Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2022 | All Right Reserved

Home / Jogjakarta / Sumur Gumuling, Tempat Terselinap di Bawah Taman Sari Yogyakarta

Sumur Gumuling, Tempat Terselinap di Bawah Taman Sari Yogyakarta

/

Directory Rekreasi – Taman Sari yang disebut salah satunya tujuan rekreasi di Yogyakarta simpan satu tempat terselinap didalamnya. Tempat terselinap itu sebuah masjid yang memiliki nama Sumur Gumuling.

Sumur Gumuling Jogja

Sumur Gumuling berada di lokasi yang cukup terselinap pada bagian dalam apabila ingin ke arah ke situ, pengunjung sebaiknya melalui lorong panjang yang berwujud serupa labirin. Di periode penjajahan, lorong ini dipakai untuk menipu tentara Belanda.

Saat jalan melalui lorong yang berkelok dan capai ujungnya, pengunjung akan menjumpai tempat berwujud lingkaran kecil yang ada di tengah, yang disambungkan dengan 5 tangga dari bermacam segi. Design lorong ini sebagai tempat kedap suara.

Pada periodenya, tempat lorong itu jadi tempat untuk sholat atau duduk saat dilangsungkannya aktivitas keagamaan. Ada dua lantai sebagai tempat untuk sholat, di lantai bawah untuk wanita dan di lantai atas untuk lelaki.

Baca juga : Malioboro, Jantung Kota Jogja dengan Daya Pikat Magic

Ketebalan dinding tempat Sumur Gumilang ini sekitaran 1,25 mtr. karena kabarnya tempat ini sebagai penampungan air hingga dindingnya mempunyai ukuran ketebalan tertentu. Tembok yang ada di tempat ini dibuat dari batubata yang direkatkan berbahan alami.

Arsitektur bangunan Sumur Gumilang sebagai kombinasi di antara Jawa dan Portugis. Bila ingin keluar tempat ini pengunjung dapat memakai lorong yang serupa dari tempat mereka masuk awalnya.

Masjid yang berada di bawah Taman Sari ini dapat disebut cukup unik karena terletak yang ada di bawah tanah dengan mempunyai cerita riwayat yang memikat buat dijelajahi. Disamping itu, wujud mushola yang unik dan berlainan dari mushola umumnya jadikan tempat ini sering penuh pengunjung ketika hari liburan sudah datang.

Baca juga : Wisata Alam Kalibiru Kulon Progo Jogja

Kota Yogyakarta memang mempunyai cerita yang memikat buat ditelisik. Bila liburan ke kota penuh riwayat ini kurang komplet rasa-rasanya bila tidak cari tahu berkenaan beberapa tempat monumental yang mempunyai cerita menarik di belakangnya.

Selainnya Taman Sari, ada banyak tempat monumental yang lain yang dapat dijadikan tujuan rekreasi keluarga.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :