesalahan penulisan bisa dihindari.

Formulir Pengajuan Pembuatan Visa Perjalanan Luar Negeri

Langkah selanjutnya sahabat Direktori Wisata dapat mengisi formulir pengajuan visa. Hal ini bisa saja dilakukan secara online.

Untuk formulir pengajuan pembuatan visa, formulir ini mudah kalian dapatkan pada masing-masing website resmi milik kedutaan negara tujuan nantinya.

Sahabat Direktori Wisata bisa dengan mudah mendapatkan formulir online di sana, lalu mengisinya dengan benar. Jika telah terisi dengan baik, maka bisa mencetak formulir tersebut.

Pastikan mengisi semua data dengan benar dan teliti, sebab hal ini akan mempengaruhi proses pengajuan visa yang kalian lakukan.

Pengisian data secara online akan lebih mempermudah Anda, sebab kesalahan penulisan bisa dihindari.

Pas Foto Untuk Pebuatan Visa

Sahabat Direktori Wisata juga akan membutuhkan beberapa lembar pas foto untuk kebutuhan pengajuan visa.

Jumlah dan ukurannya serta ketentuan lainnya akan beragam, tergantung pada kebijakan masing-masing kedutaan.

Ketahui informasi ini sejak awal melalui website resmi kedutaan yang bersangkutan, agar bisa menyediakan pas photo yang tepat dan sesuai.

Untuk format foto yang digunakan, setiap negara memiliki aturan yang berbeda. Oleh karena itu, ada baiknya kalian rajin cek website resmi dari kedubes negara tujuan.

Biasanya mereka telah menginformasikan tentang ukuran, background, sampai posisi yang benar untuk foto. Bahkan ada negara yang juga melampirkan contoh hasil foto yang berlaku.

Pakailah pakaian formal dan usahakan berkerah. Untuk yang menggunakan hijab, tidak perlu melepasnya asalkan rapi dan wajah terlihat dengan jelas.

Sedangkan untuk kacamata, ada negara yang tidak memperbolehkannya ada di foto visa, salah satunya Amerika. Keputusan tersebut berlaku sejak November 2016.

Oleh karena itu sering seringlah cek ke website resmi negara tujuan agar kamu tak perlu berulang kali foto.

Untuk hasil foto, sebaiknya persiapkan dalam 2 bentuk: soft file dan hard file untuk berjaga jaga.

Sebagaimana pas foto yang dibutuhkan untuk berbagai dokumen resmi, pas foto ini juga harus memenuhi syarat standar.

Usahakan pas photo untuk raut wajah tampak jelas, tampak telinga. Untuk lebih aman sahabat Direktori Wisata dapat gunakan jasa fotografer profesional

Surat Keterangan Sponsor Untuk Mengurus Pembuatan Visa Ke Luar Negeri

Pemohon yang memiliki referensi jelas akan memiliki kesempatan lebih besar untuk disetujui permohonannya. Surat keterangan sponsor ini bisa berupa surat rekomendasi atau surat undangan dari pihak yang berada di luar negeri.

Walau tujuan yang diajukan bersifat pribadi, semisal kunjungan keluarga sekalipun, surat undangan tetap dibutuhkan untuk memperlancar proses permohonan visa.

Surat Keterangan Kerja atau Belajar Untuk Proses Pembuatan Visa

Pencantuman surat keterangan kerja biasanya untuk mereka yang mengajukan kunjungan sementara.

Ini sebagai bukti bahwa kita tidak akan menggelandang mencari pekerjaan di negara tujuan tersebut.

Untuk surat keterangan belajar (biasanya digunakan untuk program pertukaran pelajar atau beasiswa),

Kalian bisa menyertakan surat rekomendasi dari universitas di Indonesia atau negara tujuan. Sertakan pula fotokopi kartu mahasiswa kalian agar permohonannya tidak ditolak.

Dokumen Keuangan (Slip Gaji/Rekening Koran/Tabungan) dan Fotokopi Untuk Pembuatan Visa

Dokumen keuangan sering diminta oleh beberapa negara sebagai salah satu pelengkap aplikasi permohonan.

Tujuannya agar kita dapat membuktikan bahwa kita memiliki penghasilan sehingga perjalanan kita di negara tujuan terjamin.

Pemohon tanpa kemampuan finansial yang memadai ditakutkan akan membuatnya tak mampu hidup dengan layak di negara tujuan.

Surat Keterangan Kesehatan Untuk Pembuatan Visa

Jika di suatu negara sedang terjadi penularan wabah, kemungkinan kedubes negara tersebut akan menambahkan syarat ini.

Sebagai contoh Kedubes Korea Selatan, mereka mengharuskan melampirkan surat keterangan bebas Tubercolusis. Pemeriksaan kesehatan harus dilakukan di rumah sakit yang ditunjuk oleh kedubes tersebut.

Cari tahu : Asuransi Perjalanan dan Manfaatnya Bagi Wisatawan

Cetak dan susunlah surat tersebut berdasarkan ukuran kertas dan susunan yang diminta pihak kedubes. Jangan ditekuk dan jangan juga distaples.

Jadwal Perjalanan dan Tiket Pesawat

Buatlah jadwal semua kegiatanmu di negara tersebut. Formatnya mengikuti apa yang dicontohkan di website kedubes yang bersangkutan.

Nantinya mereka akan mempertimbangkan tentang lamanya durasi tinggal yang akan diberikan.

Untuk beberapa negara seperti Filipina dan Jepang, mereka juga meminta bukti perjalanan berupa tiket pesawat pulang pergi,

Sehingga jelas dan pasti kapan kamu akan masuk dan keluar dari negara tersebut. Namun tak semua jenis dokumen ini memakai persyaratan ini.

Bukti Pembayaran

Dalam pengajuan visa, kaliam juga akan diwajibkan untuk membayar sejumlah biaya administrasi.

Jumlahnya akan beragam, tergantung pada negara tujuan dan juga jenis visa yang akan Anda ajukan nanti.

Pada umumnya, pihak kedutaan akan menyediakan informasi tersebut di website resmi mereka, sehingga bisa melakukan pembayaran terlebih dahulu di bank-bank yang telah ditentukan.

Dokumen ini hanya berlaku bagi negara yang mensyaratkan pembayaran di muka seperti Amerika Serikat.

Cara membuat visa di setiap negara berbeda beda, sehingga di beberapa negara. Pastikan telah melakukan pembayaran dan membawa bukti pembayaran tersebut saat akan mengajukan Visa perjalanan.

Menyerahkan Dokumen dan Wawancara (Bila Dibutuhkan)

Ketika semua dokumen sudah siap, tinggal membawa semua persyaratan ke tempat yang diminta.

Lokasi verifikasi ada yang dilakukan kantor kedubes negara (regional atau nasional) tersebut namun banyak juga yang tidak.

Selalu cadangkan setiap dokumen dengan cara mem-fotokopinya. Setelah mengantri, maka dokumen kalian akan diperiksa oleh petugas.

Apabila sudah lengkap, maka akan diminta membayar biaya membuat visa. Pembayaran biaya membuat visa hanya satu kali.

Jadi kalau sahabat Direktori Wisata sudah diminta membayar di awal (ketika registrasi data di akun yang ditunjuk) maka tidak perlu membayar lagi di tahap penyerahan.

Untuk pengajuan ke Amerika Serikat, kamu juga akan diwawancarai perihal tujuanmu kesana. Oleh karena itu, berlatihlah untuk menjawab agar sahabat Direktori terlihat meyakinkan.

Lengkapi semua dokumen dan syarat yang diminta, sehingga pengajuan pembuatan visa luar negeri bisa berlangsung mudah dan cepat.

Untuk informasi lebih jauh, sahabat Direktori Wisata dapat mempelajari cara membuat visa. Selamat melakukan perjalanan liburan ke luar negeri.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :